silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama : CANTIKA
nim : 856336474
Menurut Carl Witherington “Kognitif” adalah pikiran, kognitif (kecerdasan pikiran) melalui pikiran dapat digunakan dengan cepat dan tepat untuk mengatasi suatu situasi untuk memecahkan masalah. Sedangkan perkembangan kognitif (Perkembangan Mental), adalah perkembangan pikiran. Pikiran adalah bagian dari proses berfikir dari otak. Pikiran yang digunakan untuk mengenali, mengetahui dan memahami.
Dalam video di atas, tahap yang dilakukan ibu guru menurut saya sudah benar dengan melakukan tahapan pengumpulan informasi mengenai “pemandangan” dengan melakukan eksplorasi di lingkungan sekitar sehingga anak semakin terbuka wawasannya mengenai tema yang dijelaskan. Setelah berbagai informasi yang diperlukan terkumpul, guru melakukan pematangan materi mengenai apa saja yang sudah di lihat anak-anak ketika jalan-jalan di area sekolah. Tahap terakhir, barulah anak-anak menginterpretasi apa yang ia lihat melalui media gambar. Namun alahngkah baiknya setelah menggambar objek anak bisa mewarnai gambarnya untuk menambah pengetahuan warna.
Dalam video tersebut juga guru sudah mencoba melakukan cara lain dalam mengembangkan imajinasi kreatif anak dengan mengajak mengeksplore dihalaman sekolah.
Dan hasilnya berbeda dengan sebelumnya yang dilakukan didalam kelas . Peningkatan imajinasi dan pemahaman anak menjadi bertambah, yang tadinya beberapa pemahaman anak hanya melihat pemandangan alam itu hanya ada gunung dan sawah saja dan hanya melihat gambaran guru dan temannya, Sekarang anak mendapat pemahaman secara langsung bahwa di pemandangan alam juga terdapat beberapa benda lain disekitarnya. Contohnya pada akhir video terdapat wawancara pada anak laki – laki bahwa apa saja yang telah dia lihat dihalaman sekolah tadi dan anak menjawab melihat pemandangan pohon kelapa sawit , dan tempat kantor pak satpam, dapat dilihat juga ada anak yang sama melihat kendaraan mobil namun ada yang menggambar sebatas melihat 1 mobil , ada juga yang menggambar 2 mobil dengan maksud dia telah melihat sebuah parkiran didepan halaman sekolahnya.
Dengan demikian dari tahapan cara guru dalam video tersebut mulai dari tahapan proses pengumpulan data didalam kelas dan diluar kelas , setelah itu menjadi bahan observasi kembali bagi guru untuk memastikan kembali pengembangan proses berfikir setiap anak apakah sudah mencapai tujuan dari kurikulum pembelajaran disekolah atau tidak. Jika masih ada anak yang belum mencapai tujuannya , maka kita sebagai guru tentu akan mencari dan memberikan cara solusi yang lain lagi untuk memenuhi kebutuhan pengembangan anak tersebut.
Nama : Erlina Novita Sari
NIM : 857364111
Prodi : S1 PGPAUD
Video : Anak yang sulit berimajinasi saat menggambar
Dalam video ini terlihat guru sudah melakukan tahapan yang benar untuk meningkatkan daya imajinasi anak, yaitu:
– Memberi kebebasan pada anak untuk menggambar sesuai dengan keinginannya, artinya tidak membatasi anak berkreasi dengan mengharuskan anak didi menggambar sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh guru
-Sebelum kegiatan menggambar guru mengajak anak untuk mengobservasi lingkungan sekolah, guna menambah referensi untuk menstimulus imajinasi anak didik
-mereview kembali apa yang sudah dilihat pada saat observasi lingkungan
cara-cara tersebut sangat membantu anak didik lebih terbuka dan mengembangkan imajinasinya dan dapat menuangkan dalam bentuk gambar.
Nama : NELI ALDILA
NIM : 859165393
Mahasiswa Jurusan : PGPAUD S1 Semester 2
Dalam Video, Guru memberikan tugas tentang ‘ Menggambar Bebas ‘. Namun karena kurangnya imajinasi anak, Banyak anak yang menggambar gambar yang sama dengan teman di dekatnya karena ingin cepat-cepat menyelesaikan tugas.
Demi memperluas wawasan, Guru melakukan eksplorasi dilingkungan sekolah dan sekitar untuk membebaskan anak agar menemukan ide. Di tambah dengan guru melakukan evaluasi tentang sejauh mana anak mengingat objek2 yang baru saja dilihatnya sebagai pematangan materi.
Lalu anak di minta untuk menggambar kembali dengan menggambar apa saja yang di lihatnya.
Yang di lakukan guru dalam Video memang sudah tepat. Namun, Masih ada kekurangan seperti guru yang tidak memberikan contoh-contoh tentang gambar bebas apa yang harus di gambar oleh siswa. Guru harus nya menyebut kan beberapa contoh objek apa saja yang boleh di gambar, Seperti gunung, hewan, tumbuhan, benda-benda, dll. Hingga kita dapat mengetahui berapa jauh imajinasi anak.
Untuk Alat, Guru sebaiknya mengajarkan anak menggunakan pensil dan krayon sesuai kegunaannya. Seperti pensil untuk menggambar dan krayon untuk mewarnai, Selain itu, Gitu di harapkan dapat memperkenalkan warna-warna kepada anak melalui kegiatan menggambar.
