silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak siswa belajar di luar kelas. Mereka diajak belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang terdapat di luar kelas.

Mulyadi

Pakar Dosen

Tujuan tayangan video adalah mengingatkan para guru bahwa pembelajaran matematika pada siang hari membutuhkan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari. Suara guru cukup lantang mampu menguasai kegaduhan kelas saat membuka pelajaran, namun fokus siswa pada proses pembelajaran hanya sesaat. Rasa lelah mendorong para siswa mencari kegiatan yang menarik perhatian mereka, yaitu bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk. Setelah melakukan refleksi sesaat sebelum melanjutkan menyampaikan materi, guru berhasil memusatkan perhatian siswa dengan mengungkapkan keutamaan belajar matematika dan mengubah strategi ceramah dengan strategi tanya jawab dikombinasi dengan peragaan media dan praktik kerja berupa mengukur gambar dan benda. Sesuai dengan salah satu karakteristik anak usia operasional konkret, adalah tepat bagi guru untuk memfasilitasi anak melakukan pengukuran langsung suatu obyek.

Kegiatan mengukur juga sesuai dengan tugas perkembangan fisik anak. Saat anak dapat penilaian berhasil, penilaian itu akan memunculkan rasa bahagia dan bangga.

Pertanyaan Pendapat Pakar yang kemudian akan mendorong munculnya keberhasilan berikutnya. Kegiatan evaluasi tidak tampak dilakukan oleh guru. Saat salah satu siswa melakukan kegiatan mengukur di papan tulis, guru tidak mengevaluasi cara memegang alat ukur, meletakkan titik awal penghitungan, dan memperagakan cara mengukur yang benar ke para siswa. Meskipun dalam kurikulum kelas tinggi sekolah dasar kegiatan mengukur panjang bukan salah satu kemampuan yang dituntut lagi, namun kemampuan mengukur perlu dievaluasi kembali Secara umum tertangkap kesan bahwa guru kurang mempertimbangkan proses pembelajaran dengan kondisi fisik dan psikis anak. Saat pembelajaran berlangsung di siang hari, guru harus menyiapkan berbagai strategi untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Aneka upaya bisa ditempuh guru untuk menghilangkan rasa lelah dan bosan, antara lain menciptakan pembelajaran yang menuntut anak banyak gerak disertai rasa senang, mengubah posisi duduk, bekerja dalam kelompok atau belajar di luar ruang kelas.

Drs. Edi Prayitno, M.Pd.

Pakar Guru

1. Membuka, mengisi dan menutup masih ceramah.

2. Standar strategi masih ceramah.

3. Guru hanya berdiri di depan kelas walaupun sudah adanya keterlibatan siswa masih sedikit, penyampaian materi pembelajaran kurang jelas.

4. Sudah sesuai dengan peserta didik.

Etty Misawati

Similar Posts

871 Comments

  1. Nama : Yusrina Rosa
    Nim : 855856843

    Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari merupakan hal yang sangat wajar terjadi di sekolah, hal ini terjadi karena pada siang hari siswa telah merasakan lelah belajar mulai dari pagi dan harus kembali belajar matematika pada siang hari yang memerlukan konsentrasi tinggi tentu kondisi siswa sudah tidak seaktif pada pelajaran yang dilakukan pagi hari, siswa akan cenderung merasa bosan, lelah, lapar, dan mengantuk. Adapun cara yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan menghidupkan kembali suasana kelas yang menyenangkan, tidak mau terlalu memberikan tekanan kepada siswa, melakukan ice breaking, memastikan semua siswa melakukan interaksi dengan guru, serta melakukan hal-hal menyenangkan lainnya, tentunya melalui cara ini konsentrasi siswa dapat membaik lagi, pelajaran matematika tidak selalu dilakukan dengan cara perhitungan namun bisa juga dilakukan dengan cara pengaplikasian pada benda-benda yang mudah didapatkan.

  2. Nama : Listiani
    Nim : 859762448

    Tanggapan saya setelah saya menonton video tentang Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari :
    Sebaiknya pembelajaran matematika dilakukan pada pagi hari jika dilakukan di siang hari siswa akan jenuh karena sudah mulai capek dan gelisah sehingga tidak dapat konsentrasi dengan baik. Video diatas juga diperlihatkan siswa yang kurang siap untuk belajar karena alat tulis yang dibawa tidak lengkap. Guru harus mempunyai trik yang menarik untuk membuat siswa semangat lagi seperti pada video diatas dilakukan tanya jawab agar siswa tidak mengantuk disertakan dengan media gambar sehingga menarik perhatian siswa.

