silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : Risna Murti Ardian
NIM : 857838532
Prodi : PGPAUD (BI)
Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional
Analisis Video GPO “anak yang mengobrol dikelas saat PBM”
A. Reaksi anak dalam pembelajaran:
Beberapa anak kurang fokus terhadap cerita guru, beberapa mengobrol dengan temannya.
B. Kelemahan :
1.Posisi duduk tidak diatur melingkar sehingga jangkauan pandang anak terhadap guru kurang luas.
2.Media bercerita yang digunakan berukuran kecil sehingga tidak terlihat oleh anak.
3.Beberapa anak yang duduk di belakang kurang diperhatikan sehingga sibuk sendiri dan mengobrol.
4.Ekspresi dalam bercerita kurang dramatis dan Intonasi suara kurang keras.
C. Kelebihan :
1.Guru berinisiatif dengan berhenti bercerita dan menghampiri anak yang sedang ngobrol dan meminta anak untuk pindah duduk untuk menertipkan anak.
2.Guru melibatkan anak dalam cerita sehingga anak tidak berbicara sendiri
D. Hal unik yang terjadi saat pembelajaran :
Anak yang mengobrol dihampiri guru dan diminta pindah tempat di dekat guru sehingga pembelajaran menjadi kondusif kembali, akan tetapi anak tersebut menjadi tegang merasa seperti dihukum, sebaiknya guru menetralkan suasana dengan lebih melibatkan anak tersebut dalam kegiatan bercerita dan memberikan reward berupa pujian dan sedikit nasihat agar anak tidak mengulangi kejadian serupa di kemudian hari.
E. Usulan upaya perbaikan :
Sebelum kegiatan bercerita dimulai sebaiknya anak diberikan pijakan aturan main yang disepakati agar anak terbiasa tertib dan menjadikan suasana belajar kondusif.
Guru dapat menyisipkan tepuk ataupun nyanyi-nyanyian agar anak lebih antusias dan menjaga kondusifitas kegiatan bercerita.
Guru mengganti media bercerita menggunakan media boneka ataupun alat peraga lain yang mendukung jalannya cerita.
Siti Shofiyah, 857799265 Prodi S1 PGPAUD
Setelah melihat vidio dari GPO tersebut tanggapan saya sebagai berikut: – Reaksi atau respon siswa terhadap kegiatan bercerita tersebut kurang maximal, terlihat masih ada anak-anak yang bergerombol dan asik ngobrol sendiri. – Kelemahan : Dalam bercerita guru kurang ekspredif, media yang digunakan kurang menarik. Posisi duduk anak tidak beraturan. – Kelebihan : Guru dapat mengatasi kondisi siswa yang sedemikian sehingga kegiatan menjadi kondusif dan berjalan lancar. – Masukan : Sebaiknya dalam bercerita menggunakan media yang lebih menarik perhatian anak. Guru mendalami isi cerita agar lebih ekspresif dalam menceritakannya. Posisi duduk antara laki-laki dan perempuan pisahkan. Demikian pendapat dari saya, terimakasih
Nama : Siti Laela Darmatasiah
Nim : 859162406 / FKIP PGPAUD BI
Berdasarkan video pembelajaran tersebut saya menanggapi bahwa sebagian anak tidak minat dalam belajar melalui cerita, meskipun setiap langkah yang dilakukan oleh guru saat mengatasi masalah anak sudah benar, tapi alangkah lebih baiknya lagi untuk
1. mengatur posisi duduk anak seperti duduk melingkar, atau duduk membentuk huruf “U”
2. Setiap kelas atau kelompok terdiri dari dua pendidik, apalagi jumlah anak lebih dari 18 orang.
Analisis Video GPO “ Anak Suka Mengobrol saat PBM”
Nama : Dewi Kurliyanti
NIM : 859161253
Prodi : PGPAUD
Setelah menyaksikan video pembelajaran tersebut dan mencermati sinopsisnya, silakan Anda memberikan tanggapan dengan cara menjawab beberapa pertanyaan berikut ini.
A. Reaksi anak dalam pembelajaran:
Beberapa orang anak kurang fokus terhadap cerita guru, beberapa anak mengobrol dengan temannya.
