silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

1,275 Comments

  1. Nama: Dian Islamiati
    NIM: 859171627
    Jurusan: S1 PGPAUD

    Menurut saya video tersebut sangat bagus, dapat memberikan solusi kepada guru jika menghadapi masalah anak ribut di kelas saat PKM berlangsung dengan:
    1. Mengajak anak untuk tentang
    2. Menggunakan tehnik tepuk diam ataupun tepuk lainnya jika anak yang ribut cukup banyak.
    3. Jika anak yang ribut hanya sedikit, maka guru mendekati anak yang ribut dan mengajaknya untuk fokus kembali mengerjakan tugas yang harus ia kerjakan.
    4. Jika anak yang ribut sebelumnya sudah selesai mengerjakan tugas, maka guru mengajak anak tersebut untuk melakukan aktivitas lainnya agar anak tersebut tetap fokus dan tenang.

    Selain beberapa hal yang sudah dijelaskan dalam video terdapat beberapa cara juga yang bisa dilakukan oleh guru saat menghadapi situasi tersebut:
    1. Guru harus bisa mengendalikan emosi. Terkadang kita sebagai guru menghadapi kelas yang gaduh bisa membuat emosi guru menjadi terganggu, oleh karena itu guru perlu mengendalikan emosinya terlebih dahulu agar mampu menghadapi keributan tersebut dengan tenang tanpa mengeluarkan suara yang keras ataupun kasar.
    2. Memberikan teguran halus kepada anak yang ribut.
    3. Memberikan pujian kepada anak yang mau menyimak dan mengikuti PBM dengan tenang.

  2. nama:suharni
    nim : 859168944
    prodi :S1 PGPAUD
    dari vidio di atas tentang anak ribut di kelas saat pbm berlangsung,sangat sering kita jumpai saat mengajar,bahkan tidak hanya pada anak paud tetapi sering juga kita jumpai pada anak di jenjang sekolah atas,namun akan beda perlakuan yang akan kita berikan karena perbedaan usia,pemahaman dan cara komunikasi yang harus kita bangun kepada mereka,jika pada anak paud, guru terlihat dari vidio banyak memberikan permainan, atau berupa tepuk-tepukan yang bisa menarik perhatian anak sehingga memang guru paud harus lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan lagu-lagu,permainan,tepuk-tepukan sehingga dapat menciptakan kondisi kelas yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi anak,jadi anak tidak sibuk atau ribut dengan permainannya sendiri.

  3. Nama. : Nelly Riskonhayah
    Nim : 857353584
    Program Studi : S1-PG PAUD

    tanggapan sy terhadap “Anak Ribut Dikelas saat PBM”
    Guru sudah melakukan tugasnya dengan baik, namun
    Saat Guru menerangkan materi/kegiatan yang akan dilakukan ada beberapa anak yang kurang memperhatikan.
    mungkin solusinya bisa menggunakan media” yg ada di lingkungan sekitar sehingga menarik perhatian anak.
    pembelajaran juga bisa dilakukan diluar ruangan.
    Mungkin dalam konteks vidio tersebut anak merasa bosan, sehingga pendidik harus meningkatkan kreativitas agar dapat menarik perhatian anak sehingga anak tidak merasa bosan dan akan memperhatikan pendidik.
    Alangkah lebih baiknya tidak monoton anak diberi lembaran gambar-gambar dan permainan untuk pengenalan konsep, bisa melakukan hal lain yang lebih memancing minat kreasi anak seperti halnya belajar diluar ruangan.

  4. Nama. : Awanda Erna
    Nim. : 859416254
    Prodi : S1 PG-PAUD
    Pokja : Makassar – Enrekang
    Nama video : Anak Ribut di kelas saat PBM
    Usia Anak : 5-6 thn (kelompok TK)

    Hal yg sangat wajar dan familiar di temukan di setiap Kelas/lembaga PAUD jika ada kejadian anak ribut bahkan lari” di dalam Kelas. Karna notaben nya anak memiliki karakteristik yg berbeda-beda seperti ada anak yg super aktif bahkan hiperaktif. Ada yg cepat bosan dan ada pula yg lebih suka pembelajaram outdoor ketimbang indoor.

    Jdi menurut saya dri vidio “Anak Ribut dikelas saat pembelajaran” guru sudah melakukan cara mengatasi anak yg ribut sudah cukup baik.

    Menurut saya,
    – guru sebaiknya melakukan pendahuluan sebelum memulai pembelajaran. Menjelaskan terlebih dahulu tata tertib selama di dalam kelas.
    – guru sebaiknya menyelipkan ice breaking ketika melihat kondisi kelas sudah tdk tenang. Sehingga anak” lebih fokus dan semangat kembali.
    – Guru harus lebih kreastif. mungkin kegiatan yg dilakukan harus lebih menarik agar murid dpt lebih tenang.
    – memastikan anak memiliki ATK masing” Agar menghindari timbulnya keributan pinjam meminjam barang teman.

    Terima kasih

  5. nama:almaidah
    nim :857757806
    program studi :S1-PG PAUD

    Dari vidio diatas tentang “Anak yang ribut dikelas saat PBM”,sangat sering kita jumpai saat mengajar, tidak hanya anak paud saja,bahkan sering kita jumpai pula pada anak jenjang sekolah atas.namun akan beda perlakuan yang akan kita berikan karena perbedaan usia,pemahaman dan cara komunikasi yang harus kita bangun kepada mereka.Jika pada anak paud ,guru terlihat dari vidio tersebut banyak memberikan permainan berupa tepuk-tepukan yang bisa menarik perhatian anak sahingga memang guru paud harus kreatif dan inovatif dalam menciptakan lagu-lagu atau permainan sehingga anak merasa senang dan tidak bosan ,sahinggan anak bisa terkondisikan dan anak tidak ribut dan bermain sendiri di dalam kelas.

