silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : Dini Putri Nurul Islam
NIM : 858975284
Dalam video tersebut menjelaskan tentang cara mengatasi anak yang ngobrol saat PBM yaitu dengan cara mengubah strategi pembelajaran yang dilakukan seperti :
1. Menghentikan kegiatan bercerita guru sejenak
2. Pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang belajar
3. Posisikan anak di dekat guru
4. Libatkan anak dalam proses kegiatan bercerita/kegiatan yang dilakukan guru
5. Tekankan agar anak tidak mengulangi hal yang sama
6. Berikan reward agar anak tidak akan mengulangi kesalahannya
Dengan cara-cara ini sangat membantu sekali untuk guru yang kesusahan dalam mengatasi anak yang suka mengobrol saat kegiatan berlangsung.
Terimakasih
Nama : Putu Mas Wina Lestari
NIM : 859034204
UPBJJ : Denpasar
Judul : Anak Ngobrol di Kelas saat PBM
Video ini sangat membantu Guru Paud dalam menangani anak yang suka mengobrol dengan temannya yang lain ketika guru sedang menjelaskan atau berbicara di depan kelas atau di depan anak-anak yang lain dalam satu kelompok kelas. Hal ini merupakan salah satu upaya yang akan menjadi contoh guru PAUD yang lainnya yaitu dalam video ini berisikan cara guru menangani anak yang suka ngobrol saat PBM yaitu memisahkan anak yang suka ngobrol dengan temannya yang suka ngobrol juga, lalu mendekatkan anak disamping guru agar guru lebih mudah mengawasi anak, kemudian memberikan reward sudah dengan tertib mendengarkan penjelasan Guru. Menurut saya ada metode lain untuk mengatasi anak yang suka mengobrol ini di kaji terlebih dahulu kenapa anak ini suka mengobrol. Bisa Kemungkinannya anak tidak suka dengan materi yang diajarkan guru, atau anak kurang mendapat perhatian dari Guru. Anak yang seperti ini memang harus mendapatkan perhatian yang khusus atau dengan kata lain anak yang berkebutuhan khusus penanganan terhadapa anak tersebut.
Nama : Supriyatun
Nim : 857620149
Melalui video ini kita bisa memberikan strategi praktis solusi untuk mengatasi anak yang ngobrol dikelas saat PBM bukan ditegur tapi menghentikan sejenak kegiatan untuk menenangkan kelas,pisahkan anak yang mengobrol,posisikan anak yang mengobrol dekat dengan guru,melibatkan anak dalam proses belajar ,memberikan reward kepada anak,sebagai guru yang biasanya saya kesulitan disini saya dapat ilmu yang akan diterapkan untuk menenangkan anak yang ngobrol saat PBM.saya sangat terbantu sekali dengan video ini dalam proses belajar mengajar dikelas.
Sering sekali terjadi pada pendidikan anak usia dini yang mana peserta didik lebih asik mengobrol dengan temannya saat proses pembelajaran berlangsung. Maka dari itu tanggapan saya mengenai video pembelajaran yang berjudul “Anak mengobrol di kelas saat PMB”, cara yang dilakukan guru tersebut sudahlah tepat yaitu dengan melakukan strategi pembelajaran dengan baik seperti pada video tersebut, anak yang asik mengobrol sendiri atau dengan temannya, guru menghentikan sejenak dan menghampiri peserta didik yang mengobrol dan memisahkan anak yang terlihat menggangu konsentrasi temannya ketika kegiatan mendongeng cerita berlangsung, kemudian anak yang asik mengobrol tersebut memposisikan duduknya berdekatan dengan guru, melibatkan anak didik dalam penyampaian isi cerita guru, serta menekankan dan memberitahu anak agar tidak mengulang kejadian tadi serta tidak boleh ditiru oleh teman yang lain. Menurut saya ada beberapa hal yang perlu diperbaiki atau diperhatikan pada video pembelajaran teserbut seperti, sebaiknya guru mengajak anak untuk mengatur posisi duduk melingkar, sebelum memulai bercerita sebaiknya guru dapat membangun atau menciptakan suasana ruang kelas menjadi gembira agar anak didik semangat sehingga dapat fokus mendengarkan cerita yang guru sampaikan yaitu dapat dengan cara mengajak anak untuk bernyanyi, dalam bercerita guru dapat menggunakan alat peraga seperti boneka tangan yang bertujuan untuk mengembangkan imajinasi anak didik, pada proses kegiatan bercerita berlangsung sebaikya guru menggunakan vocal atau suara yang unik sesuai dengan karakter yang diceritakan, dan hal yang terpenting yaitu hendaknya guru dapat memberikan reward pada anak didik yang fokus mendengarkan yaitu dengan semacam pujian.
