silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.

Sukiniarti

Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian  menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.

Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa  terlebih dahulu tentang bagaimana sifat  komutatif, distributif dan asosiatif.

Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan  memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk  memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.

Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah  dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.

Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013

Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.

Dalam  video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung  telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar  namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.

Didi Permana

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.

Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.

Fitria Handayani

Similar Posts

294 Comments

  1. Nama : nadila damayanti
    Nim : 856573126

    setelah mencermati vidio tersebut dapat saya simpulkan bahwa. Dengan adanya metode yang di terapkan dalam pembelajaran yang dilakukan dapat membuat siswa aktif dan siswa juga dengan mudah memahami materi yang kita sampaikan, oleh karena itu kita sebagai guru sebaiknya menerapkan metode yang baik sesuai dengan materi yang ita ajarkan kepada siswa dengan metode yang asyik dan baik.

  2. Nama : Delima Togatorop
    Nim : 855856227
    UPPJJ : Medan
    Pokjar : Toba
    Menurut saya dalam sebelum memulai pembelajaran ada baik nya siswa itu melakukan ice breking agar seorang anak itu fokus dan semangat . Kemudian dalam materi matematika lebih baik seorang guru harus menampilkan vidio pembelajaran yang ada di youtube ini memudahkan siswa memahami lebih cepat dan fokus terhadap materi kita . Tidak menutup kemungkinan jika seorang guru memberikan vidio pembelajaran dari youtube maka anak itu makin tertarik belajar karna sumber belajarnya tidak hanya dari guru yang ada di dalam kelasnya saja tetapi bisa dari media lain . Jadi guru yang didalam kelas itu tugas nya sudah berkurang bebannya dan tugas nya hanya menambah – nambahin yang belum dipahami siswa dan meningkatkan semangat siswa . Jika seperti caranya tadi menurut saya anak itu akan mengantuk dan tidak ada yang dapat dia terima dengan baik dari sekolah dan guru tersebut juga akan kesusahan dalam mengajarinya dengan materi yang lain lagi.

    begitulah yang bisa saya sampaikan jika ada tuturr kata yang salah saya minta maaf terima kasih

  3. adanya timbal balik dalam proses pembelajaran, serta adanya pancingan supaya anak mengikuti pembelajaran dengan aktif dan semangat. Kelemahan guru tersebut yaitu terlalu singkat dalam menjelaskan materi. Tidak Ada hal unik yang saya temukan dalam video pembelajaran tersebut. Upaya yang perlu dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran tersebut yaitu guru hendaknya menjelaskan materi dengan sejelas-jelasnya dan memastikan apakah siswa sudah memahami semua apa yang guru sampaikan. Setelah semua jelas baru lah guru memberikan soal kepada siswa untuk mengerjakan dan sebagai uji coba apakah benar semua siswa sudah paham.

  4. Nama : Siti amiroh.hm
    Nim : 857907573
    Pokjar : Sidomulyo
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Eksak :
    Setelah melihat tayangan video tersebut “Memahami Sifat Operasi Hitung” , menurut pendapat saya materi yang telah disampaikan guru tersebut menggunakan metode konvensional atau ceramah, sehingga anak hanya cenderung diam saja memperhatikan guru tersebut berbicara dan hanya menirukan apa yang guru itu ulangi tanpa ada inisiatif sendiri, serta kurang interaktif.
    Saran saya sebaiknya guru dapat memberikan kesempatan untuk siswa berdiskusi dengan teman dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan diberikan. Sehingga anak dapat berpikir kritis. Tanpa harus dibimbing secara terus menerus.
    Kelebihannya adalah guru sudah menguasai materi yang disampaikan.
    Sebaiknya

  5. Nama : FAULINA
    Nim : 859688595
    Kelas : 8A
    Pakjor : Kota Agung Tanggamus
    UPBJJ : 20/ Bandara Lampung
    adanya timbal balik dalam proses pembelajaran, serta adanya pancingan supaya anak mengikuti pembelajaran dengan aktif dan semangat. Kelemahan guru tersebut yaitu terlalu singkat dalam menjelaskan materi. Tidak Ada hal unik yang saya temukan dalam video pembelajaran tersebut. Upaya yang perlu dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran tersebut yaitu guru hendaknya menjelaskan materi dengan sejelas-jelasnya dan memastikan apakah siswa sudah memahami semua apa yang guru sampaikan. Setelah semua jelas baru lah guru memberikan soal kepada siswa untuk mengerjakan dan sebagai uji coba apakah benar semua siswa sudah paham.

