Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,401 Comments

  1. Nama/NIM : Afifah/858670192
    Permasalahan : Mengatasi anak yang ngobrol saat PBM.

    Dalam video tersebut, diketahui bahwa ada anak yang mengobrol saat bu guru bercerita. Disebutkan juga 6 macam solusi yang dapat digunakan untuk mengatasinya. Seperti menghentikan dulu kegiatan bercerita, memisahkan anak yang ngobrol dengan yang mendengarkan bu guru, mengubah posisi anak yang ngobrol di depan bu guru, melibatkan anak dalam bercerita, menekankan pada anak bahwa itu saah dan tak boleh mengulanginya lagi, serta memberikan reward atas perbaikan perilakunya.
    6 macam solusi tersebut sudah sangat tepat. Dan saya memiliki pendapat tambahan untuk mengatasi keadaan tersebut (anak ngobrol di dalam kelas), antara lain :
    1. Memberikan ice breaking yang nyambung dengan judul cerita sebelum membacakannya.
    2. Menyampaikan tujuan pembacaan cerita.
    3. Membuat aturan saat membacakan cerita dengan kesepakatan bersama.
    4. Memilih judul cerita yang menarik bagi anak.
    5. Menambah alat peraga agar anak semakin antusias.
    6. Menggunakan suara-suara yang berbeda.
    7. Melibatkan nama-nama anak dalam cerita.
    8. Menyelipkan pertanyaan-pertanyaan tanggapan pada anak.

  2. nama : Dewi Sartika
    nim: 859902894
    upbjj: jayapura
    pokjar: timika
    mkul:evaluasi pembelajaran tk
    modul 2: asessmen dan evaluasi pembelajaran pada anak usia dini

    tanggapan terhadap vidio:
    dari vidio di atas jelas terlihat gurunya memiliki kualitas pendidik yang percaya diri, kenapa karena ketika dia membaca buku dan ada anak yang ngobrol dia langsung mengasesmen tingkah laku anak dan mengevaluasi anak didik dan mengubah metode baca buku cerita dengan cara: memisahkan anak yang ngobrol lalu memposisikan dekat dengan guru/duduk disamping ibu guru, kemudian melibatkan dalam membaca buku dengan bertanya isi buku cerita dan memberikan reward ketika anak nice. Ternyata metode itu berhasil pada anak didik karena mereka sudah tidak ngobrol lagi dan fokus untuk mendengarkan ibu guru membacakan buku.

    seperti kita ketahui dari pengertian asesmen itu adalah memperhatikan dan mendeskripsikan kemajuan proses pendidikan anak dan bagaimana respon anak terhadap metode yang digunakan. Dan hal ini terlihat dalam vidio ketika gurunya baca cerita dan ada anak yang ngobrol, gurunya membiarkan dulu lalu menjalankan metode untuk memanggil anak yang bercerita duduk disebelahnya,dan mengikut sertakan dalam kegiatan membaca. ternyata berhasil anak didik fokus ke guru, inilah yang menjadi pengertian evaluasi yaitu memeriksa pendidikan yang diterima anak (McDonald, b:1982).

    dalam vidio terlihat jelas guru memiliki kemampuan untuk melakukan refleksi-analisis dan menindaklanjuti sikap anak yang ngobrol di kelas dengan percaya diri.

    terimakasih

  3. Ijin ibu saya telah menonton dan menganalisis Vidio dalam guru pintar online Judul Vidio : Anak mengobrol dengan temannya saat proses belajar mengajar berlangsung .Nama pengembang Vidio : Megawati Simanjuntak SpMsi.Ringkasan materi : Berisi gambaran mengenai perkembangan displin moral anak yang sering kita alami didalam memberikan pembelajaran dikelas sedang berlangsung .Disaat ibu guru serius membacakan buku ada anak yang asyik mengobrol dengan temannya .Tanggapan saya : Guru dalam Vidio tersebut sudah melakukan asesmen dengan evaluasi dengan baik di dalam kelas .sikap dan tingkah laku anak yang bersimpati terlihat didalam Vidio guru mengamati anak tersebut dan ketika guru mau membacakan cerita guru dengan sigap kecuali anak yang duduk dari anak yang aktif mendengarkan cerita ibu guru tetapi ibu guru melakukan tindakan dengan cara mendekatkan anak tersebut dengannya anak tersebut jadi diam tidak mengobrol lagi saat itu guru memberikan reward .Dalam kasus ini guru mempunyai kemampuan dalam memberikan penilaian terhadap tingkah laku anak .guru mengubah posisi duduk anak menjadi melingkar membuat anak lebih fokus mendengarkan pembelajaran yang diberikan oleh ibu gurunya .selain mengajak anak membaca guru juga membuat kegiatan dengan mengajak anak menebak gambar dan menghitung gambar merangsang anak supaya lebih bersemangat aktif dalam pembelajaran guru mampu menciptakan pembelajaran di kelas dengan terimakasih yang menyenangkan.

