silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika.

Mulyadi

Cerita dalam video itu cukup menarik, walaupun hanya sekilas bahwa seorang arsitek yang menyatakan bahwa matematika itu sangat bagi seorang arsitek dengan harapan bahwa matematika menjadi disenangi siswa.

Prof. Dr. Wahyudin (UPI Bandung)

Alasan siswa tidak menyukai pembelajaran matematika dalam tayangan tersebut “mungkin” dikarenakan guru tidak menggunakan alat peraga dalam mengajar matematika. Hal tersebut dimungkinkan karena mengajar matematika di kelas rendah harus menggunakan alat peraga. Selain untuk menarik perhatian siswa, alat peraga juga sangat berguna untuk membantu siswa dalam memahami konsep abstrak .

Dengan menghadirkan seorang arsitek dalam kelas tentunya menambah motivasi siswa mempelajari matematika. Arsitek memang tepat dijadikan contoh profesi yang berkaitan dengan bangun ruang. Profesi ini membutuhkan pemahaman yang baik konsep bangun ruang serta ketelitian yang tinggi dalam menghitung luar volume suatu bangun ruang pada saat merancang suatu bangunan.

Ade Kaesih (Guru SDN Malangbong Cimalaka)


  1. Dalam membuka, mengisi dan menutup pembelajaran sudah cukup baik. Hanya tidak ada sapa pada siswa agar menciptakan suasana yang nyaman, tidak langsung pada penyampaian materi.
  2. Penggunaan strategi metode masih ceramah.
  3. Media kurang evaluasi/kesimpulan tidak melibatkan siswa.
  4. Kesesuaian sudah, Masih teacher center.

Etty Misawati 

Similar Posts

597 Comments

  1. Nama: Hermawan
    NIM: 856973389
    Pokjar: Way Tenong

    setelah saya menonton video di atas, saya melihat bahwa siswa masih banyak yang belum fokus saat akan belajar, hal ini menandakan bahwa siswa belum siap belajar terlihat saat guru akan menyampaikan pembelajaran masih banyak siswa yang menyiapkan alat pembelajaran bahkan ada yang masih bercanda dengan temannya. menurut saya, hendaklah guru untuk memastikan bahwa siswa siap untuk memulai pembelajaran, dan guru bisa mengajak siswa untuk melakukan ice breaking dulu sebelum belajar agar perhatian siswa bisa teralihkan.
    dalam video tersebut sudah cukup bagus dengan mendatangkan seorang ahli yaitu arsitek dengan tujuan untuk menumbuhkan motivasi siswa belajar matematika, hanya saja untuk anak SD hal seperti itu masih kurang cocok, karena anak SD belum berpikir sejauh itu mengenai arsitek. guru bisa menggunakan berbagai media pembelajaran yang inovatif dan juga menggunakan metode/model pembelajaran yang menarik bagi siswa agar siswa tertarik belajar matematika.

  2. NAMA: YOGI
    NIM: 8585071
    UPBJJ: PONTIANAK
    Ketika di awal pembelajaran siswa merasa tidak berminat untuk mengikuti
    pembelajaran matematika, tetapi setelah guru menyampaikan bahwa kelas akan
    kedatangan seorang narasumber yang telah sukses karena dengan maksimal
    menggunakan ilmu mnatematika yang pernah dipelajarinya, siswa menjadi termotivasi
    untuk belajar matemnatika secara sungguh-sungguh. Guru masih belum bisa menggunakan media pembelajaran yang bervariasi
    untuk menjaga minat dan fokus belajar siswa, sehingga guru masih ketergantungan
    kepada sumber belajar dari tokoh masyarakat tertentu. Guru mampu menghadirkan narasumber yang sesuai dengan yang
    dibutuhkan untuk membangkitakan kembali motivasi siswa agar kembali menyukai
    belajar mnatematika. Perubahan sikap siswa yang awalnya tidak berminat untuk belajar matematika
    berubalh drastis sangat antusias untuk belajar matematika ketika siswa mengetahui betapa
    pentingnya belajar matematika untuk masa depan mereka. Kedepannya guru tersebut harus lebih kreatif dalam membuat dan
    menggunakan alat peraga yang menarik untuk meenyampaikan materi pelajaran
    matematika agar motivasi dan semangat siswa dalam mempelajari matematika tetap
    terjaga dan meningkat. Sehingga, diharapkan siswa akan senantiasa untuk lebih
    bersemangat dalam belajar matematika.