  3. Nama : Era Julenti
    Nim : 856823024

    Siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari adalah masalah yang umum ditemui dalam proses pembelajaran matematika. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti suasana kelas yang tidak nyaman, adanya gangguan dari luar, dan kelelahan siswa setelah belajar sepanjang pagi hari. Oleh karena itu, guru harus dapat menciptakan strategi pembelajaran yang lebih inovatif untuk menarik perhatian dan minat belajar siswa.
    Beberapa solusi yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa pada siang hari meliputi:
    1. Mengajak Siswa Belajar di Luar Kelas: Guru dapat mengajak siswa belajar di luar kelas, menggunakan sumber belajar yang terdapat di luar kelas. Hal ini dapat membantu siswa untuk lebih konsentrasi dan tidak terganggu oleh suasana kelas yang tidak nyaman.
    2. Penggunaan Metode Mengajar yang Bervariasi: Guru dapat menggunakan metode mengajar yang bervariasi, seperti mengajar dengan memanfaatkan benda yang sesuai dengan materi, untuk menarik perhatian siswa dan meningkatkan konsentrasi mereka.
    3. Pemberian Ice Breaking Disela-sela Pembelajaran: Guru dapat memberikan ice breaking disela-sela pembelajaran untuk membantu siswa menghilangkan kelelahan dan meningkatkan konsentrasi mereka.
    4. Menggunakan Strategi Pembelajaran yang Dapat Mengalahkan Rasa Jenuh dan Lelah: Guru dapat menggunakan strategi pembelajaran yang dapat mengalahkan rasa jenuh dan lelah setelah siswa belajar sepanjang pagi hari, seperti dengan mengajak siswa bergurau dengan teman atau tiduran di tempat duduk.
    5. Mengajak Siswa untuk Berpartisipasi Aktif dalam Pembelajaran: Guru dapat mengajak siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, seperti dengan memberikan tugas yang memerlukan kerja sama, untuk meningkatkan konsentrasi siswa dan mempereratkan hubungan antara siswa dan guru.
    Dengan menggunakan strategi-strategi tersebut, guru dapat membantu siswa untuk lebih konsentrasi dan meningkatkan hasil belajar matematika mereka, terutama pada siang hari.

  4. NAMA : SUCI WATI
    NIM :859763457
    POKJAR: Kendari

    Mengajar matematika pada umumnya dilaksankan pada jam pertama. Namun apabila matematika diajarkan pada siang hari sudah pasti murid banyak yang tidak semangat lagi. Jadi kita sebagai guru harus pandai dalam menggelolah kelas. Seperti dalam video dia atas, pembahasaanya sudah menarik dan media gambar yang digunakan cukup beragam sehingga mampu mengajak siswa berinteraksi. Namun, alangkah lebih baik jika guru mengajar matematika tidak lebih banyak bercerita atau ceramah,melainkan belajar sambil bermain. Mengapa demikian, agar siswa ikut aktif dan tidak jenuh. Apalagi pelajaran yang dibawahkan adalah matematika itupun jam digunakan padasaan siswa–siswa sudah kelelahan, gantuk dan malas. Maka seorang guru harus lebih pandai menggelola kelas. Kemudian yang kita lihat dari video tersebut,seharus guru tdk hanya berdiam diri.

  5. Nama: Winda Wismarianti
    Nim: 859762179
    UPBJJ: Kendari

    Dalam video pembelajaran guru mengajar kan mata pelajaran matematika yaitu mengenai ukuran dengan menggunakan media gambar dan mengajak anak-anak untuk menyimpulkan bersama mengenai gambar tersebut.
    Kelemahan dalam video pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam video tersebut ialah kurangnya media yang digunakan, guru tidak melakukan ice breaking dan terlihat dalam video tersebut anak anak didik tidak fokus dengan apa yang dijelaskan oleh guru dan kebanyakan dari mereka asik sendiri sendiri, dan sebaiknya untuk pelajaran matematika matematika lebih baik dilaksanakan di jam pagi karena jika pagi anak-anak masih bisa untuk fokus dalam pembelajaran.

  6. Setelah melihat video tersebut saya berpendapat bahwa pembelajaran matematika yang dilakukan pada siang hari akan menyebabkan siswa kurang fokus dalam menerima pembelajaran. hal tersebut dikarenakan energi siswasudah terkuras pada pagi hari .Biasanya guru terkesan monoton dalam menjelaskan.Apalagi rata-rata siswa ini kebanyakan tidak suka pelajaran yang berkaitan dengan hitung-hitungan.Dengan metode guru yang monoton dan terkesan menekan maka siswa tidak akan bisa berkonsentrasi dengan maksimal,yang ada siswa akan tidak mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh guru.Dalam video tersebut guru melakukan salah satu strategi untuk mengembalikan konsentrasi siswa dengan cara menggunakan media pembelajaran berupa gambar-gambar serta guru juga melakukan timbal balik dengan melemparkan pertanyaan-pertanyaan terhadap siswa sehingga siswa bisa lebih aktif dan interaktif.Tedapat hal unik yang ditemukan dalam video yaitu adanya kerjasama yang baik anatara siswa dan guru sehingga pembelajaran mempunyai kualitas yang lebih baik.Untuk meningkatkan Pembelajaran yang efektif kedepannya guru harus lebih berinovasi.Bisa dengan menggunakan fasilitas teknologi yang sudah semakin berkenbang.Dengan inovasi tersebut maka siswa akan lebih mudah untuk menagkap apa yang sudah dijelaskan oleh guru

