silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya.

Similar Posts

77 Comments

  1. Nama : Asma Nadia
    Nim : 877521655
    UPBJJ : MEDAN
    Pokjar : SIANTAR

    Menurut saya video diatas suasana kelas sudah sangat kondusif,siswa memperhatikan ketika guru menjelaskan materi yang diberikan guru. Tetapi diawal pembelajaran tidak adanya kegiatan berdoa,bernyanyi wajib nasional,mengabsen siswa,menanya kabar ataupun ice breaking yang dilakukan guru untuk memulai kegiatan belajar.
    Meskipun guru sudah memberikan pengertian tentang pelajaran yang sedang berlangsung,guru tidak mencontohkan terlebih dahulu kepada siswanya,langsung menyuruh siswa nya praktek membaca pantun. Namun,setelah diakhir guru memberikna contoh cara membaca pantunnya membuat siswa nya bisa dengan mudah membaca pantun dengan baik sesuai intonasinya.

  2. Nama : Taufik Faris Bahtiar
    NIM: 858927742

    Pembelajaran yang berlangsung pada video pembelajaran tersebut sudah sangat kondusif, akan tetapi masih adanya kelemahan dalam video pembelajaran tersebut. Kelemahan yang saya dapat pada video pembelajaran tersebut seperti, dalam video tersebut guru tidak mengucapkan salam pada awal pembelajaran,guru tidak mengajak berdoa pada awal pembelajaran,guru tidak mengecek kehadiran peserta didik,penjelasan guru kurang rinci dan ada satu permintaan siswa yang diabaikan. Namun, pada video pembelajaran tersebut masih sangat banyak kelebihan yang ada di dalam video, kelebihan tersebut seperti,suasana kelas berlangsung kondusif,guru menguasai materi yang diajarkan,peserta didik dapat berpartisipasi dalam pembelajaran. Hal unik juga saya temukan dalam video pembelajaran yaitu, guru mempersilahkan peserta didik untuk membacakan pantun di depan kelas secara berpasangan sehingga dapat melatih kepercayaan diri peserta didik dan tidak mudah bosan. Solusi yang bisa saya berikan pada video pembelajaran tersebut adalah, guru harus merencanakan pembelajaran lebih baik lagi dengan menyertakan kegiatan awal pembelajaran, serta guru juga lebih responsif apabila ada pertanyaan atau permintaan dari peserta didik

  3. Nama : Rama Magribiantoro
    Nim : 858918467
    Pokjar : Kalisat 6A

    Refleksi : Pada pembelajaran tentang ‘Belajar Membaca Puisi’ tersebut sudah cukup baik, para siswa juga kondusif dan mendengarkan penjelasan guru dengan baik. Peran guru pada video tersebut juga sudah cukup baik, menjelaskan secara rinci mengenai Puisi, dari cara intonasi dalam puisi sampai pada mempraktikkan secara langsung cara membacanya dengan memunjuk siswa maju ke depan kelas untuk membacakannya. Namun pada pembelajaran tersebut ada kelebihan dan juga kekurangannya.

    – Kekurangan: Pada awal pembelajaran guru tidak terlebih dahulu mengadakan berdoa sebelum pembelajaran, absensi dan kerapihan dari siswa-siswa itu sendiri. Dan juga sebelum memberikan pelajaran guru tidak terlebih dulu memberikan contoh bagaimana intonasi dalam puisi, maka dari itu pada pertengahan video ada beberapa siswa yang menanyakan pada guru ‘coba bapak memberikan contoh membacanya terlebih dahulu’.

    Kelebihan: Guru sudah menjelaskan dengan baik materi pembelajaran dari membaca puisi itu sendiri, sajak dan intonasi juga dijelaskan dengan cukup baik. Penjelasannya juga sangat mudah di mengerti oleh peserta didik, tidak hanya memberikan materi namun juga langsung memberikan praktik kepada siswa yg mana itu tujuannya agar para siswa bisa lebih memahami materi membaca puisi tersebut.

  4. Nama : Rama Magribiantoro
    Nim : 858918467
    Pokjar : Kalisat 6A

    – Refleksi : Pada pembelajaran tentang ‘Belajar Membaca Pantun’ tersebut sudah cukup baik, para siswa juga kondusif dan mendengarkan penjelasan guru dengan baik. Peran guru pada video tersebut juga sudah cukup baik, menjelaskan secara rinci mengenai Pantun dari cara intonasi dalam pantun sampai pada mempraktikkan secara langsung cara membacanya dengan memunjuk siswa maju ke depan kelas untuk membacakannya. Namun pada pembelajaran tersebut ada kelebihan dan juga kekurangannya.

