silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan sehingga pemahaman siswa menjadi lebih baik

Muchtar M Noor

Memanfaatkan lingkungan untuk mengajarkan konsep pecahan yang dilakukan oleh guru sudah baik, namun akan lebih baik jika guru memerintahkan kepada murid untuk membawa buah-buahan satu atau dua hari sebelum pelajaran materi pecahan dimulai. Menggambar persegi untuk mendeskripsikan pecahan sebaiknya dilakukan setelah murid praktek memotong buah-buahan. Murid hendaknya dibawa dari konkrit ke abstrak.

Guru juga tidak harus meminta murid membawa buah-buahan pisau dari rumah. Sebagai gantinya guru bisa meminta murid membeli roti atau kue yang mudah dipotong tanpa menggunakan pisau, disekitar sekolah.

Guru perlu berusaha agar murid tertarik untuk belajar bilangan pecahan; misalnya sebelum pelajaran dimulai didahului dengan cerita-cerita yang membuat murid tertib dan menyimak semua informasi dari guru.

Drs. Tarhadi, M.Si.

  1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.
  2. Media sudah tepat.
  3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.

Taufik Ma’ruf

Similar Posts

909 Comments

  1. Nama : Tria Rizki
    Nim : 877522395
    UPBBJ / Pokjar : Medan / Langkat

    Kelemahan – kelemahan yang ditemukan
    Pada video awal :
    Guru hanya menggunakan papan tulis pada pembelajaran bilangan pecahan, menyebabkan siswa kurang tertarik sehingga kelas tidak kondusif dan materi pun tidak dipahami oleh siswa.

    Pada video selanjutnya:
    Pada video selanjutnya guru sudah menggunakan media benda konkret yaitu buah- buahan tetapi sebaiknya guru mencari media konkret lain yang lebih aman karena penggunaan pisau sangat berbahaya.

    Kelebihan yang ditemukan pada video:
    Guru menggunakan media konkret yang relevan berupa buah -buahan, sehingga anak tertarik dan tampak antusias dan aktif selama pembelajaran.

  2. Nama : Ufairoh Afifatul Butsainah
    Nim : 857730629
    Prodi : S1 PGSD Semester 8

    Refleksi terhadap penerapan pembelajaran yang terdapat pada video adalah sebagai berikut:
    1. Apakah kegiatan membuka pelajaran yang dilakukan dapat mengarahkan dan mempersiapkan siswa mengikuti pelajaran dengan baik?
    Jawaban : Pada kegiatan membuka pelajaran guru tampak tidak menyapa peserta didik, guru juga tidak mengarahkan dan mempersiapkan siswa untuk mengikuti pelajaran dengan baik sehingga banyak peserta didik yang tidak fokus pada pembelajaran dan melakukan kegiatannya masing-masing, seperti bermain, melamun, dll.
    2. Bagaimana tanggapan siswa terhadap materi/bahan ajar yang disajikan? (Apakah materi terlalu tinggi, terlalu rendah, atau sudah sesuai dengan kemampuan awal siswa?)
    Jawaban: Peserta didik sangat antusias dan responsif karena materi yang di sampaikan guru menarik (menggunakan lingkungan sebagai bahan ajar, buah-buahan), materi sesuai dengan kemampuan awal peserta didik, juga materi yang disampaikan sesuai dengan kurikulum yang ada.
    3. Bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran yang digunakan? (Apakah media sesuai dan mempermudah siswa menguasai kompetensi/materi yang diajarkan?)
    Jawaban: Media ajar yang digunakan guru memberikan experience baru dan nyata untuk peserta didik sehingga dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan guru.
    4. Bagaimana tanggapan siswa terhadap metode/teknik pembelajaran yang saya gunakan?
    Jawaban: Peserta didik tampak antusias dan responsif
    5. Apakah siswa dapat menangkap penjelasan/instruksi yang berikan dengan baik?
    Jawaban: Ya, peserta didik dapat menangkap penjelasan serta instruksi yang diberikan guru dengan baik, sehingga pembelajaran dapat berjalan sebagaimana mestinya.

