silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Dian Haryati Sitorus
    Nim. : 856062918
    Pokjar : Medan (BI pgpaud)
    Video. : Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar

    1. Reaksi anak siswa terhadap kegiatan yang di lakukan oleh guru adalah anak sangat sulit untuk berimajinasi, atau menuangkan ide yang anak pikirkan saat menggambar. Anak merasa akan kebingungan dan kesulitan.Dan sering terjadi ketika saat menggambar anak menirukan gambar yang telah ada di gambar pada waktu sebelumnya Atau anak meniru gambar temannya,Secara tidak langsung hal ini menyebabkan anak menjadi tidak kreatif Tidak terbiasa menggali pengetahuannya untuk berimajinasi atau berfikir kritis untuk menuangkan ide ide yang ada di dalam pikirannya. Hal ini dapat membuat kejenuhan anak dan merasa terbebani.

    2.-Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru kurang memperhatikan anak yg sedang kesusahan dalam menggambar.
    -di dalam pembelajaran guru tidak menyediakan media yang menarik, seharusnya guru di dalam pembelajaran itu menyediakan media yang menarik atau selain dari itu guru memberi contoh Kepada anak agar Dapat merangsang Imajinasi anak.

    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah Guru mengajak anak melihat lingkungan sekitar untuk menambah Wawasan atau Imajinasi pikir pada anak
    -Guru meminta anak bercerita terhadap apa yang dilihatnya diluar dengan metode tanya jawab.

    4.Hal unik yang saya temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran adalah guru membebaskan anak Untuk menggambar apa saja Sesuai dengan Imajinasinya Dan minat anak.

    5.Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah Guru lebih meningkatkan kreativitas nya dengan melakukan berbagai cara membuat media yang menarik contohnya juga membuat kegiatan yang menarik yang dapat menyenangkan anak misalnya membuat Pinger painting, melukis di atas pasir, melihat media media bergambar,Mengajak anak melihat bentuk asli dari benda yang akan digambar, mengajak anak untuk mengamati bentuk yang akan digambar dengan Seksama dan teliti, berikan kebebasan kepada anak dalam menggambar dan memilih warna, membawa anak keluar dari kelas dan biarkan mereka menggambar di tempat terbuka, bebaskan anak memilih bentuk gambar walaupun guru telah menentukan tema gambar.

  2. nama : Anik Rochmiatun
    nim : 857976584
    prodi : PGPAUD S1

    Menurut saya, dalam video tersebut anak cenderung meniru apa yang sudah digambar sebelumnya atau meniru gambar milik temannya.Untuk menggali ide dan imajinasi dari anak dapat dilakukan beberapa cara, yaitu
    1. Guru membebasskan anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan imajinasinya dan minat anak
    2. Guru memfasilitasi anak untuk menggali ide ide atau imajinasi anak dengan kegiatan diluar kelas bisa dihalaman sekolah untuk melihat apa saja yang ada ddi halaman.
    3. Kemudian meminta anak bercerita tentang apa saja yang dia lihat dihalaman sekolah kemudian meminta anak untuk menggambarkannya kembali.
    4. Kemudian guru melakukan tanya jawab mengenai hasil karya yang mereka lihat

  3. NAMA : Adelia Risska Eka Yanti
    NIM : 858844972
    POKJAR : Batu
    PRODI : PGPAUD

    Pada vidio tersebut saya melihat bahwa yang dilakukan oleh guru tersebut untuk menggali imajinasi anak yaitu dengan membebaskan anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan imajinasi dan minat anak, cara lain yang dapat dilakukan oleh guru pada saat menemukan anak yang sulit untuk berimajinasi pada saat menggambar yaitu guru dapat mengajak anak untuk menggali ide-ide atau imajinasi pada anak bisa dengan mengajak anak untuk melihat pemandangan disekitar lingkungan sekolah dan melihat apa saja yang dilihat oleh anak di lingkungan sekolah. Guru juga dapat menggali imajinasi anak dengan meminta anak untuk bercerita tentang apa saja yang mereka lihat dilingkungan sekolah yang kemudian bisa untuk anak-anak tuangkan dalam sebuah gambaran.

  4. nama : rafiqah syaihany maarif
    nim : 859405133
    pokjar : maros

    menurut saya penanganan yang telah diberikan oleh guru sudah tepat. tetapi sebaiknya guru memberikan kebebasan kepada anak dengan mengajak anak keluar kelas dan meminta anak untuk menggambar apa yang lihat.atau memberikan beberapa contoh yang berbeda beda agar anak dapat memilih gambar yang diinginkannya.

