silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

871 Comments

  1. Nama : ZIKRI INDRAWAN MULYA
    NIM : 856992031

    Dari video tersebut terlihat bahwa pada jam pelajaran siang, anak-anak kurang fokus dalam belajar matematika. Mereka terlihat mengantuk, berdiskusi dengan teman-teman, bahkan ada yang berjalan-jalan, sehingga tidak dapat fokus pada pelajaran. Kelemahan guru yang terlihat adalah pemilihan waktu pelajaran yang tidak tepat, menyebabkan ketidakfokusan para siswa dan akhirnya mereka tidak mendapatkan pengetahuan dari pelajaran tersebut.

    Namun, kelebihan guru juga terlihat dalam video tersebut. Guru tersebut sangat kreatif dalam menggunakan media pembelajaran, yang membuat para siswa menjadi semangat untuk belajar dan berinteraksi dengan guru. Ini menciptakan kedekatan antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran, serta mendorong siswa untuk merespon materi matematika secara kreatif.

    Yang menarik dalam video adalah adanya interaksi dan kerjasama yang baik antara guru dan siswa, yang memungkinkan siswa untuk menyampaikan saran dan pendapat mereka. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan, seperti melakukan ice breaking sebelum pembelajaran untuk meningkatkan semangat siswa, dan memilih waktu yang tepat untuk pelajaran matematika, mengingat tingkat konsentrasi yang diperlukan.

  2. NAMA : ANITA ADI
    NIM 856973579
    UT BANDAR LAMPUNG
    SALUT AMBARAWA

    tanggapan saya mengenai vidio tersebut

    Kekurangan
    siswa tidak konsentrasi dalam pembelajaran bisa saja karena suasana panas setelah istirahat. di vidio ini guru melakukan pembukaan pembelajaran tapi masih kurang tepat karena belum membuat fokus anak, tidak kondusif, gaduh, sehingga membuat kegiatan belajar yang akan dilakukan menjadi tidak maksimal, di awal gurunya terlalu terburu buru untuk memulai pelajaran sehingga siswa menjadi kurang minat pada pembelajaran tersebut dan hanya memakai metode ceramah sehingga siswa tidak fokus pada pelajaran tersebut

    kelebihan
    guru memakai media gambar dalam pembelajaran sehingga lebih sedikit menarik.

  3. Nurhaliza (857114915)

    Dalam video tersebut, pada kegiatan awal pembelajaran terlihat siswa yang tidak fokus terhadap guru, karena pada siang hari siswa cenderung mengantuk dan kelelahan sehingga membuat guru belum dapat perhatian dari siswa. Selanjutnya guru sudah menyampaikan tujuan pembelajaran matematika dan pentingnya belajar matematika, hanya saja jika guru juga memberi motivasi belajar terhadap siswa maka akan membuat kelas menjadi hidup.
    Berikutnya guru sudah menyiapkan alat pembelajaran berupa poster, namun akan lebih baik jika alat pembelajaran tersebut lebih komplit.
    Terakhir guru sebaiknya menyimpulkan pembelajaran sebelum menutup pembelajaran.

  4. Nurhaliza (857114915)

    Dalam video tersebut, pada kegiatan awal pembelajaran terlihat siswa yang tidak fokus saat belajar. Biasanya pada siang hari siswa cenderung mengantuk dan kelelahan setelah istirahat. Selanjutnya guru tersebut memyampaikan tujuan pembelajaran matematika dan pentingnya belajar matematika untuk masa depan. Seharusnya akan lebih bagus lagi jika guru tersebut memberikan motivasi belajar kepada siswa. Dan guru juga sudah menyiapkan alat berupa poster namun lebih baik jika alat pembelajaran tersebut lengkap. Terakhir, guru sebaiknya menyimpulkan pembelajaran sebelum menutup pembelajaran.

