silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah:
- Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam,
- Meminta siswa untuk menunjukkan tangan kanannya ke arah matahari terbit adalah arah timur, dan tangan kiri akan menunjuk ke arah barat, dihadapan siswa terbentang arah utara, dan di belakang siswa arah selatan,
- Ketika cuaca mendung sehingga tidak dikenali matahari terbit pakailah kompas.
Dadang Sukirman
–
–
- Tidak ada berdoa sebelum belajar dan penutup selesai belajar.
- Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
- Sesuai peserta didik.
- Sesuai kurikulum
Ranny Indriany Syam S, S.Pd.
Nama: Widia
Nim: 858417809
UPBJJ: 50/ Samarinda
Prodi: S1-PGSD
menurut saya pembelajaran tersebut masih tergolong kaku karena tidak membangkitkan semangat siswa, guru tidak menggunakan alat dan metode yang menarik semangat siswa, guru sebaiknya menggunakan metode alat seperti kompas dan diselingkan dengan lagu agar membangkitkan semangat siswa
Nama : Khilza Sabrina
NIM : 857935532
UPBJJ : Yogyakarta
Prodi : PGSD
izin menanggapi video pembelajaran tentang “Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin”
Menurut pengamatan saya,
1. Terkait dengan reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru yaitu sebagian besar siswa antusias dalam mengikuti kegiatan belajar apalagi ketika pembelajaran di luar kelas. Sebagian besar siswa memahami penjelasan guru sehingga turut akif dalam kegiatan tanya jawab.
2. Menurut pengamatan saya, kelemahan guru tersebut dalam melakukan pembelajaran yaitu kegiatan pembelajaan tidak dilakukan dengan runtut karena tidak ada kegiatan awal seperti berdoa, apresepsi, dll. selain itu diakhir pembelajaran juga tidak ada kegiatan penutup.
Penyampaian guru terkesan kaku sehingga terlihat monoton dan memungkinkan terjadinya kebosanan pada siswa, juga karena kurang memanfaatkan media pembelajaran yang dapat memicu motivasi belajar siswa.
3. menurut saya, kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran di video tersebut yaitu guru melakukan interaksi dengan siswa sehingga siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. dan kegiatan pembelajaran di luar menarik antusias siswa sehingga siswa memiliki pembelajaran yang bermakna. guru memberi apresiasi kepada siswa.
4. Menurut saya tidak ada hal unik pada guru saat melakukan pembelajaran, hanya saja guru sudah melakukan variasi pembelajaran dengan melakukan pembelajaran di luar kelas.
5. Menurut saya secara keseluruhan kegiatan pembelajaran sudah baik. Namun dari kelemahan guru dalam kegiatan pembelajaran, saya memiliki usulan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu :
melakukan kegiatan pembelajaran dengan memperhatikan rpp yang sudah di rancang. diawali dengan kegiatan awal, inti, dan penutup.
sebaiknya guru juga memanfaatkan media pembelajaran seperti melakukan penayangan video pembelajaran terkait dengan materi dan juga media konkrit seperti kompas agar anak dapat memahami pembelajaran dengan baik dan membuat siswa termotivasi untuk belajar.
Terima kasih
Nama: khalfia khoirunnisaa
NIM : 857935034
PRODI: PGSD
Izin menanggapi video di atas
• Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Para siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Mereka mendengarkan penjelaskan guru dengan seksama. Mereka juga aktif dalam kegiatan pembelajaran.
• Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
a. Tidak ada kegiatan apresepsi/ kegiatan awal pembelajaran dan penutup selesai belajar.
b. Evaluasi hanya ada disaat diluar kelas.
c. Penyampaian guru terkesan kaku sehingga terlihat monoton dan memungkinkan terjadinya kebosanan pada siswa.
• Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
a. Materi yang disampaikan sudah Sesuai dengan kurikulum
b. Guru mengajak siswa untuk melakukan pembelajaran di luar kelas sehingga pembelajaran yang dilakukan guru akan lebih bermakna.
• Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
a. Menurut saya tidak ada hal unik hanya saja guru memiliki cara yang sederhana dalam menyampaikan materi pembelajaran.
• Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Solusi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran yaitu sebaiknya guru memberi penjelasan mengenai tujuan pembelajaran, guru menerangkan materi harus jelas, memberikan motivasi kepada siswa, serta mencoba hal yang baru misalnya menggunakan alat peraga contohnya memberi video diyoutube mengenai arah mata angin. Hal ini menjadikan siswa lebih bersemangat dan lebih giat dalam belajar.
IWAN FAHRUL
835444645
S1 PGSD
Pokjar Tangerang
https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/belajar-mudah-menentukan-arah-mata-angin/
Di dalam video pembelajaran tersebut dalam kegiatan pendahuluan tidak ada apersepsi untuk merangsang pengetahuan anak tentang materi yang akan disampaikan
Dalam penyampaian materi langsung mengajukan pertanyaan tanpa menyampaikan materi terlebih dahulu sehingga siswa bingung dan tidak tahu
Di video selanjutnya guru sudah baik untuk menyampikan materi dengan cara simulasi langsung di luar kelas sehingga siswa bisa memahami arah arah mata angin melalui gerakan tubuh
Untuk lebih baik lagi guru juga mengunakan lagu/nyanyian tentang arah mata angin sehingga siswa lebih mudah menghapal dan juga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan
Nama: filda asima SITINJAK
NIM:856026556
Prodi: (S1) PGSD UT
Menurut saya pada awal pembelajaran masih kurang efektif sehingga siswa merasa bingung dengan arah mata angin, namun setelah melakukan kegiatandi lapangan siswa memahami dan dapat menunjukkan arah mata angin dengan tepat.
Kelemahan dari Video
1. Guru tidak melakukansalam pembuka
2. kurang dalam Metode tanya jawab
3. Guru tidak mengaitkan materi dengan materi sebelumnya
Kelebihan dari video
1. Siswa dapat memahami materi dengan melaksanakan praktik secara langsung
2. Pengelolaan kelas baik sehingga siswa merasa senang saat pembelajaran.
Kegiatan Upaya untuk meningkatkan kulitas pembelajaran dengan memilih metode yang tepat dan menggunakan media sederhana berupa gambar denah untuk mempermudah pemahaman siswa tentang arah mata angin.
Nama : Anggi aniisah fitrah ritonga
Nim : 859875163
Upbjj : Medan
Judul video : belajar mudah menentukan arah mata angin
Link video : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/belajar-mudah-
Vidio sudah bagus namun pada vidio guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan awal, guru langsung masuk ke dalam pembelajaran. guru kurang menggunakan media yang dapat memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran. Pada vidio guru tidak melakukan evaluasi.
Guru mengajak anak keluar kelas sehingga anak lebih faham dengan materi pelajaran. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk merespon apa yang disampaikan guru.
Nama : Riska Fuadi
NIM : 858862458
Prodi : S1 PGSD BI
Berdasarkan video tersebut, beberapa poin yang dapat saya sampaikan yaitu :
1. Pertanyaan pemantik terlalu menuju ke materi pembahasan padahal belum diberikan bekal pengetahuan. Hal ini sudah dipastikan siswa tidak bisa menjawab dan tidak memunculkan rasa penasaran ke siswa.
2. Pertanyaan pemantik atau permasalahan seharusnya dikaitkan dengan keberanfaatan materi bagi kehidupan sehari-hari. misalkan jika kalian amati, setiap hari matahari terbit dari arah mana? dan terbenam di arah? Timur dan Barat disebut dengan arah mata angin. Selain Timur dan Barat juga ada arah mata angin yang lain. (dilanjut dengan praktik di luar)
3. Penggunaan tangan kanan dan kiri sebagai media untuk membantu memahami materi sudah cukup baik, namun perlu ditekankan bahwa dalam pengucapan atau penggunaannya harus melihat langit sehingga tangan kanan benar-benar berada pada posisi terbitnya matahari, dan tangan kiri pada terbenamnya matahari. sehingga arah yang disebutkan benar sesuai dengan arah yang sebenarnya.
