silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Teknologi bagi anak usia dini bukanlah hal yang baru. Anak-anak generasi Z hidup di dalam era teknologi yang sudah sangat berkembang. Bagi generasi-Z, memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran bukanlah hal yang sulit. Tanpa dilatih, mereka sudah bisa menggunakan perangkat teknologi dengan baik. Bagi anak-anak usia dini, tanpa dibekali pengetahuan tentang penggunaan teknologi, mereka sudah dapat menjalankan suatu aplikasi tertentu di dalam gawai. Hal ini Tentunya membawa kebaikan untuk proses pembelajaran, karena dengan teknologi proses pembelajaran bisa jadi lebih mudah. Teknologi bisa menjadi alat bantu untuk menjelaskan materi pelajaran yang membutuhkan waktu, dan sulit untuk dijelaskan dengan ceramah.
Namun di sisi lain, penggunaan teknologi yang berlebihan seperti gawai, akan membuat anak usia dini kecanduan dengan gawai tersebut. Banyak kejadian atau kasus yang terjadi pada anak yang tantrum ketika orang tua mengambil gawai yang sedang mereka mainkan. Selain itu, terdapat dampak pada kesehatan anak, seperti kesehatan mata sampai dengan kecenderungan untuk tidak bersosialisasi dengan baik.
Dalam video ini akan dijelaskan tentang bagaimana strategi penggunaan teknologi dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Dimulai dari contoh kasus yaitu tantrum-nya anak ketika mereka diberhentikan saat memainkan gawai, lalu ditunjukkan bagaimana strategi pembelajaran di TK dengan menggunakan Project Based Learning. Anak-anak akan berdialog dengan guru tentang manfaat gawai dan juga dampak buruknya bagi mereka jika kecanduan gawai. Lalu mereka akan bermain peran dengan menggunakan alat telekomunikasi, dan pada akhirnya mereka akan membuat 1 Project sesuai dengan umur mereka, yaitu dengan menggunakan karton untuk membuat bentuk gawai.
Selamat menyaksikan.
PERTANYAAN PEMACU DISKUSI
- Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
- Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
- Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
- Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
- Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
1.Menurut saya vidio menarik dalam pembelajaran dikelas,
Pelaksanaan Proyek ada tahapan tahapannya
Hari pertama dan dilanjutkan penilaian di hari ke dua.
1.Hari pertama
Tahapan oertama
-Perencanaan proyek
-Anak mengamati dan menanya
-Tahapan untuk menggali kemampuan bahasa.
-Tahapan menggali kemampuan seni.
Hari ke dua
Tahapan tundak lanjut kegiatan proyek
Permainan menemukan gambar hp,dengan keyentuan mata ditutup terlebih dahulu,disini bu guru ica memberi penilaian pada anak .
Tahapan untuk melatih kemampuan motorik anak serta jasmani mereka yang bergerak.
2.Agar anak tidak kecanduan gadget ,dibuat aturn pembiadaan melihat gadget,contoh saat makan tidak boleh lihat gadget.
Melihat gadget ada waktunya.
3.Dalam vidio tersebut sudah efektif sebagai pembelajaran anak serta penyampaian nasehat bila keseringan bermain gadget dampaknya bisa diterima anak -anak.
Bisa di perlihatkan nelalui media laptop dari google anak yang kecanduan gadged adar anak takut dan mau mengurangi gadget.
4.Guru sudah memaksinalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran .
Bisa ditambah reward untuk anak yang dapat gambar dengan cepat .
5.Sudah bagus dalam proyek Based Learning.
Terima kasih.
Nama : SITI MAFTUCHAH
Nim : 858169302
Pokja : SURABAYA-TULANGAN
Prodi : S1-PGPAUD (semester 2)
Video yang saya pilih untuk menanggapi adalah tentang literasi digital berjudul “ Cara tepat mengenalkan IT pada anak “
pendapat saya, videonya sangat bagus dan dapat membantu kita para guru dalam menerangkan tentang kegunaan dan bahaya bermain gadget.
Selain cara yang ada di video, cara lain yang bisa dilakukan guru agar anak tidak kecanduan gadget antara lain dengan:
memberi tugas/kegiatan yang menarik minat anak dan tentunya menyenangkan
misalnya dengan bermain, berolah raga bersama atau berkegiatan berkebun bersama.
