silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini diperlihatkan upaya guru untuk memberikan toleransi kepada orangtua untuk berada di kelas selama masa orientasi. Guru bekerjasama dengan orangtua untuk memotivasi anak dari agar mandiri dan tidak menangis saat ditinggalkan orangtuanya. Guru mempersilahkan orangtua untuk melepas anak secara bertahap. Kemudian guru mendekati anak dengan penuh kelembutan lalu memberikan sentuhan, belaian dan pelukan sehingga anak merasa nyaman berada dekat dengan guru. Selain itu guru juga dapat mengalihkan perhatian anak dengan berbagai kegiatan. Guru dapat juga mengenalkan anak dengan teman-temannya yang pandai bersosialisasi. Sebaiknya guru tetap berada dalam jangkauan anak sehingga manakala dibutuhkan guru siap memberikan pelayanan/perhatian kepada anak, guru memberikan ”reward” kepada anak yang sudah bisa belajar mandiri di kelas agar memotivasi anak lain untuk mendapatkan reward sehingga berusaha untuk tidak menangis lagi.

Dwi Astuti

Secara keseluruhan tayangan dalam video tersebut lebih banyak peragaan/ilustrasi yang dilakukan guru dan anak didik saja. Untuk dialog hanya sedikit yang dapat didengar selebihnya hanya peragaan/ilustrasi. Kegiatan yang diberikan guru dapat memperkenalkan anak didik baru kepada semua teman-temanya dengan cara kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama ketika didalam kelas seperti bermain bersama, membuat roti dan menutup dengan membuat kereta panjang. Semua itu dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak dan disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

2,308 Comments

  1. Misja Zubaidah
    858447295
    Pada video tersebut mengingatkan kita untuk mempersiapkan lingkungan sekolah dan diri kita sebagai pendidik sebelum masa orientasi siswa baru

  2. Nama: Diana
    Nim : 858305364
    Video GPO ini sangat baik untuk diterapkan di lembaga paud. Terdapat sangat banyak strategi – strategi pembelajaran dalam menangani anak didik baru. Memberikan ide-ide terhadap pendidik. Memberikan pengetahuan salah satunya langkah-langkah kerja sama antara pendidik dan orang tua agar anak dapat bersikap mandiri, orang tua dapat memotivasi anak sebelum berangkat ke sekolah, bahwa nanti bila sudah di sekolah mama tidak boleh masuk kedalam kelas.

  3. dari video diatas dapat memperlihatkan upaya guru dalam penanganan anak yang belum mandiri .Pada awal tahun ajaran guru dituntut untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin, dimana banyak anak yang mempunyai permasalahan seperti itu oleh karena itu upaya guru dalam menghadapi kondisi anak yang belum mandiri dengan cara bekerja sama dengan orang tua anak serta memberikan toleransi kepada orang tua anak untuk berada di dalam kelas selama orientasi, guru memberikan rasa aman dan nyaman kepada anak berada dekat dengan guru pada saat anak bersekolah, mengalihkan anak dengan berbagai kegiatan, memperkenalkan kepada teman-teman .mendekati anak secara perlahan tapi pasti .
    anak akan terbiasa tanpa adanya orang tua di dekatnya dan merasa nyaman dan aman berada di lingkungan sekolah bersama teman guru .

  4. Nama : Muhalimah
    NIM : 857990159
    UPBJJ : Purwokerto
    Pokjar : DR SUKIRMAN
    Judul : Anak Belum Mandiri

    Saya setuju dengan pembelajaran dalam video tersebut. Perkenalan dengan teman adalah hal penting, cara awal anak untuk belajar berinteraksi dan bersosialisasi dengan teman-temannya. Setiap anak memiliki kepribadian dan latar belakang yang berbeda satu dengan yang lainnya, itu berpengaruh dengan adaptasi anak saat tahun ajaran baru, orang tua dan guru memang harus tetap bekerja sama dalam membimbing dan memotivasi anak-anak, harus bersabar saaat menghadapi anak yang belum mandiri, guru memberikan pengarahan saat di sekolah, dan orang tua membantu memotivasi anak di rumah , supaya bisa mandiri dan bisa beradaptasi di lingkungan sekolah baru dan teman-teman yang baru, karena kelekatan anak kepada guru itu membutuhkan waktu yang lama dan berproses. Keadaan yang aman dan nyaman akan membuat anak cepat beradaptasi di tempat yang baru. Dan sebuah reward yang diberikan pada anak yang sudah mandiri juga dapat memotivasi anak-anak lain di dalam kelas tersebut. Menurut saya video tersebut bermanfaat untuk pembelajaran guru dan anak-anak TK, karena kemandirian itu penting dan harus dibiasakan sejak dini.

