silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Teknologi bagi anak usia dini bukanlah hal yang baru. Anak-anak generasi Z hidup di dalam era teknologi yang sudah sangat berkembang. Bagi generasi-Z, memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran bukanlah hal yang sulit. Tanpa dilatih, mereka sudah bisa menggunakan perangkat teknologi dengan baik. Bagi anak-anak usia dini, tanpa dibekali pengetahuan tentang penggunaan teknologi, mereka sudah dapat menjalankan suatu aplikasi tertentu di dalam gawai. Hal ini Tentunya membawa kebaikan untuk proses pembelajaran, karena dengan teknologi proses pembelajaran bisa jadi lebih mudah. Teknologi bisa menjadi alat bantu untuk menjelaskan materi pelajaran yang membutuhkan waktu, dan sulit untuk dijelaskan dengan ceramah. 

Namun di sisi lain, penggunaan teknologi yang berlebihan seperti gawai, akan membuat anak usia dini kecanduan dengan gawai tersebut. Banyak kejadian atau kasus yang terjadi pada anak yang tantrum ketika orang tua mengambil gawai yang sedang mereka mainkan. Selain itu, terdapat dampak pada kesehatan anak, seperti kesehatan mata sampai dengan kecenderungan untuk tidak bersosialisasi dengan baik.

Dalam video ini akan dijelaskan tentang bagaimana strategi penggunaan teknologi dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Dimulai dari contoh kasus yaitu tantrum-nya anak ketika mereka diberhentikan saat memainkan gawai, lalu ditunjukkan bagaimana strategi pembelajaran di TK dengan menggunakan Project Based Learning. Anak-anak akan berdialog dengan guru tentang manfaat gawai dan juga dampak buruknya bagi mereka jika kecanduan gawai. Lalu mereka akan bermain peran dengan menggunakan alat telekomunikasi, dan pada akhirnya mereka akan membuat 1 Project sesuai dengan umur mereka, yaitu dengan menggunakan karton untuk membuat bentuk gawai. 

Selamat menyaksikan.

PERTANYAAN PEMACU DISKUSI

  1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
  2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ? 
  3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget? 
  4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
  5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?

Similar Posts

385 Comments

  1. Assalamualaikum,, perkenalkan nama saya
    Nama: ERFA KURNIASARI
    NIM:858734629

    saya akan menanggapi video tersebut
    1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
    menurut saya penyajian video tersebut sangat bagus,, karena pada era zaman digital dan anak anak jaman sekarang termasuk anak generasi z yang mana anak berada pada era digital, tidak terlepas dari hp,, jaman sekarang semua anak anak sudah pandai dalam mengoperasikan hp tanpa bantuan orangtua, dalam video tersebut sudah menjelaskan tentang manfaat hp serta bahaya bahaya yang disebabkan jika penggunaan hp terlalu berlebihan, dengan menggunakan gambar berseri dan praktik langsung anak anak akan mengerti secara jelas tentang bahaya HP.

    2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?

    Menurut saya cara lain untuk mengatasi anak dalam kecanduan gadget yaitu dengan cara menerangkan kepada anak tentang bahaya penggunaan hp yang berlebihan melalui media audio video,, jadi guru bisa menggunakan LCD atau laptop,, anak anak secara langsung melihat dengan jelas bahaya bahaya jika menggunakan hp terlalu berlebihan, misalnya mata menjadi bengkak, radiasi otak, anak anak akan dapat berfikir secara langsung dampaknya bagi kesehatan anak itu sendiri.

    3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
    menurut saya cara yang dilakukan guru tersebut cukup efektif bagi anak dalam meredam keinginan anak untuk bermain hp. walaupun tidak secara langsung semuanya berubah, namun apabila setiap saat di ingatkan maka perlahan anak akan bisa mengurangi keinginan dalam bermain hp.

    4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
    Sudah, karena guru sudah memberi arahan dan stimulasi untuk anak didiknya. secara tidak langsung anak diberi edukasi bagaimana bahaya bermain gudget apabila secara terus menerus dilakukan oleh anak serta pengaruh yang tidak baik untuk perkembangan fisik maupun psikologis serta sosial emosional anak.

    5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
    Pada umumnya model pembelajaran PBL yang diterapkan sudah dilakukan dengan sangat baik. Adapun tambahan dari saya adalah ketika selesai pembuatan hasil karya anak membuat handphone dari kardus, ada baiknya sang guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menampilkan hasil karyanya di depan kelas serta memberikan kesempatan kepada anak untuk mengeksplor kembali proses pembuatan sampai selesai.hal tersebut bisa membantu anak dalam perkembangan bahasa anak.

