silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Akar pangkat tiga merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa. Terlebih lagi bilangan yang digunakan lebih dari seribu. Video ini berisi trik cara mencari akar dari suatu bilangan yang lebih dari seribu. Penggunaan trik ini cukup mudah bagi siswa dengan syarat siswa telah memahami hasil perpangkatan tiga dari 1 sampai 10.

Mery Novianti

Penjelasannya cukup menarik, namun ada baiknya dijelaskan pula bahwa hasil penarikan angka 3 dari bilangan tersebut adalah bilangan bulat positif.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Guru sudah sangat baik dan detail sekali dalam menjelaskan materi. Diawal pembelajaran juga guru sudah memastikan bahwa anak sudah mengerti bagaimana mencari akar Pangkat 3 dari bilagan yang kurang dari 1000. Untuk kelas tinggi anak sudah dapat diberikan hafalan dalam perkalian, namun harus dipastikan juga bahwa anak sudah memahami konsep perkalian itu sendiri. Kekurangan dari tayangan ini adalah guru kurang banyak melibatkan siswa dalam menjelaskan materi. Dalam memahami konsep akar pangkat 3 perlu banyak interaksi dengan siswa dan latihan soal.

Ade Kosasih (Guru SDN Malangbang Cimalaka)

Pada saat guru membuka pembelajaran, belum terlihat motivasi, namun sudah ada apersepsi dan tujuan belajar yang disampaiakan. Kemudian saat mengisi pembelajaran guru kurang interaktif dengan siswa dan belum ada tugas yang diberikan melalui latihan atau tugas di rumah. Penggunaan strategi dan pendekatan sudah baik, namun metode dalam belajar, mungkin dapat dibuat permainan, evaluasi pembelajaran kurang latihan dan diberi tugas pekerjaan rumah. Kesesuaian sudah cukup baik, Kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai. Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih menarik lagi, kemudian tahapan penyelesaian soal lebih di perjelas lagi, memberi kesempatan latihan secara mandiri dan tugas agar lebih meyakinkan bahwa siswa benar-benar mengerti.
Fitria Handayani (SD Dharma Karya)

Similar Posts

52 Comments

  1. Nama : Ayu Dwi Lestari
    NIM : 877313854

    Berdasarkan video di atas, terlihat bahwa guru telah melaksanakan pembelajaran dengan cukup baik dan sistematis.
    Mulai dari awal pembelajaran, guru mengingatkan kembali pada materi yang telah dipelajari sebelumnya dan menghubungkan dengan materi yang akan dipelajari pada hari itu. Guru memberikan penjelasan konsep bilangan akar pangkat 3 lebih dari seribu dengan cukup baik dan runtut. Selain itu, guru juga melibatkan siswa dalam pembelajaran dengan melontarkan pertanyaan kepada siswa terkait materi yang dipelajari. Guru memberikan contoh soal untuk memastikan pemahaman siswa. Guru pun memberikan penguatan terhadap keaktifan siswa ketika menjawab.
    Menurut saya, guru bisa menambahkan beberapa contoh soal lagi untuk memastikan pemahaman siswa dan memacu keaktifan siswa yg lain dalam pembelajaran. Guru juga bisa menanyakan apakah semua siswa sudah memahami materi yg telah dijelaskan atau belum. Memberikan tugas mandiri maupun PR bisa digunakan sebagai alat ukur pemahaman siswa, sehingga pemahaman siswa dapat dilihat secara keseluruhan.

  2. Nama : Dita Ghean Safira Mulya

    Nim : 855741063

    Semester : 6

    Kelas : C

    Upbjj: Bandar Lampung

    Pokjar : Sidomulyo

    (Video Eksak)

    Saya disini akan mencoba untuk memberikan komentar mengenai video yang berjudul Mencari Akar Pangkat 3 Lebih dari 1000, mengenai beberapa hal :
    1. Reaksi siswa, di Video tersebut terlihat siswa sangat memperhatikan guru ketika menerangkan pelajaran, fokus siswa hanya pada penjelasan guru.
    2. Kekurangan, dalam video di atas siswa fokus tapi kurang terlihat menangkap pelajaran apa yang dijelaskan guru.
    3. Kelebihan, dalam video di atas guru sudah sangat baik dalam menjelaskan namun mungkin di beberapa siswa yang memang sulit untuk memahami pelajaran matematika ini. Namun di balik kesulitan itu guru menjelaskan dengan cara melingkari angka angka sehingga siswa mudah memahami, selain itu guru juga mengingatkan kembali pelajaran sebelumnya sebelum memulai pelajaran yang akan di pelajari sekarang.
    4. Solusi dari video tersebut adalah, mungkin guru memberikan soal dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan soal di papan tulis dan memberikan penghargaan/reward pada siswa yang berani maju ke depan.
    Itu saya yang bisa saya sampaikan, saya ucapkan terima kasih