B. Kelemahannya guru yang terdapat dalam video tersebut
a. guru kurang bisa mengeloia kelas sehingga anak asik ngobrol dan tidak mendengarkan cerita guru dengan baik
b. Menggunakan media gambar yang sangat kecil sehingga tidak menarik dan tidak terjangkau oleh anak.
c. evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan dalam video tersebut
d. anak bersifat pasif dalam mendengarkan cerita guru, bisa jadi anak mengobrolkarena bosan.dan ceritanya kurang menarik
C. Kelebihan guru yang terdapat dalam video tersebut
a. guru bercerita menggunakan buku cerita bergambar sebagai media sudah sesuai untuk anak usia dini.
b. Guru menfokuskan perhatian anak dengan tayangan gambar dengan menggunakan Infocus power point sambul guru menjelaskannya.
c. guru menceritakan tema yang menarik yang mudah dipahami dan sesuai dengan perkembangan anak dan kurikuluam AUD
d. guru bercerita dengan strategi. Media dan pendekatan yang menstimulasi perhatian anak
D. Hal unik yang terjadi saat pembelajaran :
Anak yang mengobrol dihampiri guru dan diminta pindah tempat di dekat guru sehingga pembelajaran menjadi kondusif kembali, akan tetapi anak tersebut menjadi tegang merasa seperti dihukum, sebaiknya guru menetralkan suasana dengan lebih melibatkan anak tersebut dalam kegiatan bercerita dan memberikan reward berupa pujian dan sedikit nasihat agar anak tidak mengulangi kejadian serupa di kemudian hari.
E. Usulan upaya perbaikan :
Sebelum kegiatan bercerita dimulai sebaiknya anak diberikan pijakan aturan main yang disepakati agar anak terbiasa tertib dan menjadikan suasana belajar kondusif.
Guru dapat menyisipkan tepuk ataupun nyanyi-nyanyian agar anak lebih antusias dan menjaga kondusifitas kegiatan bercerita.
Guru mengganti media bercerita menggunakan media boneka ataupun alat peraga lain yang mendukung jalannya cerita.
Nama Husnul
Nim 859375428
Prodi S1 PAUD
(Anak yang mengobrol dikelas saat PBM)
1. Reaksi anak dalam pembelajaran
Ada anak kurang memperhatikan apa yang di ceritakan guru, dan juga mengobrol dengan temannya.
2. Kelemahan
-tempat duduk anak tidak diatur dengan baik sehingga jangkauan pandang anak terhadap guru kurang luas.
-Media bercerita yang digunakan terlalu kecil dan tidak terlihat oleh anak.
-Ada juga anak yang duduk di belakang kurang diperhatikan sehingga sibuk sendiri dan mengobrol.
-Ekspresi dalam bercerita kurang dramatis dan Intonasi suara kurang keras.
3. Kelebihan
-Guru berinisiatif dengan berhenti bercerita dan menghampiri anak yang sedang ngobrol dan meminta anak untuk pindah duduk untuk menertipkan anak.
-Guru melibatkan anak dalam cerita sehingga anak tidak berbicara sendiri
4. Hal unik yang terjadi saat pembelajaran
Anak yang mengobrol dihampiri guru dan diminta pindah tempat di dekat guru sehingga pembelajaran menjadi kondusif kembali, akan tetapi anak tersebut menjadi tegang merasa seperti dihukum, sebaiknya guru menetralkan suasana dengan lebih melibatkan anak tersebut dalam kegiatan bercerita dan memberikan reward berupa pujian dan sedikit nasihat agar anak tidak mengulangi kejadian serupa di kemudian hari.
5. Usulan upaya perbaikan
-Sebelum kegiatan bercerita dimulai sebaiknya anak diberikan pijakan aturan main yang disepakati agar anak terbiasa tertib dan menjadikan suasana belajar kondusif.
-Guru dapat menyisipkan tepuk ataupun nyanyi-nyanyian agar anak lebih antusias dan menjaga kondusifitas kegiatan bercerita.
-Guru mengganti media bercerita menggunakan media boneka ataupun alat peraga lain yang mendukung jalannya cerita.
