silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.

Sukiniarti

Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian  menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.

Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa  terlebih dahulu tentang bagaimana sifat  komutatif, distributif dan asosiatif.

Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan  memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk  memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.

Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah  dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.

Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013

Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.

Dalam  video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung  telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar  namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.

Didi Permana

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.

Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.

Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.

Fitria Handayani

Similar Posts

305 Comments

  1. Nama : Nabila Dinda Syafika
    Nim : 856052497
    Pokjar : Tebing Tinggi

    Dari yang saya lihat melalui video tersebut ialah guru sudah sangat memahami materi yang ingin diajarkan kepada siswanya. Selain, itu dalam proses mengajar guru juga sudah melibatkan keaktifan siswa untuk mengerjakan soal yang diberikan oleh guru tersebut di papan tulis sehingga dengan begitu guru juga dapat membangkitkan dan menumbuhkan rasa percaya diri siswa untuk menyalurkan pengetahuan yang di ketahuinya. Tetapi selain kelebihan menurut saya ada juga kekurangannya yaitu, guru terlalu singkat dalam menjelaskan materi yang di ajarkannya dan guru juga tidak menanyakan kepada siswanya apakah mereka sudah mengerti atau belum dengan materi yang telah disampaikan oleh guru tersebut. Jadi dengan begitu, kita tidak dapat mengetahui apakah siswa tersebut sudah memahami atau belum memahami materi yang telah disampaikan. Upaya yang perlu dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran tersebut yaitu guru hendaknya menjelaskan materi dengan sejelas-jelasnya dan memastikan apakah siswa sudah memahami semua apa yang guru sampaikan. Setelah semua jelas baru lah guru memberikan soal kepada siswa untuk mengerjakan dan sebagai uji coba apakah benar semua siswa sudah paham.

  2. Nama: GERARY YULDA ARDHANI KARYO
    Nim: 858571174
    Semester : 6
    Pokjar: Al-Huda Kab. Kediri
    UPBJJ: UT Malang

    Ijinkan saya mereview video diatas yang berjudul “Memahami Sifat pada Operasi Hitung”. Anak didik mampu untuk berinteraksi dengan apa yang ibu guru sajikan,mereka tidak takut untuk menjawab soal yang diberikan. Kelebihannya ialah ibu guru sangat memahami materi apa yang akan disajikan ke anak didik dan juga memberikan tugas untuk terus melatih materi yang barusaja di pelajari. Kelemahan dari video ini menurut saya dikarenakan menggunakan metode ceramah di depan kelas menjadikan kurang ada pendekatan guru ke masing-masing anak didik untuk sekedar mengecek apakah anak didik sudah paham atau belum akan materi yang disajikan. Solusi yang bisa saya berikan ialah pemiliham metode pembelajaran yang lebih berinteraksi dengan anak didik, dan bisa dengan menambah beberapa alat bantu mengajar biar tidak melulu anak didik menghadap ke papan tulis. Berikan juga waktu kepada anak didik mendiskusikan materi dengan rekan-rekannya satu kelas guna berbagi pikiran satu sama lain antar anak didik dan bisa membantu adanya ikatan antar anak didik.
    Terimakasih

  3. Nama : Bintang Abrianto Sihombing
    NIM : 855863666
    UPBJJ : UT MEDAN
    Pokjar : HUMBAHAS

    Analisis saya dari video di atas, ada kelebihan dan kekurangannya.
    Menurut saya kelebihannya yaitu guru sudah menguasai materi sifat operasi hitung matematika di kelas 4 seperti sifat komutatif, distributif, dan asosiatif serta menjelaskannya dengan menulis dipapan tulis. Dan guru juga tak lupa melibatkan murid berpartisipasi mengerjakan soal ke depan.

    Dan menurut saya kekurangannya yaitu guru terlalu cepat dalam memberikan penjelasan materinya dan guru juga tidak membuat alat peraga seperti kelereng, lidi, atau alat lainnya yang mudah dijadikan alat peraga.