  2. Nama: Soneta Efa Saranga’
    Nim: 859416562
    1. Judul video “cara tepat mengenalkan IT pada anak”.
    Menurut saya video tersebut menarik, dimana dalam video tersebut menyajikan tentang apa yang di maksud dengan gadget, apa manfaat dan dampak dari penggunaan gadget. Dalam video tersebut guru juga mengajarkan pada anak cara membuat permainan yang berkaitan dengan gadget.
    2. Cara lain yang di lakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ialah guru tersebut memberi penjelasan dengan bercerita seolah-olah memberi bayangan pada anak apa manfaat jika menggunakan gadget sesuai kebutuhan dan apa dari penggunaan gadget tanpa batas.
    3. Project yang di berikan oleh guru dalam video tersebut belum efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget belum menunjukkan kerjasama dengan orang tua dalam melakukan pengawasan terhadap anak dalam penggunaan gadget.
    4. Menurut saya, dalam video tersebut sudah memenuhi tahapan pembelajaran anak usia dini.
    5. Tahapan project Based Learning yang di lakukan oleh guru dalam video tersebut ialah pembukaan, inti, recalling dan pemberian tugas / penutup.

  3. Nama: Soneta Efa Saranga’
    Nim: 859416562
    1. Judul video “cara tepat mengenalkan IT pada anak” .
    Menurut saya video tersebut menarik, dimana dalam video tersebut mengajarkan tentang apa yang di maksud gadget, apa manfaat dan dampak dari penggunaan gadget. Dalam video tersebut guru juga mengajarkan kepada anak cara membuat permainan yang berkaitan dengan gadget.
    2.cara lain yang harusnya guru lakukan agar anak tidak kecanduan gadget yaitu guru harus mampu menjelaskan pada anak seolah-olah memberi bayangan pada anak apa manfaat jika menggunakan gadget sesuai kebutuhan dan apa dampak buruk dari penggunaan gadget tanpa batas.
    3. Project yang di lakukan guru dalam video tersebut cukup efektif, hanya saja guru belum melibatkan orang tua di rumah dalam mengawasi anak-anak dalam menggunakan gadget.
    4. Menurut saya dalam video tersebut sudah memenuhi tahapan pembelajaran di PAUD.
    5. Tahapan Based Learning yang dilakukan oleh guru dalam video tersebut ialah pembukaan, inti, recalling, dan pemberian tugas/ penutup.

  4. Nama : Annesa safitri
    Nim : 858304506
    PGPAUD 121

    1. Bagaimana Pendapat Anda mengenai Video di atas?
    Menurut saya video tersebut sangat bagus dan menginspirasi. Cara Guru dalam hal mengenalkan IT pada anak sudah sangat bagus dan efektif. Kita tahu generasi sekarang sangatlah akrab dengan teknologi, tak terkecuali anak anak paud mereka sering sekali bermain gadget dan ini berdampak negatif baginya. Dalam video terlihat guru mengajak anak anak bertanya jawab melalui gambar mengenai aktivitas anak dirumah dengan gadget nya sekaligus memberikan penjelasan mengenai dampak yang ditimbulkan dari penggunaan gadget tersebut jika terlalu sering dimainkan.
    Guru juga memberikan alternatif permainan yang dapat dimainkan anak untuk melupakan gagdet dan memberikan tugas yang dapat dikerjakan dirumah bersama orang tua agar anak anak mulai terlepas dari gadget.
    2. Selain cara yang ada pada video, jelaskan cara lain yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget ?
    Beberapa alternatif lain dapat digunakan guru maupun orang tua dalam menanggulangi kecanduan gadget ini seperti memberi batasan pada anak mengenai waktu dalam bermain gadget, misalnya dalam seminggu hanya 1 kali saat hari libur lalu hanya 2 jam saja dalam sehari, batasan batasan ini harus tegas disampaikan pada awal perjanjian dengan anak, artinya harus ada kesepakatan dari awal mengenai waktu bermain gadget untuk anak. Selain itu guru maupun orang tua jangan menggunakan gadget dihadapan mereka, anak usia dini adalah peniru yang hebat untuk itu guru maupun orang tua harus memberikan contoh yang baik untuk anak. Cara ketiga yang bisa digunakan adalah menyibukkan anak dengan permainan lain yang membuat anak bersosialisasi, dengan begitu diharapkan anak terlepas dari penggunaan gadget yang terlalu sering.