  6. Nama : Tri Wahyuni
    Nim: 857006342
    Pokja: Sidomulyo
    UPBJJ: BANDARA LAMPUNG 1.Bagaimana reaksi siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan guru
    Jawaban: di awal pembelajaran reaksi anak siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan adalah kebingungan dan kesulitan untuk memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru
    2. Apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
    Jawaban: guru belum menguasai apa resepsi dalam membuka satu pelajaran secara baik dan benar
    3. Apa kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
    Jawaban: guru dapat melakukan tanya jawab
    4. apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran
    Jawaban: terdapat jawaban yang lucu dari siswa
    5. Upaya apa yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
    Jawaban: guru harus lebih baik dalam membuka pembelajaran sesuai dengan materi yang dipelajari dan menggunakan alat peraga

  7. Nama : faulina
    Nim : 859688595
    Kelas : 8A
    Pakjor : kota agung Tanggamus
    UPBJJ : Bandar Lampung

    menumbuhkan rasa percaya diri siswa untuk menyalurkan pengetahuan yang di ketahuinya. Tetapi selain kelebihan menurut saya ada juga kekurangannya yaitu, guru terlalu singkat dalam menjelaskan materi yang di ajarkannya dan guru juga tidak menanyakan kepada siswanya apakah mereka sudah mengerti atau belum dengan materi yang telah disampaikan oleh guru tersebut. Jadi dengan begitu, kita tidak dapat mengetahui apakah siswa tersebut sudah memahami atau belum memahami materi yang telah disampaikan.

  8. Nama : Nia Indriani Tamba
    Pokjar : TOBASA
    UPBJJ : Medan
    EKSAKTA
    1. Reaksi siswa terhadap pembelajaran yang telah diberikan oleh guru yaitu mereka sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran serta aktif dalam menjawab pertanyaan pertanyaan yang diberikan guru;
    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru tersebut tidak memberi penjelasan secara rinci terlebih dahulu kepada murid mengenai pembelajaran yg akan dipelajari tetapi langsung memberi pertanyaan dan contoh dan juga guru tersebut tdk memberikan kegiatan evaluasi terhadap peserta didik
    3. Kelebihan guru tersebut dalam melakukan pembelajaran yaitu mengajak semua siswa untuk ikut berperan aktif dalam pembelajaran jadi pembelajaran yang dilaksanakan bersifat dua arah atau ada hubungan timbal balik antara guru dan siswa
    4. hal unik yang saya temukan
    • Guru terlalu singkat memberikan penjelasan mengenai pembelajaran terhadap murid
    • Guru terlalu fokus terhadap media Ajar yang dipegang oleh guru tersebut Jadi terlihat jika guru tersebut masih kurang mempersiapkan bahan ajar dalam mengajar
    • Cara guru dalam menarik perhatian murid sudah bagus yaitu dengan cara memberikan beberapa pertanyaan-pertanyaan mengenai pembelajaran kepada siswa
    5. Upaya yang dapat saya lakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya yaitu:
    • Di awal video guru memberitahu terlebih dahulu tujuan pembelajaran lalu guru sebaiknya menjelaskan lebih rinci mengenai pembelajaran yang dimulai hari itu seperti sifat-sifat operasi hitung serta, guru harusnya sudah mempersiapkan dan memahami terlebih dahulu topik pembelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik sehingga pada saat guru mengajar guru tidak terfokus lagi terhadap bahan ajar yang dipegangnya.

  9. Nama : Nia Indriani Tamba
    Pokjar : TOBASA
    UPBJJ : Medan
    EKSAKTA

    1. Reaksi siswa terhadap pembelajaran yang telah diberikan oleh guru yaitu mereka sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran serta aktif dalam menjawab pertanyaan pertanyaan yang diberikan guru;
    2. Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran yaitu guru tersebut tidak memberi penjelasan secara rinci terlebih dahulu kepada murid mengenai pembelajaran yg akan dipelajari tetapi langsung memberi pertanyaan dan contoh dan juga guru tersebut tdk memberikan kegiatan evaluasi terhadap peserta didik
    3. Kelebihan guru tersebut dalam melakukan pembelajaran yaitu mengajak semua siswa untuk ikut berperan aktif dalam pembelajaran jadi pembelajaran yang dilaksanakan bersifat dua arah atau ada hubungan timbal balik antara guru dan siswa
    4. hal unik yang saya temukan
    • Guru terlalu singkat memberikan penjelasan mengenai pembelajaran terhadap murid
    • Guru terlalu fokus terhadap media Ajar yang dipegang oleh guru tersebut Jadi terlihat jika guru tersebut masih kurang mempersiapkan bahan ajar dalam mengajar
    • Cara guru dalam menarik perhatian murid sudah bagus yaitu dengan cara memberikan beberapa pertanyaan-pertanyaan mengenai pembelajaran kepada siswa
    5. Upaya yang dapat saya lakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berikutnya yaitu:
    • Di awal video guru memberitahu terlebih dahulu tujuan pembelajaran lalu guru sebaiknya menjelaskan lebih rinci mengenai pembelajaran yang dimulai hari itu seperti sifat-sifat operasi hitung serta, guru harusnya sudah mempersiapkan dan memahami terlebih dahulu topik pembelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik sehingga pada saat guru mengajar guru tidak terfokus lagi terhadap bahan ajar yang dipegangnya.

  10. dalam video pembelajaran tersebut guru telah menguasai materi memahami sifat pada operasi hitung, dan guru jugu sudah menguasai kelas dengan mengajak siswa berperan aktif pada saat pembelajaran. namun pada video tersebut guru kurang memperhatikan ke kondusif an dalam kelas. terima kasih

Leave a Reply