silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,594 Comments

  1. Nama : Masrurin Nisa’
    NIM : 858168672

    Kegiatan yang dilakukan oleh guru sudah benar. Pada video guru tersebut berupaya untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Dimana seorang pendidik yang mengajak anak untuk menggambar bebas dengan memberikan contoh gambar, tetapi malah yg terjadi anak kurang kreatif dan meniru gambar guru. Setelah itu guru mempunyai inisiatif/ strategi yang diterapkan pada anak-anak, yakni sebagai berikut:
    a. Memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar
    b. Guru memberikan stimulasi pada anak, yaitu dengan mengajak anak keluar kelas dan memaanfaatkan media di luar kelas.

    Kelemahan dan kelebihan kegiatan tersebut :
    Kelemahan :
    1. Menurut pendapat saya, pada kegiatan dalam video, sebelum anak menggambar, guru meminta untuk menggambar pemandangan atau menggambar apa saja sesuai keinginan anak tetapi guru mencontohkan gambar di depan.
    2. Guru juga kurang dalam memberikan memotivasi siswa untuk berimajinasi dengan memberikan pilihan untuk meniru gambar yang dibuat guru.
    3. Guru tidak memberikan reward pada hasil pekerjaan/ gambar anak.

    Kelebihan dari video :
    1. Dengan kegiatan keluar kelas anak akan memiliki kesempatan seluas-luasnya dalam mengeksplor imajinasinya melalui benda / objek secara langsung atau anak mempunyai pengalaman langsung tentang apa yang telah mereka lihat. Guru juga mengajak anak berdiskusi tentang benda apa saja yang telah dilihatnya.
    2. Guru memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan keinginan anak.

  2. NAMA : Rahma yunita sari
    NIM : 858741158

    Menurut saya metode pembelajaran dalam video dalam mengembangkan kognitif anak sudah bagus. Dengan mencoba menggali dulu kemampuan anak dalam berimajinasi dengan cara menggambar bebas sesuai imajinasi namun tanpa memberikan contoh seperti yang ada di papan tulis. Sebaiknya guru mengajarkan anak menggunakan imajinasinya dengan tetap memeriksa dan membimbing anak saat menggerakkan tangannya untuk menggambar. Sebelum meminta anak didik untuk melakukan aktivitas menggambar guru memancing respon anak dengan mengajak anak melihat keadaan sekitar dengan tujuan dan harapan anak didik dapat melihat dan memiliki imajinasi untuk menuangkan apa yang ada di dalam pikirannya ke dalam bentuk gambar.

  3. Nama : Masrurin Nisa’ NIM : 858168672 Kegiatan yang dilakukan oleh guru sudah benar. Pada video guru tersebut berupaya untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Dimana seorang pendidik yang mengajak anak untuk menggambar bebas dengan memberikan contoh gambar, tetapi malah yg terjadi anak kurang kreatif dan meniru gambar guru. Setelah itu guru mempunyai inisiatif/ strategi yang diterapkan pada anak-anak, yakni sebagai berikut: a. Memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar b. Guru memberikan stimulasi pada anak, yaitu dengan mengajak anak keluar kelas dan memaanfaatkan media di luar kelas. Kelemahan dan kelebihan kegiatan tersebut : Kelemahan : 1. Menurut pendapat saya, pada kegiatan dalam video, sebelum anak menggambar, guru meminta untuk menggambar pemandangan atau menggambar apa saja sesuai keinginan anak tetapi guru mencontohkan gambar di depan. 2. Guru juga kurang dalam memberikan memotivasi siswa untuk berimajinasi dengan memberikan pilihan untuk meniru gambar yang dibuat guru. 3. Guru tidak memberikan reward pada hasil pekerjaan/ gambar anak. Kelebihan dari video : 1. Dengan kegiatan keluar kelas anak akan memiliki kesempatan seluas-luasnya dalam mengeksplor imajinasinya melalui benda / objek secara langsung atau anak mempunyai pengalaman langsung tentang apa yang telah mereka lihat. Guru juga mengajak anak berdiskusi tentang benda apa saja yang telah dilihatnya. 2. Guru memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan keinginan anak.

  4. Nama : ni luh ayu bakti sarasita
    Nim : 859029223
    Judul video : anak tidak percaya diri menuangkan idenya dalam bentuk gambar

    Dalam video tersebut kegiatan anak anak menggambar bebas. Guru memberikan kesempatan anak anak untuk menggambar bebas. Namu anak anak kurang percaya diri dalam menuangkan idenya dalam bentuk gambar

    Kelemahan :
    -guru kurang memotivasi siswa
    -kurangnya apresiasi terhadap hasil karya siswa

    Kelebihan :
    -guru memberikan kebebasan kepada anak anak untuk menggambar bebas sesuai kreasi
    -guru mengajak anak anak keluar kelas dimana anak anak bisa mengesplore imajinasinya dan bisa menuangkan idenya dalam bentuk gambar

  5. Nama : Amanda Asri Istaniyah
    NIM : 858738292
    Judul Video : Anak Sulit Untuk Berimajinasi saat Menggambar

    Pada Video tersebut, menurut saya kegiatan yang dilakukan oleh guru sudah benar. Terlihat bu guru sedang meminta anak untuk menggambar. Dan anak-anak mulai menggambar sesuai dengan apa yang mereka lihat.

