silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

17 Comments

  1. Nama : Rizky Kurniawan
    NIM : 856573427
    Prodi : PGSD- S.1
    UPBJJ : Jambi

    Setelah saya melihat dan menyimak video diatas saya mengambil beberapa kesimpulan yaitu :
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan langsung ke kegiatan inti pembelajaran hal ini dapat berpengaruh kepada siswa
    2. Pada Kegiatan inti guru tidak melakukan kegiatan dengan jelas guru langsung memberi praktik sehingga lupa untuk memberikan penjelasan terlebih dahulu

  2. Nama : Fadilah Hani Zahara
    Nim : 856025855
    Priodi : 856025855

    Setelah saya melihat vidio tersebut pembelajaran pak guru menarik dengan menggunakan pianika. Tetapi, untuk nadanya tidak dituliskan di papan tulis menurut saya tidak efektif, karena siswa bisa aja lupa pada nada yang diajarkan oleh pak guru. Dalam vidio ini juga pada bagian pembukanya kurang lengkap yang dimana tidak mengecek kehadiran siswa, doa.

  3. Nama : AGUSTINI
    NIM : 856577882
    Prodi : PGSD- S.1
    UPBJJ : Jambi

    Setelah saya melihat dan menyimak video diatas saya mengambil beberapa kesimpulan yaitu :
    1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan
    2. guru langsung memberikan praktik
    3. Tidak menentukan metode dalam mengajar

  4. Nama : Safiriana Zebua
    N I M. : 856034213

    Setelah saya menonton dan menyimak video tersebut saya mengambil beberapa kesimpulannya yaitu; pertama guru masuk dikelas dan memberikan salam. Hanya saja gurunya tidak menanyakan kabar dan tidak mengecek kehadiran siswa. Dan setelah itu masuk di bagian inte pembelajaran

  5. Nama : Azlina Alhafiza
    NIM : 858043669
    Prodi : S1 PGSD AKPMM

    Berdasarkan video pembelajaran yang dilakukan oleh Guru dapat kita lihat hanya memberikan contoh tentang tangga nada mayor secara langsung menggunakan pianika. Sangat baik bahwa guru dapat mempratikkan alat musik, namun untuk mengenali tangga nada mayor tidak cukup dengan mendengarkan namun juga menuliskan contoh tangga nada C mayor, D mayor, dan E mayor ke papan tulis dan hanya menyuruh siswa memperhatikannya dan mendengarkan serta mengulang kembali apa yang guru mainkan dengan menirukan nadanya dan mencoba memainkan menggunakan pianika. Jika seorang guru hanya memperdengarkan bunyi musik saja setelah pelajaran tersebut kemungkinan siswa bisa lupa akan pelajaran yang telah lalu karena tidak mencatat apa-apa yang telah dijelaskan oleh Guru.
    Pada kegiatan penutup sudah baik siswa disuruh belajar lagi dan mencoba memainkan sebuah lagu menggunakan pianika, terlihat siswa sudah lancar memainkannya. Sebaiknya guru memberikan tugas memainkan alat musik tersebut dengan lagu yang bertangga nada mayor.

  6. Nama : Azlina Alhafiza
    NIM : 858043669
    Prodi : S1 PGSD AKPMM

    Berdasarkan video pembelajaran yang dilakukan oleh Guru dapat kita lihat hanya memberikan contoh tentang tangga nada mayor secara langsung menggunakan pianika. Sangat baik bahwa guru dapat mempratikkan alat musik, namun untuk mengenali tangga nada mayor tidak cukup dengan mendengarkan namun juga menuliskan contoh tangga nada C mayor, D mayor, dan E mayor ke papan tulis dan hanya menyuruh siswa memperhatikannya dan mendengarkan serta mengulang kembali apa yang guru mainkan dengan menirukan nadanya dan mencoba memainkan menggunakan pianika. Jika seorang guru hanya memperdengarkan bunyi musik saja setelah pelajaran tersebut kemungkinan siswa bisa lupa akan pelajaran yang telah lalu karena tidak mencatat apa-apa yang telah dijelaskan oleh Guru.
    Pada kegiatan penutup sudah baik siswa disuruh belajar lagi dan mencoba memainkan sebuah lagu menggunakan pianika, terlihat siswa sudah lancar memainkannya. Sebaiknya guru memberikan tugas memainkan alat musik tersebut dengan lagu yang bertangga nada mayor.

  7. Nama : Dimas Triadi Nugraha
    NIM : 855857727
    Semester : 6

    1. Reaksi siswa pada saat pembelajaran sangat antusias. Siswa menyimak dan fokus setiap penjelasan guru dan memperhatikan materi yang diberikan oleh guru

    2. Kelemahan yang terdapat dalam video pembelajaran tersebut adalah guru kurang memberikan penjelasan yang lebih mendalam tentang ciri-ciri tangga nada mayor dan kurang memberikan contoh lagu yang menggunakan tangga nada mayor

    3. Kelebihan dari video pembelajaran
    tersebut yaitu menggunakan media konkret sehingga siswa mendapatkan pengalaman langsung seperti alat musik pianika untuk membantu menguatkan pembelajaran tangga nada diatonis.

    4. Hal unik yang terdapat dalam video diatas adalah ada siswa yang berpendapat bahwa tangga nada seperti urutan abjad.

    5. Upaya yang dapat dilakukan agar pembelajaran di video menjadi lebih baik adalah:
    • mengajarkan terlebih dahulu materi mendalam tentang apa itu tangga nada, definisi tangga nada mayor, ciri-ciri serta contoh lagu-lagu.
    • memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju satu per satu ke depan memainkan lagu tangga nada mayor yang sudah diajarkan guru

Leave a Reply