  5. nama : ira prihatini
    NIM : 858778311

    Menurut pendapat saya setelah saya melihat video diaataas salah satu masalahnya yaitu ada dijam pelajaran yakni jam terakhir atau jam siang sehingga membuat siswa kurang fokus bermain sendiri, mengobrol sendiri, tidak mendengarkan penjelasan guru, serta membuat gaduh
    alangkah baiknya kalau pelajaran mata pelajaran yang kurang diminati siswa matematika khususnya untuk diadakan ketikan jam pagi karen ank-anak masih fresh dan belum capek.

    kelebihan guru diatas yakni guru mempunyai trik untuk mendapat perhatian dari semua murid yakni adanya media dalam pembelajaran sehingga dapat menarik perhatian murid sehingga mirid menjadi aktif dalam proses pembelajaran tersebut
    terimakasih

  6. NAMA : IRA PRIHATINI
    NIM: 858778311

    Menurut saya setelah saya melihat vidio diatas salah satu masalahnya yakni anak kurang fokus dikarenakan pemebelajaran berlangsung pada siang hari atau jam siang yang mana pada jam siang banyak anak anak yang sudah lelah sehingga membuat anak anak tidak fokus, bermain sendiri, tidak mendengarkan guru berbicara, mengobrol sendiri, dan membuat kegaduhan.
    namun pada video diatas guru mrmpunyai trik mencuri perhatian siswa lewat media pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran siswa lebih tertarik dan membuat siswa aktif pada proses pembelajaran berlangsung.

    teirmakasih

  7. Nama : Iid Fadilah Mustakilah (857255772)
    UPBJJ : Serang
    Tanggapan saya mengenai anak yang tidak konsentrasi dalam belajar di waktu siang karena suasana belajar yang awalnya monoton, lebih kepada guru yang mengambil alih semua perilaku di kelas, siswa tidak diajak berinteraksi secara langsung. Di tambah jam siang, itu jam-jamnya siswa mengantuk, jadi lebih baik diberikan ice breaking terlebih dahulu, agar siswa siap untuk belajar kembali.

  8. Nama : SURITAYANI
    NIM : 855735923

    Diawal pembelajaran siswa kurang antusias karena belajar matematika saat siang hari ketika daya fokus dan semangat menurun, tetapi saat pembelajaran siswa mulai duduk tenang, fokus dan aktif mejawab pertanyaan yang diberikan guru

    Kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran
    Guru tidak menggunakan ice breaking yang lebih menarik, misalnya menyanyikan rumus perkalian atau satuan panjang
    Kurang nya penggunaan media atau alat peraga

    Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran
    Suara lantang guru saat menjelaskan membuat anak fokus kedepan
    Guru memberikan beberapa pertanyaan sehingga membuat siswa antusias menjawab dan senang ketika pembelajaran.
    Guru menggunakan media gambar sederhana yaitu bentuk kertas persegi panjang dengan gambar-gambar yang unik

    Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran
    Walau mengajar ketika siang hari guru tetap semangat menjelaskan kepada siswa dan siswa pun ikut semangat.
    Menggunakan media sederhana tapi siswa terlihat sangat antusias

    Upaya apa saja yang dapat meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya
    Jam Pelajaran matematika hendaknya dimajukan menjadi lebih pagi, karena siswa masih semangat dan fokus.
    Guru dapat menggunakan media elektronik, misal menggunakan proyektor atau menggunakan media gambar yang lebih besar.

  9. Nama : Esterlina
    Nim. : 859821684
    UPBJJ : Kendari
    Pokjar. : Kendari
    Tanggapan saya setelah saya menonton video tentang Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari :
    1.Sebaiknya pelajaran matematika di lakukan pada pagi hari dan bisa juga dilakukan pada siang hari tapi guru harus mampu menarik perhatian siswa dengan cara ice breaking.
    2.Pada video tersebut banyak siswa yg tidak membawah alat tulis
    3.Pada video tersebut siswa lebih banyak bermain dan tidak memperhatikan materi pelajaran yang dijelaskan oleh guru mungkin disebabkan karena siswa jenuh.
    4.Pada video tersebut hanya sebagian siswa yang aktif dalam proses pembelajaran,dan sebagian siswa ada yg mengantuk.
    5.Pada video tersebut cara guru dalam menjelaskan materi sangat baik karena guru menggunakan media sehingga sebagian siswa yg aktif dapat memahami materi yg diajarkan dan siswa juga langsung mempraktekkan menggunakan media ukur.

  10. Nama : Annisa Nur Jannah
    NIM : 857102713
    Setelah menonton dan menyimak video di atas, saya beranggapan bahwa pembelajaran matematika setelah jam istirahat atau di waktu siang hari akan membuat siswa tidak fokus terhadap pembelajaran, selain rasa kantuk yang dirasakan siswa juga tidak merasa nyaman dengan suasa kelas yang panas, sehingga banyak siswa yang kurang siap dan fokus terhadap pembelajaran matematika.

Leave a Reply