Similar Posts
Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Membelajarkan Konsep Perkalian Pada Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan konsep perkalian dengan alat peraga berupa gambar buah-buahan dan bola-bola plastik. Dengan alat peraga bola-bola ini guru memperagakan jual beli yang merupakan kejadian sehari-hari sehingga anak-anak lebih mudah memahami konsep perkalian. – Pakar Dosen Video ini menayangkan upaya…
Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar…
Bagaimana Cara Menyampaikan Pesan yang di Peroleh dari Penelepon
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak…
Nama : Rizky Kurniawan
NIM : 856573427
Prodi : PGSD- S.1
UPBJJ : Jambi
Setelah saya melihat dan menyimak video diatas saya mengambil beberapa kesimpulan yaitu :
1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan langsung ke kegiatan inti pembelajaran hal ini dapat berpengaruh kepada siswa
2. Pada Kegiatan inti guru tidak melakukan kegiatan dengan jelas guru langsung memberi praktik sehingga lupa untuk memberikan penjelasan terlebih dahulu
Nama : Fadilah Hani Zahara
Nim : 856025855
Priodi : 856025855
Setelah saya melihat vidio tersebut pembelajaran pak guru menarik dengan menggunakan pianika. Tetapi, untuk nadanya tidak dituliskan di papan tulis menurut saya tidak efektif, karena siswa bisa aja lupa pada nada yang diajarkan oleh pak guru. Dalam vidio ini juga pada bagian pembukanya kurang lengkap yang dimana tidak mengecek kehadiran siswa, doa.
Nama : AGUSTINI
NIM : 856577882
Prodi : PGSD- S.1
UPBJJ : Jambi
Setelah saya melihat dan menyimak video diatas saya mengambil beberapa kesimpulan yaitu :
1. Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan
2. guru langsung memberikan praktik
3. Tidak menentukan metode dalam mengajar
Nama : Safiriana Zebua
N I M. : 856034213
Setelah saya menonton dan menyimak video tersebut saya mengambil beberapa kesimpulannya yaitu; pertama guru masuk dikelas dan memberikan salam. Hanya saja gurunya tidak menanyakan kabar dan tidak mengecek kehadiran siswa. Dan setelah itu masuk di bagian inte pembelajaran
Nama : Azlina Alhafiza
NIM : 858043669
Prodi : S1 PGSD AKPMM
Berdasarkan video pembelajaran yang dilakukan oleh Guru dapat kita lihat hanya memberikan contoh tentang tangga nada mayor secara langsung menggunakan pianika. Sangat baik bahwa guru dapat mempratikkan alat musik, namun untuk mengenali tangga nada mayor tidak cukup dengan mendengarkan namun juga menuliskan contoh tangga nada C mayor, D mayor, dan E mayor ke papan tulis dan hanya menyuruh siswa memperhatikannya dan mendengarkan serta mengulang kembali apa yang guru mainkan dengan menirukan nadanya dan mencoba memainkan menggunakan pianika. Jika seorang guru hanya memperdengarkan bunyi musik saja setelah pelajaran tersebut kemungkinan siswa bisa lupa akan pelajaran yang telah lalu karena tidak mencatat apa-apa yang telah dijelaskan oleh Guru.
Pada kegiatan penutup sudah baik siswa disuruh belajar lagi dan mencoba memainkan sebuah lagu menggunakan pianika, terlihat siswa sudah lancar memainkannya. Sebaiknya guru memberikan tugas memainkan alat musik tersebut dengan lagu yang bertangga nada mayor.
Nama : Azlina Alhafiza
NIM : 858043669
Prodi : S1 PGSD AKPMM
Berdasarkan video pembelajaran yang dilakukan oleh Guru dapat kita lihat hanya memberikan contoh tentang tangga nada mayor secara langsung menggunakan pianika. Sangat baik bahwa guru dapat mempratikkan alat musik, namun untuk mengenali tangga nada mayor tidak cukup dengan mendengarkan namun juga menuliskan contoh tangga nada C mayor, D mayor, dan E mayor ke papan tulis dan hanya menyuruh siswa memperhatikannya dan mendengarkan serta mengulang kembali apa yang guru mainkan dengan menirukan nadanya dan mencoba memainkan menggunakan pianika. Jika seorang guru hanya memperdengarkan bunyi musik saja setelah pelajaran tersebut kemungkinan siswa bisa lupa akan pelajaran yang telah lalu karena tidak mencatat apa-apa yang telah dijelaskan oleh Guru.
Pada kegiatan penutup sudah baik siswa disuruh belajar lagi dan mencoba memainkan sebuah lagu menggunakan pianika, terlihat siswa sudah lancar memainkannya. Sebaiknya guru memberikan tugas memainkan alat musik tersebut dengan lagu yang bertangga nada mayor.
Nama : Dimas Triadi Nugraha
NIM : 855857727
Semester : 6
1. Reaksi siswa pada saat pembelajaran sangat antusias. Siswa menyimak dan fokus setiap penjelasan guru dan memperhatikan materi yang diberikan oleh guru
2. Kelemahan yang terdapat dalam video pembelajaran tersebut adalah guru kurang memberikan penjelasan yang lebih mendalam tentang ciri-ciri tangga nada mayor dan kurang memberikan contoh lagu yang menggunakan tangga nada mayor
3. Kelebihan dari video pembelajaran
tersebut yaitu menggunakan media konkret sehingga siswa mendapatkan pengalaman langsung seperti alat musik pianika untuk membantu menguatkan pembelajaran tangga nada diatonis.
4. Hal unik yang terdapat dalam video diatas adalah ada siswa yang berpendapat bahwa tangga nada seperti urutan abjad.
5. Upaya yang dapat dilakukan agar pembelajaran di video menjadi lebih baik adalah:
• mengajarkan terlebih dahulu materi mendalam tentang apa itu tangga nada, definisi tangga nada mayor, ciri-ciri serta contoh lagu-lagu.
• memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju satu per satu ke depan memainkan lagu tangga nada mayor yang sudah diajarkan guru