silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami hasil perpangkatan tiga dari 1 sampai 10.

Mery Novianti

Penjelasannya cukup menarik, namun ada baiknya dijelaskan pula bahwa hasil penarikan angka 3 dari bilangan tersebut adalah bilangan bulat positif.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Guru sudah sangat baik dan detail sekali dalam menjelaskan materi. Diawal pembelajaran juga guru sudah memastikan bahwa anak sudah mengerti bagaimana mencari akar Pangkat 3 dari bilagan yang kurang dari 1000. Untuk kelas tinggi anak sudah dapat diberikan hafalan dalam perkalian, namun harus dipastikan juga bahwa anak sudah memahami konsep perkalian itu sendiri. Kekurangan dari tayangan ini adalah guru kurang banyak melibatkan siswa dalam menjelaskan materi. Dalam memahami konsep akar pangkat 3 perlu banyak interaksi dengan siswa dan latihan soal.

Ade Kosasih (Guru SDN Malangbang Cimalaka)

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, namun sudah ada apersepsi dan tujuan belajar yang disampaiakan. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa dan belum ada tugas yang diberikan melalui latihan atau tugas di rumah. Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat dibuat permainan, evaluasi pembelajaran kurang latihan dan diberi tugas pekerjaan rumah. Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai. Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih menarik lagi, kemudian tahapan penyelesaian soal lebih di perjelas lagi, memberi kesempatan latihan secara mandiri dan tugas agar lebih meyakinkan bahwa siswa benar-benar mengerti.
Fitria Handayani (SD Dharma Karya)

Similar Posts

52 Comments

  1. Nama : Allen Ricy Alvian
    Nim : 856826639
    UPBJJ : KETAHUN
    Bapak Guru mengingatkan kembali pelajaran yang sudah di bahas tentang mencari akar pangkat yang kurang dari seribu.
    Lalu bapak guru melanjutkan membahas pelajaran yang akar pangkat tiga yang lebih dari seribu. Bapak Guru mengajarkan cara cepat menyelesaikan soal. Guru memberikan contoh soal yang lebih dari seribu dengan cara melingkari atau memberikan tanda untuk angka pertama dan terakhir. Guru juga mengajari cara memeriksa jawaban yang dari hasil hitungan benar atau salah. Bapak guru menjelaskan dengan cara menarik.seharusnya guru meminta siswa membuat soal yang agar lebih bagus lagi.
    siswa aktif di dalam pembelajaran dengan tanya jawab. Bapak guru juga memberikan soal latihan agar siswa lebih paham materi yang sudah di simpulkan.

  2. SUWARTI NINGSIH
    856080994
    PGSD
    pokjar batam

    Menurut saya,

    Dari video diatas guru sudah memberikan penjelasan yang mudah di pahami anak dengan menanamkan konsep-konsep mencari bilangan akar lebih dari 1000.
    akan tetapi cara tersebut bisa dilakukan ketika peserta didik sudah menghafalkan hasil pangkat 3 dari bilangan 1 sampai dengan 10.
    guru juga tidak memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membuat contoh soal sendiri, peserta didik hanya monoton menjawab persoalan yang diberikan oleh guru.

  3. Nama : Ranita sari
    Nim: 855740047
    Pokjar : Sidomulyo
    Program studi : PGSD-S1
    Semester : 6
    Kelas : B

    Menurut pendapat saya video di atas cara guru dalam menyampaikan materi sudah cukup baik dan jelas cara menjelaskan nya pun detail dan mudah di pahami , di awal pembejaran guru juga sudah langsung menyinggung materi yang lalu dengan cara memastikan siswa nya sudah mengetahui bagaimana akar pangkat 3 dari bilangan yang kurang dari 1.000, dan guru pun menjelaskan bahwa materi yang akan mereka bahas berikutnya yaitu materi akar pangkat 3 lebih dari 1.000 siswa juga sudah di minta untuk mengamati contoh contoh soal yang di tuliskan guru di papan tulis dan guru juga sudah menjelaskan materi tersebut kepada siswa nya.

    Namun dalam video tersebut guru kurang melibatkan siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran , seharusnya guru meminta siswa untuk memberikan contoh lain bagaimana mencari materi akar pangkat 3 untuk meyakinkan siswa tersebut sudah benar benar memahami atau tidak ,dan guru juga sebaik nya memberikan soal secara mandiri kepada siswa .
    Kemudian guru selalu memberikan tugas tambahan atau PR pekerjaan rumah tentang akar pangkat 3 lebih dari 1.000

    Sekian penjelasan dari saya mohon maaf apabila ada kata dan ucapan yang tidak baik.Terima kasih 🙏🙏