  5. Nama :Nur intan
    Nim :859428456
    Dalam video tersebut mengajarkan kita agar selalu mempersiapkan diri dan mental sebaik mungkin apalagi pada saat ajaran baru , dalam menghadapi anak yang belum mandiri karna anak belum terbiasa dengan lingkungan baru disekitarnya oleh karena itu guru harus mendekati anak secara perlahan mengambil hatinya …di video ini sudah mengajarkan kita cara menghadapi anak yang kurang mandiri dengan beberapa yg tips.

  6. Nama: Wayan manis
    Nim: 859031033
    Jurusan: S1 PGPAUD

    Untuk video pembelajarannya sudah sangat bagus, disana dijelaskan bahwasannya untuk siswa yang belum mandiri maka guru haruslah memahami karakter setiap siswanya, sehingga harus bisa memberikan rasa aman, nyaman dan mendapatkan kepercayaan siswa serta orangtuanya. Guru harus merencanakan pengelolaan kelas, melaksanakan pendekatan baik dengan siswa serta orangtua, melakukan kordinasi dengan orangtua dalam memberikan dukungan pada anaknya serta memotivasi siswa dan mengajak siswa bersosialisasi dengan siswa lainnya. Terima kasih🙏😇

  7. Assalamualaikum . wr.wb.
    NAMA : NOVIA ERNIMA
    NIM : 856269137.
    UPBJJ : PADANG.
    JUDUL VIDEO : ANAK BELUM MANDIRI.
    Setelah mengamati video “anak belum mandiri” menurut saya metode yang di gunakan guru sangat bagus di sini kelihatan guru sangat sabar kepada anak mem posisikan dirinya seperti orang tua di rumah tanpa membedakan anak satu denga anak yang lain, kelitana dari teknik pendekatan di lakukan guru kepada anak. sehingga anak merasa aman dan nyaman di sekolah. dan guru memberi kesempatan kepada berada di dalam kelas bagi anak tidak mau berpisah dengan tua tahap sehingga anak tidak merasa di paksa. dan teknik serta metode yang di gunakan dalam video ini sanat bagus di terap kan pada masa orien tasi anak di sekolah.
    Demikian lah pendapat dari saya .trimkasih

    Wassalamualaikum.wr.wm.

  8. Assalamualaikum.wr.wb.

    NAMA : NOVIA ERNIMA
    NIM : 856269137
    UPBJJ : PADANG
    JUDUL VIDEO : ANAK BELUM MANDIRI
    Dari video di atas dapat kita ambil pelajaran pada masa awal sekolah adalah suusana baru dan lingkungan baru bagi anak awal perpisahan bagi anak. dari video tersebut dapat kita lihat bagaiman orang tua menyerah kan anak kepada guru dan guru menerima anak dengan senang hati dan sabar menghadapi anak. karena pada masa orientasi ni masih ada anak yang tidak mau berpisah dengan orang dan belum bisa beradaptasi dengan teman – temannya.di sini teknik yang di gunakan guru sangat bagus di antaranya:
    – mengadakan pendekan tan kepada anak
    – memperkenalkan anak kepada teman barunya.
    – memberi tahapan untuk anak berpisah dengan orang tuanya sehingga anak tidak merasa canggung berpisah dengan orang tuanya.
    – mengajak beradaptasi dengan teman yang mudah beradaptasi dengan lingkuangan baru.
    Itu semua sangat di perlukan pada masa orientasi di PAUD.

    Dekian lah oendapat dari. trikasih
    Wassalamualaikum.wr.wb

  9. NAMA: SONETA EFA SARANGA’
    NIM: 859416562
    PRODI: PG PAUD
    Setelah mengamati video “Anak Belum Mandiri” Di sini sebagai seorang guru kita bisa belajar mengamati anak yang belum mandiri dan kita bisa belajar bagaimana mengatasi anak jika terjadi hal yang sama di tempat kita mengajar. Setelah mengamati video saya sangat setuju dengan trik yang digunakkan guru dalam video tersebut. Seperti melakukan pendekatan, kesabaran menghadapi anak, dan kerja sama dengan orang tua.

  10. Assallamualaikum wr wb.
    Nama : Novalia Risti
    NIM : 859954402
    PRODI : PGPAUD
    Setelah menagamati tayangan video tersebut kita lebih tambah pembelajaran bagaimana cara mengatasi anak belum mandiri terutama terhadap anak yang baru pertama masuk sekolah,dimana seorang guru harus memahami tahap demi tahap agar anak merasakan kenyamanan dan keamanan yang nantinya akan membuat mereka perlahan-lahan bisa mandiri.

    Demikian tanggapan dari saya,
    Terima kasih.
    Wassallamualaikum wr wb.

Leave a Reply