Video tersebut sangat bermanfaat dan sebagai tambahan ilmu cara mengatasi anak yang mengobrol pada saat PBM di mana cara yang bisa di lakukan guru antara lain dengan cara:
1.mengadakan variasi permainan
2.memisahkan anak yang suka mengobrol,di tempatkan posisi duduk dekat dengan guru.
3.melibatkan anak dalam bercerita
4.menekankan k ank agar tidak mengulangi kesalahan dan tidak meniru perbuatan yang kurang baik untuk teman lain
5.memberikan rewad kepada anak yang fokus dan dapat menjawab pertanyaan di akhir sesi
Halo, perkenalkan nama saya Indri Yuliani S, dengan NIM 859884155, izinkan saya memberikan tanggapan pada video tersebut:
Video pembelajaran berjudul “Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM” dari seri pengembangan sosial emosional PAUD memberikan gambaran yang baik tentang bagaimana seorang guru dapat mengatasi situasi anak yang ngobrol di kelas. Namun, terdapat beberapa aspek yang bisa ditingkatkan untuk membuat video ini lebih efektif dan komprehensif:
a. Masukan:
1. Relevansi Konten:
Video ini sangat relevan dengan kebutuhan para guru PAUD dalam menghadapi masalah disiplin moral anak-anak usia dini. Pendekatan yang disarankan dalam video cukup praktis dan aplikatif.
2. Strategi dan Metode Pembelajaran:
Penggunaan variasi permainan, penempatan strategis siswa yang cenderung mengobrol, serta pemberian reward adalah strategi yang efektif. Namun, akan lebih baik jika video juga menampilkan contoh konkret dari setiap strategi tersebut agar lebih mudah dipahami dan diimplementasikan oleh guru.
3. Penggunaan Media:
Pakar Dosen Untung Laksana Budi menyarankan penggunaan gambar media besar dan Infocus PowerPoint untuk menarik perhatian anak-anak. Ini adalah ide yang bagus. Namun, akan lebih baik jika video menyertakan contoh implementasi media tersebut dalam PBM, sehingga guru dapat melihat bagaimana cara mengaplikasikannya secara efektif.
4. Kesesuaian dengan Kurikulum:
Sesuai dengan pendapat Pakar Guru Rahmawati, video ini sudah sesuai dengan kurikulum 2013 dan tingkat perkembangan anak didik. Ini penting agar video dapat digunakan secara luas oleh para guru PAUD.
5. Evaluasi Pembelajaran:
Seperti yang disampaikan Pakar Guru Rahmawati, video ini tidak menampilkan evaluasi pembelajaran. Sebaiknya video tersebut juga menyertakan bagian evaluasi untuk memberikan gambaran utuh kepada guru tentang bagaimana mengevaluasi efektivitas dari strategi yang diterapkan.
6. Kesan Umum dan Teknis:
Kesan umum terhadap video ini sangat positif. Namun, ada beberapa aspek teknis yang perlu diperbaiki, seperti volume musik latar yang tidak terlalu keras agar tidak mengganggu penonton dalam memahami konten video.
b. Saran Peningkatan:
1. Contoh Praktis:
Tambahkan contoh praktis dari setiap strategi yang dijelaskan. Misalnya, demonstrasi permainan tepuk, cara menekankan pada anak agar tidak mengulangi kejadian yang sama dan pemberian reward.
2. Penggunaan Media yang Tepat:
Sertakan tutorial singkat tentang bagaimana menggunakan media gambar besar dan Infocus PowerPoint dalam mengajar, seperti yang disarankan oleh Pakar Dosen.
3. Evaluasi Pembelajaran:
Tambahkan segmen tentang bagaimana guru dapat mengevaluasi perilaku anak setelah menerapkan strategi-strategi yang ada. Ini akan membantu guru memahami apakah metode yang mereka gunakan efektif atau perlu disesuaikan.
4. Musik Latar:
Kurangi volume musik latar atau pilih musik yang lebih lembut dan tidak mengganggu penjelasan dalam video.
