silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Ir. Melly Latifah, M.Si

Secara umum tayangan video ini masih belum menunjukkan keadaan aseli yang terjadi sehari-hari. Permasalahan yang diangkat sebenarnya cukup menarik dan merupakan permasalahan yang bisa ditemui oleh para guru. Namun solusi yang ditawarkan sepertinya terlalu sederhana dan sangat mudah dilakukan. Padahal dalam kenyataannya, anak usia dini memiliki berbagai reaksi dalam menunjukkan ketidaksetujuannya, seperti merebut kembali barang yang diambil tanpa mengucapkan sepatah katapun, melakukan kekerasan fisik pada anak yang perilakunya tidak disetujui dll . Perilaku tersebut (bereaksi tanpa mengucapkan kata2) itulah yang biasanya dihadapi para guru, sementara solusi yang ditayangkan seolah menghilangkan kesulitan tersebut.

Wing Hanyom Sari

Similar Posts

287 Comments

  1. Menurut saya video ini bagus,karena ada beberapa tips yang bisa menjadi tambahan pengetahuan kita sebagai guru PAUD tentang bagaimana mengatasi anak yang sulit mengungkapkan ketidaksetujuannya secara verbal,,agar perkembangan bahasa anak dapat berkembang dan anak mampu mengungkapkan apa yang ia rasakan dan tidak dengan menangis.

  2. Nama: Puput Wulan Dari
    Nim :859909059
    Upbjj : Bandar Lampung
    Pokjar: Way Tenong

    Dari video dengan judul “anak sulit mengungkapkan ketidaksetujuannya secara verbal” terdapat banyak sekali manfaat bagi saya sebagai seorang guru PAUD. Cara mengatasi anak yang sulit mengungkakan ketidaksetujuannya secara verbal yaitu:
    1. Guru harus cepat tanggap situasi
    2. Jika anak menangis bujuk untuk tidak menangis dan jika masih menangis peluk lah anak tersebut.
    3.tanya dengan suara lembut

  3. Video pembelajaran tersebut sangat bermanfaat sekali , membantu guru yang kebingungan cara menghadapi anak mengungkapkan ketidak setujuan nya secara verbal

  4. Judul video “anak sulit mengungkapkan ketidaksetujuannya secara verbal” ini sangat bermanfaat bagi guru agar tidak lagi bingung saat menghadapi anak yang seperti itu. Namun harusnya guru profesional sudah tahu bagaimana mengatasi hal tersebut.
    1. Guru harus cepat tanggap terhadap apa yang terjadi pada anak.
    2. Membujuk anak agar tidak menangis kembali namun jika belum berhasil peluklah anak tersebut sampai anak tersebut tenang dan mampu menyampaikan apa yang telah terjadi.
    3. Kemudian tanyalah anak tersebut dengan suara lembut kenapa ia menangis
    4. Jika penyebabnya karena perselisihan antar anak, maka damaikanlah anak tersebut.
    5. Kemudian anak harus bisa menyatakan apa yang ingin ia ungkapkan dengan kata-kata. Tidak dengan menangis. Dan katakan kepada anak tersebut jika menangis guru dan temannya tidak mengerti apa yang ingin ia ungkapkan.
    6. Katakan kepada anak agar dapat mengungkapkan sesuatu dengan kata-kata tidak dengan menangis.
    7. Dan katakan kepada nya jika terjadi lagi seperti itu dan temannya bandel maka suruh laporkan kepada guru.

  5. NAMA : WINDARTI
    NIM : 857783335
    PAKJAR : KARANGNYAR
    Salam semangat dalam mengerjakan tugas,saya ijin menangapi sesi ini tentang anak sulit mengungkapkan ketidak setujuannya secara verbal

    bila ada anak di sekolah tiba-tiba menangis tanpa sebab guru harus berusaha dan mempunya ide yang jitu sehinga anak mengerti pahan ada solusi dalam masalahnya.Langkah pertama guru harus membujuk anak untuk diam,seandainya belum berhasil peluk anak supaya anak nyaman lalu setelah anak diam anak beri nasehat bila ada teman nakal apa pengen sesuatu harus bilang sama bu guru tidak boleh menangis jadi bu guru tau apa yang kamu inginkan jadi jangan terus menangis.