  5. Vidio: Anak sulit berimajinasi saat menggambar.
    hasil pengamatan saya dari video tersebut yaitu mengenai anak sulit berimajinasi atau menuangkan ide ide dalam bentuk gambar, anak sulit bercerita tentang imajinasinya dan menuangkan dalam bentuk gambar. Anak cenderung meniru apa yang sudah digambar sebelumnya atau meniru gambar milik temannya.
    Untuk menggali ide dan imajinasi dari seorang anak dapat dilakukan beberapa cara sebagai berikut:
    1. Membebaskan anak untuk menggambarkan apa saja sesuai dengan imajinasinya dan minat anak.
    2. Guru memfasilitasi anak untuk menggali ide -ide atau imajinasi anak dengan mengamankan anak ke halaman untuk melihat lihat apa saja yang dilihat di halaman sekolah.
    3. Minta anak bercerita tentang apa yang dilihat di halaman sekolah dan menggambarkannya.
    4. Guru melakukan tanya jawab mengenai hasil karya yang mereka buat

  6. Nama : Dian Haryati Sitorus
    Nim: 856062918
    Pokjar : Medan (BI pgpaud)
    Video. : Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar

    1. Reaksi anak siswa terhadap kegiatan yang di lakukan oleh guru adalah anak sangat sulit untuk berimajinasi, atau menuangkan ide yang anak pikirkan saat menggambar. Anak merasa akan kebingungan dan kesulitan.Dan sering terjadi ketika saat menggambar anak menirukan gambar yang telah ada di gambar pada waktu sebelumnya Atau anak meniru gambar temannya,Secara tidak langsung hal ini menyebabkan anak menjadi tidak kreatif Tidak terbiasa menggali pengetahuannya untuk berimajinasi atau berfikir kritis untuk menuangkan ide ide yang ada di dalam pikirannya. Hal ini dapat membuat kejenuhan anak dan merasa terbebani.
    2.-Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah guru kurang memperhatikan anak yg sedang kesusahan dalam menggambar. -di dalam pembelajaran guru tidak menyediakan media yang menarik, seharusnya guru di dalam pembelajaran itu menyediakan media yang menarik atau selain dari itu guru memberi contoh Kepada anak agar Dapat merangsang Imajinasi anak.
    3. Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran adalah Guru mengajak anak melihat lingkungan sekitar untuk menambah Wawasan atau Imajinasi pikir pada anak -Guru meminta anak bercerita terhadap apa yang dilihatnya diluar dengan metode tanya jawab.
    4.Hal unik yang saya temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran adalah guru membebaskan anak Untuk menggambar apa saja Sesuai dengan Imajinasinya Dan minat anak.
    5.Upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya adalah Guru lebih meningkatkan kreativitas nya dengan melakukan berbagai cara membuat media yang menarik contohnya juga membuat kegiatan yang menarik yang dapat menyenangkan anak misalnya membuat Pinger painting, melukis di atas pasir, melihat media media bergambar,Mengajak anak melihat bentuk asli dari benda yang akan digambar, mengajak anak untuk mengamati bentuk yang akan digambar dengan Seksama dan teliti, berikan kebebasan kepada anak dalam menggambar dan memilih warna, membawa anak keluar dari kelas dan biarkan mereka menggambar di tempat terbuka, bebaskan anak memilih bentuk gambar walaupun guru telah menentukan tema gambar.

  7. Nama : Nikmatul Khasanah
    Nim : 857978477
    Prodi PGPAUD S1

    Vidio: Anak sulit berimajinasi saat menggambar.
    hasil pengamatan saya dari video tersebut yaitu mengenai anak sulit berimajinasi atau menuangkan ide ide dalam bentuk gambar, anak sulit bercerita tentang imajinasinya dan menuangkan dalam bentuk gambar. Anak cenderung meniru apa yang sudah digambar sebelumnya atau meniru gambar milik temannya.
    Untuk menggali ide dan imajinasi dari seorang anak dapat dilakukan beberapa cara sebagai berikut:

    1. Membebaskan anak untuk menggambarkan apa saja sesuai dengan imajinasinya dan minat anak.
    2. Guru memfasilitasi anak untuk menggali ide -ide atau imajinasi anak dengan mengamankan anak ke halaman untuk melihat lihat apa saja yang dilihat di halaman sekolah.
    3. Minta anak bercerita tentang apa yang dilihat di halaman sekolah dan menggambarkannya.
    4. Guru melakukan tanya jawab mengenai hasil karya yang mereka buat

  8. NAMA : RUSTIANI
    NIM :857606391
    Menurut saya guru di dalam video tersebut sudah bagus dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didiknya,terbukti pada saat pembelajaran dengan model pertama guru memerintahkan anak untuk menggambar bebas tetapi anak – anak masih meniru gambar guru,setelah itu guru merubah pola pembelajaran dengan membawa anak didiknya keluar kelas agar mereka bisa melihat apa saja yang ada di lingkungan sekolah mereka dan pada saat kembali ke kelas anak – anak sudah bisa menyebutkan dan menuangkan ke dalam gambar apayang mereka lihat di lingkungan sekolahnya.

  9. Nama : Norhikmah
    Nim : 858305816
    Jurusan : PG PAUD
    Assalamu’alaikum,,, izin menanggapi video di atas, menurut saya cara guru mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar sudah bagus, yang mana guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar apa saja yang anak suka. Dan untuk anak yang sulit mengimajinasikan idenya dalam bentuk gambar, di video tersebut guru mengajak anak untuk keluar sekolah untuk melihat lihat pemandangan yang bisa dijadikan anak ide dalam menggambar. Setelah selesai menggambar anak juga diberi pertanyaan tentang gambar yang mereka buat. Anak usia dini memang perlu dikembangkan bakatnya dari sekarang salah satunya dengan menggambar. Demikian tanggapan saya terhadap video pembelajaran di atas, terimakasih,,,

  10. Tanggapan saya : Video yg saya pilih Aspek Kognitif judul “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar”
    Secara umum tayangan video tsb sudah mempunyai tujuan

Leave a Reply