silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sedang menangani anak yang tidak percaya diri atas hasil belajarnya. Tampak bahwa guru itu berupaya mendekati anak. Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.

Dwi Astuti

Dalam tayangan tersebut, kegiatan belajar mengajar dalam sebuah kelas sudah terlihat jelas. Strategi, pendekatan dan metode pembelajaran sudah bagus, guru aktif memberi motivasi dan stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak dalam melakukan sesuatu. Media yang dipergunakan sebaiknya lebih diperkaya. Dan di akhir pembelajaran, evaluasi perlu ditambahkan untuk lebih menumbuhkan rasa percaya diri anak anak, dengan memberikan kesempatan anak bercerita tentang hasil karya yang dibuatnya sendiri.

Harimurti

Similar Posts

1,639 Comments

  1. NAMA : MABESUTA
    NIM : 859166815
    PRODI : S1 PGPAUD

    Video diatas memaparkan berbagai metode untuk mengatasi anak yang kurang parcaya diri dengan hasil karyanya,anak yang kurang percaya diri dalam pengerjakan tugas,anak yang akan mengerjakan terlihat ragu- ragu dalam memggoreskan pewarna mereka pada selembar kertas dengan takut akan salah. Disini terlihat guru memberikan motivasi dengan memberikan pertanyaan kepada sang anak, memberikan contoh mengajak bicara agar anak merasa rileks dan mengajak anak menggambar bersama agar anak tidak ragu lagi dalam mengerjakan. diskusi dengan anak dan memberikan contoh dan mengajak anak menggambar bersama merupakan cara yang tepat agar anak mau meniru dan mengerjakan tugas yang dihadapinya. Dengan memberikan hal demikian anak akan merasa nyaman, tenang dan kepercayaan diri anak akan kemampuan mereka akan muncul tidak lupa guru juga harus mengapresiasi hasil karya anak apapun hasil akhirnya.

  2. Kurang percaya diri pada anak akan menimbulkan rasa keragu-raguan yang menyebabkan hasil bermain dan belajar anak kurang maksimal. Untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya, anak perlu beberapa stimulasi untuk menumbuhkan rasa percaya dan keberanian pada dirinya sendiri. pendekatan personal yang guru lakukan, pemilihan kegiatan bermain, serta pemberian apresiasi berupa pujian kepada anak untuk hasil karyanya akan membantu anak semakin berani dan percaya diri. Terima kasih

  3. NAMA : MARIA YOVITA AEK
    NIM : 824740605
    PRODI: SI-PGPAUD
    UPBJJ:KUPANG.
    Rasa percaya diri harus ditanamkan kepada anak sejak dini dengan memberi motivasi dan pujian untuk setiap hasil kerja anak agar membuat anak semakin berani dan percaya diri dalam melakukan sebuah kegiatan.
    Dalam video di atas dimana guru sedang memberi motivasi kepada anak,memberi kebebasan kepada anak untuk berekplorasi sendiri dan guru memberi pujian dan motivasi agar anak tetap percaya diri dan bersemangat dalam melakukan setiap kegiatan.
    Terimakasih.

  4. Nama : Nazila lailatul qodri
    Nim : 859164718
    Prodi : PGPAUD
    Anak yang tidak percaya diri biasanya cenderung tidak kreatif.
    Ada beberapa teknik yang dapat dilakukan oleh guru atau pendidik anak usia dini untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kreatif anak seperti yang dikatakan di dalam video tersebut. Dengan memberikan saran yang digambar meski tidak sesuai dengan tema, memotivasi kreativitas anak, dan mengeksplorasi potensi anak sehingga anak akan percaya diri atas hasil belajar yang dikerjakannya.

  5. Nama: Nazila lailatul qodri
    Nim: 859164718
    Prodi: PGPAUD
    Anak yang tidak percaya diri biasanya cenderung tidak kreatif. Ada beberapa teknik yang dapat dilakukan oleh guru atau pendidik anak usia dini untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kreatif anak seperti yang dikatakan di dalam video tersebut. Seperti memberikan saran yang digambar meski tidak sesuai dengan tema, memotivasi kreativitas anak, dan mengeksplorasi potensi anak. Sehingga anak tersebut bisa percaya diri atas hasil belajar yang dikerjakannya.