  4. NAMA: NURUL ANNISAH
    NIM: 855860789
    SEMESTER: 6/C
    UPBJJ: UT MEDAN
    POKJAR:ASAHAN
    Assalamualaiku, menurut dari video pembelajaran tersebut saya izin untuk menanggapi.
    Didalam video tersebut, cara guru menyampaikan materi tentang teknik cepat mencari pangkat 3 lebih dari 1000 kepada siswa cukup jelas. Guru tersebut melibatkan beberapa siswa yang ditunjuk untuk menjawab perpangkatan 3 1-10 yang ditanya. akan tetapi, ada sebagian siswa didalam video tersebut yang masih terlihat bingung. Sebaiknya, guru tersebut memberikan latihan soal tertulis kepada semua siswa untuk mengobservasi teknik cepat mencari akar pangkat 3 dari 1000

  5. Nama : Hamidatul MU’arifah
    NIM : 858571239
    UPBJJ : Malang
    Pokjar : AL-Huda Kediri

    Setelah saya menonton vidio tersebut tentang pembelajaran akar pangkat 3 pada bilangan lebih dari 1000,Saya ingat dahulu saat saya masih SD juga diajari perpangkatan seperti vidio tersebut,Tetapi pada zaman sekarang banyak media yang lebih mudah untuk melakukan perhitungan tersebut.Dan juga menurut saya metode tersebut sangat mudah diterapkan oleh guru dan juga akan mudah di mengerti bagi anak-anak,Mungkin ada beberapa anak yang daya pemahamannya kurang,maka itu merupakan tugas guru untuk mencari alternatif lain .

  6. Nama : Aprido Shabriansyah
    Nim : 855740054
    Pokjar : Sidomulyo
    Upbjj-UT : Bandar Lampung

    Berdasarkan video yang telah saya lihat tersebut, saya melihat ada beberapa hal positif yang dilakukan guru dalam mengajarkan konsep mencari akar pangkat 3 dari bilangan lebih dari 1000:
    1. Guru menghubungkan dengan materi sebelumnya (mencari akar pangkat 3 kurang dari 1000) untuk memberi konteks dan membangun pemahaman siswa secara bertahap.
    2. Guru memberikan contoh bilangan konkret (1331) untuk mengilustrasikan konsep yang akan dipelajari.
    3. Guru melibatkan siswa dengan mengajukan pertanyaan dan meminta mereka memberikan jawaban, sehingga pembelajaran lebih interaktif.
    4. Guru menjelaskan langkah-langkah mencari akar pangkat 3 secara sistematis dan terstruktur, sehingga mudah diikuti siswa.
    5. Guru memberikan penguatan positif ketika siswa menjawab dengan benar.
    6. Guru memberikan contoh tambahan (4913) untuk memastikan siswa memahami konsep yang diajarkan.
    7. Guru memberikan saran praktis untuk menghafal angka pangkat 3 dari 1 sampai 10 agar memudahkan penerapan metode ini.
    8. Guru menutup dengan memberikan apresiasi dan semangat kepada siswa untuk mencoba metode yang telah diajarkan.
    Secara keseluruhan, guru ini menggunakan pendekatan yang baik dalam mengajarkan konsep mencari akar pangkat 3 bilangan besar, yaitu dengan memberikan contoh konkret, menjelaskan secara sistematis, melibatkan siswa melalui pertanyaan, memberikan penguatan, dan memberikan tips praktis. Cara penyampaian juga cukup interaktif dan memotivasi siswa untuk berlatih.
    Saran perbaikan yang mungkin bisa ditambahkan adalah menggunakan media visual (misalnya menggambarkan kubus dengan sisi 1, 2, 3, dst) untuk membantu siswa memvisualisasikan konsep pangkat 3. Selain itu, memberikan lebih banyak contoh soal latihan juga dapat memantapkan pemahaman siswa.

  7. Nama : Aprido Shabriansyah
    Nim : 855740054
    Pokjar : Sidomulyo
    UPBJJ- UT : Bandar Lampung
    Berdasarkan video yang telah saya lihat tersebut, saya melihat ada beberapa hal positif yang dilakukan guru dalam mengajarkan konsep mencari akar pangkat 3 dari bilangan lebih dari 1000:
    1. Guru menghubungkan dengan materi sebelumnya (mencari akar pangkat 3 kurang dari 1000) untuk memberi konteks dan membangun pemahaman siswa secara bertahap.
    2. Guru memberikan contoh bilangan konkret (1331) untuk mengilustrasikan konsep yang akan dipelajari.
    3. Guru melibatkan siswa dengan mengajukan pertanyaan dan meminta mereka memberikan jawaban, sehingga pembelajaran lebih interaktif.
    4. Guru menjelaskan langkah-langkah mencari akar pangkat 3 secara sistematis dan terstruktur, sehingga mudah diikuti siswa.
    5. Guru memberikan penguatan positif ketika siswa menjawab dengan benar.
    6. Guru memberikan contoh tambahan (4913) untuk memastikan siswa memahami konsep yang diajarkan.
    7. Guru memberikan saran praktis untuk menghafal angka pangkat 3 dari 1 sampai 10 agar memudahkan penerapan metode ini.
    8. Guru menutup dengan memberikan apresiasi dan semangat kepada siswa untuk mencoba metode yang telah diajarkan.
    Secara keseluruhan, guru ini menggunakan pendekatan yang baik dalam mengajarkan konsep mencari akar pangkat 3 bilangan besar, yaitu dengan memberikan contoh konkret, menjelaskan secara sistematis, melibatkan siswa melalui pertanyaan, memberikan penguatan, dan memberikan tips praktis. Cara penyampaian juga cukup interaktif dan memotivasi siswa untuk berlatih.
    Saran perbaikan yang mungkin bisa ditambahkan adalah menggunakan media visual (misalnya menggambarkan kubus dengan sisi 1, 2, 3, dst) untuk membantu siswa memvisualisasikan konsep pangkat 3. Selain itu, memberikan lebih banyak contoh soal latihan juga dapat memantapkan pemahaman siswa.