  3. NAMA: YOGI
    NIM 858071414
    UPBJJ: PONTIANAK
    Ketika di awal pembelajaran siswa merasa tidak berminat untuk mengikuti
    pembelajaran matematika, tetapi setelah guru menyampaikan bahwa kelas akan
    kedatangan seorang narasumber yang telah sukses karena dengan maksimal
    menggunakan ilmu matematika yang pernah dipelajarinya, siswa menjadi termotivasi
    untuk belajar matemnatika secara sungguh-sungguh. Guru masih belum bisa menggunakan media pembelajaran yang bervariasi
    untuk menjaga minat dan fokus belajar siswa, sehingga guru masih ketergantungan
    kepada sumber belajar dari tokoh masyarakat tertentu. Guru mampu menghadirkan narasumber yang sesuai dengan yang
    dibutuhkan untuk membangkitakan kembali motivasi siswa agar kembali menyukai
    belajar mnatematika. Perubahan sikap siswa yang awalnya tidak berminat untuk belajar matematika
    berubalh drastis sangat antusias untuk belajar matematika ketika siswa mengetahui betapa
    pentingnya belajar matematika untuk masa depan mereka. Kedepannya guru tersebut harus lebih kreatif dalam membuat dan
    menggunakan alat peraga yang menarik untuk meenyampaikan materi pelajaran
    matematika agar motivasi dan semangat siswa dalam mempelajari matematika tetap
    terjaga dan meningkat. Sehingga, diharapkan siswa akan senantiasa untuk lebih
    bersemangat dalam belajar matematika.

  4. NAMA : CHOIRUL HUDA
    NIM : 877314587
    POKJAR : GARUM BLITAR
    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Para siswa terlihat tidak antusias dan kurang tertarik ketika guru memulai pembelajaran matematika. Hal tersebut dikarenakan banyak anak yang tidak menyukai pelajaran matematika dan menganggap pelajaran tersebut sangat sulit untuk dipelajari.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelemahan guru pada video tersebut yaitu guru tidak melakukan apersepsi terlebih dahulu seperti mengajak anak untuk berdoa terlebih dahulu dalam memulai pelajaran, mengucapkan salam, menanyakan kabar siswa, mengecek kehadiran siswa dan melaksanakan ice breaking untuk membangkitkan gairah siswa dalam pembelajaran yang akan dilakukan dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Kelebihan guru pada video tersebut yaitu guru mendatangkan seorang narasumber yaitu seorang insinyur yang dalam kesehariannya merancang suatu bangun yang erat kaitannya dengan pembelajaran matematika. Kemudian, narasumber berusaha menjelasakan pelajaran dengan menggunakan media atau alat peraga sehingga siswa menjadi aktif dan tertarik terhadap pembelajaran matematika tersebut.
    4. Hal-hal unik apa saja Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video?
    Hal unik dalam video tersebut yaitu guru mendatangkan seorang narasumber yang dalam pekerjaannya membangun suatu rancangan bangunan yang erat kaitannya dengan pelajaran matematika. Narasumber juga menggunakan alat atau media peraga.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Seorang guru sebaiknya perlu memperhatikan masalah yang dihadapi siswa terkait pembelajaran, guru juga harus mencari strategi pembelajaran yang menarik, dan guru juga bisa mendatangkan narasumber dari berbagai kalangan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu, guru melaksanakan kegiatan apersepsi terlebih dahulu sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran, contohnya yaitu mengucapkan salam, mengecek kehadiran siswa, menanyakan kabar siswa, dan juga meningkatkan gairah siswa dengan melaksanakan ice breaking terlebih dahulu.

  5. SITI NUR AISAH
    858910305
    UPBJJ UT-JEMBER

    Setelah saya melihat video diatas yang berjudul “Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika” terlihat bahwasanya diawal pembelajaran siswa sudah merasa tidak senang dan belum fokus pada apa yang diterangkan guru didepan kelas. Siswa malah asyik sendiri yang akhirnya itu menghambat siswa untuk berkonsentrasi dalam pemahaman terhadap materi yang disampaikan. Pembelajaran diatas juga terlihat monoton, sehingga harus diganti metode pembelajarannya agar dapat menarik perhatian siswa dalam pelajaran Matematika. Dengan mendatangkan Narasumber di pembelajaran tersebut adalah bentuk strategi yang bagus untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa, dengan hal itu siswa merasa tambah bersemangat lagi untuk giat belajar. Selain itu, guru harus mengganti metode pembelajarannya agar pelajaran Matematika terlihat menyenangkan dan siswa merasa tertarik, tidak lupa juga guru harus mengondusifkan suasana kelas terlebih dahulu, agar siswa tetap fokus dalam memahami materi.