Projek yang diberikan guru dalam video cukup efektif tapi tidak sepenuhnya bisa meredam keinginan anak untuk bermain gadget.
Guru dan orang tua harus saling bekerja sama dalam mengatasi masalah ini.
Anak menjadi mengenal gadget dan akan terikat dengan gadget jika anak dapat dengan mudah mengakses alat tersebut.
Karena itu hindarilah meletakkan gadget secara sembarangan, dan dampingilah anak saat belajar online, serta juda dengan memberikan contoh yang baik.
Guru dalam video sudah cukup maksimal dalam peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini, karena telah memberikan penjelasan dan pemahaman tentang fungsi Hp dan juga tentang akibatnya bila terlalu sering bermain Hp, dengan cara melakukan diskusi tanya jawab dengan anak, dan juga telah memberikan tugas kegiatan kepada anak dan orang tua untuk membuat gadget dari bahan dus bekas.
Tahapan pembelajaran yang diterapkan guru dalam video sudah tepat,
yaitu dimulai dengan kegiatan pembukaan,
kegiatan inti dengan menjelaskan fungsi Hp dan bahayanya,
kegiatan bermain peran dan juga projek kegiatan untuk anak dan orang tua.
Assalamualaikum izin memberikan coment
Nama : Yayang Dela
Nim : 856803276
Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
Menurut pendapat saya, guru dalam vidio tersebut memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang teknologi yaitu,gedget dan memberikan pengetahuan tentang bahaya jika sering bermain Gedget, dan dalam menyampaikan isi materi seperti pada vidio yang saya lihat guru sudah dapat menyampaikan informasi-informasi dengan baik dan mudah untuk dipahami oleh anak
2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak
kecanduan gadget ?
cara lain yaitu dengan guru dan orangtua berkerjasama, seperti orang tua yang membatasi waktu untuk anak bermain gadget, ajak anak melakukan aktivitas dan kegiatan lain, orang tua dan guru memberikan contoh yang baik. sebagai menjadi panutan anak
3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain
gadget?
menurut saya sudah efektif, tetapi harus ada peran orang tua juga karena anak lebih lama dirumah
dibandingkan disekolah, orang tua harus bisa memberikan contoh yang baik dirumah. karena anak akan
melihat dan meniru apa yang orangtuanya lakukan.
4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam
pembelajaran anak usia dini ?
menurut saya sudah, disini guru memberikan pengetahuan kepada anak dengan baik dan membimbing
mengelola pembelajaran dengan baik, sehingga anak bisa mengurangi penggunaan gadget.
5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda
belum maksimal ? menurut saya sudah maksimal, karena dalam pembelajaran tersebut sudah mencakup
semuanya, mdel pembelajarn yang sudah menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media
a.Judul : cara tepat mngenalkan IT pada anak (literasi digital), GPO PGPAUD UT, diruang kelas , Kelompok TK B
ringkasan dalam video awalnya ada yang menunjukkan tayangan video bahwa anak yang kecanduan melihat gadget dan jika diambil nangis, minta terus cara mengatasinya adalah yang pertama di TK ada metode project based learning yakni anak-anak berdialog dengan guru tentang manfaat handpone dan dampaknya yang akan terjadi. hari pertama perncannan project, guru menyapa anak, tepuk semangat, kemudian anak mengamati gambar dan tanya jawab sesuai tema, menggali kemampuan bahasa anak, kemudian guru menjelaskan dampak kebanyakan gadget meskipun teknologi penting, kemudian masuk ke materi kegiatan yakni yang pertama bermain peran menjadi anak dan ibu/orang tua yang jika diambil hpp nya tidak boleh menangis, kegiatan yang kedua mewarnai gambar handpone dengan warna yang disukainya.
hari kedua
guru menyapa anak kemudian menjelaskan kegiatan yakni mencari gambar handpone yang kemarin diwarnai
selanjutnya anak-anak dibiarkan mencari seisi kelas sampai menemukan gambar miliknya.
b. sudah menerapkan karena divideo tersebut sudah ada penjelasan tentang dampak buruknya gadget.
c.menurut saya video nya sudah bagus hanya saja belum terlihat mengomentari hasil siswa dan ketika penutup dan recalling juga tidak.
