silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan bagaimana cara seorang guru mengatasi masalah pada anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar. Cara yang dilakukan adalah dengan melatih motorik halus anak secara bertahap. Diantara cara-cara yang dapat dilakukan adalah dengan memindahkan air dari mangkok satu ke mangkok lainya menggunakan spon, membuka dan menutup gembok kunci, membuka dan memasangkan kancing baju.

Badru Zaman

Pada tayangan video tersebut saya tidak bisa  mengatakan kegiatan ini belum terlihat pembuka, isi, dan penutup, karena video ini tdak ditayangkan secara utuh, untuk penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah baik,  evaluasi sudah nampak dalam unjuk kerja anak.

Untuk mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil dengan benar, saran saya sebaiknya diawali dengan pengenalan alat (pensil) seperti  jenis-jenis pensil, kegunaan pensil, bahaya pensil kalau tidak digunakan dengan benar dan lain sebagainya.

Contoh untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah baik  yang berkenaan dengan cara cara melatih motorik halus anak guna menguatkan jari-jari tangan saat memegang pensil dengan baik dan benar, semakin banyak melatih jari tangan akan semakin baik cara memegang pensilnya.

Drs. Muman Hendra Budiman, M.Pd.

Pada tayangan video tersebut belum terlihat jelas, kegiatan pembuka, isi, dan penutup. Penggunaan strategi seperti pendekatan, metode, media sudah cukup terlihat namun untuk evaluasi belum terlihat. Untuk tingkat perkembangan anak didik belum begitu sesuai karena biasanya kegiatan pada pembelajaran tersebut dilakukan untuk kelompok A atau bila ada kelompok bermain (melatih motorik halus). Untuk pembelajaran pada tayangan video tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku, yaitu yang berkenaan dengan cara-cara melatih motorik halus anak guna menguatkan tangan saat memegang pensil dengan benar.

Tri Ekowati

Similar Posts

3,593 Comments

  1. nama:dini ropina
    nim :856278111
    judul :mengatasi anak susah dalam memegang pensil

    menurut saya vidio diatas sangat baik untuk membantu anak yang masih susah memegang poensil,guru yang mengajarkan tentang kesabaran kepada anak didiknya.langkah yang di ajarkan guru di atas bisa jadi contoh untuk bisa saya bisa mengatasi anak yang susah memengang pensil.dan bermanfaatb untuk guru lainnya.

  2. Nama : Destri Pebri Anggraini
    NIM : 856816455
    Judul : anak belum bisa memegang pensil dengan benar ( meningkatkan kemampuan motorik halus)

    Refleksi proses kegiatan pembelajaran
    1. apakah kegiatan pembelajaran sesuai dengan RPPH yang kita susun? iya, hal ini terjadi karena pada pelaksanaan pembelajaran kemampuan yang dikembangkan adalah motorik halus anak.
    2. apakah kelemahan kita dalam proses pembelajaran ? kelemahan dalam proses pembelajaran yaitu pengelolaan kelas dan penataan kegiatan karena saat kegiatan pembelajaran pengelolaan serta penataan ruang kurang di persiapkan.
    3. Apa saja penyebab kelemahan tersebut ? penyebab dari kelemahan tersebut adalah kurangnya persiapan dalam penataan kegiatan yang seharusnya di persiapkan secara matang hal ini bisa terjadi karena waktu yang terburu-buru dan mendadak saat ingin melaksanakan kegiatan. selain itu pengelolaan kelas yang belum sepenuhnya dapat di laksanakan oleh guru disebabkan oleh kurangnya pendekatan guru terhadap siswa.
    4.Apa Saja kelebihan dari kegiatan tersebut? kelebihan dari kegiatan tersebut yaitu guru telah menguasai materi dan menggunakan media aerta sumber belajar yang sesuai dengan yang di butuhkan anak.
    5. Bagaiamana memperbaiki kelemahan tersebut ? yaitu dengan mempersiapkan kegiatan dengan matang sebelum kegiatan dilaksanakan.
    6. Apakah kita telah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu pembelajaran dengan baik ? iya, hal ini terjadi karena kegiatan yang dilakukan telah sesuai dengan waktu yang direncanakan serta hasil yang di dapat dari kegiatan pun terlihat dimana kemampuan motorik halus anak sudah mulai berkembang.
    7. apakah kegiatan penutup yang kita lakukan dapat meningkatkan penguasaan anak terhadap materi yang kita sampaikan? iya, hal ini terjadi karena pada saat penutupan guru melakukan recalling yang berisi tanya jawab tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan serta menanyakan perasaan anak selama kegiatan. guru memberikan pertanyaan kepada anak dan anak dapat menjawab pertanyaan tentang materi dengan baik.

  3. Nama : Dwi Wahyuni
    NIM : 858822257
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar
    UPBJJ : MALANG
    Pokjar : MASTRIP Nganjuk
    Seri pengembangan motorik halus anak.
    Setelah saya melihat video dengan judul “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar ” menurut saya, video tersebut sangat bagus dan kegiatan – kegiatan yang dilakukan dapat menstimulasi perkembangan motorik halus anak terutama dalam hal cara memegang pensil dengan benar.
    Saya setuju dengan stimulasi untuk meningkatkan motorik halus anak yang dilakukan dalam video tersebut yaitu dengan melatih otot jari anak dengan melakukan kegiatan memindahkan air dengan menggunakan spon, melatih anak untuk membuka dan menutup gembok, membuka dan memasang mur dan melatih anak untuk membuka dan memasangkan kancing baju.
    Selain itu, dalam video tersebut guru terlebih dahulu mendemonstrasikan kegiatan yang akan dilakukan sehingga anak lebih mudah meniru dan tidak kesulitan dalam melakukan kegiatan untuk meningkatkan motorik halus terutama memegang pensil dengan benar.

