silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Muchtar M Noor

Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi guru agar siswanya mudah mempelajari perkalian dasar.

Drs. Tarhadi, M.Si.

1. Secara keseluruhan baik pembukaan maupun penutup sudah cukup baik.

2. Penggunaan media labih optimal.

3. Materi dan kurikulum sudah sesuai.

Taufik Ma’ruf

Similar Posts

517 Comments

  1. Nama :Trisna Ramadhani
    Nim :855856725

    Terlihat Dalam vidio tentang “kurang memahi perkalian dasar” tampaknya peserta didik tidak tertarik dengan pembelajaran yang diajarkan oleh guru.Peserta didik tidak serius mendengarkan guru saat menjelaskan
    Sebaiknya disini guru harus membawa sebuah alat peraga agar lebih menarik perhatian siswa saat belajar seperti membawa lidi yang sudah disiapkan sebagai alat bantu siswa dalam berhitung,
    Jadi pembelajaran akan menjadi lebih bermakna.dan selain itu guru harus memberikan pengertian kepada siswa bahwa belajar perkalian itu sangat menyenangkan supaya siswa berpikir untuk fokus belajar saat pelajaran berlangsung

  2. Nama: Elza Rahmadani Safitri
    Nim : 856823966
    Menurut analisis saya vidio proses pembelajaran diatas dalam pelaksanaan pembelajaran terlihat sangat monoton sehingga anak anak terlihat mengantuk dan malas dalam proses pembelajaran itu di sebabkan karna kurang nya motivasi dan kesiapan siswa untuk belajar dan juga metode yang di gunakan guru hanya metode ceramah yang mana membuat murid hanya fokus kepada guru tidak ada interaksi antara murid dan guru serta dalam pemilihan media, media yang di gunakan yaitu papan tulis dan poster perkalian yang mana tulisan nya tidak jelas (kecil) kalau dilihat dari belakang sehingga anak kesulitan dalam melihat dan memahami materi serta guru sebelum penyampaian materi tidak adanya memberikan penjelasan tujuan dan manfaat mempelajari perkalian sehingga murid tidak ada rasa keingintahuan nya.

  3. Nama : Elza Rahmadani Safitri
    Nim :856823966
    Menurut analisis saya vidio proses pembelajaran diatas sangat monoton karena murid terlihat sangat tidak bersemangat dalam proses pembelajaran,itu disebab kan karena tidak adanya motivasi guru memulai pembelajaran serta metode yang digunakan guru hanya metode ceramah yang mana membuat siswa menjadi tidak aktif dalam proses pembelajaran serta yang digunakan papan tulis dan poster perkalian yang mana itu tidak jelas (kecil) jika dilihat dari belakang itu membuat anak-anak menjadi kesulitan dalam melihat dan memahami pembelajaran nya. Serta guru juga tidak adanya memberikan pemahaman manfaat dan tujuan pembelajaran perkalian kepada siswa sehingga siswa kurang semangat untuk belajar perkalian.

  4. Nama : Atika Wulandari S
    Nim : 859665899
    Prodi : S1- PGSD
    Pokjar : Baradatu – Way Kanan
    Upbjj : UT Bandar Lampung

    Analisis Video Pembelajaran

    Kegiatan pembelajaran nampak kurang menarik karena guru hanya menggunakan media papan tulis dan metode ceramah saja dalam menjelaskan materi perkalian. Sehingga nampak sebagian siswa kurang bersemangat dalam memperhatikan penjelasan guru.
    Saran saya sebaiknya kita sebagai seorang guru harus lebih kreatif lagi dalam menggunakan metode pembelajaran supaya siswa lebih tertarik dan antusias terhadap pembelajaran. Khususnya pada pelajaran matematika yang memang membutuhkan fokus lebih.

