silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Norzanah
    Study : PGPAUD
    NIM : 858185013

    Menurut saya vidio diatassudah benar untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang dilakukan guru tersebut anatara lain sebagai berikut:
    -memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan imajinasi anak/bakat anak,
    -mengajak anak keluar kelas atau lingkungan sekitar sekolah agar anak melihat-lihat apa saja yang dilihat dihalaman sekolah,kemudian
    – meminta anak untuk bercerita apa saja yang dilihat dan minta anak untuk menggambarkan apa yang ditemukan diluar kelas atau lingkungan sekitar sekolahan,
    -melakukan tanya jawab dengan anak tentang apa saja hasil karya yang dibuat anak.

    Terima kasih

  2. Nama : Dwi Putri Sihaloho
    NIM : 858448763
    Jurusan : PGPAUD-BI

    Dalam video pembelajaran tersebut anak-anak cenderung meniru gambar yang dibuat oleh guru atau anak-anak yang lain. Anak-anak diberikan kebebasan dalam memilih, gambar apa yang akan dibuat. alam mengembangkan imajinasi anak saat menggambar, anak perlu lingkungan yang terbuka, dengan lingkungan terbuka maka anak akan lebih banyak mendapat ide-ide kreatif yang akan dituangkan dalam gambarnya. Sedangkan dalam video guru menugaskan anak untuk menggambar bebas berada didalam kelas yang pada dasarkan kelas itu tertutup sehingga imajinasi dan ide-ide anak terbatas dengan yang ada dikelas tersebut, apalagi guru memberikan contoh dalam menggambar bebas sehingga anak terpancing untuk mengikutinya.

  3. menurut saya dalam video yang telah ditayangkan mampu menambah kemampuan anak dalam bidang bahasa karena menceritakan apa yang telah digambar, teknik yang digunakan sudah cukup baik dan saya akan coba terapkan dalam lembaga saya

  4. Nama: Nur Rohmah
    NIM: 858744841

    vidionya sangat menarik. ketika menggambar di dalam kelas membuat anak untuk sulit berimajinasi, maka langkah yang tepat adalah mengajak anak belajar di luar kelas. dengan melihat benda-benda disekitar, anak lenih mudah untuk berimajinasi dengan baik. dan setelah menggambar, anak-anak dapat menceritakan apsaja yang sudah digambarnya.

  5. Nama :Nia Noviani
    Nim :857519758
    Pokjar:Kuningan
    MK : Metode Pengembangan Kognitif
    Tutor :Nur Dini Fauziah M.pd.
    Menurut pendapat saya,video diatas sudah bagus,Bu gurunya sudah memberikan arahan kepada siswa,memberikan kebebasan siswa untuk berimajinasi,mengajak anak untuk keluar kelas,agar anak menemukan ide untuk menggambar,dan anak bisa menceritakan kembali hasil gambarnya kepada ibu guru atau kepada kedua orang tuanya.

  6. Bismillahirrohmanirrohim
    Tia Setiawati ( 857511753 )
    Pokjar Majalengka
    Setelah saya mengamati vidio pembelajaran diatas,,,
    Cara penyampaian guru sangat bagus dengan teknik menggambar secara bebas sesuai dengan imajinasi anak,,,kebanyakan ditempat saya mengajar,,ketika anak-anak d suruh menggambar bebas,,anak perempuan biasanya menggambar bunga,rumah,Sedangkan kebanyakan anak laki-laki menggambar kendaraan seperti
    menggambar mobil.
    Ada juga sebagian anak yang ga bisa berimajinasi ia menggambar sesuai yang kita contohkan.
    Kemudian setelah selesai menggambar anak-anak antusias menceritakan gambar yang telah mereka buat.

  7. nama : Hilyatul munshifah
    NIM : 858170471
    Pada video tersebut menunjukkan pembelajaran di Taman Kanak-Kanak untuk mengatasi kesulitan anak dalam berimajinasi pada saat menggambar. Guru memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar sesuatu sesuai denga apa yang anak minat dan sukai dari pengalaman yang mereka dapat baik melalui video maupun karya wisata ke halaman sekolah. dengan mengajak anak menggambar berarti menstimulus anak untuk memunculkan ide kreatif anak tanpa memaksa anak untuk menentukan apa yang harus digambar oleh anak

  8. Nama : TUTI ANGGRAINI
    NIM : 857523117
    PRODI : PGPAUD
    POKJAR : MAJALENGKA
    TUTOR : NUR DINI FAUZIAH, S.Pd., M.Pd

    Pola gambar gunung ini sering menjadi acuan para guru dalam megajar dan hal ini turun temurun dari jaman ke jaman, alangkah baik nya guru memberikan beberapa contoh tidak haya satu dan mengajukan pertanyaan -pertanyaan terlebih dahulu kepada anak untuk mengembangkan ide-ide anak, guru melakukan percakapan untuk memperluas ide, minat dan pemahaman anak, serta menstimulasi sebuah aksi yang lebih kreatif.

  9. Nama : Nunung Nurhayati
    NIM : 857520397
    Pokjar/kelas : UT Majalengka /pgpaud ms
    Mata kuliah : Metode Pengembangan Kognitif
    Nama Tutor : Nur Dini Fauziah S.pd, M.pd

    Menurut saya setelah melihat video tadi banyak yang diambil manfaatnya dari pembelajaran pertama seorang pendidik mengajak anak untuk menggambar bebas tetapi ibu guru sudah memberikan contoh menggambar pemandangan yang ada di pegunungan: gunung nya ada 2, ada sawah, jalan dan matahari nya. Tentunya anak mengikuti apa yang dilihat dan ditiru dengan riang lingkup di kelas. Walaupun ibu guru memberikan penjelasan menggambar bebas. Karena pada masa anak usia tk hal yang dilakukan dilihat dan kemudian ditiru. Kemudian pada contoh pembelajaran ke 2 anak di bebaskan bereksplorasi tentang apa yang dilihat di sekeliling sekolah mulai dari melihat benda hidup seperti (tanaman) serta benda mati seperti (mobil, batu, rumah, pos ronda dan lain sebagainya) jadi anak tidak monoton melihat contoh yang di berikan ibu guru, anak bisa langsung melihat keadaan di sekeliling sekolah sangat berpengaruh terhadap perkembangan kognitif anak. Terimaksih

  10. Nama : Farhatun
    Nim : 857513352
    Pokjar : Majalengka
    Kelas : S1 PG PAUD
    Tutor : Nur Dini Fauziah, M.Pd

    Saya setuju dengan metode guru yang digunakan dalam tayangan video pembelajaran diatas yaitu ketika anak-anak kesulitan mendapatkan inspirasi dalam menggambar yaitu dengan mengajak anak didik keluar kelas agar anak-anak bisa terpancing untuk menemukan ide-ide yang luar bisa melalui pemandangan yang beraneka ragam dari lingkungan sekitarnya dan anak-anakpun bisa menjadi lebih fresh lagi

Leave a Reply