silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Cici Amelia
    NIM : 857430844

    Dalam video di atas,kelebihannya tahap yang dilakukan ibu guru menurut saya sudah benar dengan melakukan tahapan pengumpulan informasi mengenai “pemandangan” dengan melakukan eksplorasi di lingkungan sekitar sehingga anak semakin terbuka wawasannya mengenai tema yang dijelaskan. akan tetapi menurut saya, ada cara lain juga untuk mengembangkan imajinasi anak dalam menggambar yakni dengan cara menggunakan beberapa alat peraga atau mainan sebelum mulai kegiatan menggambar agar anak memiliki refrensi baru, Dan Kelemahanya yaitu guru hanya memberikan satu contoh gambar saja sehingga dari sifat anak usia dini yang masih imitatif atau meniru anak-anak semua menirukan gambar pemandangan yang dicontohkan gurunya dipapan tulis, sebaiknya guru memberikan beberapa contoh gambar yang berbeda agar ank bisa memilih apa yang diinginkan untuk digambar.

  2. Apa yg di tampilkan di Vidio dalam mengatasi anak sulit berimajinasi saat menggambar sudah sangat tepat di mana untuk meningkatkan atau menimbulkan imajinasi anak untuk mengambar dengan bebas sesuwai minat dan anak bebas berkreasi sesuwai dengan minat anak,guru mengajak anak untuk melihat ke sekeliling dan guru meminta anak menggambar apa yang anak lihat kemudian di situ akan timbul beragam minat anak yang akan tampil sesuwai dengan obyek apa yang lebih mereka minati.. jadi penerapan metode pembelajaran seperti dalam Vidio sudah sangat tepat

  3. Nama: nurwahidah
    Nim: 859171824
    Program studi: S1 PGPAUD

    Menurut saya dari vidio di atas tentang anak sulit berimajinasi saat menggambar,,, tahap yg dilakukan ibu gurunya sudah benar memberikan kebebasan meniru gambar dari pemandangan diluar kelas

  4. NAMA : Suci Purnamasari Darwis
    NIM : 859169258
    PRODI JURUSAN : S1 – PGPAUD

    Menurut saya pemaparan materi dalam video tersebut untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar dengan strategi yang diterapkan guru tersebut sudah sudah benar dan terarah karena guru tersebut memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan merupakan contoh kegiatan yang dapat membantu mengembangkan imajinasinya. Anak – anak juga lebih mendapat stimulus dari segala panca inderanya terutama dari mata , telinga , dan indera perabanya, Mungkin yang tadinya didalam kelas anak – anak merasa terbatas untuk memiliki ide karena hanya diberikan tema pemandangan , setelah diluar kelas anak lebih berfikir secara terbuka dengan mengeksplore langsung dan merasakan apa yang ada disekitarnya.

    Selain itu , dari gambaran video tersebut mengapa anak – anak perlu diarahkan untuk mencari imajinasi di luar kelas karena tidak semua anak – anak dapat menyukai tema pemandangan tersebut , beberapa anak yang mungkin menyukai pemandangan tentu gaya imajinasinya lebih tinggi dan bisa tertuang langsung melalui hasil karya gambarnya, anak juga lebih menikmati kegiatan tersebut dengan rasa yang menyenangkan.

    Nah bagaimana dengan anak – anak lainnya yang kurang berminat dengan tema tersebut ? bahkan tidak memiliki daya imajinasi sama sekali tentang tema yang diberikan. Bisa kita lihat dalam video tersebut diawal guru sudah memberikan instruksi bahwa anak dibebaskan menggambar apa saja dengan Tema Pemandangan bahkan menjelaskan bisa menggambar sapi atau pesawat, tetapi pada faktanya setelah kegiatan berjalan secara tidak langsung anak telah menunjukkan prilaku meniru gambar teman, merasakan bosan,bahkan ada yang melamun karena mungkin memikirkan ide – ide tema yang tidak kunjung datang pada imajinasinya, hal itu dapat saya analisa pada video tersebut .
    Prilaku lainnya yang mungkin pernah kita temui dilingkungan sekolah ada anak yang merasa terbebani karena menyelesaikan tugas gambar sesuai tema, sehingga anak bisa menangis karena tidak bisa mengerjakan sesuai yang dilakukan seperti teman-teman lainnya. Beragam prilaku anak yang muncul tersebut membuat anak tidak fokus pada kegiatan yang diberikan. Dengan demikian hal ini termaksud dalam proses yang terkendala bagi anak untuk mengembangkan kemampuan imajinasinya, tidak hanya anak – anak tetapi Guru juga menjadi tidak maksimal dalam mencapai tujuannya untuk mengembangkan imajinasi yang kreatif pada anak.