    3. Apakah Project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget?
    Ya saya rasa cukup efektif, karena guru sudah dapat memberi anak pemahaman mengenai dampak bermain gadget. Selain itu guru juga mengajak anak untuk bermain peran menjadi orang tua yang anaknya suka bermain gadget. Lewat permainan ini anak diharapkan memahami perasaan orang tuanya dirumah saat ia sering memainkan gadget. Guru juga memberikan projek kepada anak agar dapat dikerjakan bersama dengan orang tua.
    4. Menurut anda, apakah guru dalam video ini sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini ?
    Ya menurut saya peran guru sudah maksimal, karena guru sudah memberikan pemahaman mengenai efek negatif penggunaan gadget. Dan cara yang guru berikam cukup efektif karena anak anak mulai terlepas dari bermain gadget tersebut. Guru juga dapat menghandle anak anak dalam pembelajaran sehingga apa yang materi yang disampaikan dapat dipahami anak.
    5. Tahapan apa dalam Project Based Learning yang diterapkan oleh guru dalam video yang menurut anda belum maksimal ?
    Menurut saya sudah cukup maksimal, karena dapat memberikan materi yang mengembangkan kemampuan anak.

  5. Nama : Yohana Rahajeng Sekarningrum
    Prodi : Paud BI
    NIM : 857969231

    Pendapat saya terkait video diatas yaitu video tersebut memberikan tambahan inspirasi bagi saya untuk menciptakan suasana yang menyenangkan bagi anak pada topik pengenalan gadget, manfaat, serta dampaknya bagi perkembangan anak.
    Adapun, selain cara yang ada pada video tersebut, terdapat cara lain yang dapat dilakukan seorang guru dalam menjelaskan topik mengenai gadget serta apa saja yang harus dilakukan oleh guru agar anak tidak kecanduan gadget, yakni dengan mengajak orang tua berkolaborasi dalam proses pembelajaran baik di rumah maupun di sekolah seperti :
    1. memberikan batasan waktu screen time pada anak
    2. menanamkan literasi pada anak dengan mengajak anak membaca gambar, bercerita, bermain peran sesuai dengan buku yang dibaca, dll
    3. berdiskusi terkait tayangan-tayangan yang bermanfaat bagi anak dan
    4. mendampingi anak saat bermain gadget atau melihat tayangan TV serta,
    5. menanyakan pendapat anak terkait tayangan yang dilihat oleh anak
    Adapun project yang diberikan oleh guru dalam video ini efektif untuk meredam keinginan anak bermain gadget, pada video tampak guru tersebut telah mengaplikasikan model pembelajaran pada Kurikulum Merdeka dengan memberikan pemantik pada anak sehingga anak terpantik untuk menjawab pertanyaan dari ibu guru terkait flashcard yang sudah disiapkan sesuai dengan topik.
    Dalam video ini, guru tersebut sudah memaksimalkan peran pengasuhan dalam pembelajaran anak usia dini dengan cara bekerja sama dengan orang tua siswa terkait perkembangan anak.
    Adapun tahapan dalam Project Based Learning yang dapat ditingkatkan oleh guru dalam video tersebut yakni dengan memberikan pemantik pada anak menggunakan alat peraga edukasi yang bervariasi.

  6. Nama :Enung Siti Nasiyatul A
    NIM :857236084
    UPBJJ :serang
    Prodi :BI PAUD
    1. setelah menyaksikan video tentang cara tepat mengenalkan IT pada anak(literasi digital) maka pendapat saya mengenai video ini sangat bermanfaat sekali,seperti kita lihat dalam video in guru sudah mulai mengajarkan anak tentang IT dalam hal ini HP yaitu dengan memberikan informasi tentang HP serta akibat yang di timbulkannya.
    2. cara lain yang harus di lakukan guru agar anak tidak kecanduan gadget yaitu dengan memberikan aktivitas bermain yang lebih menyenangkan atau guru juga dapat memberikan informasi cara memberikan tentang aturan kepada anak saat mereka main HP… Misalnya anak hanya boleh main HP 1 jam setiap minggu.
    3.Ya cukup efektif dengan memberikan kegiatan bermain peran maka akan menambah pengetahuan dan pengalaman anak dengan catatan guru tetap harus selalu berkomunikasi dengan orang tua untuk mendapatkan informasi dan memantau anak didik saat berada di rumah .
    4.sudah, dengan memberikan kesempatan untuk mengetahui tentang Hp menambah aktivitas membuat karya seni dengan berbagai media lain mungkin akan lebih baik lagi.
    5.untuk dapat lebih menguatkan pemahaman anak tentang bahaya gadget guru dapat melakukan cerita atau mengajak anak menonton film akibat buruk HP

