silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan konsep perkalian dengan alat peraga berupa gambar buah-buahan dan bola-bola plastik. Dengan alat peraga bola-bola ini guru memperagakan jual beli yang merupakan kejadian sehari-hari sehingga anak-anak lebih mudah memahami konsep perkalian.

Video ini menayangkan upaya guru untuk mempermudah siswa dikelas untuk menyelesaikan soal cerita dengan alat bantu media alat peraga karton bergambar. Model pembelajaran menggunakan pemecahan masalah  yang berkaitan dengan penerapan konsep perkalian dalam kehidupan nyata sehari-hari. Pendekatan pembelajaran melalui  pembagian kelompok. Persiapan oleh guru terlihat dari penyediaan alat peraga bagi guru dan tiap siswa sehingga dimungkinkan tiap siswa diberikan tanggung jawab yang maksimal dalam membentuk maupun menjalankan proses belajar secara langsung. Ide menggunakan alat peraga untuk menyelesaikan soal cerita disesuaikan dengan perkembangan intelektual anak di SD kelas rendah yang sebagian besar masih memerlukan pendekatan melalui benda konkrit atau semi konkrit untuk dapat memahami cerita yang akan disampaikan oleh guru. Pada pembelajaran ini guru memanfaatkan alat peraga semi konkrit berupa gambar di karton, karena objek yang digunakan adalah binatang ayam dan telur yang langsung dapat dimengerti oleh siswa. Langkah persiapan yang telah dilakukan dengan membagikan alat peraga kesemua siswa dapat lebih dimaksimalkan dengan mengamati secara siswa secara individual dalam menyelesaikan soal cerita dengan berkeliling, sehingga ketika siswa menghadapi kesulitan atau kesalahan dapat segera dibantu secara cepat. Guru dapat menentukan  pula cara siswa mengkomunikasikan atau mengabstraksikan hasil perkalian yang diperoleh baik dalam kelompok maupun di depan kelas disesuaikan dengan capaian pembelajaran Kelas I SD dalam Tema 7  “ Benda, Hewan, dan Tanaman di sekitarku” pada subtema 2 “Hewan di Sekitarku” kurikulum 3013.

Dr. Ir. Suroyo, M.Sc.

Cara membukanya kurang menarik perhatian siswa, guru terlalu langsung membuka, tanpa ada persepsi yang baik, seperti bercerita atau bertanya berkaitan kehidupan sehari-hari yang sesuai materi. Mengisi pembelajaran cukup baik. Cara menutup kurang maksimal seharusnya siswa diberi penguatan mengapa harus bisa perkalian dan apa manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, Penggunaan strategi, pendekatan, metode, media atau evaluasi pembelajaran cukup baik.

Satrio Setiawan, S.Pd.

Similar Posts

122 Comments

  1. Nama : Dian Rahayu
    NIM : 857718678
    SMT : 6

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    – kurang semangat, masih ada siswa yang sibuk sendiri atau tidak memperhatikan guru
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    – kelemahannya tidak ada kegiatan pendahuluan, tidak mengecek kehadiran, dan tidak ada apersepsi.
    – tidak ada kegiatan evaluasi dan refleksi
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    – kelebihannya menggunakan alat peraga
    – memberikan simpulan atas jawaban siswa
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    – menggunakan alat peraga, menunjuk siswa secara acak.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    – guru harusnya memberikan apersepsi, mengecek kehadiran siswa dan berkeliling kelas untuk memantau kesulitan yang dihadapi siswa.
    – guru harusnya memberikan evaluasi dan simpulan pada akhir pertemuan.