  4. Nama : Dwi Wahyuni
    NIM : 858822257
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional
    UPBJJ : MALANG
    Pokjar : MASTRIP Nganjuk
    Seri pengembangan motorik halus anak.
    Setelah saya melihat video dengan judul “Mengatasi Anak yang Belum Bisa Memegang Pensil dengan Benar ” menurut saya, video tersebut sangat bagus dan usaha – usaha yang dilakukan dapat menstimulasi perkembangan motorik halus anak terutama dalam hal cara memegang pensil dengan benar.
    Saya setuju dengan stimulasi untuk meningkatkan motorik halus anak yang dilakukan dalam video tersebut yaitu dengan melatih otot jari anak dengan melakukan kegiatan memindahkan air dengan menggunakan spon, melatih anak untuk membuka dan menutup gembok, membuka dan memasang mur dan melatih anak untuk membuka dan memasangkan kancing baju.
    Selain itu, dalam video tersebut guru terlebih dahulu mendemonstrasikan kegiatan yang akan dilakukan sehingga anak lebih mudah meniru dan tidak kesulitan dalam melakukan kegiatan untuk meningkatkan motorik halus terutama memegang pensil dengan benar.

  5. Nama : YULIANA IRMGARD DAO
    NIM : 859256454
    Menurut pendapat saya strategi perbaikan untuk melatih anak memegang pensil sebaiknya dimulai dari kegiatan meremas kertas , kemudia meremas pasir atau juga dengan kegiatan membuat adonan kue dari tepung dan air. Dan kegiatan tersebut mulai dikenalkan/dilakukan pada anak usia 3 – 4 tahun.

  6. Perkenal kan nama saya ASWI NORDIA,saya berasal dari ROHIL,,
    Menurut saya vidio ini sangat membantu guru dalam melakukan cara memegang pensil dengan benar,,
    Kita sebagai guru juga bisa melatih otot jari anak dengan cara mengerakkan jari tangan dengan cara bernyanyi,,jadi jari anak tidak tegang ketika memegang pensil,,
    Kita juga bisa memegang tangan anak untuk melatih tangan anak dalam belajar,ajak anak terus_menerus melakukan nya,,beri pujian dan apresiasi untuk anak yang bisa melakukan kerja dengan benar,agar anak lebih giat lagi dalam berusaha.

  7. NAMA : SUGIATI
    NIM : 858317527
    JUDUL : Mengatasi anak yang belim bisa pegang pensil
    setelah saya melihat vidio di atas menurut saya vidio tersebut sangat bagus,usaha yg di lakukan guru dengan melatih anak memasang sekrop/baut dan meremas-remas spon dan memasang kancing baju bisa melatih konsentrasi si anak,dan mengembangkan fisik motorik halus anak.terutama dalam hal memegang pensil dengan benar.selain itu di dalam vidio tersebut guru terlebih dahulu menjelaskan kegiatan yang akan di lakukan sehingga anak mudah untuk menirukan dan tidak susah untuk melakukan kegiatan.

  8. Nama : Griselda Alifah
    NIM : 859877809
    Judul : anak belum bisa memegang pensil dengan benar

    Proses pembelajaran yang dilakukan guru
    Video ini berisi tentang seorang guru yang mengajarkan anak dalam menebalkan garis seperti biasa hal awal pembelajaran dilakukan. Dalam kegiatan ini banyak sekali permasalahan yang terjadi seperti anak tidak dapat memegang pensil dengan benar. Dan kemampuan memegang pensil ini termasuk ke dalam kemampuan motorik halus. Kemampuan ini harus distimulasi sedemikian rupa supaya berkembang dengan sempurna. Saat anak-anak masuk sekolah dasar, ia harus sudah mampu memegang pensil dengan tiga jari serta menulis dengan baik. Kemampuan tersebut tentu tidak datang tiba-tiba, melainkan ada tahapan-tahapannya. Pola memegang pensil pada anak berkembang sesuai dengan usianya. Stimulasi yang tepat bisa mempercepat proses anak dalam belajar menulis. Seperti contoh di dalam video tersebut anak melakukan pemindahan air dalam satu wadah ke wadah yang lainnya dengan menggunakan spons, membuka dan menutup kunci gembok, memasang dan membuka kancing baju itu dapat melatih kelenturan jari tangan anak dan agar dapat memegang benda dengan semakin kuat dan terkoordinasi dengan baik.

  9. NAMA: SITTI FATIMAH
    NIM : 859413599
    cara mengatasi anak yang belum bisa memegang pensil?
    JAWAB: guru/orang tua anak dimanapun dapat mengajarkan anak Cara memegang pensil yang benar adalah menggunakan ibu jari dan telunjuk, lalu dibantu oleh jari tengah. Jika si Kecil masih kesulitan saat menggunakan pensil yang pendek, Ibu bisa mengajarkannya untuk “menjepit dan memutar”.

Leave a Reply