  7. Nama :Enung Siti Nasiyatul A
    NIM :857236084
    UPBJJ :serang
    Prodi :BI PAUD
    1. setelah menyaksikan video tentang cara tepat mengenalkan IT pada anak(literasi digital) maka pendapat saya mengenai video ini sangat bermanfaat sekali,seperti kita lihat dalam video in guru sudah mulai mengajarkan anak tentang IT dalam hal ini HP yaitu dengan memberikan informasi tentang HP serta akibat yang di timbulkannya.
    2. cara lain yang harus di lakukan guru agar anak tidak kecanduan gadget yaitu dengan memberikan aktivitas bermain yang lebih menyenangkan atau guru juga dapat memberikan informasi cara memberikan tentang aturan kepada anak saat mereka main HP… Misalnya anak hanya boleh main HP 1 jam setiap minggu.
    3. cukup efektif dengan memberikan kegiatan bermain peran maka akan menambah pengetahuan dan pengalaman anak dengan catatan guru tetap harus selalu berkomunikasi dengan orang tua untuk mendapatkan informasi dan memantau anak didik saat berada di rumah .
    4.sudah, dengan memberikan kesempatan untuk mengetahui tentang Hp menambah aktivitas membuat karya seni dengan berbagai media lain mungkin akan lebih baik lagi.
    5.untuk dapat lebih menguatkan pemahaman anak tentang bahaya gadget guru dapat melakukan cerita atau mengajak anak menonton film akibat buruk HP

  8. Nama: Suzanna
    NIM : 858742848
    Prodi : S1 PG PAuD

    Pembahasan :
    Video di atas sangat memberi motivasi dan tambahan wawasan kami.
    Dimana guru tersebut melakukan beberapa tahap dalam PBL dalam penggunaan gadget.

    Anak-anak diajak untuk dapat melepas gadget dalam kesehariannya, banyak anak usia dini yang sudah salah dari pola asuh ortu .
    Sehingga tugas guru untuk mengurangi siswa dalam penggunaan gadget.

    Guru di video ini sangat tertata.
    1.Mulai mengajak siswa lebih aktif di kelas.
    2. Mengajak siswa lebih interaktif
    3. Menggali siswa dalam ide imajinasinya ditingkatkan.
    4. Menginfokan penilaian dalam kegiatan pembelajran pada siswa, sehingga siswa mengetahui mulai dari penilaian sikap siswa sampai penilaian project nya.

  9. perkenalkan
    nama : anik
    Nim : 85818054
    Prodi : PAUD BI

    menurut pendapat saya
    1. video di atas menambah pengetahuan bagi kami pendidik untuk mengenalkan manfaat dan bahaya bermain gudged bagi anak.
    2.mengajak anak lebih banyak berkativitas, misal bermain bersama teman dan bercerita, dengan banyak beraktivitas bermain bersama teman anak bisa melupakan hp
    memberikan info kepada anak tentang batasan waktu bermain hp, kita berikan info tentang bahaya menggunakan hp terlalu lama, yaitu akan merusak mata
    3.cukup bagus, dengan mengajak anak untuk bermain peran menjadi orang tua dan anak yang bermain hp akan memberikan mereka pemahaman jika orang tua melarang bermain hp terlalu lama akan memberikan dampak negatif untuk anak
    4.menurut saya sudah maksimal. guru memberikan info tentang hp dengan mengajak anak tanya jawab tentang hp. guru juga memberikan info tentang bahaya hp.
    5.menurut saya akan lebih maksimal jika diberikan cerita atau melihat video anak yang mengalami sakit mata akibat bermain hp

  10. Nama :Desmiyanti Abdullah hasan
    Nim : 856323145
    prodi;PG-PAUD BI
    Dari video diatas memberi motivasi saya sebagai seorang guru lebih kreatif lagi dalam melakukan pembelajaran mengenal karakter anak yang berbeda yag memiliki bakat dan minat yang berbeda dengan mengealkan media pembelajaran IT kepada anak .

Leave a Reply