  6. NAMA : DONA AFRIANI
    NIM : 856969095
    POKJAR WAY TENONG
    setelah saya melihat guru membuka pembelajaran matematika, siswa terlihat kurang menyukai/antusias mengikuti pembelajaran matematika, menurut saya yang di alami oleh siswa yaitu kesulitan dalam membaca dan memahami maksud soal, kesulitan dalam memahami konsep matematika, kesulitan dalam menggunakan rumus dan notasi simbol dan kesulitan dalam proses berhitung. jadi upaya agar anak menyukai matematika memberikan motivasi pada anak, menciptakan suasana dengan tenang dan memberikan penjelasan yang mudah dimengerti.

  7. NAMA : ELIYUHANA
    NIM : 856969128
    POKJAR : WAY TENONG

    setelah saya menonton video terebut terlihat jelas bahwa hampir semua siswa tidak menyukai pelajaran matematika karena di awal pembukaan pembelajaran saja siswa sudah tidak tertarik dan tidak antusias untuk mengikuti proses pembelajaran, dan sebelum guru memulai pembelajaran sebaiknya melakukan kesiapan kelas terlebih dahulu dengan mengkondusifkan kelas suapaya siswa tertib dan siap belajar. seperti memusatkan perhatian dengan melakukan ice breaking terlebih dahulu, setelah siswa siap mengikuti pelajaran maka guru juga bisa mencari metode belajar yang baik auntuk menumbuhkan minat belajar siswa yaitu dengan menggunakan alat peraga (metode demonstrasi) dan menciptakan suasana yang menyenangkan dikelas sehingga pembelajaran matematika tersebut akan lebih bermakna dan siswa akan menyukainya.
    dan upaya guru mendatangkan narasumber arsitek tersebut menurut saya itu kurang tepat karena siswa SD belum banyak memahami tentang begitu pentingnya pelajaran matematika dalam kehidupan sehari-hari maupun untuk masa depannya.

  8. Nama : oktapiani
    NIM : 857013624
    upbjj : Kotaagung

    setelah saya melihat video tersebut diatas terlihat bahwa semua siswa diawal pembelajaran tidak satu pun yang memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru. bahkan mereka merasa bosan dan tidak semangat. Mereka sibuk mainan dengan teman-temannya. Tetapi setelah seorang guru mendatangkan Seorang Narasumber yaitu seorang Insinyur Arsitektur, dan menggunakan alat peraga yaitu sebuah gambar seperti jembatan dan gedung hasil karya insinyur tersebut. Siswa mulai termotivasi untuk belajar matematika dan siswa mulai bersemangat.

  9. Nama : Desialma Mayastri
    NIM : 856573821
    Setelah menonton video ini sangat terlihat jelas bahwa banyak sekali anak atau siswa yang tidak menyukai pelajaran matematika, sebagai guru hendak nya menyiapkan strategi pembelajaran yang menarik, agar dapat menarik perhatian siswa dan mengambil fokus siswa, misalnya dengan melakukan doa bersama sebelum melakukan pembelajaran kemudian menyapa semua murid, melakukan ice breaking dan memberikan motivasi kepada anak didik. Intinya mengajak siswa untuk bermain agar mereka merasa nyaman sehingga jika kita sebagai guru sudah meranah kedalam kegiatan inti dalam pembelajaran siswa secara sadar ikut berpartisipasi dan antusias dalam pembelajaran terlebih apabila guru mendatangkan model atau tokoh seperti video diatas dipastikan siswa akan sangat menyimak kegiatan belajar mengajar didalam kelas

  10. Nama: RISKAWATI INDAH
    NIM: 858919752
    POKJAR: Umbulsari

    Menurut saya, upaya guru mengundang narasumber seorang arsitek yang profesinya sangat besar kaitannya dengan pembelajaran matematika tersebut sangat bagus supaya siswa menyukai pelajaran matematika . Selain itu, siswa juga akan mendapatkan gambaran betapa pentingnya pelajaran tersebut di masa depan.
    Siswa juga nantinya akan termotivasi untuk lebih semangat lagi belajarnya. Selain itu, guru sebaiknya melihat kesiapan siswa terlebih dahulu sebelum pembelajaran di mulai. Bisa dengan melakukan ice breking terlebih dahulu untuk menumbuhkan rasa semangat siswa dan menarik perhatian siswa supaya mengikuti pembelajaran dengan kondusif. Guru juga harus membuat suasana yang menyenangkan sehingga pembelajaran matematika yang dilaksanakan tidak akan membosankan. Tidak kalah penting juga, pemilihan media pembelajaran yang mempermudah siswa untuk memahari pembelajaran matematika yang mereka pelajari.

Leave a Reply