silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru dalamm mengatasi permasalahan anak yang tidak mau ikut antri dalam barisan. Upaya yang dilakukan guru tersebut adalah dengan memberikan pengertian dan pengarahan pada anak dengan sabar agar ia mau bergantian posisi dengan teman-temannya, mendekati anak yang tidak mau antri berbaris, memegang pundak anak yang bermasalah, kemudian mengelus kepalanya, Jika anak tetap tidak mau, guru membuat kesepakatan jadwal posisi baris dengan anak, guru memberikan pujian dalam bentuk tepuk tangan untuk anak.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Menegakkan disiplin bagi anak sejak usia dini.

Kelemahan: Membuka, pembelajaran kurang begitu tampak.

Kekuatan: Penggunaan pendekatan, strategi, metode, media dan evaluasi pembelajaran sudah baik..

Kesesuaian dengan tingkat perkembangan peserta didik, dengan kurikulum yang berlaku sudah sesuai.

Kesan Umum

Deskripsi: Anak X (gemuk) sudah mau antri saat berbaris,  setelah diberi penguatan guru, dengan senyuman dan tangan ditepukkan pada tangan anak (tos). Sebelumnya dia berada pada barisan terakhir, kemudia pindah ke barisan paling depan tanpa sepengetahuan guru. Perilaku antecedent, semua guru pada saat yang bersamaan disibukkan menata anak-anak lain untuk berbaris. Perilaku target semua anak berbaris sesuai dengan urutannya. Perilaku yang diharapkan salah satu guru berada di depan menghadap barisan, sehingga semua anak terpantau.

Dra. Titik Setyowati, M.Pd.

Secara umum tayangan video ini sudah menunjukkan keadaan asli yang
terjadi sehari-hari. Permasalahan yang diangkat sebenarnya cukup menarik
dan merupakan permasalahan yang bisa ditemui oleh para guru. Namun
solusi yang ditawarkan sepertinya terlalu sederhana dan sangat mudah
dilakukan.

Seorang guru bisa dengan cepat membujuk murid yang tidak mau antri jika penyebabnya diketahui.

Meskipun penyebab permasalahan kurang disinggung, penonton masih bisa mendapatkan manfaat dari tayangan video ini.

Wing Hanyom Sari

Similar Posts

1,901 Comments

  1. Budaya antri memang sudah seharusnya diajarkan pada anak sejak dini. hal ini karena budaya antri atau kebiasaan untuk mengantri tidak bisa diterapkan dengan mudah ketika seseorang sudah dewasa. Budaya ini harus ditanamkan sejak kecil, mulai dari hal yang sederhana sampai mereka paham pentingnya memelihara budaya antri.
    Budaya antri tidak hanya berbicara untuk diri sendiri tetapi jugauntuk menghormatihak orang lain. Jika seseorang mampu menerapkan budaya antri, maka dia bisa menghargai dirinya sendiri dan orang lain. memang kesannya sangat sepelenamun dalam kehidupan sehari – hari, kita akan banyak bertemu dengan situasi yang mengharuskan kita untuk antri (sumber :Fimela.com,Jakarta).
    Nah, dalam vidio tadi, sikap guru sudah benar dalam menegur sang anak, karna tidak membuat anak merasa tersinggung, marah, ngambek dan lain sebagainya. dan memberikan pujian kepada anak adalah reward bagi anak yang tertib dan bisa menjadi teladan atau contoh bagi temannya yang lain.
    mungkin hanya ini saja yang dapat saya sampaikan, dan terima kasih.

  2. Nama : Wari sumatri
    NIm : 859171143
    Prodi: PGPAUD

    Budaya antri memang sudah seharusnya diajarkan pada aak sejak dini, Hal ini karena budaya antri atau kebiasaan untuk mengantri tidak bisa diterapkan dengan mudah ketika seseorang sudah dewasa. BUdaya antri ditanamkan sejak kecil. Mulai dari hal yang sederhana sampai mereka paham pentingnya memelihara budaya antri.
    Budaya antri tidak hanya berbicara untuk diri sendiri tetapi juga untuk menghormati hak orang lain. Jika seseorang mampu menerapkan budaya antri. maka dia bisa menghargai dirinya sendiri dan orang lain, memang kesannya sangat sepele namun dalam kehidupan sehari – hari, kita akan banyak bertemu dengan situasi yang mengharuskan kita untuk antri.(sumber:Fimela.com, Jakarta)
    Nah dalam vidio tadi, sikap guru sudah benar dalam menegur sang anak, karna tidak membuat anak tersinggung,marah, ngambek dan lain sebagainya. dan memberikan pujian adalah reward bagi anak yang tertib dan bisa menjadi contoh bagi teman – temannya yang lain
    mungkin hanya ini saja yang dapat saya sampaikan dan terima kasih.