  7. Setelah melihat video tersebut saya berpendapat bahwa pembelajaran matematika yang dilakukan pada siang hari akan menyebabkan siswa kurang fokus dalam menerima pembelajaran. hal tersebut dikarenakan energi siswasudah terkuras pada pagi hari .Biasanya guru terkesan monoton dalam menjelaskan.Apalagi rata-rata siswa ini kebanyakan tidak suka pelajaran yang berkaitan dengan hitung-hitungan.Dengan metode guru yang monoton dan terkesan menekan maka siswa tidak akan bisa berkonsentrasi dengan maksimal,yang ada siswa akan tidak mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh guru.Dalam video tersebut guru melakukan salah satu strategi untuk mengembalikan konsentrasi siswa dengan cara menggunakan media pembelajaran berupa gambar-gambar serta guru juga melakukan timbal balik dengan melemparkan pertanyaan-pertanyaan terhadap siswa sehingga siswa bisa lebih aktif dan interaktif.Tedapat hal unik yang ditemukan dalam video yaitu adanya kerjasama yang baik anatara siswa dan guru sehingga pembelajaran mempunyai kualitas yang lebih baik.Untuk meningkatkan Pembelajaran yang efektif kedepannya guru harus lebih berinovasi.Bisa dengan menggunakan fasilitas teknologi yang sudah semakin berkenbang.Dengan inovasi tersebut maka siswa akan lebih mudah untuk menagkap apa yang sudah dijelaskan oleh guru.

  8. Nama : Mega Nusantara
    NIM : 858922657
    Pokjar : Mangli

    Setelah melihat dalam video tersebut hal yang menarik selama pembelajaran berlangsung yaitu guru telah memberikan motivasi kepada siswa bahwa matematika sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja saat kelak nanti ada yang berprofesi sebagai pedagang maka ilmu matematika sangat penting diterapkan. Hal yang menarik juga adalah guru membuat suasana kelas lebih aktif dengan adanya tanya jawab, misalnya guru menunjukkan gambar pesawat ada tanya jawab yaitu siapa yang mengemudikan pesawat.

  9. Nama : NANANG SYAFII
    Nim : 857955193

    Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari merupakan hal yang sangat wajar terjadi di sekolah, hal ini terjadi karena pada siang hari siswa telah merasakan lelah belajar mulai dari pagi dan harus kembali belajar matematika pada siang hari yang memerlukan konsentrasi tinggi tentu kondisi siswa sudah tidak seaktif pada pelajaran yang dilakukan pagi hari, siswa cenderung merasa bosan, lelah, lapar, dan mengantuk. Adapun cara yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan menghidupkan kembali suasana kelas yang menyenangkan, tidak mau terlalu memberikan tekanan kepada siswa, melakukan icebreaking, memastikan semua siswa melakukan interaksi dengan guru, serta melakukan hal-hal menyenangkan lainnya, tentunya melalui cara ini konsentrasi siswa dapat meningkat lagi, pelajaran matematika tidak selalu dilakukan dengan cara perhitungan namun bisa juga dilakukan dengan cara pengaplikasian pada benda-benda yang mudah diperoleh.

  10. Setelah saya menonton vidio pembelajaran tentang siswa tidak konsentrasi belajar matematika pada siang hari ialah guru tersebut sudah bagus dalam melaksanakan pembelajaran tersebut, karena di dalam pembelajarannya guru sudah menggunakan media gambar, menggunakan metode eksperkmen langsung dan guru sudah melatih kepercayaan murid untuk tampil di depan kelas yaitu mengukur panjang gambar. Namun, dalam pembelajaran matematika tersebut masih ada beberapa murid yang belum konsentrasi di saat kegiatan pembukaan pembelajaran. Hal ini bisa terjadi munkin karena pembelajaran matematika yang dilakukan pada siang hari dan yang mana biasanya diaanggap sulit dan membosankan oleh siswa. Agar siswa dapat lebih berkonsentrasi seorang guru harus merubah mindset mereka bahwa matematika itu mudah dan menyenangkan, salah satu caranya dalam pembawaan saat penyampaian materi dapat dibuat lebih menarik lagi dan menyenangkan dengan salah satu caranya diadakan ice breaking.

Leave a Reply