Nama : Mizan
NIM : 858166661
UPBJJ : Surabaya
Pokjar : PITALOKA
Memungkinkan sekali pembelajaran pasti ada kelebihan adan kekurangn
Kekurangan menurut saya. Sepakat juga dengan beberapa teman yang lain, yang sudah mengisi komentar diatas.
Sebaiknya sebagai seorang guru kita memasuki kelas, tidak langsung mulai pembelajaran. sebaiknya guru memasuki kelas dengan menayakan kabar, berdoa memeriksa kehadiran, memeriksa kelengkapan seragam dan buku, dan kebersihan sebelum memulai pembelajaran. Hal ini penting dilakukan agar susana belajar jadi nyaman dan menyenangkan. Pada saat guru memulai pembelajaran hendaknya menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa,. Sehingga siswa mengetahui akan belajar apa hari ini. pada saat guru akan memulai kegiatan inti seorang guru harus membawa media pembelajaran sebagai alat bantu materi pemebelajaran. Hal ini penting dilakukan agar siswa bisa memahami kalimat yang disampaikan dengan melihat media yang di tampilkan guru dikelas.
Adapun kelebihan pada video di atas yaitu penerapan metode pembelajaran yang digunakan adalah outdoor study, di mana metode ini mengajak siswa melihat secara langsung peristiwa yang akan dilakukan di lapangan. Siswa dapat memahami materi dengan melaksanakan praktik secara langsung. Guru memvariasikan cara belajar tidak hanya di dalam kelas saja, tetapi juga membawa siswa belajar di luar kelas / ruang terbuka. Kelebihan dari video tersebut guru mampu mempraktikkan secara langsung di lapangan dengan mengajak siswa keluar kelas untuk mengetahui arah mata angin sehingga siswa mampu mengingat dengan mudah arah mata angin.
Nama : Obed H purba
Nim : 859892191
Program studi : PGSD – S1
Berdasarkan video tersebut, menurut analisa saya;
1.Sebelum memulai pembelajaran, guru tidak terlebih dahulu membuka pelajaran dengan salam atau doa terlebih dahulu
2. Guru tidak membeberkan terlebih dahulu yang mana saja arah mata angin mulai dari timur ke timur laut,dan langsung menanyakan pertanyaan kepada siswa terlebih dahulu
3. Kurangnya keharmonisan di kelas karena yang saya lihat, pada saat salah satu murid menjawab dengan salah, teman-teman nya aku tertawa dengan nada mengejek
Nama : Isnaili Luthfiani
Nim : 857699546
Pokjar : Kebangsaan Bangsri
menurut pendapat saya setelah saya mengamati video belajar mudah menentukan arah mata angin .
pembelajaran tentang penjelasan materi
tentang arah mata angin itu kurang efektif, karena didalam video tersebut guru tidak memaparkan dengan jelas pengertian dari arah mata angin.
sehingga siswa masih merasa bingung dengan arah mata angin
sebaiknya di awal pembelajaran di berikan ice breaking agar peserta didik semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, serta menyediakan media pembelajaran seperti kompas agar peserta didik lebih mudah mengerti dan dapat mengingat materi yang di berikan oleh guru.
Kelemahan video
Adapun kelemahan pada video di atas yaitu :
1. Tidak ada motivasi belajar yang dilakukan pada kegiatan awal.
2. Pada awal pembelajaran guru tidak mengucap salam atau menanyakan kabar kepada siswa.
3. Kurangnya pemberian pemahaman yang dilakukan guru kepada siswa.
4. Tidak adanya alat bantu belajar/ media pembelajaran.