5. Interaksi Siswa-Guru:
Tampilkan lebih banyak interaksi antara guru dan siswa dalam video. Ini akan memberikan gambaran lebih jelas tentang bagaimana guru dapat mengelola kelas secara efektif saat ada anak yang mengobrol.
Dengan beberapa penyesuaian ini, video pembelajaran dari portal Guru Pintar dapat menjadi sumber yang lebih bermanfaat dan komprehensif bagi para guru PAUD dalam menangani perkembangan moral dan disiplin anak usia dini.
Ijin menjawab
Nama:Tri wahyuli
NIM:857619699
Semester 2
Video yang di paparkan bagi saya sangat bermanfaat dan membantu dalam halnya solusi menangani anak yang mengobrol saat PBM:
1.menghentikan cerita sejenak agar hening guna mengingatkan anak yang sedang asyik mengobrol
2.mengadakam variasi dalam bercerita
3.libatkan anak dalam bercerita
4.memisahkam anak yang suka mengobrol dan memposisikan duduknya dekat dengan guru
5.mengingatkan anak agar tidak mengulangi kesalahan tidak mendengarkan cerita dan mengingatkan teman lain agar tidak meniru
6.memberikan rewad bagi anak yang mendengarkan dengan baik dan menjawab pertanyaan pada akhir pembelajaran
Nama : bernike fransiska harefa
nim : 859889749
upbjj : medan
Melalui video ini kita bisa memberikan strategi praktis solusi untuk mengatasi Permasalahan anak “ngobrol” saat proses belajar mengajar memang sering dijumpai pada anak usia dini. Hal ini wajar mengingat anak-anak pada usia tersebut masih memiliki rentang perhatian yang pendek dan cenderung mudah terdistraksi.Upaya yang disarankan seperti mengadakan variasi permainan, memisahkan anak yang suka ngobrol agar dekat dengan guru, serta memberikan reward merupakan langkah-langkah positif dalam mengatasi masalah ini. Namun, perlu diingat bahwa setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda-beda.Penting bagi guru untuk memahami penyebab anak sering “ngobrol” agar dapat menemukan solusi yang tepat. Misalnya, apakah karena anak merasa bosan, kurang tertarik dengan materi, atau memang memiliki kecenderungan untuk aktif bergerak dan berbicara.Selain upaya tersebut, guru juga dapat melibatkan anak dalam proses pembelajaran secara aktif, misalnya dengan mengajukan pertanyaan, meminta anak mempraktekkan sesuatu, atau menggunakan metode belajar yang menarik dan interaktif.Pengembangan moral dan disiplin pada anak usia dini memang membutuhkan kesabaran, konsistensi, dan pendekatan yang positif dari guru maupun orang tua. Reward dan punishment perlu digunakan secara bijak dan proporsional. Secara keseluruhan, upaya yang disampaikan dalam program video tersebut cukup baik untuk mengatasi permasalahan “ngobrol” pada anak usia dini. Namun, tentunya masih diperlukan penyesuaian dan pendekatan individual sesuai dengan karakteristik setiap anak.
Nama : Sera Patmawati
Nim : 859874691
UPBJJ : Medan
Dalam Video tersebut seorang guru sedang bercerita, saat guru bercerita anak mengobrol dalam permasalahan ini sangat sering terjadi.
Dalam masalah ini strategi yang di lakukan sangat menarik yaitu
1. Menghentikan cerita guru sejenak untuk menenangkan suasana kelas
2. Pisahkan anak yang mengobrol dan anak yang sedang belajar
3. Posisikan anak yangn mengobrol dekat guru
4. Libatkana anak, merupakan strategi yang sangat bagus
5. Tekankan agar anak tidak melakukan kejadian
6. Memberikan reward pada anak yang mau mendengarkan
Nama : Rizka Maulia
Nim : 859516987
UPBJJ : Jakarta
Menurut saya dari video tersebut sudah mengjarkan saya cara mengatasi anak yang ngobrol dikelas dan itu sangat bermanfaat bagi saya. karena di dalam kelas saya sering terjadi begitu, diam nya hanya sesaat dan nanti akan diulangi lagi mengobrol nya. dengan adanya video ini saya akan menerapkan di dalam kelas saya
masukan:
• Jika terjadi keributan atau ngobrol dikelas, guru harus melakukan ice breaking agar anak tidak mengobrol
• Berceritalah dengan judul yang menarik agar anak tidak bosan
Terima kasih