silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa penjelasan oleh guru mengenai sifat-sifat pada operasi hitung beserta contoh-contoh soal dengan tujuan untuk membangun pemahaman akan sifat-sifat pada operasi hitung.
Sukiniarti
Pakar Dosen
Video ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat operasi hitung, hal itu tergambar dari cara guru memberi contoh terlebih dahulu, kemudian menyuruh anak ke depan untuk menuliskan jawaban sesuai dengan sifat-sifat operasi hitung.
Guru sudah baik dalam membuka pelajaran yaitu dengan mengemukakan tentang pelajaran yang sudah diberikan, seperti penjumlahan dan pengurangan, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penjelasan tentang materi yang akan diajarkan, yaitu sifat- sifat operasi hitung, hanya tidak ada upaya menanyakan kepada siswa terlebih dahulu tentang bagaimana sifat komutatif, distributif dan asosiatif.
Pada waktu guru menjelaskan materi sifat pada operasi hitung, guru menerapkan pendekatan PCL = Penjelasan, Contoh, dan Latihan yaitu dengan memberikan penjelasan tentang sifat-sifat operasi hitung satu persatu, memberikan contoh sifat-sifat pada operasi hitung, dan 3 anak disuruh ke depan untuk memberikan contoh (Latihan) dalam sifat operasi hitung, kemudian guru menanyakan kepada seluruh siswa tentang kebenarannya, diantara anak yang menjawab ada yang di beri penguatan, ketiga siswa yang ke depan kelihatannya sudah memahami sifat operasi hitung.
Pada kegiatan penutup, kegiatan evaluasi kelihatan tidak tampak, hanya ada kesimpulan yang ditambah dengan penjelasan materi asosiatif perkalian. Tetapi alangkah baiknya, jika materi sifat operasi hitung asosiatif perkalian ditambahlan pada waktu lain, bukan pada akhir kegiatan, Pada akhir kegiatan guru juga sudah bagus dengan memberikan motivasi untuk belajar di rumah.
Materi sifat-sifat pada operasi hitung di kelas IV sudah sesuai dengan perkembangan anak pada usia kl. 10-11 tahun dan kurikulum tahun 2013
Pada waktu menjelaskan operasi distributif, guru agak sedikit ragu dalam memberi soal dengan menyebutkan 4 X 4, padahal maksudnya 4 X 5, untuk itu baiknya guru mempersiapkan soal terlebih dahulu dengan menggunakan media.
Dalam video ini, tujuan memberikan pemahaman kepada siswa tentang sifat-sifat pada operasi hitung telah tergambar pada siswa yang ke depan dengan jawaban yang benar namun secara keseluruhan belum terlihat, untuk itu akan lebih baik jika pada video itu ditambahkan dengan kegiatan latihan yang melibatkan seluruh siswa.
Didi Permana
Pakar Guru
Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, persepsi dan tujuan belajar. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa. Saat penutup sudah bagus.
Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat di buat kelompok, media pembelajaran bisa di tambahkan lagi dengan alat peraga dan evaluasi pembelajaran kurang latihan namun sudah baik diberi tugas pekerjaan rumah.
Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.
Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih runtut dan menarik lagi, akan lebih baik lagi jika terlihatnya ketidakfahaman siswa kemudian terselesaikan oleh pembelajaran yang guru berikan.
Fitria Handayani
Nama : Tasya Septiana
Nim : 855788575
Pokjar : Palembang
Menurut hasil analisis saya, kelebihan dari video diatas adalah guru sudah sangat memahami materi yang ingin diajarkan kepada siswanya. Selain, itu dalam proses mengajar guru juga sudah melibatkan keaktifan siswa untuk mengerjakan soal yang diberikan oleh guru tersebut di papan tulis sehingga dengan begitu guru juga dapat membangkitkan dan menumbuhkan rasa percaya diri siswa untuk menyalurkan pengetahuan yang di ketahuinya. Tetapi selain kelebihan menurut saya ada juga kekurangannya yaitu, guru terlalu singkat dalam menjelaskan materi yang di ajarkannya dan guru juga tidak menanyakan kepada siswanya apakah mereka sudah mengerti atau belum dengan materi yang telah disampaikan oleh guru tersebut. Jadi dengan begitu, kita tidak dapat mengetahui apakah siswa tersebut sudah memahami atau belum memahami materi yang telah disampaikan.