  4. Nama: Angelina Matilde Sue
    Nim: 859288239
    Tanggapan saya terhadap vidio tersebut ialan, sehingga adanya siswa yang kurang perhatikan dan kurang fokus dalam pembelajaran karena gurunya belum lincah dalam mengatur cara duduk dan cara belajar anak dikelas.
    Sering kali ada kendala disaat guru sedang mengajar seperti ada anak yang sedang ngobrol, ada anak yang berkelahi dan ada anak yang melamun dalam kelas. Sebagai guru kita harus bisa merangkul dan memberi semangat untuk anak anak. Kita jangan terlalu terpaku pada buku pembelajaran.

  5. Nama : Yuliani
    NIM : 858855452
    Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran TK
    Modul 2 : Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran pada Anak Usia Dini

    Vidio yang ditampilkan di atas menggambarkan bahwa guru memiliki kemampuan untuk mengendalikan suasana kelas ketika sedang membacakan cerita. Guru dalam vidio dengan cepat untuk melakukan asesmen mengenai perilaku anak-anak yang sedang mengobrol dan melalukan evaluasi untuk menemukan solusi dari kendala tersebut. Guru mencoba untuk mengendalikan situasi dengan memanggil anak yang berbicara sendiri terlebih dahulu, namun ketika anak mulai berbicara sendiri lagi guru segera mengubah formasi duduk anak dengan memisahkan anak yang berbicara sendiri saat guru bercerita dari anak-anak yang mendengarkan cerita. Anak-anak yang berbicara sendiri ditempatkan di sebelah guru, sehingga guru dapat mengontrol situasinya dan anak tersebut guru libatkan dalam kegiatan bercerita, sehingga fokus anak akan kembali pada cerita yang dibacakan. Dapat dilihat dari vidio setelah guru memisahkan duduk anak dan melibatkan anak dalam kegiatan bercerita anak yang berbicara sendiri tadi dapat fokus kembali untuk mendengarkan cerita guru. Guru dalam vidio memiliki kecekatan dalam melakukan refleksi analisis situasi kelas dan percaya diri untuk mengambil langkah yang harus dilakukan untuk mengontrol situasi kelas apabila anak yang ngobrol di kelas saat proses pembelajaran. Sekian pendapat saya terima kasih.

  6. Analisis video GPO “ anak ngobrol dikelas saat PBM “
    Nama : Fina Idlha Matusilmi
    Nim : 857756567
    Prodi : Pg Paud

    Setelah mengamati video tersebut tanggapan saya ialah :
    Dalam proses kegiatan bercerita tadi saya melihat beberapa anak yang hilang fokus, seperti ada yang asyik mengobrol sendiri, melamun, mencolek-colek temannya. Tetapi tindakan guru di dalam video tersebut sangat bagus ia langsung tanggap mengampiri beberapa anak yang ngobrol, melamun, dan ribut. Namun dalam kegiatan bercerita tadi ada sedikit strategi yang harus diperbaiki dari mulai :
    a. Cara mengatasi posisi duduk anak alangkah baiknya anak melingkar mengelilingi karpet lalu guru berdiri ditengah-tengah
    b. Usahakan cari media yang bisa menarik fokus anak, misal bercerita menggunakan boneka tangan / bercerita lewat laptop menunjukkan video animasi sehingga anak biasanya mudah tertarik.
    c. Usahakan jalannya cerita jangan monoton tapi lebih divariasi dalam gerakan, sehingga anak bisa ikut serta masuk kedalam alur cerita tersebut.
    d. Usahakan pisahkan anak yang suka ngobrol (ribut) dengan anak yang ingin mendengarkan pembelajaran.
    e. Pastikan anak yang ngobrol/tidak fokus duduknya didepan guru, sehingga kita bisa mengamati anak-anak tersebut.
    f. jika dirasa kegiatan bercerita mulai membosankan, guru setidaknya memberikan kegiatan circle time