1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
Menurut pendapat saya video tersebut sangat membantu dan bermanfaat untuk pendidikan anak dalam mengenal kan IT dan juga bermanfaat bagi orang tua, agar anak tidak kecanduan gadget
2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
Selain cara yang guru lakukan dalam video tersebut yaitu guru memberikan tugas pada anak yang menyenangkan, mengajak anak berdiskusi dan guru harus bekerja sama dengan orang tua
3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
Menurut pendapat saya sudah efektif untuk meredam anak bermain gadget
4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
Menurut pendapat saya guru yang ada divideo tersebut sudah cukup memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran, tetapi ia juga mampu menghadirkan proses belajar yang menarik dengan melalui tahapan-tahapan tersebut seperti anak-anak disuruh mengamati, memantik sebuah pertanyaan.
5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
Menurut Pendapat saya tahapan-tahapan dalam PBL yang diterapkan oleh guru dalam video tersebut cukup maksimal, dimulai dari memberikan pertanyaan mendasar,mendesain perencanaan Proyek,menyusun jadwal dan evaluasi pengalaman dan masih ada yang kurang menginformasikan kepada anak mengenai project yang akan dibuat sesuai dengan kreativitas masing-maasing anak
Nama : Elda Christianti
Nim : 856793942
Prodi : PGPAUD Sem.2
UPBJJ : Palembang
video yang saya pilih adalah tentang Literasi digital berjudul “Cara Tepat Mengenalkan IT pada Anak”
menurut saya ,apa yang dikembangkan dalam video tersebut sangatlah menarik tentang apa itu gadget,apa efek positif dan negaitif dari gadget itu sendiri serta membuat permainan yang berhubungan dengan gadget.
cara lain yang dapat dilakukan guru dalam mengatasi anak kecanduan gadget menurut saya adalah dengan memberikan penjelasan atau cerita tentang bahayanya menggunakan atau bermain gadget tanpa batas waktu atau berlebihan. Membuat batas waktu dan kapan saja anak boleh bermain gadget. dan buatlah kerjasama dengan orang tua siswa dalam pengawasan terhadap anak saat anak bermain gadget.
project guru dalam video tersebut,menurut saya belum efektif sekali sebab guru tidak dapat bekerja sendiri dalam mengawasi kecanduan anak terhadap gadget,perlu adanya kerjasama orang tua anak di rumah untuk mengawasi dan memberlakukan peraturan yang sudah dibuat guru dan orang tua.
untu ktahapan pembelajaran yang diterapkan guru dalam video tersebut sudah tepat,yaitu dimulaidengan kegiatanpembukaan,kegiatan inti yaitu penjelasan tentang gadget,bermain peran, dan tugas akhir dengan membuat bentuk gadget di rumah dibantu orang tua.
1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas? Menurut yang saya lihat vidio sangat bagus cara menyampaikan jelas, selain ada manfaatnya ketika bermain HP guru tersebut juga menjelaskan bahayanya mainan HP terlalu lama anak anak juga di stimulus bagaimana berkreasi membuat HP dari media yang ada dikelas
2.Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
Menurut saya dengan cara bekerjasama jadi ketika dirumah kita bekerjasama dengan keluarga kita fokus menemani anak bermain kebanyakan orangtua ketika dirumah asyik mainan HP akhirnya anaknya dibelikan HP sekalian karena tidak. Mau diganggu lah ini kesalahan bagi orangtua jadi solusinya ya kita bekerjasama dengan keluarga kalau dirumah tidak mainan HP agar anak tidak ikut”tan mainan HP
3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
Projek ini bagus sekali kalau kita tahu langkah langkahnya metode ini sangat bagus untuk mengasah kreativitas kita sebagai guru harus lebih banyak belajar lagi untuk memperdalam PBL ini karena dampak positif ke anak sangat banyak sekali
4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ? Sudah maksimal tapi saran siapkan densitas lebih banyak lagi agar anak anak lebih banyak ide untuk membuat sebuah karya
5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ? a. Orientasi peserta didik pada masalah b. Mengkoorfinasi kegiatan pembelajaran c. Membimbing menyelidiki individu dan kelompok d. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya e. Melakukan prngaman dengen mencatat dan menfotonsetiap kegiatan yang anak. Lakukan