Nama : Tasya Septiana
Nim : 855788575
Pokjar : Palembang
Menurut hasil analisis saya, kelebihan dari video diatas adalah guru sudah sangat memahami materi yang ingin diajarkan kepada siswanya. Selain, itu dalam proses mengajar guru juga sudah melibatkan keaktifan siswa untuk mengerjakan soal yang diberikan oleh guru tersebut di papan tulis sehingga dengan begitu guru juga dapat membangkitkan dan menumbuhkan rasa percaya diri siswa untuk menyalurkan pengetahuan yang di ketahuinya. Tetapi selain kelebihan menurut saya ada juga kekurangannya yaitu, guru terlalu singkat dalam menjelaskan materi yang di ajarkannya dan guru juga tidak menanyakan kepada siswanya apakah mereka sudah mengerti atau belum dengan materi yang telah disampaikan oleh guru tersebut. Jadi dengan begitu, kita tidak dapat mengetahui apakah siswa tersebut sudah memahami atau belum memahami materi yang telah disampaikan.
Nama: Kuni Agusti Masruroh
Nim: 858812872
Pokjar: Garum Kab Blitar
UPBJJ: UT Malang
Setelah melihat video di atas, menurut saya guru tersebut sudah cukup memahami sifat pada operasi hitung.guru tersebut melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode Ceramah,lalu guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju kedepan dalam menyelesaikan soal yang diberikan guru tersebut.akan tetapi setelah siswa bisa menyelesaikan soal tersebut sebaliknya guru dapat memberikan apresiasi kepada siswa yang maju,agar siswa lebih semangat dan semakin berani.menurut pendapat saya kelebihannya yaitu guru mengajak siswa tanya jawab sehingga siswa menjadi aktif dalam pembelajaran adapun kekurangannya bagi siswa yang tidak berani menjawab jadi guru tidak dapat mengetahui apakah siswa tersebut sudah paham dengan pelajaran.
aran yang dapat saya berikan yaitu alangkah baiknya guru terlebih dahulu menjelaskan pembelajaran kepada siswa,dan menjelaskan materi sedikit lambat dan tidak terburu-buru.
Nama: Kuni Agusti Masruroh
Nim: 858812872
Pokjar: Garum Kab Blitar
UPBJJ: UT Malang
Setelah melihat video di atas, menurut saya guru tersebut sudah cukup memahami sifat pada operasi hitung.guru tersebut melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode Ceramah,lalu guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju kedepan dalam menyelesaikan soal yang diberikan guru tersebut.akan tetapi setelah siswa bisa menyelesaikan soal tersebut sebaliknya guru dapat memberikan apresiasi kepada siswa yang maju,agar siswa lebih semangat dan semakin berani.menurut pendapat saya kelebihannya yaitu guru mengajak siswa tanya jawab sehingga siswa menjadi aktif dalam pembelajaran adapun kekurangannya bagi siswa yang tidak berani menjawab jadi guru tidak dapat mengetahui apakah siswa tersebut sudah paham dengan pelajaran.
Saran yang dapat saya berikan yaitu alangkah baiknya guru terlebih dahulu menjelaskan pembelajaran kepada siswa,dan menjelaskan materi sedikit lambat dan tidak terburu-buru.
NAMA : TOMMY CAHYA PRAMBUDI
NIM : 858825435
POKJAR : KEPANJEN
IPBJJ : UT MALANG
Setelah melihat video di atas, menurut saya guru tersebut sudah cukup memahami sifat pada operasi hitung.guru tersebut melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode Ceramah,lalu guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju kedepan dalam menyelesaikan soal yang diberikan guru tersebut.akan tetapi setelah siswa bisa menyelesaikan soal tersebut sebaliknya guru dapat memberikan apresiasi kepada siswa yang maju,agar siswa lebih semangat dan semakin berani.menurut pendapat saya kelebihannya yaitu guru mengajak siswa tanya jawab sehingga siswa menjadi aktif dalam pembelajaran adapun kekurangannya bagi siswa yang tidak berani menjawab jadi guru tidak dapat mengetahui apakah siswa tersebut sudah paham dengan pelajaran.
aran yang dapat saya berikan yaitu alangkah baiknya guru terlebih dahulu menjelaskan pembelajaran kepada siswa,dan menjelaskan materi sedikit lambat dan tidak terburu-buru.