    Dalam video tersebut guru sudah mencoba melakukan cara lain dalam mengembangkan imajinasi kreatif anak dengan mengajak mengeksplore dihalaman sekolah.
    Dan hasilnya berbeda dengan sebelumnya yang dilakukan didalam kelas . Peningkatan imajinasi dan pemahaman anak menjadi bertambah, yang tadinya beberapa pemahaman anak hanya melihat pemandangan alam itu hanya ada gunung dan sawah saja dan hanya melihat gambaran guru dan temannya, Sekarang anak mendapat pemahaman secara langsung bahwa di pemandangan alam juga terdapat beberapa benda lain disekitarnya. Contohnya pada akhir video terdapat wawancara pada anak laki – laki bahwa apa saja yang telah dia lihat dihalaman sekolah tadi dan anak menjawab melihat pemandangan pohon kelapa sawit , dan tempat kantor pak satpam, dapat dilihat juga ada anak yang sama melihat kendaraan mobil namun ada yang menggambar sebatas melihat 1 mobil , ada juga yang menggambar 2 mobil dengan maksud dia telah melihat sebuah parkiran didepan halaman sekolahnya.
    Dengan demikian dari tahapan cara guru dalam video tersebut mulai dari tahapan proses pengumpulan data didalam kelas dan diluar kelas , setelah itu menjadi bahan observasi kembali bagi guru untuk memastikan kembali pengembangan proses berfikir setiap anak apakah sudah mencapai tujuan dari kurikulum pembelajaran disekolah atau tidak. Jika masih ada anak yang belum mencapai tujuannya , maka kita sebagai guru tentu akan mencari dan memberikan cara solusi yang lain lagi untuk memenuhi kebutuhan pengembangan anak tersebut.

  5. Nama : Fazar Rahayu
    NIM : 858288623
    UPBJJ: Banjarmasin
    Prodi : PGSD

    Dalam video yang berjudul “Berimajinasi Saat Menggambar” ada seorang guru TK yang mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Pada awal video guru (Bu Lina) mengajak anak-anak menggambar bebas, kemudian Bu Lina memberikan contoh permandangan, kemudian membagikan buku gambar dan krayon.
    Karena anak-anak mengalami kesulitan dalam berimajinasi saat menggambar maka semua anak mengambar pemandangan yang dicontohkan oleh Bu Lina. Dalam video juga disebutkan dalam menggali ide dan imajinasi saat menggambar dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan membebaskan anak menggambar apa saja sesuai imajinasinya dan sesuai minat anak tersebut. Cara yang lain adalah guru memfasilitasi anak menggali ide atau imajinasinya dengan mengajak anak melihat-lihat apa saja yang ada dihalaman sekolah, agar anak dapat melihat berbagai macam benda sekitarnya.

  6. Nama: IDA MARYANI
    NIM: 859169828
    Prodi: S1-PGPAUD
    Metode pembelajaran seperti ini cukup efektif untuk diterapkan, sehingga peserta didik agak mudah untuk berimajinasi sndiri. Namun untuk pencapaian imajinasi anak. Di smping anak mnceritakan apa yang dilihat dan dialami alangkah baiknya anak juga kita harapkan untuk membayangkan apa yg dilihat dan dialami sehingga anak dapat mengimplementasikan imajinasinya sesuai dengan apa yg dilihat
    Menurut piaget perkembanga koknitip bukan hanya hasil kematangan organisme bukan pula pengaruh lingkungan saja melainkan intraksi antara keduanya. Dalam pandangan ini organisme aktif mengadakan hubungan dengan lingkungan.
    Kemampuan kognitif merupakan sesuatu yang fundamental dan membimbing tingkah laku anak yang terletak pada pemahaman bagaimana pengetahuan tersebut terstruktur dalam berbagai aspek.