  3. Nama : Rabiatul Adawiyah
    Nim : 859169462
    Prodi : PGPAUD
    UPJJ : Mataram

    Hal yang sudah dilakukan guru pada vidio tersebut sudah tepat. Mengantri adalah hal yang sangat penting untuk dibiasakan pada anak sejak usia dini. Jika dalam proses pembiasaan tersebut kita menemukan ada siswa yang tidak mau tertib mengantri, hal yang bisa kita lakukan adalah :
    1. Tidak melakukan kekerasan
    2. Dekati siswa dengan rasa kasih sayang dan berikan pemahaman atau penjelasan dengan cara sederhana
    3. Jika siswa tidak mau, guru bisa membuat kesepakatan jadwal siswa yang berbaris di depan untuk esok hari
    4. Berikan pujian atau penguatan pada siswa yang sudah mau mengantri

  4. Nama: Desi purba
    Nim :855976786
    Pokjar: Karo
    Sikap antri seharusnya sudah diajarkan kepada anak sejak dari usia dini.
    dari vodio tersebut guru sudah tepat mengajarkan kepada anak supaya mau antri saat berbaris dengan menegur anak dengan kasih sayang , sabar , dan tidak dengan kekerasan dan memberikan penjelasan sederhana kepada anak serta memberikan pujian kepada anak yang mau antri .

  5. Nama : Nur Rosidah Agustin
    NIM : 858854593
    Prodi : BI-PGPAUD
    Pokjar : Purwodadi

    dari video tersebut saya dapat mengambil ilmu bahwasannya sikap tertib dan disiplin harus kita tanamkan kepada anak usia dini, dengan memberikan arahan yang baik dan sabar serta tidak adanya kekerasan atau teriak-teriak kepada anak, dimulai dari kita sebagai contoh bagi anak didik kita agar dapat di tiru dengan baik.
    guru dapat memberikan jadwal baris bergelirir kepada anak dengan begitu anak akan mudah bersikap tertib dan disiplin

  6. Nama : Nur Rosidah Agustin
    NIM : 858854593
    Prodi : BI-PGPAUD
    Pokjar : Purwodadi

    dari video tersebut saya dapat mengambil ilmu bahwasannya sikap tertib dan disiplin harus kita tanamkan kepada anak usia dini, dengan memberikan arahan yang baik dan sabar serta tidak adanya kekerasan atau teriak-teriak kepada anak, dimulai dari kita sebagai contoh bagi anak didik kita agar dapat di tiru dengan baik. guru dapat memberikan jadwal baris bergelirir kepada anak dengan begitu anak akan mudah bersikap tertib dan disiplin

  7. Nama : Juariati
    Nim : 859650835
    Prodi : PGPAUD
    UPBJJ : Palu
    Pokjar : Luwuk Banggai
    Sikap antri memang harus diajarkan kepada anak sejak usia dini, selain untuk mendisiplinkan anak, juga anak menjadi terbiasa untuk tertib. Adakalanya ada anak-anak yang tidak mau antri saat berbaris. Dengan menyaksikan video diatas, saya bisa mempunyai solusi untuk menangani anak yang tidak mau antri. Saya akan coba terapkan di tempat saya mengajar. Terima kasih.

  8. Nama: Nisa Aulia
    NIM: 859171215
    UPBJJ UT MATARAM
    Seperti yang tampak pada video di atas, dimana ada anak yang tidak mau menerima arahan dari guru untuk baris dibelakang dan memilih untuk maju ke depan dan menjadi pemimpin / kepala ular naga.
    di dalam video kita bisa melihat bahwa setelah guru melihat apa yang dilakukan anak tidak sesuai dengan arahan yang diberikan, maka guru segera mendatangi anak kemudian menanyakan kepada anak dan memberi pengertian kepada anak sambil mengelus lembut kepala anak, cara tersebut memang opsi yang baik untuk menghadapi anak yang tidak mau mengantri. namun ternyata cara tersebut tidak bisa diterapkan dengan berhasil pada semua anak, sehingga guru mencoba cara lain dengan membuat perjanjian dengan anak untuk mengganti posisi barisan dengan jadwal, dan anak pun mau mengikuti arahan guru untuk kembali ke barisan belakang, dan tidak lupa guru mengajak teman-temannya untuk memberi reward berupa tepuk tangan karena anak tersebut mau mendengarkan arahan dari guru, sehingga anak merasa senang dan tidak berkecil hati karena tidak mendapat posisi barisan yang dia inginkan.

  9. Nama: Dian Islamiati
    NIM: 859171627
    Jurusan: S1 PGPAUD

    Menurut saya tindakan yang dilakukan oleh guru dalam video tersebut sudah baik. Guru mendekati anak dengan penuh kasih sayang dan memberikan teguran dengan cara yang halus. Guru juga dapat membuat kesepakatan dengan anak untuk membuat jadwal posisi baris agar semua anak tidak merasa iri atau diabaikan saat teman-temannya selalu berdiri di posisi paling depan sedangkan dia selalu berada di belakang. Guru juga jangan lupa memberikan apresiasi kepada anak yang tertib dan mau mengikuti arahan guru saat kegiatan baris berbaris/mengantri, bisa dengan tepuk tangan ataupun pujian.

  10. Nama Tri Wahyu Setiawati
    Nim 857801046
    jurusan PG PAUD
    UPBJJ Surakarta
    Dalam video tersebut, sudah tepat diberlakukan oleh pendidik, kegiatan pembelajaran sosial emosional terutama antri menjadi pondasi penting dalam kehidupan sehari-hari, tentunya pembelajaran antri dalam usia dini diberikan dengan pembelajaran yang mudah dipahami anak. apabila anak yang mengikuti kegiatan antri secara baik maka diberikan apresiasi yang bagus seperti tepuk tangan dan pujian.

Leave a Reply