  7. Nama : Lili Suryani
    Nim : 859170245
    S1 PG PAUD

    Anak ngombrol dikelas saat PBB.
    Vidio ini sangat menarik dan bermanfaat bagi pendidik. Karena didalam vidio ini giru memberikan contoh atau arahan bagaimana cara mengatasi anak yang mengombrol didalam kelas. Dengan cara berhenti sejenak melakukan kegiatan belajar/bercerita untuk mengontrol atau melihat murid yang masih ngomong sendiro/tidak mau mendengarkan cerita, kemudian guru memisahkan murid yang tidak mau memdengarkan cerita ini untuk duduk didekat guru, kemudian guru memberikan sedikit nasehat kepada murid agar mendengarkan cerita/kegiatan. Setelah menenangkan situasi guru melanjutkan cerita.
    Didalam vidio ini juga ada kurangnya yaitu kurangnya alat peraga untuk bercerita, sehingga minat siswa untuk fokus mendengarkan kurang karena diusia anak Tk/Paud membutuhkan sesuatu yang membuat mereka tertarik dengar memperbanyak alat peraga untuk diperlihat ke murid ketika melakukan ssesuatu kegiatan belajar.
    Guru juga dari awal tidak mengatur cara duduk siswa dengan baik/rapi.
    Ada beberapa poin juga dari nara sumber tetapi didalam vidio guru tidak terlihat melakukannya.

  8. Nama : Indah Melani
    Nim : 857489813
    Video yang saya saksikan
    Judul : Anak Ngobrol Di Kelas Saat Pembelajaran
    Penulis Naskah : Megawati Simanjuntak,SP.,MSi
    Seri Pembelajaran : Pengembangan Sosial Emosional PAUD
    Bidang Keahlian Pengembangan Anak : Dr.Ir.Dwi Hastuti,MSc.
    Lokasi : Di Ruang Kelas
    Kelompok anak dalam Video : Anak tidak dikelompokan sehingga duduk tidak beraturan.
    Materi dalam Video : Guru bercerita tentang “ Anjing dengan bayangannya “
    Keadaan di Kelas : Ketika guru sedang bercerita terdapat beberapa anak yang asik mengobrol dengan temannya. Maka menurut video tersebut terdapat strategi untuk mengatasi keadaan seperti itu dengan cara :
    1) Hentikan proses pembalajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
    2) Guru memisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar.
    3) Posisikan anak yang mengobrol untuk tetap duduk.
    4) Libatkan anak dalam proses pembelajaran.
    5) Tekankan agar anak tidak mengulanginya.
    6) Beri rewards jika anak memperbaiki prilakunya.
    b. Apakah Guru dalam Video yang Anda saksikan tersebut telah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak usia dini?
    Jawab : Guru dalam video tersebut telah melakukan evaluasi jangka pendek secara insidental. Dibuktikan ketika guru mengatasi anak yang sedang mengobrol dengan melakukan hal-hal yang tertera dalam point 1) sampai 6).
    c. Jelaskan pendapat Anda, hal apa saja yang perlu diperbaiki pada proses pembelajaran yang Guru lakukan dalam video tersebut.
    Jawab : Hal yang perlu diperbaiki pada video tersebut yaitu mengenai posisi duduk. Seharusnya anak diatur cara duduknya dan menggunakan meja yang membentuk leter L atau U. Sehingga anak duduk berhadapan atau berkelompok.

  9. Nama : Eko Fitrianingsih
    NIM : 858669808
    “ANAK MENGOBROL DI KELAS SAAT PBM”
    Tanggapa saya terhadap video tersebut :
    Saya rasa upaya yang dilakukan guru sudah baik dengan menghentikan cerita dan menghampiri anak yang sedang bicara sendiri dengan temannya dan memisahkan anak tersebut lalu d dekatkan dengan posisi guru, guru juga sudah berupaya melibatkan anak – anak dalam proses PBM. Akan tetapi menurut saya akan lebih baik apabila :
    1. Ketika kondisi anak anak kurang kondusif guru melakuka ice breking terlebih dahulu misal, tepuk tepuk atau yang lain yang melibatkan fisik motorik anak agar semangat belajar
    2. Mengganti metode agar anak anak merasa dilibatkan dalam PBM tersebut
    3. Menggunakan media yang tepat yang lebih diminati anak sehingga PBM dapat berlangsung secara maksimal
    🙏🙏🙏

  10. Nama : Agustina Luwiyah
    Nim : 857168458
    Prodi : PG PAUD BI
    Menurut saya, guru dalam Video tersebut sudah mampu mengatasi anak yang sedang mengobrol saat aktivitas bercerita berlangsung. Melalui mengubah cara strategi pembelajarannya, seperti menenangkan suasana kelas, memisahkan anak yang sedang mengobrol, memindahkan anak yang sedang mengobrol menekan anak agar tidak mengulangi kejadian yang sama dan memberikan reward pada anak yang mengikuti kegiatan dengan baik. Sudah hal yang biasa anak usia dini akan mengobrol saat guru bercerita, namun apabila tidak ada tindakan atau teguran positif dari guru maka anak akan mengulanginya terus-menerus bahkan bisa berkelanjutan sampai tingkat pendidikan yang lebih tinggi.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://globelegislators.org/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://www.naturkraftwerke.com/https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://piaud.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://dishub.jakarta.go.id/visi-misi/