Nama: mutiara safitri
Nim: 856611494
Dalam video di atas anak kesulitan menggambar dan guru memberi contoh terhadap anak2 terlebih dahulu kemudian anak menirukan nya apa yang di contoh /digambarkan oleh bunda/guru ya, dan sebagai guru PAUD kita harus kreatif dalam memberikan pembelajaran kepada anak2 didik kita supaya mereka memahami apa yang kita ajarkan, seprti mengajak anak-anak didik kita melihat lingkungan supaya anak berimajinasi sendiri apa yang mereka inginkan.
Nama : Anindiya Rahmadhoni
NIM : 857754832
Prodi : PGPAUD AKPMM
Semester : 2
Menurut saya pembelajaran yang dilakukan pada video tersebut sudah cukup bagus tapi alangkah baiknya jika anak tidak hanya diajak berkeliling di halaman sekolah saja tetapi di sekitar lingkungan sekolah. Selain mengajak anak berkeliling, guru juga dapat menampilkan beberapa video mengenai pemandangan alam seperti pemandangan gunung, sawah, laut, pantai, sungai, danau, air terjun, dan lain-lain sehingga anak-anak mempunyai gambaran (imajinasi) mengenai pemandangan alam yang akan dia gambar.
Nama: Fatmawati Uswatun Hasanah
NIM: 858168142
Jurusan : PGPAUD BI semester 2
pada video tersebut guru memberi ide cara menggambar, namun ternyata anak menirukan apa yang digambar guru, padahal guru sudah menjelaskan bahwa anak-anak boleh menggambar bebas..
setelah mengetahui gambar anak-anak, guru akhirnya mengevaluasi bahwa anak-anak belum bisa menggambar bebas sesuai imajinasi anak. kemudia guru mengajak berkeliling ke lingkungan sekolah untuk memberikan inspirasi anak untuk menggambar bebas
cara guru mengajari anak sudah baik. dapat menjadi inspirasi ketika mengajar dikelas
Nama : NIA JURNIASIH
NIM : 857480412
UPBJJ Bandung
Dalam video ini, luar biasa strategi yang diterapkan oleh guru tersebut sangat menginspirasi saya untuk selalu memberikan kebebasan kepada anak dalam menggambar, dan juga mengajak anak keluar kelas dengan mengamati benda-benda di lingkungan sekitar sekolah supaya anak dapat menggambar dengan imajinasi nya masing-masing sesuai minat dan bakat anak, kemudian anak dapat bercerita tentang apa yang mereka lihat di lingkungan sekitar sekolah.
Kelebihan:
– Guru membawa anak keluar lingkungan kelas untuk melakukan kegiatan belajar
– Guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai imajinasi dan kreativitas masing-masing
– Anak diberikan kesempatan untuk menceritakan hasil karya yang telah dibuatnya.
Kekurangan :
– Guru memberikan contoh gambar di papan tulis, sehingga membuat anak meniru dan tidak berkreasi sesuai minat dan bakat anak
– Media yang digunakan kurang bervariasi
– Guru tidak memberikan pertanyaan pemantik untuk memancing imajinasi anak
Jika saya guru tersebut, strategi perbaikan yang akan saya lakukan yaitu saya akan menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar anak untuk dapat berimajinasi saat menggambar, kemudian menggunakan buku cerita dan memberikan beberapa pertanyaan pemantik sebagai stimulasi pembelajaran agar imajinasi anak muncul saat menggambar.
Nama:Suyana
NIM:856335694
Setelah saya melihat video tersebut, guru menjelaskan kepada anak, tentang menggambar pemandangan, dan guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai imajinasi Mereka masing-masing. Setelah selesai menggambar guru melihat hasil ank tenyata masih meniru ap yg digambar oleh ibu guru, kemudian guru mengajak mereka keluar kelas, untuk melihat apa yang mereka temukan diluar, Anak-anak senang dengan kegiatan diluar mereka lebih bereksplorasi dan berimajinasi sesuai apa yang Mereka lihat dan temui.
Nama : FRISKA ULI MAHARANI
Nim : 858677812
Dari video tersebut memang benar untuk mengembangkan imajinasi anak dalam menggambar tentunya dengan memberikan pengalaman menggambar yang baru untuk anak. bisa saja pengalaman menggambar yang sudah sering anak lakukan membuat anak menjadi bosan sehingga imajinasi anak dalam menggambar berkurang. pengalaman menggambar yang baru untuk anak bisa dengan mengajak anak menemukan suasana yang baru seperti mengajak anak untuk melihat lingkungan sekitar dan menggambar dengan objek benda sekitar atau berkunjung ke suatu tempat terbuka selain untuk memberikan pengalaman yang baru untuk anak hal tersebut juga dapat merefresh anak sehingga hati dan pikiran anak akan lebih bahagia dan anak juga lebih bersemangat.
nama :ima nurainiyah
nim :858752516
S1 PGPAUD AKPMM JOMBANG
dalam video tersebut menyampaikan strategi apa yang dapat di terapkan guru paud dalam menangani masalah anak yang susah dalam berimajinasi,salah satu dari strategi yang di sampaikan dalam video tersebutialah dengan memberikan kebebasan terhada anak dan memberikas wawasan dan eksploitasi dengan lingkungan sekitar di dalam maupun di luar kelas,,, video yang d sampaikan memberikan wawasan saya bahwa kebebasab anak dalam berimajinasi sangat di butuhkan untukmengembangkan kreativitasnya
dari video tersebut terdapat kelibihan serta kekurangan
kelebihan dari video tersebut seperti guru memberikan ,kebebasan,kesempatan serta menceritakan dariapa yang dapat di lihat pada lingkungan sekitar
kekurangan dari video tersebut berupa alat yang di gunakan kurang menarik dan kurang bervariasi,contoh gambaryang di berikan guru menimbulkan anak menjadi meniru sehingga kurang berkreasi sesuai minat anak