    – Kekurangan: Pada awal pembelajaran guru tidak terlebih dahulu mengadakan berdoa sebelum pembelajaran, absensi dan kerapihan dari siswa-siswa itu sendiri. Dan juga sebelum memberikan pelajaran guru tidak terlebih dulu memberikan contoh bagaimana intonasi dalam pantun, maka dari itu pada pertengahan video ada beberapa siswa yang menanyakan pada guru ‘coba bapak memberikan contoh membacanya terlebih dahulu’.

    – Kelebihan: Guru sudah menjelaskan dengan baik materi pembelajaran dari membaca pantun itu sendiri, sajak dan intonasi juga dijelaskan dengan cukup baik. Penjelasannya juga sangat mudah di mengerti oleh peserta didik, tidak hanya memberikan materi namun juga langsung memberikan praktik kepada siswa yg mana itu tujuannya agar para siswa bisa lebih memahami materi membaca pantun tersebut.

  5. NAMA : Nita Wiji Astutik
    NIM : 856826685
    UPBJJU : Bengkulu
    Kelebihan dari pusi tersebut Jika saya lihat Peserta didik sangat antusias mengikuti pembelajarannya jadi kelas terlihat sangat siap untuk melakukan pembelajaran, peserta didik juga sangat memperhatikan gurunya saat mencontohkan bagaimana cara membaca pantun yang baik. guru juga menjelaskan tentang prosedur membaca pantun tidak seperti membaca buku tetapi ada panjang pendek kalimatnya

    kekuranganya diawal pembelajaran tadi guru tidak mempraktekan terlebih dalu kepada siswa tentang intonasinya. jadi siswa kurang mampu membaca pantun yang baik walupun sudah dicontohkan satu kepada guru mungkin ada beberapa siswa dikelas yang kurang memahaminya jadi pesan saya jangan hanya 1x mencontohkanya

  6. Nama : Adi Saputra
    Nim : 858048872

    BERANDA
    TENTANG GPO
    KONTAK
    LOGIN
    X
    Home / Seri Pembelajaran SD / Belajar Membaca Pantun
    SERI PEMBELAJARAN SD
    Belajar Membaca Pantun

    silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar

    Sinopsis
    Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam membaca pantun beserta alternatif pemecahan masalahnya.

    Pakar Dosen

    Pakar Guru

    Post navigation
    PREVIOUS
    Bagaimana Menulis Cerita?
    NEXT
    Belajar Menjawab Pertanyaan isi Puisi
    Similar Posts

    75 Comments
    Comments navigation
    Older comments
    Asma Nadia says:
    April 27, 2024 at 8:45 pm
    Nama : Asma Nadia
    Nim : 877521655
    UPBJJ : MEDAN
    Pokjar : SIANTAR

    Menurut saya video diatas suasana kelas sudah sangat kondusif,siswa memperhatikan ketika guru menjelaskan materi yang diberikan guru. Tetapi diawal pembelajaran tidak adanya kegiatan berdoa,bernyanyi wajib nasional,mengabsen siswa,menanya kabar ataupun ice breaking yang dilakukan guru untuk memulai kegiatan belajar.
    Meskipun guru sudah memberikan pengertian tentang pelajaran yang sedang berlangsung,guru tidak mencontohkan terlebih dahulu kepada siswanya,langsung menyuruh siswa nya praktek membaca pantun. Namun,setelah diakhir guru memberikna contoh cara membaca pantunnya membuat siswa nya bisa dengan mudah membaca pantun dengan baik sesuai intonasinya.

  7. Nama : Adi Saputra
    Nim : 8584048872
    Menurut saya video diatas suasana kelas sudah sangat kondusif,siswa memperhatikan ketika guru menjelaskan materi yang diberikan guru. Tetapi diawal pembelajaran tidak adanya kegiatan berdoa,bernyanyi wajib nasional,mengabsen siswa,menanya kabar ataupun ice breaking yang dilakukan guru untuk memulai kegiatan belajar.
    Meskipun guru sudah memberikan pengertian tentang pelajaran yang sedang berlangsung,guru tidak mencontohkan terlebih dahulu kepada siswanya,langsung menyuruh siswa nya praktek membaca pantun. Namun,setelah diakhir guru memberikna contoh cara membaca pantunnya membuat siswa nya bisa dengan mudah membaca pantun dengan baik sesuai intonasinya.

Leave a Reply