  3. Assalamu’alaikum wr.wb
    Nama : Tiara Agustari
    NIM : 856027422
    Prodi : PGSD
    UPBJJ-UT : Medan

    Berdasarkan video diatas :
    Guru sudah memberikan penjelasan yang mudah di pahami anak dengan menanamkan konsep-konsep mencari bilangan akar lebih dari 1000, namun cara tersebut hanya bisa dilakukan ketika peserta didik sudah menghafalkan hasil pangkat 3 dari bilangan 1 sampai dengan 10.
    guru juga tidak memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membuat contoh soal sendiri, peserta didik hanya monoton menjawab persoalan yang diberikan oleh guru.
    Terimakasih 🙏🏻

  4. assalamualaikum
    Nama : Rifqi syuja marpaung
    Nim : 855865559
    UT medan , Pokjar Asahan
    Prodi : PGSD

    menurut pendapat saya mengenai vidio yang ada di atas ada beberapa point :
    1. disini guru memberikan trik bagaimana cara untuk lebih cepat mempelajari bilangan akar pangakat 3 pada sebuah bilangan yang lebih dari 1000
    2. yang kedua siswa diminta untuk dapat menghapal akar pangkat 3 1-10 agar lebih mudah untuk mempelajari materi ini agar siswa lebih praktis dalam belajar.
    3. didalam vidio ini terlihat para siswa/i sangat antusias dalam belajar matematika
    4. dan menurut saya guru bisa memberikan contoh beberapa soal lagi dan menyuruh seluruh siswa maju kedepan untuk mempraktikan secara langsung apakah mereka sudah benar benar mengerti akan materi yang telah di pelajari kali ini.

    terimakasih .

  5. Nama : lenta kurniawati zebua
    Izin menanggapi
    Dari video pembelajaran tersebut, bisa terlihat adanya perhatian dan kesiapan siswa dalam menerima pelajaran. Dalam kasus ini, siswa sebelumnya sudah tahu atau hafal perkalian pangkat 3 yang memang sudah seharusnya dikuasai terlebih dahulu untuk bisa melakukan penghitungan akar pangkat 3. Namun, salah satu upaya bisa dilakukan untuk lebih memahami proses penghitungan yakni dengan memberikan siswa kesempatan untuk mengerjakan soal di depan . Hal ini dapat memicu semangat dan perhatian siswa untuk lebih menyukai matematika, terutama dalam penghitungan bilangan alias tingkat 3.
    Terima kasih

  6. Nama : Dhea Paramitha Putri
    NIM : 856032599
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ UT : 12/Medan
    Pokjar : Serdang Bedagai

    Berikut adalah hasil analis dan beberapa refleksi yang saya berikan setelah melihat video pembelajaran diatas yaitu sebagai berikut:
    Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut yaitu memastikan pemahaman siswa terkait cara mencari akar pangkat 3 di awal pembelajaran, termasuk memberi hafalan pada siswa kelas tinggi, dan menjelaskan konsep tersebut untuk bilangan di atas 1000. Video memberikan trik mencari akar untuk bilangan di atas seribu dengan asumsi pemahaman perpangkatan tiga dari 1 hingga 10.
    Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran dalam video yaitu kurangnya interaksi siswa dan guru dan kurangnya latihan soal yang dapat mengukur pemahaman siswa tentang akar pangkat tiga. Tidak adanya pengecekan pemahaman siswa, kurangnya motivasi awal, pembelajaran kurang interaktif, dan tidak ada tugas yang diberikan kepada siswa untuk dilakukan di rumah.

    Kelebihan guru dalam pembelajaran adalah penyampaian apersepsi dan tujuan belajar yang jelas, penjelasan materi yang rinci, serta kemampuan mengelola kelas dan menyampaikan pembelajaran secara efektif.

    Adapun hal unik yang saya temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran yaitu siswa dapat cepat memahami materi tanpa keterlibatan aktif dari guru, menunjukkan kemampuan siswa untuk belajar mandiri.

    Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang saya amati dari tayangan video, upaya yang dapat ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu guru sebaiknya lebih mempersiapkan apersepsi yang sesuai dengan materi, menciptakan kondisi kelas yang kondusif, dan menggunakan metode dan alat peraga yang bervariasi guna meningkatkan minat dan pemahaman siswa.