    Kelebihan :
    – guru memberikan kesempatan pada anak untuk mengembangkan imajinasinya pada kegiatan menggambar
    – anak terlihat sangat antuasias pada kegiatan menggambar

    Kelemahan :
    – guru tidak memberikan arahan atau contoh menggambar
    – guru kurang mengapresiasi pekerjaan anak

  6. Kegiatan yang dilakukan oleh guru sudah benar. Pada video guru tersebut berupaya untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Dimana seorang pendidik yang mengajak anak untuk menggambar bebas dengan memberikan contoh gambar, tetapi malah yg terjadi anak kurang kreatif dan meniru gambar guru. Setelah itu guru mempunyai inisiatif/ strategi yang diterapkan pada anak-anak, yakni sebagai berikut:
    a. Memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar
    b. Guru memberikan stimulasi pada anak, yaitu dengan mengajak anak keluar kelas dan memaanfaatkan media di luar kelas.

    Kelemahan dan kelebihan kegiatan tersebut :
    Kelemahan :
    1. Menurut pendapat saya, pada kegiatan dalam video, sebelum anak menggambar, guru meminta untuk menggambar pemandangan atau menggambar apa saja sesuai keinginan anak tetapi guru mencontohkan gambar di depan.
    2. Guru juga kurang dalam memberikan memotivasi siswa untuk berimajinasi dengan memberikan pilihan untuk meniru gambar yang dibuat guru.
    3. Guru tidak memberikan reward pada hasil pekerjaan/ gambar anak.

    Kelebihan dari video :
    1. Dengan kegiatan keluar kelas anak akan memiliki kesempatan seluas-luasnya dalam mengeksplor imajinasinya melalui benda / objek secara langsung atau anak mempunyai pengalaman langsung tentang apa yang telah mereka lihat. Guru juga mengajak anak berdiskusi tentang benda apa saja yang telah dilihatnya.
    2. Guru memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan keinginan anak.

  7. nama : leni asti
    Assalamualaikum … wr… wb
    Menurut saya metode pembelajaran dalam video dalam mengembangkan kognitif anak sudah bagus. Dengan mencoba menggali dulu kemampuan anak dalam berimajinasi dengan cara menggambar bebas sesuai imajinasi namun tanpa memberikan contoh seperti yang ada di papan tulis. Sebaiknya guru mengajarkan anak menggunakan imajinasinya dengan tetap memeriksa dan membimbing anak saat menggerakkan tangannya untuk menggambar. Sebelum meminta anak didik untuk melakukan aktivitas menggambar guru memancing respon anak dengan mengajak anak melihat keadaan sekitar dengan tujuan dan harapan anak didik dapat melihat dan memiliki imajinasi untuk menuangkan apa yang ada di dalam pikirannya ke dalam bentuk gambar.

  8. assalamualaikum…
    Kegiatan yang dilakukan oleh guru sudah benar. Pada video guru tersebut berupaya untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Dimana seorang pendidik yang mengajak anak untuk menggambar bebas dengan memberikan contoh gambar, tetapi malah yg terjadi anak kurang kreatif dan meniru gambar guru. Setelah itu guru mempunyai inisiatif/ strategi yang diterapkan pada anak-anak, yakni sebagai berikut: a. Memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar b. Guru memberikan stimulasi pada anak, yaitu dengan mengajak anak keluar kelas dan memaanfaatkan media di luar kelas. Kelemahan dan kelebihan kegiatan tersebut :
    Kelemahan :
    1. Menurut pendapat saya, pada kegiatan dalam video, sebelum anak menggambar, guru meminta untuk menggambar pemandangan atau menggambar apa saja sesuai keinginan anak tetapi guru mencontohkan gambar di depan.
    2. Guru juga kurang dalam memberikan memotivasi siswa untuk berimajinasi dengan memberikan pilihan untuk meniru gambar yang dibuat guru.
    3. Guru tidak memberikan reward pada hasil pekerjaan/ gambar anak.
    Kelebihan dari video :
    1. Dengan kegiatan keluar kelas anak akan memiliki kesempatan seluas-luasnya dalam mengeksplor imajinasinya melalui benda / objek secara langsung atau anak mempunyai pengalaman langsung tentang apa yang telah mereka lihat. Guru juga mengajak anak berdiskusi tentang benda apa saja yang telah dilihatnya.
    2. Guru memberikan kebebasan pada anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan keinginan anak.

  9. Nama : Ainun Rahima
    Nim : 859410221
    Prodi : PGPAUD

    Bismillah
    Seri pengembangan Kognitif “Anak sulit berimajinasi pada saat menggambar”
    Pada vidio tersebut sudah baik, memperlihatkan guru menstimulasi anak yang belum bisa berimajinasi pada saat menngambar. Guru memberikan kebebasan pada anak, mengajak anak untuk jalan jalan melihat objek diluar dan menceritakan hal yang dilihat. Hal ini banyak ditemui disekolah, vidio ini sangat membantu kami para guru dalam menangani anak.
    Terima kasih

  10. ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR

    Dari video yang saya lihat ibu guru nampak memberi kebebasan berekspresi kepada anak, dengan itu anak muda untuk berimajinasi. Tidak hanya itu ibu guru juga memfasilitasi ide-ide/imajinasi anak dengan mengajak anak untuk ke halaman sekolah dan mengamati apa saja yang ada di lingkungan sekolah tersebut agar anak mendapatkan gambaran/imajinasi. Setelah itu mintalah anak untuk bercerita apa yang sedang ia lihat di lingkungan sekolah dan mintalah ia menggambar apa yang sudah ia lihat tadi.

Leave a Reply