  3. Nama :Nadia Oktaviani
    NIM :855738137
    Prod :S1 PGSD semester 8

    Berdasarkan vidio tersebut, banyak anak murid yang sibuk sendiri dan tidak mau memperhatikan penjelasan guru, karena penjelasan guru yang monoton dan sifat anak yang bosan.
    Setelah guru tersebut melakukan perbaikan dengan menggunakan cara belajar menyenangkan, bisa memanfaatkan lingkungan sekitar untuk media pembelajaran agar murid belajar aktif.
    Jadi kesimpulannya murid lebih suka belajar sambil bermain.

  4. Nama : Lusita Damayanti
    Nim. : 857001003

    Dari vidio tersebut, Terlihat kurangnya interaksi yang baik Antara Guru dan Murid mayoritas anak murid tidak memperhatikan penjelasan dari guru yang terlihat monoton. Hal tersebut menjadi penghambat pemahaman murid terhadap pelajaran Matematika.
    Lalu, guru mengajak murid membawa buah-buahan sebagai media belajar Terlihat murid antusias belajar bilangan pecahan menggunakan apel.
    Jadi, Dapat disimpulkan murid tersebut lebih suka metode belajar menyenangkan menggunakan media atau lingkungan sekitar

  5. Nama :Nadia Oktaviani
    NIM :855738137
    Prod :S1 PGSD semester 8

    Berdasarkan vidio tersebut, banyak anak murid yang sibuk sendiri dan tidak mau memperhatikan penjelasan guru, karena penjelasan guru yang monoton dan sifat anak yang bosan.
    Setelah guru tersebut melakukan perbaikan dengan menggunakan cara belajar menyenangkan, bisa memanfaatkan lingkungan sekitar untuk media pembelajaran agar murid belajar aktif.
    Jadi kesimpulannya murid lebih suka belajar sambil bermain.

  6. Nama : Salsabila Ade Putri Hariono
    Nim : 858856121
    Pokjar : SALUT KOTA KEDIRI

    Dalam pembelajaran matematika dalam video tersebut, banyak sekali siswa yang tidak memperhatikan guru yang sedang menerangkan didepan, karena media ajar hanya menggunakan papan tulis, sehingga siswa kurang tertarik, akhirnya guru menggunakan media lingkungan sebagai pembelajaran dan sangat membantu siswa dalam pemahaman materi matematika ini. akhirnya guru menggunakan media buah-buahan untuk pembelajaran agar siswa lebih mengerti, karna media yang dibutuhkan harus bisa dilihat dan diraba oleh siswa.

  7. Nama : Stephie Cahaya Astriwan
    NIM : 856085646
    Prodi : S1 PGSD semester 6

    Beberapa kelemahan yang ada di vidio tersebut:
    1. Diawal pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan awal (apersepsi) seperti yang terdapat pada RPP
    2. Guru juga tidak menerapkan kegiatan pendahuluan, inti , dan penutup dengan baik sehingga kegiatan belajar mengajar kurang efisien
    3. Guru mengajarkan materi pecahan masih menggunakan metode lama yaitu ceramah
    4. Guru hanya berfokus pada materi tanpa membuat suasana kondusif
    5. Guru bisa membuat suasana kelas jadi kondusif seperti membuat ice breaking diawal dan di inti kegiatan pembelajaran
    6. Guru membuat atau menayangkan vidio pembelajaran yang berkaitan tentang materi

    Beberapa kelebihan pada vidio tersebut:
    1. Sebelum pembelajaran guru memberikan gambaran tentang materi yang akan di pelajari seperti, menggambar persegi pada papan tulis
    2. Guru memberikan materi dengan mengaitkan pelajaran pcahan memakai buah-buahan sehingga menarik siswa untuk terjun langsung dan membuat kegiatan belajar mengajar mengasikan serta menyenangkan

    Adapun keunikan pada vidio tersebut yaitu:
    1. Pada saat pembelajaran umpan balik siswa sangat dibutuhkan hal ini sangat memiliki peran penting dalam proses kegiatan belajar mengajar contoh: bertanya dan memberikan respon baik terhadap materi
    2. Memberikan reward kepada siswa juga sangat membantu untuk memotivasi siswa dalam pemahamn materi tersebut sehingga membuat siswa lebih merasa bangga pada diri siswa tersebut