  7. NAMA: NADYA APRILIYA ANGGRAENI
    NIM : 857474132

    menurut saya,metode atau cara yang di lakukan oleh guru yang berada di dalam video sudah tepat,contoh nya dengan cara mengajak anak anak untuk keluar dari kelas dan melihat sekeliling halaman sekolah agar imajinasi anak anak muncul dari apa yang mereka lihat di lingkungan sekeliling nya,namun sebaiknya anak anak terlebih dahulu di ajak keluar kelas untuk menggambar sesuai dengan imajinasi mereka masing masing sebelum di perlihatkan contoh dari ibu guru agar anak tidak terpacu pada contoh gambar pemandangan yang ibu guru berikan

    terimakasih
    wassaalamualaikum

  8. Nama : Leni Nuraeni
    NIM : 857480666 (PGPAUD-MS)

    “ Anak sulit berimajinasi saat menggambar ”

    Dari video di atas, Dengan mengajak anak untuk menggambar menjadi cara yang baik untuk melatih perkembangan motorik halus dan kreativitas anak,pada kegiatan yang pertama bu guru memberikan conto menggambar pemandangan di papan tulis, sehingga semua anak meniru gambar yang ibu guru gambar di papan tulis, jadi imajinasi anak belum terpancing, Setelah bu guru melakukan kegiatan yang ke dua dengan strategi yang di terapkan bu guru yaitu dengan mengajak anak ke luar kelas dan halaman sekolah sangat tepat karena anak akan mudah berimajinasi dan akan memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, kemudian mengajak anak bercerita dan menggambarkan apa yang di temukan dan di lihat oleh anak di luar kelas. Sehingga anak bisa menuangkan imajinasinya dalam bentuk gambar.

  9. Nama:Baiq Dian pahami, Nim(859170901) S1 PG-PAUD Bi
    Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar. Menurut pendapat saya apa yang dilakukan oleh ibu guru di Vidio tersebut sudah benar,dengan mengajak langsung melihat lingkungan di sekitar sekolah bertujuan agar imajinasi anak-anak terangsang untuk membuat gambar sesuai dengan apa yang di lihat. Menurut pendapat dan pengalaman saya tidak semua anak-anak itu mempunyai gambaran sesuai apa yang mereka lihat,bahkan ada saja anak yang tidak bisa memulai apa yang mau di gambar sesuai dengan apa yang di harapkan ibu guru. Disinilah peran seorang guru untuk membimbing anak agar perkembangan kognitifnya berkembang terutama pada tahap usia 3-4 tahun anak-anak belum bisa membedakan antara imajinasi dengan realitas.🙏🙏

  10. Nama : Apong Nurhasanah
    Tugas : Analisis kegiatan pengembangan pendidikan usia dini
    Anak sulit berimajinasi saat menggambar
    Anak – anak cenderung meniru gambar karna anak tidak kereatif dan belum berimajinasi dalam menggambar salah satu cara untuk menggali imajinasi anak.
    1. Dengan membebaskan anak untuk menggambarkan apa saja sesuai imajinasinya.
    2. Guru memfasillitasi anak untuk menggali ide-ide atau imajinasi dengan mengajak anak-anak ke halaman sekolah untuk melihat apa saja yang ada di halaman sekolah.
    3. Kelebihan dan kekurangannya itu :
    a) Didalam tayangan vidio tersebut kelebihannya yaitu, proses pembelajaran lebih objektif dan mendalam, adanya perbaikan dalam proses pembelajran yaitu, guru mengajak anak-anak keluar dari kelas biar anak-anak mendapat imajinasi tentang menggambar bebas.
    b) Setting kelas dalam vidio tersebut. Dalam penyettingan kelas sangat bagus ketika sedang klasikal anak-anak duduk dengan rapih bersama teman-teman dan guru, dan ketika pemberian tugas anak-anak duduk dengan rapih.

Leave a Reply