    Saran untuk vidio pada guru pintar sudah bagus singkat dan jelas tidak bertele-tele
    Demikian terimakasih

  6. Menurut saya tindakan guru tsb bisa menjadi acuan untuk saya sbg seorang guru dalam menangani anak yg sedang berselisih di kelas. Teknik yg di pake guru sudah bagus untuk diterapkan pd anak yg hanya menangis saat tidak setuju barangnya diambil oleh teman nya. Dg menanyakan kenapa dia menangis, dan apa yang ingin dia katakan dg kata- kata yg lembut lalu membujuk nya untuk berhenti menangis serta mendamaikan anak yg berselisih. langkah-langkah tsb sangat bermanfaat untuk kami agar dapat meningkatkan perkembangan anak didik kami khususnya dalam aspek bahasa

  7. Struktur video sangat lengkap, mulai dari opening-isi-penutup. Selain itu, video pembelajaran ini juga semakin menarik karena adanya video ilustrasi atau contoh kasus masalah di dalamnya. Video juga sangat mengedukasi kami para guru PAUD tentang langkah-langkah yang harus ditempuh untuk membuat anak mengungkapkan ketidaksetujuannya secara verbal.

  8. nama : Munawaroh
    NIM : 858728664
    Prodi: PGPAUD
    Semester : V
    saya sangat setuju dengan tindakan yang dilakukan oleh bu guru dalam vidio tersebut. Anak pada usia TK/PAUD memang masih banyak yang sulit untuk mengungkapkan ketidak setujuannya dengan verbal. Melalui tindakan yang dilakukan oleh guru, dengan pelukan, dan dengan bahasa yang lembut, anak akan merasa nyaman, dan sedikit, demi sedikit ia akan mau bercerita tentang hal apa mengganggunya/ menceritakan suatu peristiwa yang ia alami. terimakasih atas vidio edukasi ini, sangat membantu kami dalam menangani anak2 yang minder atau malu untuk berbicara atau menggungkapkan kengininannya lewat bahasa verbal.

  9. nama : Munawaroh
    NIM : 85872864
    semester: V
    prodi : S1 PGPAUD

    Saya sangat setuju dengan tindakan yang dilakukan guru dalam menangani anak-anak yang kesulitan untuk mengungkapkan ketidaksetujuannya secara verbal. karena pada anak usia TK/PAUD masih memiliki sikap yang minder atau kurang percaya diri baik dalam hal verbal (ungkapan) maupun tidakan. dan dengan cara yang dilakukan oleh guru tadi, dengan pelukan dan kata-kata yang lembut yang diberikan guru maka, anak akan merasa nyaman dan lama-kelamaan mau mengungkapkan ketidaksetujuannya secara verbal. terimakasih atas vidio edukasi yang telah ditayangkan. sangat membantu kami dalam menangi anak-anak yang malu atau minder (tidak percaya diri)

  10. Nama : Meyta Adelia Putri
    Nim : 858727426
    Pokjar : Putra Bangsa JOMBANG
    Semester : 5
    Matkul : Metode pengembangan bahasa

    Vidio yang sangat bermanfaat Setelah saya melihat dan menyimak vidio ini saya mendapat ilmu baru karna seringkali kita jumpai anak yang sulit mengungkapkan ketidaksetujuannya secara verbal.Ia terkadang mengungkapkannya dengan menngis maka ada beberapa cara yang dapat guru lakukan di antaranya
    1.guru harus cepat tanggap segera hampiri anak yang menangis dan membujuk anak jika anak masih menangis guru bisa memeluknya dan menenangkan .
    2.Selanjutnya beritahu anak agar mengatakan apa yang ingin anak ungkapkan dengan kata-kata tidak dengan cara menangis.

Leave a Reply