  6. NAMA: LU’ LUUL JANNATUNNAIM
    NIM: 859169939
    PRODI: S1 PGPAUD

    Dari video “Anak Ribut di Kelas Saat PBM” telah disebutkan empat solusi untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, yaitu: ajak untuk tenang, jika anak yang ribut banyak lakukan tepuk diam/meniup peluit, jika anak yang ribut sedikit dekati anak dan ajak fokus kembali, jika anak yang ribut telah selesai melakukan tugasnya ajak untuk mengerjakan tugas lain. Di sekolah pun, saya telah melakukan beberapa solusi yang telah diberikan dalam video. Meski anak yang ribut banyak, saya mendekati semua anak yang ribut dan memegang tangannya satu persatu dan tuntun kembali ketempat duduknya semula, karena di sekolah saya jika saya melakukan tepuk diam atau membunyikan krencengan anak-anak akan sulit diam bahkan akan lebih ribut. Anak-anak yang ada di kelas saya, lebih banyak anak yang super aktif dan akan sulit jika hanya melakukan tepuk diam tanpa mendekati satu persatu anak tersebut. Sekian dan terima kasih

  7. nama : sofi mubarokah
    nim : 857756148

    menurut saya upaya guru dalam menangani anak mengobrol dalam kelas saat KBM sudah baik.
    1. Menghentikan pembelajaran sejenak untuk mengkondisikan situasi di kelas
    2. Pisahkan anak yang sedang mengobrol dan yang sedang belajar
    3. Dekatkan anak yang mengobrol dengan guru
    4. Libatkan anak dalam kagiatan belajar
    5. Tekankan kepada anak agar tidak mengulangi kesalahannya lagi
    6. Berikan reward kepada anak

    alangkah baiknya guru menggunakan media untuk menarik perhatian siswa, melakukan ice breaking sebelum KBM, menggunakan nama anak sebagai nama tokoh dalam cerita, menggunakan suara yang berbeda pada setiap tokoh cerita, dan mengatur posisi duduk yang membuat anak tidak mudah untuk mengobrol dengan teman yang lainnya.

  8. Nama : Neha Rosma Malini
    NIM : 858857488
    Prodi : S1 PG-PAUD

    Tanggapan saya setelah melihat video Anak Ribut Dikelas saat PBM, kondisi kelas tersebut wajar terjadi pada anak usia TK karena bosan dengan kegiatan yang ada, untuk mengatasi anak bosan dan ramai dikelas dalam video tersebut sudah cukup baik, namun untuk membuat anak-anak menjadi lebih terkondisikan pada saat pembelajaran perlu diadakan circle time sebelum melakukan kegiatan, ajak anak untuk berdiskusi singkat tentang peraturan saat sedang belajar, hal tersebut dapat mengurangi tingkat anak yang berlarian di dalam kelas, selain itu guru juga dapat bermain tebak nama barang dengan lagu atau menggunakan gerakan tepuk fokus agar anak-anak dapat fokus untuk pembelajaran.

  9. Nama : BUNGA
    NIM : 859375696
    Pokjar : Enrekang

    Bismillah,,
    Menurut saya, cara atau solusi yang dilakukan oleh guru pada video anak ribut dikelas saat PBM sudah tepat. Karena pada dasarnya karakteristik anak usia dini itu sangat beragam dan unik. Sebagai seorang guru, kita harus bisa menangani anak dalam hal sosial emosionalnya. Seperti yang dilakukan pada video tersebut.
    Selain cara diatas, ada beberapa cara lain yang dapat kita lakukan :
    1. Mengajak anak yang sedang ribut untuk mengobrol atau bercerita sederhana untuk menarik perhatian anak.
    2. Memanggil anak tersebut dan memintanya untuk bercerita didepan kelas tentang kegiatan yg dilakukan sehari hari.
    3. Memberikan tugas atau kegiatan main yang dapat menumbuhkan minat dan bakat anak. Setelah itu, kita dapat bertanya2 pada anak tentang kegiatan yang sudah dilakukan.

    Sekian, terima kasih

  10. Nama : Jamilah
    Nim: 857970806
    Prodi : S1 PG-PAUD
    Mohon maaf ijin menanggapi dari video diatas :
    Hal yang kerap dialami oleh semua pendidik pasti terdapat kejadian anak ribut atau mengobrol di dalam kelas bahkan hampir setiap hari, saya katakan wajar dan itulah memang dunia nya anak.
    di dalam video tersebut hal yang belum dilakukan oleh guru adalah sebelum membacakan buku cerita sebaiknya guru membuat kesepakatan terlebih selama proses belajar mengajar, dan anak diberi tepukan atau permainan sederhana terlebuh dahulu agar fokus dan konsentrasi mendengarkan guru. Hal yang sudah baik dilakukan oleh guru di dalam video tersebut adalah ketika anak anak mengobrol guru memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yamg sedang belajar, melibatkan anak yang mengobrol tsb untuk melakukan proses belajar mengajar.

    Jadi menurut saya di dalam video tsb guru sudah baik dan cukup dalam mengatasi anak yang mengobrol di daam kelas pada saat proses belajar mengajar. Terimakasih
    Semangat para guru PAUD di Indonesia

Leave a Reply