  4. Hasil analisis saya, pembelajaran yang di lakukan oleh Guru tersebut , cara menyampaikan sudah tepat. Guru menjelaskan apa saja sifat-sifat pada operasi hitung , serta bagaimana cara mengerjakan nya. Guru juga memberikan contoh-contoh untuk mudah dipahami oleh siswa. Kemudian, Guru juga mengajak siswa ke depan untuk mencoba menyelesaikan yang berhubungan dengan sifat pada operasi hitung. Namun, ada sedikit kekurangannya, contoh yang diberikan sebaiknya lebih 2 atau 3, agar siswa lebih mampu memahami lagi. Dari hasil video yang saya tonton, beberapa siswa hanya memperhatikan saja, dan diam saja, tidak ikut berpatisipasi atau tidak aktif. Terimakasih.

  5. Nama : Serlin Verdyanti Waruwu
    Nim : 856041462
    Pokjar : SALUT
    Hasil analisis saya, pembelajaran yang di lakukan oleh Guru tersebut , cara menyampaikan sudah tepat. Guru menjelaskan apa saja sifat-sifat pada operasi hitung , serta bagaimana cara mengerjakan nya. Guru juga memberikan contoh-contoh untuk mudah dipahami oleh siswa. Kemudian, Guru juga mengajak siswa ke depan untuk mencoba menyelesaikan yang berhubungan dengan sifat pada operasi hitung. Namun, ada sedikit kekurangannya, contoh yang diberikan sebaiknya lebih 2 atau 3, agar siswa lebih mampu memahami lagi. Dari hasil video yang saya tonton, beberapa siswa hanya memperhatikan saja, dan diam saja, tidak ikut berpatisipasi atau tidak aktif. Terimakasih.

  6. Nama : Nur toibah
    Nim : 856038195
    pokjar: Labuhanbatu selatan

    Tanggapan saya setelah menyimak vidio pembelajaran yang dilakukan guru reaksi siswa pada saat pembelajaran cukup baik. guru menjelaskan apa saja sifat-sifat pada operasi hitung juga memberi contoh dan menjelaskan bagaimana cara pengerjaannya. siswa pun aktif dalam sesi tanya jawab meskipun guru hanya menggunakan metode ceramah tetapi beberapa siswa terlihat aktif untuk maju ke depan menyelesaikan soal tentang operasi hitung menggunakan sifat-sifat yang berbeda.

  7. NAMA : Dimas Surya Aji Pangestu
    NIM : 858926392
    UPBJJ : Jember
    Pokjar : Purwoharjo

    Menurut pendapat saya mengenai video pembelajaran tersebut. Guru sangat bagus dalam memberikan pembelajaran mengenai materi sifat-sifat operasi hitung. Akan tetapi guru masih lalai dengan adanya kegiatan awal dalam pembelajaran, hal ini yang menimbulkan kelemahan/kekurangan pada kegiatan pembelajaran yang terdapat pada video tersebut. Kegiatan awal pembelajaran yang saya maksud seperti, pada saat pembelajaran akan dimulai hendaknya guru mengucapkan salam dan mengajak siswanya untuk bedoa terlebih dahulu, mengecek kehadiran siswa serta menanyakan kabar/kondisi siswa pada saat itu. Namun meskipun begitu, pada video pembelajaran tersebut terlihat sekali kelebihan yang ditonjolkan oleh guru yang sedang mengajar seperti, suasana kelas berlangsung kondusif, guru menguasai materi yang diajarkan, peserta didik dapat berpartisipasi dalam pembelajaran. Dan juga pada video pembelajaran tersebut terdapat hal unik yaitu, guru memberikan beberapa pertanyaan di papan tulis dan mempersilahkan peserta didik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, hal ini dapat memberikan dorongan bagi peserta didik untuk lebih semangat memperhatikan penjelasan guru. Solusi yang bisa saya berikan untuk memperbaiki pembelajaran guru tersebut adalah, guru sebaiknya menyiapkan terlebih dahulu kegiatan awal pembelajaran seperti, mengucapkan salam, mengajak siswa berdoa, mengecek kehadiran kelas, dan menanyakan terlebih dahulu keadaan/kondisi siswa sebelum memulai pembelajaran.