  8. Nama : OKTARI DEVIANTI
    NIM : 856050067
    POKJAR : ASAHAN

    Setelah melihat video di atas,bapak guru memberi tahu cara berhitung cepat,dan siswa juga mudah paham apa yang di sampaikan bapak guru.

    Bapak guru membantu siswa berhitung cepat dan siswa sangat mengerti apa yang di sampaikan bapak guru tersebut,sehingga siswa tidak kesulitan untuk menjawab soal yang di berikan oleh bapak guru

  9. Nama : Dita Ghean Safira Mulya
    Nim : 855741063
    Semester : 6
    Kelas : C
    Upbjj: Bandar Lampung
    Pokjar : Sidomulyo
    (Video Eksak)
    Saya disini akan mencoba untuk memberikan komentar mengenai video yang berjudul Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000, mengenai beberapa hal :
    1. Reaksi siswa, di Video tersebut terlihat siswa sangat memperhatikan guru ketika menerangkan pelajaran, fokus siswa hanya pada penjelasan guru.
    2. Kekurangan, dalam video di atas siswa fokus tapi kurang terlihat menangkap pelajaran apa yang dijelaskan guru.
    3. Kelebihan, dalam video di atas guru sudah sangat baik dalam menjelaskan namun mungkin di beberapa siswa yang memang sulit untuk memahami pelajaran matematika ini. Namun di balik kesulitan itu guru mampu memberikan cara agar siswa mampu untuk memahami penjelasan nya.
    4. Solusi dari video tersebut adalah, mungkin guru memberikan soal dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan soal di papan tulis dan memberikan penghargaan
    Itu saya yang bisa saya sampaikan, saya ucapkan terima kasih

  10. Nama : RISA AFI MAZIDAH
    NIM : 858924138
    Kelas : 6C/PGSD
    UPBJJ : Jember Pokjar Genteng A, Banyuwangi

    Setelah saya melihat dan mengamati video pembelajaran di atas tentang mencari akar pangkat 3 lebih dari 1000, guru tersebut menjelaskan dengan sangat jelas serta memberikan cara yang mudah dipahami oleh siswa. Guru juga menyinggung materi akar pangkat 3 yang telah diajarkan di pertemuan yang lalu, yakni tentang akar pangkat 3 kurang dari 1000. Di dalam pembelajaran ini, guru memberikan contoh soal cara mencari akar pangkat 3 lebih dari 1000 dan mengajak siswa untuk aktif menjawab dan mengerjakan. Kemudian guru juga mengajarkan cara membuktikan akar pangkat 3 dari 1331adalah 11, sehingga siswa nantinya tidak akan ragu terhadap hasil jawaban yang diperoleh. Guru juga memberikan latihan soal lagi untuk dikerjakan bersama sehingga tidak hanya 1 siswa saja yang aktif menjawab akan tetapi ada beberapa siswa yang ikut berpartisipasi mengerjakan soal tersebut. Akan tetapi, guru tidak memberikan soal latihan kepada siswa, seharusnya guru tersebut memberikan beberapa soal latihan mencari akar pangkat 3 lebih dari 1000 kepada semua siswa agar mereka berlatih untuk mengerjakan. Sehingga nantinya apabila ada siswa yang kurang paham maka bisa didiskusikan bersama. Sehingga guru mengetahui kemampuan masing-masing siswa. Dan seharusnya guru juga memberikan soal latihan untuk dikerjakan di rumah, karena dengan sering berlatih mengerjakan soal maka siswa akan lebih mudah memahami materi. Dan di awal pembelajaran, seharusnya guru menyampaikan terlebih dahulu tujuan pembelajaran yang dilakukan, serta membuka pembelajaran dengan menanyakan kabar, absensi, serta memberikan motivasi sebelum pembelajaran agar siswa tertarik dan bisa mengikuti pembelajaran dengan baik.
    Mungkin itu saja tanggapan dari saya, terima kasih.

Leave a Reply