1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas? Menurut yang saya lihat vidio sangat bagus cara menyampaikan jelas, selain ada manfaatnya ketika bermain HP guru tersebut juga menjelaskan bahayanya mainan HP terlalu lama anak anak juga di stimulus bagaimana berkreasi membuat HP dari media yang ada dikelas
2.Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
Menurut saya dengan cara bekerjasama jadi ketika dirumah kita bekerjasama dengan keluarga kita fokus menemani anak bermain kebanyakan orangtua ketika dirumah asyik mainan HP akhirnya anaknya dibelikan HP sekalian karena tidak. Mau diganggu lah ini kesalahan bagi orangtua jadi solusinya ya kita bekerjasama dengan keluarga kalau dirumah tidak mainan HP agar anak tidak ikut”tan mainan HP
3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
Projek ini bagus sekali kalau kita tahu langkah langkahnya metode ini sangat bagus untuk mengasah kreativitas kita sebagai guru harus lebih banyak belajar lagi untuk memperdalam PBL ini karena dampak positif ke anak sangat banyak sekali
4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ? Sudah maksimal tapi saran siapkan densitas lebih banyak lagi agar anak anak lebih banyak ide untuk membuat sebuah karya
5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ? a. Orientasi peserta didik pada masalah b. Mengkoorfinasi kegiatan pembelajaran c. Membimbing menyelidiki individu dan kelompok d. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya e. Melakukan prngaman dengen mencatat dan menfotonsetiap kegiatan yang anak. Lakukan
Nama : Theresia Yunita Wulandari
NIM : 858749532
Video yang saya pilih untuk menanggapi adalah tentang literasi digital berjudul “ Cara tepat mengenalkan IT pada anak “
pendapat saya, videonya sangat bagus dan dapat membantu kita para guru dalam menerangkan tentang kegunaan dan bahaya bermain gadget.
Selain cara yang ada di video, cara lain yang bisa dilakukan guru agar anak tidak kecanduan gadget antara lain dengan:
memberi tugas/kegiatan yang menarik minat anak dan tentunya menyenangkan
misalnya dengan bermain, berolah raga bersama atau berkegiatan berkebun bersama.
Projek yang diberikan guru dalam video cukup efektif tapi tidak sepenuhnya bisa meredam keinginan anak untuk bermain gadget.
Guru dan orang tua harus saling bekerja sama dalam mengatasi masalah ini.
Anak menjadi mengenal gadget dan akan terikat dengan gadget jika anak dapat dengan mudah mengakses alat tersebut.
Karena itu hindarilah meletakkan gadget secara sembarangan, dan dampingilah anak saat belajar online, serta juda dengan memberikan contoh yang baik.
Guru dalam video sudah cukup maksimal dalam peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini, karena telah memberikan penjelasan dan pemahaman tentang fungsi Hp dan juga tentang akibatnya bila terlalu sering bermain Hp, dengan cara melakukan diskusi tanya jawab dengan anak, dan juga telah memberikan tugas kegiatan kepada anak dan orang tua untuk membuat gadget dari bahan dus bekas.
Tahapan pembelajaran yang diterapkan guru dalam video sudah tepat,
yaitu dimulai dengan kegiatan pembukaan,
kegiatan inti dengan menjelaskan fungsi Hp dan bahayanya,
kegiatan bermain peran dan juga projek kegiatan untuk anak dan orang tua.
Gadget adalah media yang di pakai sebagai alat komunikasi modern. Gadget semakin mempermudah kegiatan komunikasi manusia. Kini kegiatan komunikasi telah berkembang semakin lebih maju dengan munculnya gadget. Diantaranya smartphone seperti iphone, android, blackberry serta notebook. Dalam psikologi perkembangan anak usia dini dikatakan sebagai anak yang berumur 0-6 tahun. Gadget berdampak terhadap perkembangan sosial anak usia dini . Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini terdapat dampak positif dan dampak negatif. Penggunaan gadget yang berlebihan akan membawa dampak buruk bagi perkembangan sosial dan emosional anak. Dampak buruk penggunaan gadget pada anak antara lain anak menjadi pribadi tertutup, gangguan tidur, suka menyendiri, perilaku kekerasan, pudarnya kreativitas, dan ancaman cyberbullying. Solusi terhadap permasalahan pemakaian gadget pada anak usia dini dengan cara membatasi pemakaian gadget, mengawasi anak dalam bermain gadget dengan figur orang tua yang berperan sangat penting serta memberi jadwal waktu yang tepat saat anak bermain gadget, agar gadget tidak dapat menghambat perkembangan sosial anak usia dini.