  7. Nama : Dhea Paramitha Putri
    NIM : 856032599
    Prodi : S1-PGSD
    UPBJJ UT : 12/Medan
    Pokjar : Serdang Bedagai

    Berikut adalah hasil analis dan beberapa refleksi yang saya berikan setelah melihat video pembelajaran diatas yaitu sebagai berikut:
    Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru tersebut yaitu memastikan pemahaman siswa terkait cara mencari akar pangkat 3 di awal pembelajaran, termasuk memberi hafalan pada siswa kelas tinggi, dan menjelaskan konsep tersebut untuk bilangan di atas 1000. Video memberikan trik mencari akar untuk bilangan di atas seribu dengan asumsi pemahaman perpangkatan tiga dari 1 hingga 10.

    Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran dalam video yaitu terdapat siswa kurang memahami materi pembelajaran, kurangnya interaksi siswa dan guru, dan kurangnya latihan soal yang dapat mengukur pemahaman siswa tentang akar pangkat tiga. Tidak adanya pengecekan pemahaman siswa, kurangnya motivasi awal, pembelajaran kurang interaktif, dan tidak ada belajar sehingga kurang menarik siswa dan monoton.

    Kelebihan guru dalam pembelajaran adalah penyampaian apersepsi dan tujuan belajar yang jelas, penjelasan materi yang rinci, serta kemampuan mengelola kelas dan menyampaikan pembelajaran secara efektif.

    Adapun hal unik yang saya temukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran yaitu siswa dapat cepat memahami materi tanpa keterlibatan aktif dari guru, menunjukkan kemampuan siswa untuk belajar mandiri.

    Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang saya amati dari tayangan video, upaya yang dapat ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya yaitu guru sebaiknya lebih mempersiapkan apersepsi yang sesuai dengan materi, menciptakan kondisi kelas yang kondusif, dan menggunakan metode dan alat peraga yang bervariasi guna meningkatkan minat dan pemahaman siswa.

  8. Nama : Aryo Vage Purnomo Pratama
    NIM : 858926719

    Dari video tersebut untuk kegiatan inti pembelajaran sudah dapat dipahami oleh siswa melihat semua siswa aktif menjawab pertanyaan. tetapi masih belum sesuai dengan struktur RPP karena pada video hanya berisi kegiatan inti.

  9. NAMA : PUTRANDA ROVI ROMADHONI
    NIM : 858829489
    SEMESTER :6
    UPBBJ : MALANG
    Setelah saya menonton video pembelajaran tersebut, guru yang berada di dalam rekaman video tersebut sudah terlihat sangat menguasai materi pembelajaran yang di sampaikan kepada para murid atau siswa yaitu mengenai Mencari akar pangkat 3 lebih dari 1000. Guru tersebut menggunakan metode ceramah serta melakukan interaksi kepada murid, contohnya seperti memberikan kesempatan kepada para murid untuk menyelesaikan masalah. Selain itu, juga ada saran ketika materi ini baru pertama kali diajarkan, maka guru harus bisa menjelaskan terlebih dahulu materinya. Dalam menjelaskan materi, guru harus menggunakan kata-kata yang senderhana sehingga mudah dipahami oleh para murid dikelas.

  10. Nama: Sri retno Yanuarsih
    NIM : 857143203
    Prodi : SI-PGSD
    UPBJJ UT: Jakarta
    Pokjar : SMP 92

    Berikut adalah hasil analisis dan refleksi setelah melihat video tersebut :
    1. Guru tidak mengucapkan salam dan menanyakan kabar terlebih dahulu, lalu tidak mengecek daftar hadir siswanya.
    2. Guru Mengaitkan mata pelajaran yang sudah di pelajari sebelumnya yaitu Penariakan akar pangkat 3 kurang dari 1000.
    3. Menurut saya saat akan menjelaskan materi sebaiknya me review kembali perkalian hasil pangkat 3 nya secara bersama-sama, karena pangkat 3 adalah kebalikan dari akar pangkat tiga, sehingga siswa akan bersemangat dan kelas menjadi atraktif, selain itu akan memudahkan siswa untuk memahami konsep penarikan Akar pangkat tiga terutama nilai paling belakangnya.
    4. Guru sudah melakukan refleksi dengan baik.

    Demikian Analisis dari saya, kelemahanya guru tersebut terletak pada saat menjelaskan materi belum jelas terutama saat mencari bilangan kubik yang paling belakang, dan siswa tidak diminta untuk menghafalkan pangkat 3 bilangan 1-10. kelebihanya adalah guru sangat sabar saat menyampaikan dan murid terlihat bisa terkondisikan.

Leave a Reply