  6. Asalamualaikum, wr, wb
    Nama:silvi khoiriah
    Nim:857237767

    Dalam video di atas, ada beberapa anak yang tidak percaya diri atas hasil belajar yang di kerjakannya, akan tetapi guru dalam video tersebut menangani, nya dengan baik, bahwa guru itu berupaya mendekati anak didiknya,Guru memberikan penguatan dengan cara memotivasi anak, menanyakan kepada anak jika masih ragu-ragu atau tak mengerti atas tugasnya, memberikan motivasi pada kreativitas anak dengan cara meminta anak untuk melakukan pilihan aktivitas lain yang dapat dilakukan, memberikan saran untuk menggambar sesuatu yang disukai anak yang masih berhubungan dengan tema awal dan mengeksplorasi hal lain yang bisa dibuat terkait dengan tema menggambar yang sedang ditugaskan kepada anak.sehingga anak tersebut bisa percaya diri dengan hasil belajar yang di kerjakannya..
    Terimakasih.
    Wasalamu’alaikum, wr, wb.

  7. Semangat dan sehat selalu teman-teman dan tutor

    Izin menanggapi
    Sebagai guru Paud tentu pernah mendapatkan anak didiknya yang tidak percaya diri, pada video diatas adanya program yang menggambarkan seorang guru Taman Kanak-kanak yang sangat peduli terhadap perkembangan anak-anak yang dia ajar. Dengan kecermatan dan kelembutan, guru tersebut berusaha membangun rasa percaya diri anak yang sedang mengalami kesulitan dalam belajarnya.

  8. Nama : Nita khaerun Najah
    Nim : 859153715

    Berdasarkan video yang saya tonton tentang Anak Tidak Percaya Diri atas hasil belajar yang dikerjakannya, guru telah memberikan teknik yang dapat digunakan untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kreativitas anak, antara lain:

    Guru melakukan pendekatan kepada anak dan selalu mendampingi anak dalam mengerjakan tugas.
    Guru memberikan motivasi kreativitas pada anak dan mencoba mengeksplorasi potensi anak.
    Guru kreatif dalam memilih suasana belajar supaya anak-anak tidak bosan.
    Guru memberikan apresiasi terhadap anak yang menyelesaikan tugas sehingga anak merasa bangga dengan hasil karyanya.

  9. Nama : Indah Putri Ashary
    Npm : 858755543

    assalamualaikum wr.wb
    saya ingin menanggapi dalam video di atas tersebut
    Adanya anak kurang percaya diri atas hasil kerjanya guru harus lebih banyak mengapresiasi dan memberikan reward yang sesuai, guru harus memberikan kepercayaan diri bagi anak, memberikan afirmasi positif terhadap saran yang membangun untuk anak menggambar sesuai tema yang diarahkan, memberikan kepercayaan terhadap anak untuk memberikan kebebasan dalam anak melakukan kegiatan- kegiatan lain sehingga tidak terlalu menegur atau memarahi ketika anak melakukan sedikit kesalahan.

    wassalamu’alaikum wr.wb

  10. NAMA : SITI NURJANAH
    NIM : 858533547
    PRODI : S1 PGPAUD
    JUDUL VIDEO : ANAK TIDAK PERCAYA DIRI

    Dari video diatas menjelaskan metode untuk mengatasi anak yang kurang parcaya diri dengan hasil karyanya,anak yang kurang percaya diri dalam pengerjakan tugas,anak yang akan mengerjakan terlihat ragu- ragu dalam mewarnai karena takut akan salah. Disini terlihat guru memberikan motivasi dengan memberikan pertanyaan kepada sang anak, memberikan contoh mengajak bicara agar anak merasa rileks dan mengajak anak menggambar bersama agar anak tidak ragu lagi dalam mengerjakan. diskusi dengan anak dan memberikan contoh dan mengajak anak menggambar bersama merupakan cara yang tepat agar anak mau meniru dan mengerjakan tugas yang dihadapinya. Dengan memberikan hal demikian anak akan merasa nyaman, tenang dan kepercayaan diri anak akan kemampuan mereka akan muncul tidak lupa guru juga harus mengapresiasi hasil karya anak apapun hasil akhirnya.
    Terimaksih

Leave a Reply