  2. Nama : Winda Arigustanti
    Nim : 857777048
    Dari pengamatan video yang menurut saya sebaiknya hal yang perlu dilakukan oleh guru antara lain:
    1.Guru menanyakan kabar terlebih dahulu sebelum memulai pelajaran.
    2.Guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan disampaikan.
    3.Guru menjelaskan pengertian tentang perkalian sebelum guru mengajak siswa praktek dengan menggunakan alat peraga, sehingga anak akan lebih paham lagi dengan pelajaran perkalian.
    4.Guru mengajak anak supaya bisa ikut menjelaskan atau menggunakan alat peraga didepan kelas, kemudian setelah anak paham dan bisa mengerjakan baru guru menanyakan apakah anak sudah paham apa blum dan mengajak siswa untuk menyimpulkan dari pelajaran yang baru disampaikan tadi.
    Mungkin itu yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf apabila ada salah kata. Terimakasih
    Mungkin

  3. NAMA: JAMAKYAH NIM :858103725
    Menurut pandangan saya terhadap video yang ditampilkan, terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran tersebut. Pada awalnya, saya melihat bahwa tidak ada kegiatan pendahuluan yang dilaksanakan sebelum pembelajaran dimulai. Meskipun demikian, penggunaan alat peraga dalam pembelajaran memiliki keunggulan tersendiri karena dapat membantu anak-anak memahami materi yang disampaikan oleh guru dengan lebih mudah. Selain itu, kegiatan pembelajaran tersebut juga menunjukkan keberhasilan guru dalam mengajak siswa untuk saling mengoreksi pekerjaan yang telah dilakukan oleh teman sejawat mereka.

    Di bagian akhir pembelajaran, guru memberikan himbauan kepada siswa untuk selalu rajin belajar, namun terdapat kekurangan dalam kegiatan penutup. Guru tidak mengulang kembali materi yang telah diajarkan selama kegiatan pembelajaran, dan juga tidak mengajak siswa untuk berdoa bersama-sama. Sebagai rekomendasi, dalam penyelenggaraan pembelajaran ini, guru sebaiknya lebih proaktif dan mengontrol aktivitas siswa saat mereka bekerja dalam kelompok. Hal ini karena anak-anak terlihat lebih cenderung bermain, berbicara, atau bergerak di kelas tanpa arahan yang jelas.

    Selain itu, terkait dengan penggunaan media pembelajaran, akan lebih baik jika variasi media yang menarik digunakan, terutama dalam pembahasan konsep dasar perkalian. Penggunaan media pembelajaran yang bervariasi dapat meningkatkan minat belajar siswa dan membuat pembelajaran lebih efektif. Selain itu, pada akhir pembelajaran, disarankan untuk menyimpulkan inti pembelajaran sebagai penutup, serta memberikan kata-kata motivasi kepada siswa. Dengan demikian, diharapkan siswa akan lebih mudah memahami materi pembelajaran dan termotivasi untuk belajar lebih lanjut.

  4. Nama : Riana Putri Silalahi
    NIM : 858066261
    Prodi : S1 PGSD
    Semester 6

    Beradasarkan analisis yang telah saya lakukan pada video tersebut, guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik.
    Seperti dengan pemanfaatan alat peraga yang mendukung pembelajaran dan dapat memudahkan pemahaman siswa.
    Tetapi terdapat hal yang perlu diperhatikan, seperti pemilihan metode yang sekiranya akan sesuai dengan materi yang disampaikan. Penggunaan metode diskusi dengan pembentukan kelompok dalam ruang kelas nampaknya kurang efektif dalam pemberian materi pembelajaran konsep perkalian pada soal cerita, terlihat beberapa siswa kurang fokus dan sibuk sendiri.
    Selain itu, guru juga tidak menjelaskan tujuan dari pembelajaran dan kesimpulan diakhir pembelajaran.

    Sekian hasil analisis dari saya, terima kasih.

  5. Nama : Riana Putri Silalahi
    NIM : 858066261
    Prodi : S1 PGSD
    Semester 6

    Beradasarkan analisis yang telah saya lakukan pada video tersebut, guru sudah melakukan pembelajaran dengan baik.
    Seperti dengan pemanfaatan alat peraga yang mendukung pembelajaran dan dapat memudahkan pemahaman siswa.
    Tetapi terdapat hal yang perlu diperhatikan, seperti pemilihan metode yang sekiranya akan sesuai dengan materi yang disampaikan. Penggunaan metode diskusi dengan pembentukan kelompok dalam ruang kelas nampaknya kurang efektif dalam pemberian materi pembelajaran konsep perkalian pada soal cerita, terlihat beberapa siswa kurang fokus dan sibuk sendiri.
    Selain itu, guru juga tidak menjelaskan tujuan dari pembelajaran dan kesimpulan diakhir pembelajaran.