Nama : Marisa Riantina
NIM : 857004919
Pokjar : Sidomulyo
UPBJJ : Bandar Lampung
(Eksak)
Menurut saya reaksi siswa di dalam video tersebut cukup antusias dalam mengikuti pelajara. Kelebihan guru tersebut adanya timbal balik dalam proses pembelajaran, serta adanya pancingan supaya anak mengikuti pembelajaran dengan aktif dan semangat. Kelemahan guru tersebut yaitu terlalu singkat dalam menjelaskan materi. Tidak Ada hal unik yang saya temukan dalam video pembelajaran tersebut. Upaya yang perlu dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran tersebut yaitu guru hendaknya menjelaskan materi dengan sejelas-jelasnya dan memastikan apakah siswa sudah memahami semua apa yang guru sampaikan. Setelah semua jelas baru lah guru memberikan soal kepada siswa untuk mengerjakan dan sebagai uji coba apakah benar semua siswa sudah paham.
Nama : Marisa Riantina
NIM : 857004919
Pokjar : Sidomulyo
UPBJJ : Bandar Lampung
(Eksak)
Menurut saya reaksi siswa di dalam video tersebut cukup antusias dalam mengikuti pelajara. Kelebihan guru tersebut adanya timbal balik dalam proses pembelajaran, serta adanya pancingan supaya anak mengikuti pembelajaran dengan aktif dan semangat. Kelemahan guru tersebut yaitu terlalu singkat dalam menjelaskan materi. Tidak Ada hal unik yang saya temukan dalam video pembelajaran tersebut. Upaya yang perlu dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran tersebut yaitu guru hendaknya menjelaskan materi dengan sejelas-jelasnya dan memastikan apakah siswa sudah memahami semua apa yang guru sampaikan. Setelah semua jelas baru lah guru memberikan soal kepada siswa untuk mengerjakan dan sebagai uji coba apakah benar semua siswa sudah paham.
Menurut saya, pda proses pembelajaran berlangsung terlihat anak kurang semangat mengikuti pelajaran hal ini terjadi karena guru terlalu monoton dalam menyampaikan materi. Meskipun begitu guru tetap semangat menyampaikan materi menggunakan media pembelajaran agar pembelajaran berjalan lebih baik
Nama : Efi Septiyana
NIM : 857006826
Pokjar : Natar
UPBJJ Bandar Lampung
Izin menanggapi video pembelajaran tersebut guna memenuhi tugas praktek PKM dengan menganalisis video pembelajaran yang terdapat pada portal GPO🙏.
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut masih terlihat kurang antusias.
2. Secara keseluruhan kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran adalah saat pembukaan guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran serta guru belum memperhatikan kesiapan siswa dalam belajar,media pembelajaran dan perlengkapan belajar di kelas serta tidak memberikan penegasan materi tersebut di penutup guna mengetahui apakah siswa siswi sudah memahami materi tersebut.
3. Secara keseluruhan kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran pada video tersebut yaitu guru sudah mencoba untuk membangkitkan antusias pada siswanya agar mengikuti pembelajaran tersebut dengan baik yaitu dengan memberikan soal di papan tulis guna menilai keaktifan siswa di kelas serta penyampaian materi yang dijabarkan cukup jelas.
4. Tidak ada hal unik yang saya temukan dalam video pembelajaran tersebut.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan guru yang saya amati dari tayangan video tersebut ,berikut ini adalah upaya yang dapat saya usulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya :
Sebaiknya guru lebih mempersiapkan kembali media yang akan digunakan dalam pembelajaran ,serta fokus pada tujuan dari pembelajaran tersebut.
Selanjutnya, guru juga dapat memilih gaya belajar seperti apa yang dapat membangkitkan keantusiasan siswa dalam belajar,misalnya dengan membentuk kelompok diskusi dan sebagainya. Guru juga dapat menegaskan kembali materi yang disampaikan pada saat kegiatan penutup yaitu untuk memastikan bahwa materi yang diajarkan mampu dipahami dan dimengerti oleh siswanya.
NAMA: ALMAILIA NUR SYAHFITRI BR SINAGA
Nim: 856055715
POKJAR: LANGKAT ( STABAT)
UPBJJ: MEDAN POKJAR LANGKAT STABAT.
Menurut saya pembelajaran berlangsung reaksi siswa di dalam video tersebut cukup antusias mengikuti pembelajaran,Dan adanya timbal balik dalam proses pembelajaran lalu guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk maju kedepan dalam menyelesaikan soal yang di berikan guru tersebut.setelah siswa bisa menyelesaikan soal tersebut ,sebaliknya guru tersebut memberikan apresiasi kepada siswa yang maju.agar siswa lebih semangat lagi dan semakin berani.menurut pendapat saya kelebihannya yaitu guru mengajak siswa tanyak jawab sehingga menjadi aktif.