  8. NAMA : Dimas Surya Aji Pangestu
    NIM : 858926392
    UPBJJ : Jember
    Pokjar : Purwoharjo

    Menurut pendapat saya mengenai video pembelajaran tersebut. Guru sangat bagus dalam memberikan pembelajaran mengenai materi sifat-sifat operasi hitung. Akan tetapi guru masih lalai dengan adanya kegiatan awal dalam pembelajaran, hal ini yang menimbulkan kelemahan/kekurangan pada kegiatan pembelajaran yang terdapat pada video tersebut. Kegiatan awal pembelajaran yang saya maksud seperti, pada saat pembelajaran akan dimulai hendaknya guru mengucapkan salam dan mengajak siswanya untuk bedoa terlebih dahulu, mengecek kehadiran siswa serta menanyakan kabar/kondisi siswa pada saat itu. Namun meskipun begitu, pada video pembelajaran tersebut terlihat sekali kelebihan yang ditonjolkan oleh guru yang sedang mengajar seperti, suasana kelas berlangsung kondusif, guru menguasai materi yang diajarkan, peserta didik dapat berpartisipasi dalam pembelajaran. Dan juga pada video pembelajaran tersebut terdapat hal unik yaitu, guru memberikan beberapa pertanyaan di papan tulis dan mempersilahkan peserta didik untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, hal ini dapat memberikan dorongan bagi peserta didik untuk lebih semangat memperhatikan penjelasan guru. Solusi yang bisa saya berikan untuk memperbaiki pembelajaran guru tersebut adalah, guru sebaiknya menyiapkan terlebih dahulu kegiatan awal pembelajaran seperti, mengucapkan salam, mengajak siswa berdoa, mengecek kehadiran kelas, dan menanyakan terlebih dahulu keadaan/kondisi siswa sebelum memulai pembelajaran.

  9. Nama : RADHA RANI
    NIM : 855752937
    Semester : 6
    Pokjar : BANJAR AGUNG
    UPBJJ : UT BANDAR LAMPUNG

    Hasil analisis saya, siswa mungkin akan memiliki berbagai reaksi terhadap kegiatan pembelajaran Memahami Sifat Pada Operasi Hitung yang dilakukan guru. Beberapa reaksi yang mungkin terjadi termasuk:
    – Minat dan Keterlibatan: Siswa yang tertarik dan terlibat akan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Mereka mungkin menunjukkan minat yang tinggi dalam memahami sifat-sifat operasi hitung dan berpartisipasi aktif dalam diskusi dan latihan.
    – Kebingungan: Siswa yang kesulitan memahami konsep-konsep yang diajarkan mungkin merasa frustrasi atau kebingungan. Mereka mungkin memerlukan bantuan tambahan atau penjelasan lebih lanjut dari guru.
    – Ketertarikan yang Beragam: Reaksi siswa juga dapat bervariasi tergantung pada preferensi dan gaya belajar individu. Beberapa siswa mungkin lebih suka pendekatan praktis, sementara yang lain mungkin lebih nyaman dengan pendekatan teoritis atau visual.

    Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran Memahami Sifat Pada Operasi Hitung mungkin meliputi:
    – Kurangnya Klaritas Penjelasan: Guru mungkin kurang jelas dalam menjelaskan konsep-konsep yang kompleks atau menggunakan bahasa yang sulit dipahami oleh siswa.
    – Kurangnya Interaksi Siswa: Guru mungkin tidak memberikan cukup kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, seperti melalui diskusi kelompok atau latihan berbasis masalah.
    – Kurangnya Diferensiasi: Guru mungkin tidak memperhatikan perbedaan dalam tingkat pemahaman dan gaya belajar siswa, sehingga beberapa siswa mungkin merasa tertinggal atau tidak tertantang.

    Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran Memahami Sifat Pada Operasi Hitung mungkin meliputi:
    – Kreativitas dalam Pengajaran: Guru mungkin menggunakan pendekatan yang inovatif dan kreatif untuk mengajarkan konsep-konsep yang kompleks, seperti menggunakan permainan atau aktivitas yang menarik.
    – Pemahaman yang Mendalam: Guru mungkin memiliki pemahaman yang mendalam tentang materi yang diajarkan dan mampu menjelaskan dengan jelas dan terperinci.
    – Penggunaan Sumber Daya yang Beragam: Guru mungkin menggunakan berbagai sumber daya, seperti buku teks atau perangkat lunak interaktif, untuk mendukung pembelajaran siswa.

    Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran Memahami Sifat Pada Operasi Hitung mungkin termasuk:
    – Pendekatan Kreatif: Guru mungkin menggunakan pendekatan yang unik atau kreatif, seperti analogi atau cerita, untuk menjelaskan konsep-konsep yang sulit dipahami.
    – Integrasi Teknologi: Guru mungkin menggunakan teknologi, seperti papan tulis interaktif atau perangkat lunak matematika, untuk meningkatkan pengalaman pembelajaran siswa.
    – Pemberian Umpan Balik yang Konstruktif: Guru mungkin memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa untuk membantu mereka memperbaiki pemahaman mereka tentang konsep-konsep yang diajarkan.

    Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang diamati dari tayangan video, beberapa upaya yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran Memahami Sifat Pada Operasi Hitung berikutnya termasuk:
    – Pelatihan Guru: Memberikan pelatihan dan dukungan tambahan kepada guru dalam hal pengajaran efektif dan diferensiasi untuk memenuhi kebutuhan siswa yang beragam.
    – Pengembangan Materi Pembelajaran: Mengembangkan atau menyediakan materi pembelajaran yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan kurikulum, termasuk sumber daya tambahan untuk mendukung pemahaman siswa.
    – Kolaborasi Antar Guru: Mendorong kolaborasi antar guru untuk berbagi praktik terbaik dan strategi pengajaran yang berhasil, sehingga mereka dapat belajar satu sama lain dan terus meningkatkan kualitas pengajaran mereka.
    – Mendorong Partisipasi Siswa: Membuat lingkungan pembelajaran yang mendukung partisipasi aktif siswa melalui diskusi, kolaborasi, dan aktivitas yang menarik.
    – Evaluasi dan Umpan Balik: Melakukan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran secara berkala dan memberikan umpan balik kepada guru untuk membantu mereka meningkatkan praktik pengajaran mereka.

  10. Nama : ERLIN PUSPITA SARI DAELI
    NIM : 856023805
    UPBJJ UT : Medan
    Pokjar : Mandrehe

    Berikut analisis saya setelah menyimak video melalui Portal Guru Pintar Online mengenai Memahami Sifat Pada Operasi Hitung
    Kelemahan :
    1. guru tidak mengawali pembelajaran dengan mengucap salam dan sapa, tidak mengecek kehadiran siswa serta tidak mengajak siswa berdoa.
    2. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa.
    3. Guru tidak memberikan apresiasi kepada siswa yang sudah memberi tanggapan.
    4. Sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran seperti media gambar agar siswa lebih memahami materi yang diajarkan
    5. Guru tidak mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan menyimpulkan materi.
    6. Seharusnya guru menutup kegiatan pembelajaran dengan doa.
    Kelebihan :
    1. Guru menguasai materi yang diajarkan
    2. Guru melibatkan siswa dalam proses pembelajaran
    3. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengeluarkan pendapatnya
    4. Siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran

Leave a Reply