Bukan rahasia lagi bahwa anak-anak zaman sekarang sudah terpapar dengan berbagai macam gadget dan teknologi di usia yang sangat muda. Sementara beberapa orang percaya bahwa ini dapat bermanfaat bagi perkembangan mereka, ada juga yang berpikir bahwa itu dapat merugikan.
Tidak dapat disangkal bahwa gadget dan teknologi dapat memberikan banyak manfaat bagi anak. Misalnya, mereka dapat membantu meningkatkan keterampilan kognitif dan koordinasi tangan-mata mereka. Mereka juga dapat mempelajari hal-hal baru dan mengenal budaya yang berbeda melalui penggunaan aplikasi dan internet.
Namun, ada juga risiko anak-anak menjadi terlalu bergantung pada gadget dan teknologi. Mereka mungkin tidak dapat bersosialisasi dengan baik dengan orang lain dan mereka dapat menjadi kecanduan screen time. Inilah sebabnya mengapa penting bagi orang tua untuk memantau penggunaan gadget anak-anak mereka dan memastikan bahwa mereka menggunakannya dalam jumlah sedang.
1. Dari video yang telah ditampilkan di atas menunjukkan guru dapat mengatasi siswa terhadap kecenderungannya dalam bermain gadget. Hal ini dapat menjadi contoh bagi kita para pendidik ataupun orang tua untuk memaksimalkan pemakaian gadget tersebut sehingga dapat menjadikan alat atau media yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis anak namun tidak menjadikan gadget tersebut sebagai alat yang dapat merusak mental anak.
Pembatasan akan tayangan-tayangan yang dapat dinikmati oleh anak dan juga pengawasan yang baik kepada guru ataupun orang tua menjadi tanggung jawab bersama untuk menghasilkan kebermanfaatan gadget tersebut menjadi sesuai batasan yang baik.
2. Cara lain yang dapat dilakukan oleh orang tua atau guru untuk memaksimalkan fungsi dari gadget tersebut dan tidak menjadikan anak ketergantungan terhadap fungsi dari gadget tersebut adalah dengan memberikan batasan waktu sehingga anak diajarkan untuk lebih konsekuensi terhadap pemberian waktu atau batasan tersebut anak diajarkan untuk memahami kapan saatnya dia boleh bermain HP dan kapan saatnya dia harus berhenti untuk bermain HP batasan ini tentunya diberikan dengan beberapa pertimbangan misalkan HP hanya boleh digunakan saat anak-anak libur sekolah atau HP hanya boleh digunakan ketika anak-anak sudah selesai belajar. Batasan waktu menjadi suatu perjanjian yang harus ditaati oleh anak dan juga orang tua ataupun guru sehingga guru juga tidak boleh lebihkan waktu tersebut atau tidak boleh mengurangi jatah waktu tersebut begitu juga dengan orang tua siswa bahkan anak juga diajarkan untuk memahami kapan anak harus menepati janji ketika gadget tersebut sudah diberikan.
3. Pada video tersebut terlihat sangat baik di mana guru mampu meredam atau menjadikan project tersebut lancar atau sukses. Sehingga proses tersebut dapat menjadi contoh untuk kita untuk dapat dikembangkan di lingkungan sekolah kita atau di lingkungan keluarga kita.
4. Pada video tersebut guru memaksimalkan peran pengasuhan kepada anak di mana guru tersebut tetap mengenalkan anak dunia IT di mana generasi z yang sekarang ini kita naungi tidak dapat lepas dari perkembangan digital yang ada.
5. Tahapan dalam project based learning yang diterapkan oleh guru dalam video tersebut menurut saya yang belum maksimal adalah mungkin dari asesmen penilaiannya karena untuk memaksimalkan perkembangan anak dalam mengedepankan it atau teknologi pembelajaran perlu menggunakan asesmen yang benar-benar sesuai sehingga kegiatan pembelajaran tersebut juga dapat mengacu kepada perkembangan anak dalam 5 tahap perkembangannya.