    Sekian hasil analisis dari saya, terima kasih

  6. Nama : Aisyah Salma Nurfahima
    NIM : 858880574
    Prodi : S1 – PGSD
    Pokjar : Kepanjen
    UPBJJ : Malang

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawab : Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran di awal siswa terlihat antusias melakukan pembelajaran baru yang diarahkan oleh guru namun setelah menuliskan di buku masing-masing perhatian murid mulai berkurang dan ada beberapa murid yang tidak lagi memperhatikan guru.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab : Pada kegiatan pembelajaran ini guru memiliki beberapa kekurangan diantaranya,
    – membiarkan murid yang tidak memperhatikan
    – tidak melakukan inisiatif untuk menfokuskan perhatian kelas
    – kondisi kelas terlihat terlalu berpusat pada guru, murid kurang mengeksplor metode baru yang diberikan
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Jawab : Pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru sudah memiliki beberapa kelebihan,
    – mengutarakan tujuan pembelajaran,
    – melakukan variasi pembelajaran,
    – menggunakan alat peraga yang menarik minat siswa,
    – mengajukan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman pada siswa,
    – memberi waktu siswa untuk menulis di bukunya,
    – memberi motivasi terhadap siswa.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawab : Hal unik yang saya temukan adalah guru berusaha mengenalkan variasi pembelajaran pada murid dengan metode variasi menggunakan alat peraga.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Jawab : Beberapa hal yang akan saya lakukan,
    – Setelah menjelaskan cara kerja alat peraga yang digunakan saya akan memberikan misi berupa soal pada masing-masing kelompok untuk membantu mereka lebih mengeksplorasi metode yang baru dijelaskan
    – Selain memberikan misi, saya juga ingin mencoba metode lain dengan mengajarkan metode pada perwakilan kelompok yang nantinya akan menjelaskan pada anggota kelompok masing-masing. Metode ini dapat melihat kemampuan berkomunikasi, bersosialisasi dari anggota kelompok.

  7. NAMA : HAIFA YASMINE
    NIM : 858920005
    PRODI : S-1 PGSD
    POKJAR : UMBULSARI
    UPBJJ : JEMBER

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Jawaban : siswa terlihat antusias
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran ?
    Jawaban : kelemahan guru dalam melakukan pembelejaran tersebut adalah Ketika guru membuka pembelajaran langsung membagi kelompok tanpa menjelaskan terlebih dahulu tentang materi. Dan saat penutupan tidak ada evaluasi tentang materi tersebut.
    3. Secara keseluruhan apa saja ke guru dalam melakukan pembelajaran ?
    Jawaban : sangat efektif karena guru menggunakan alat peraga yang dapat mempermudah siswa dalam memahami materi.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Jawaban : ada beberapa hal unik yang terjadi, yang pertama saat di awal guru mengatakan akan membagi ke dalam 4 kelompok tetapi di video hanya ada 3 kelompok, yang ke dua Ketika siswa akan menjawab soal guru mendikte jawabannya.

  8. Nama : Zuliana Azzahra
    NIM : 858108302
    Pokjar : Jakarta

    Bismillah….
    Assalamualaikum warahmatullahi wa barokaatuh
    Sedikit Analisis terhadap video pembelajaran ini :
    1. Menurut saya media yang digunakan sudah cukup bagus, di video terlihat guru menyuruh siswa menyusun gambar ayam dan telur, namun peserta didik kurang terlibat aktif dalam penggunaan media tersebut.
    2. Setelah itu menjelaskan gambar telur ayam dan guru memberikan contoh perkalian bilangan 3×1 = 1 + 1+1=3 dan 3×2=2+2+2=6 tidak menggunakan alat peraga, karena penjelasan guru kurang terhadap tujuan atau maksud pembelajaran yang akan dilakukan.
    3. Pada awal pembelajaran guru tidak menjelaskan sedikit tentang perkalian sebagai penjumlahan berulang, akan tetapi guru langsung menyuruh siswa untuk menuliskan hasil dari perkalian tersebut di buku tulis.
    4. Dividio terlihat siswa di suruh memperagakan perkalian 4×3= Di papan tulis dan tidak menggunakan alat peraga terlebih terlebih dahulu
    5 . Guru tidak memberikan LKPD bagi siswanya serta di akhir pembelajaran guru tidak memberikan kesimpulan, hanya memberikan motivasi siswanya saja.