  8. NAMA : STEPHIE CAHAYA ASTRIWAN

    NIM : 856085646

    PRODI : S1 PGSD SEMESTER 6

    UPBJJ : BATAM

    Beberapa kelemahan yang ada di vidio tersebut:

    1. Diawal pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan awal (apersepsi) seperti yang terdapat pada RPP

    2. Guru juga tidak menerapkan kegiatan pendahuluan, inti , dan penutup dengan baik sehingga kegiatan belajar mengajar kurang efisien

    3. Guru mengajarkan materi pecahan masih menggunakan metode lama yaitu ceramah

    4. Guru hanya berfokus pada materi tanpa membuat suasana kondusif

    5. Guru bisa membuat suasana kelas jadi kondusif seperti membuat ice breaking diawal dan di inti kegiatan pembelajaran

    6. Guru membuat atau menayangkan vidio pembelajaran yang berkaitan tentang materi

    Beberapa kelebihan pada vidio tersebut:

    1. Sebelum pembelajaran guru memberikan gambaran tentang materi yang akan di pelajari seperti, menggambar persegi pada papan tulis

    2. Guru memberikan materi dengan mengaitkan pelajaran pcahan memakai buah-buahan sehingga menarik siswa untuk terjun langsung dan membuat kegiatan belajar mengajar mengasikan serta menyenangkan

    Adapun keunikan pada vidio tersebut yaitu:

    1. Pada saat pembelajaran umpan balik siswa sangat dibutuhkan hal ini sangat memiliki peran penting dalam proses kegiatan belajar mengajar contoh: bertanya dan memberikan respon baik terhadap materi

    2. Memberikan reward kepada siswa juga sangat membantu untuk memotivasi siswa dalam pemahamn materi tersebut sehingga membuat siswa lebih merasa bangga pada diri siswa tersebut

  9. Nama : Sarach ayu asry e.
    Nim : 859546553

    Dari video yang saya tonton mengenai pembelajaran anak di sekolah,masih ada beberapa kekurangan yaitu guru tidak menyapa murid terlebih dahulu dan Tidak memberikan ice breaking agar keadaan di dalam kelas menjadi kondusif agar anak” mampu berkonsentrasi dengan baik saat pembelajaran, dalam video tersebut terlihat anak” sibuk bermain dan tertawa,dan tidak ada tindakan untuk mendiamkan anak agar fokus belajar.
    Hal unik yang saya lihat adalah guru menyuruh siswa membawa buah buahan untuk media dalam pembelajaran matematika,itu membuat anak menjadi penasaran dan semangat dalam pembelajaran.
    Kelebihan dalam pembelajaran di atas adalah guru dapat mempunyai cara kreatif dalam memberikan media untuk ana yg berupa buah buahan dalam perosen pembelajaran pecahan itu dalam membuat anak semangat dan lebih cepat menangkap pembelajaran karnacaranya lebih menyenangkan dan mudah untuk di mengerti.
    Untuk rekomendasi perbaikan,sebaiknya guru menyala murid terlebih dahulu dan memberi ice breaking agak anak lebih kondusif saat belajar di dalam kelas,dan dapat di beri kesepakatan di dalam kelas saat belajar supaya anak” dapat fokus dan mendengarkan saat guru sedang menjelaskan.

  10. Nama : Nuralita Dwi Rahmawati
    Nim : 858857954

    Dari video yang saya tangkap :
    1. dari awal pembuka pembelajaran siswa terlihat sangat lesu dan kurang semangat
    2. murid bermain sama teman sebelahnya
    3. ada yang melamun atau tidak fokus dengan guru yang menerangkan
    4. saat guru menjelaskan banyak murid yang mengabaikan guru
    5. tidak ada interaksi antara murid dan guru.

    untuk kelebihan mengajar guru sangat kreatif dalam memberikan materi dengan munggunakan media buah – buahan, agar siswa tertarik dalam belajar sehingga meningkatkan minat siswa untuk terlibat aktif dalam belajar.

Leave a Reply