Similar Posts
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Mengenal Tanda Dinamika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan…
Menyimpulkan Isi Cerita Anak
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Inovasi Pembelajaran Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Membelajarkan konsep waktu pada siswa kelas rendah tidak terlepas dari tahap perkembangan kognitif siswa yang menurut Bruner berada pada tahap ikonik. Pada tahap ini, pengetahuan siswa dapat dibangun melalui serangkaian gambar-gambar yang merepresentasikan suatu konsep. Video ini berisi tayangan bagaimana seorang guru membangun pengetahuan siswa…
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Nama :Hilyatun nisak
NIM :855736126
POKJAR :Kotaagung
Menurut pendapat saya setelah melihat video pembelajaran tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan serta solusi dari saya yaitu
kelebihannya :
adanya Kegiatan tanya jawab yang dilakukan oleh guru ke siswa kegiatan ini juga diperlukan supaya kita mengetahui apakah siswa tersebut sedang fokus ke materi pelajaran atau justru sebaliknya.
kekurangan:
-Kurangnya isi pada kegiatan pendahuluan dari guru
-guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran
– guru hanya meminta kepada siswa untuk mencari materi pelajaran tanpa adanya penjelasan.
-kurangnya penjelasan guru terkait isi materi pembelajaran titik media yang diberikan oleh guru terlihat kurang memadai dan kurang jelas.
-Contoh materi yang diberikan untuk siswa terlalu berat untuk dipahami oleh siswa.
Solusi yaitu :
Sebaiknya kegiatan pendahuluan bisa kita isi dengan salam, bertanya kabar ,berdoa dan menanyakan kesiapan siswa untuk belajar.
Nama : Serviam Gita Cahyani
NIM : 858685558
Pokjar : Putra Bangsa Jombang
Menurut pendapat saya tentang vidio di atas adalah :
Kelebihan :
Terdapat kegiatan tanya jawab dimana guru dapat mengukur seberapa fokus siswa saat guru tersebut menjelaskan
kekurangan :
1. Tidak ada kegiatan awal pembelajaran seperti salam, menyapa siswa dan berdoa
2. Kurang menarik, karena tidak ada media pendukung bagi guru tersebut saat bercerita
3. Kurangnya penjelasan guru terkait isi materi pembelajaran titik media yang diberikan oleh guru terlihat kurang memadai dan kurang jelas.
Solusi :
Guru bisa memulai kegiatan belajar dengan salam, berdoa dan bertanya kabar. Guru juga bisa bercerita dengan lebih ekspresif agar siswa mampu mengimajinasikan cerita yang disampaikan
Nama : Rani Anggita
Nim : 856022312
Pokjar :Asahan
Menanggapi video tersebut, bercerita adalah hal yang tidak bisa dilakukan semua orang, karena bagi pribadi introvert hal tersebut cukup sulit. Untuk mengembangkannya perli ditingkatkan kemampuan menulis cerita terlebih dahulu supaya yang ada dalam otak dan hati akan tersampaikan lewat tulisan. Pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi sangat penting karena mengarkan teknik yang tepat untuk menulis dan mengembangkan cerita. Secara materi, teknik yang ada dalam video tersebut cukup lengkap. Namun secara praktek untuk membuat cerita, saya rasa ada beberapa teknik lain yang bisa dicoba. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada saat guru tersebut melakukan pembelajaran.
Kelebihan
Guru mampu memberi contoh bercerita pengalaman pribadi
Tugas bercerita pengalaman pribadi lebih mudah daripada mengarang bebas, untuk pengenalan dan minat bercerita, cara ini bagus dan daya sependapat
Meminta siswa bercerita di depan kelas
Ada reward bagi karya paling bagus
Kelemahan
Menurut saya lebih baik dilakukan doa secara singkat, sebelum dan sesudah belajar. Selanjutnya bisa bercakap-cakap sebentar, termasuk menanyakan kabar agar guru lebih dekat secara emosional
Guru menyampaikan cara bercerita yang kurang ekspresif, saat sedih akan lebih baik jika ekspresi guru juga sedih
Tidak ada media pembelajaran yang dapat lebih membuat menarik minat anak-anak
Metode menulis cerita secara berkelompok/membuat kelompok menurut saya akan sulit bagi anak introvert, sehingga lebih baik jika duduk sesuai biasanya
Nama : Rani Anggita
Nim : 856022312
Pokjar : Asahan
Menanggapi video tersebut, bercerita adalah hal yang tidak bisa dilakukan semua orang, karena bagi pribadi introvert hal tersebut cukup sulit. Untuk mengembangkannya perli ditingkatkan kemampuan menulis cerita terlebih dahulu supaya yang ada dalam otak dan hati akan tersampaikan lewat tulisan. Pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi sangat penting karena mengarkan teknik yang tepat untuk menulis dan mengembangkan cerita. Secara materi, teknik yang ada dalam video tersebut cukup lengkap. Namun secara praktek untuk membuat cerita, saya rasa ada beberapa teknik lain yang bisa dicoba. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada saat guru tersebut melakukan pembelajaran.
Kelebihan
Guru mampu memberi contoh bercerita pengalaman pribadi
Tugas bercerita pengalaman pribadi lebih mudah daripada mengarang bebas, untuk pengenalan dan minat bercerita, cara ini bagus dan daya sependapat
Meminta siswa bercerita di depan kelas
Ada reward bagi karya paling bagus
Kelemahan
Menurut saya lebih baik dilakukan doa secara singkat, sebelum dan sesudah belajar. Selanjutnya bisa bercakap-cakap sebentar, termasuk menanyakan kabar agar guru lebih dekat secara emosional
Guru menyampaikan cara bercerita yang kurang ekspresif, saat sedih akan lebih baik jika ekspresi guru juga sedih
Tidak ada media pembelajaran yang dapat lebih membuat menarik minat anak-anak
Metode menulis cerita secara berkelompok/membuat kelompok menurut saya akan sulit bagi anak introvert, sehingga lebih baik jika duduk sesuai biasanya