Nama Husnul
Nim 859375428
Prodi S1 PAUD
Tanggapan saya dari video pembelajaran anak yang mengobrol dalam kelas saat pbm
*Guru tidak mengatur posisi duduk melingkar sehingga jangkauan pandang guru tidak luas
*Media bercerita yang digunakan terlalu kecil membuat anak sulit untuk melihat
*anak yang duduk di bagian belakang sibuk sendiri kurang di lerhatikan guru
*Guru dapat mengatur intonasi suara lebih besarenggunakan siara yang ada pada karakter cerita itu
*Sebaiknya sebelum bercerita pada kegiatan awal harus ada aturan yang di sepakati agar anak terbiasa tertip dan kondusif
*Guru memberikan semngat kepada anak dengan bertepuk tangan agar anak lebih antusias
*kelebihan
Sikap guru untuk berhenti bercerita dan menghampiri anak yang sedang mengobrol dengan yemannya meminta anak pindah duduk sudah baik
*Guru juga melibatkan anak dalam cerita
Nama Husnul
Nim 859375428
Prodi S1 PAUD
Tanggapan saya dari video pembelajaran anak yang mengobrol dalam kelas saat pbm
*Guru tidak mengatur posisi duduk melingkar sehingga jangkauan pandang guru tidak luas
*Media bercerita yang digunakan terlalu kecil membuat anak sulit untuk melihat
*anak yang duduk di bagian belakang sibuk sendiri kurang di lerhatikan guru
*Guru dapat mengatur intonasi suara lebih besarenggunakan siara yang ada pada karakter cerita itu
*Sebaiknya sebelum bercerita pada kegiatan awal harus ada aturan yang di sepakati agar anak terbiasa tertip dan kondusif
*Guru memberikan semngat kepada anak dengan bertepuk tangan agar anak lebih antusias
*kelebihan
Sikap guru untuk berhenti bercerita dan menghampiri anak yang sedang mengobrol dengan yemannya meminta anak pindah duduk sudah baik
Nama Husnul
Nim 859375428
Prodi S1 PAUD
pembelajaran anak yang mengobrol dalam kelas saat pbm
*Guru tidak mengatur posisi duduk melingkar sehingga jangkauan pandang guru tidak luas
*Media bercerita yang digunakan terlalu kecil membuat anak sulit untuk melihat
*anak yang duduk di bagian belakang sibuk sendiri kurang di lerhatikan guru
*Guru dapat mengatur intonasi suara lebih besarenggunakan siara yang ada pada karakter cerita itu
*Sebaiknya sebelum bercerita pada kegiatan awal harus ada aturan yang di sepakati agar anak terbiasa tertip dan kondusif
*Guru memberikan semngat kepada anak dengan bertepuk tangan agar anak lebih antusias
*kelebihan
Sikap guru untuk berhenti bercerita dan menghampiri anak yang sedang mengobrol dengan yemannya meminta anak pindah duduk sudah baik
Nama Husnul, 859375428
pembelajaran anak yang mengobrol dalam kelas saat pbm
*Guru tidak mengatur posisi duduk melingkar sehingga jangkauan pandang guru tidak luas
*Media bercerita yang digunakan terlalu kecil membuat anak sulit untuk melihat
*anak yang duduk di bagian belakang sibuk sendiri kurang di lerhatikan guru
*Guru dapat mengatur intonasi suara lebih besarenggunakan siara yang ada pada karakter cerita itu
*Sebaiknya sebelum bercerita pada kegiatan awal harus ada aturan yang di sepakati agar anak terbiasa tertip dan kondusif
*Guru memberikan semngat kepada anak dengan bertepuk tangan agar anak lebih antusias
*kelebihan
Sikap guru untuk berhenti bercerita dan menghampiri anak yang sedang mengobrol dengan yemannya meminta anak pindah duduk sudah baik
Nama Husnul, 859375428
pembelajaran anak yang mengobrol dalam kelas saat pbm
*Guru tidak mengatur posisi duduk melingkar sehingga jangkauan pandang guru tidak luas
*Media bercerita yang digunakan terlalu kecil membuat anak sulit untuk melihat
*anak yang duduk di bagian belakang sibuk sendiri kurang di lerhatikan guru
*Guru dapat mengatur intonasi suara lebih besarenggunakan siara yang ada pada karakter cerita itu
*Sebaiknya sebelum bercerita pada kegiatan awal harus ada aturan yang di sepakati agar anak terbiasa tertip dan kondusif
*Guru memberikan semngat kepada anak dengan bertepuk tangan agar anak lebih antusias
*kelebihan
Sikap guru untuk berhenti bercerita dan menghampiri anak yang sedang mengobrol dengan yemannya meminta anak pindah duduk sudah baik