    Terimakasih

  9. NAMA : RIZMA AYUSTINA
    NIM : 858878062
    POKJAR : SALUT KOTA KEDIRI

    Menurut pendapat saya setelah mengamati dan melihat video pembelajaran yang berjudul “Pembelajaran Matematika di kelas rendah, (Membelajarkan konsep perkalian pada soal cerita” terdapat beberapa hal yang perlu dianalisis yaitu :

    1. Reaksi siswa terkait pembelajaran yang dilakukan : Menurut saya reaksi siswa di awal pembelajaran yang bagus, karena guru menggunakan media pembelajaran yang menarik bagi siswa berupa alat peraga untuk menjelaskan materi konsep perkalian, namun pada saat guru mulai memberikan penugasan kepada siswa ada sebagian siswa yang tidak fokus hal ini dikarenakan siswa kurang memahami soal yang diberikan sehingga mereka memilih untuk ramai dengan temannya.

    2. Ringkasan video : guru memberikan penjelasan bahwa hari ini akan belajar matematika yaitu konsep perkalian dengan alat peraga. Selanjutnya guru menjelaskan materi dengan alat peraga kepada siswa. Setelah siswa memahami konsep perkalian, guru memberikan tugas kepada siswa untuk menghitung perkalian dengan alat peraga yang ada dan menuliskan di buku tugas. Selanjutnya guru memilih perwakilan dari kelompok untuk menjawab didepan kelas dan menjelaskan kepada teman sebaya. Diakhir pembelajaran guru memberikan motivasi kepada siswa agar siswa rajin belajar dan guru memberikan kesimpulan bahwa perkalian adalah bentuk penjumlahan yang berulang.

    3. Kelebihan guru pada tayangan video pembelajaran :
    • Guru sudah menggunakan media pembelajaran yang kreatif dapat menarik minat siswa untuk belajar yaitu alat peraga.
    • Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok sehingga siswa bersama kelompok dapat berinteraksi dan berdiskusi untuk memecahkan persoalan yang ada.
    • Guru mengajukan pertanyaan untuk mengukur kepahaman siswa terkait materi yang diberikan.
    • Guru membuat kesimpulan terakit materi pembelajaran yang dilakukan.

    4. Kekurangan guru pada tayangan video pembelajaran :
    • Sebelum memulai pembelajarn guru tidak melakukan kegiatan pembukaan seperti memberikan apersepsi, mengecek kehadiran siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran.
    • Pada kegiatan inti guru tidak memperhatikan respon siswa, ada beberapa siswa yang ramai karena mereka merasa kurang memahami materi yang diberikan.
    • Guru kurang memberikan latihan soal atau penugasan terkait materi yang telah diberikan
    5. Hal unik yang saya temukan dalam video yaitu guru sudah menggunakan variasi pembelajaran dengan alat peraga untuk menjelaskan konsep perkalian kepada siswa.

    6. Setelah mengikuti kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ?
    Menurut pendapat saya upaya yang akan saya lakukan adalah setelah memeperlihatkan alat peraga kepada siswa saya akan menjelaskan cara kerja alat peraga tersebut kepada siswa, mengajak siswa untuk mempraktekkan alat peraga tersebut secara bergantian sehingga siswa mudah untuk memahaminya. Selain itu saya akan memilih perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dengan tujuan untuk melatih kecapakan berbicara, bersosialisasi, dan kerja sama.

  10. NAMA : NURHIDAYAT
    NIM : 857516548
    PRODI : S-1 PGSD
    POKJAR : CIAMIS
    UPBJJ : bANDUNG

    Hasil analisis yang saya tangkap:
    sudah menggunakan media yang memudahkan untuk memahami dengan media gambar, tetapi guru tersebut tidak menjelaskan hubungan gambar ayam dengan perkalian yang di tuliskan. selain itu semua teknik pembelajaran sudah bagus

Leave a Reply