  5. Nama: SEPTILIANA NASUTION
    Nim:855863627
    Upjj: Medan
    Pokjar:Labusel
    Menurut saya kegiatan pembelajaran yang ada di dalam video tersebut anak-anak tampak nya tidak bisa memahami bagaimana penjelasan yang telah di berikan guru tersebut dan tidak hanya itu anak-anak murid tersebut tampak terlihat tidak fokus saat pembelajaran di mulai sehingga saat guru memberikan pertanyaan kepada seorang anak tersebut iya tidak mampu untuk menjawab pertanyaan tersebut,jadi sebagai guru yang profesional kita harus mampu meningkatkan kemampuan kita untuk menarik perhatian anak-anak murid untuk lebih memperhatikan saat pembelajaran di mulai ,agar si anak tidak bosan saat pembelajaran sebagai guru kita bisa menggunakan metode pembelajaran dengan bermain agar tidak terlalu bosan dan kita bisa menggunakan ice breaking saat pembelajaran di mulai agar semangat anak bisa kembali dan tidak hanya itu mungkin dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat agar anak-anak murid tidak bosan dan mampu memahami pembelajaran yang di berikan

  6. Nama: Sulistiani
    Nim: 857105511
    Pokjar: Tarumajaya
    Upbjj: UT Jakarta
    Judul: Kurang Mengetahui Perkalian Dasar

    Menurut saya pada kegiatan pembelajaran di video tersebut siswa kurang memahami penjelasan yang telah di berikan oleh guru tersebut, tidak hanya itu siswa tampak terlihat tidak fokus saat pembelajaran di mulai sehingga pada saat guru memberikan pertanyaan kepada seorang anak tersebut iya tidak mampu untuk menjawab pertanyaan tersebut.
    Kegiatan pembelajaran nampak kurang menarik karena guru hanya menggunakan media papan tulis dan metode ceramah saja dalam menjelaskan materi perkalian. Sehingga nampak sebagian siswa kurang bersemangat dalam memperhatikan penjelasan guru.
    Saran saya sebagai guru yang profesional kita harus mampu meningkatkan kemampuan kita untuk menarik perhatian siswa untuk lebih memperhatikan saat pembelajaran, dan sebagai seorang guru kita harus lebih kreatif lagi dalam menggunakan metode pembelajaran supaya siswa lebih tertarik dan antusias terhadap pembelajaran.

  7. Nama : Audiva Asfriandra
    NIM :857725286
    POKJAR : Boja

    Kegiatan pembelajaran nampak kurang menarik. Guru hanya menggunakan media papan tulis dan metode ceramah dalam menjelaskan perkalian. Bahkan sebagian siswa nampak tidak semangat dan kurang memperhatikan guru.

    Saran saya sebagai pendidik. Guru sebaiknya menyiapkan media yang lebih menarik untuk diberikan kepada siswa. Sebab media yang menarik akan membuat siswa lebih antusias dalam menerima pelajaran. Khususnya pada pelajaran matematika yang butuh perhatian dan fokus lebih.

    Media pembelajaran yang digunakan dapat berupa barang yang mudah ditemui seperti korek api atau potongan lidi.

  8. Nama : Audiva Asfriandra
    NIM :857725286
    POKJAR : Boja

    Kegiatan pembelajaran terlihat kurang menarik. Guru masih menggunakan media papan tulis dan metode ceramah dalam menjelaskan perkalian sehingga sebagian siswa nampak tidak semangat dan kurang memperhatikan guru. Saran untuk pendidik sebaiknya menyiapkan media yang lebih menarik untuk diberikan kepada siswa. Sebab media yang menarik akan membuat siswa lebih antusias dalam menerima pelajaran. Khususnya pada pelajaran matematika yang butuh perhatian dan fokus lebih.Untuk menarik minat peserta didik dan supaya peserta didik mengerti guru harus menarik perhatian peserta didik dan memberi tahu mereka bahwa perkalian itu menyenangkan dan juga cara mengajarnya harus dengan suara yang lantang dan jelas. Media pembelajaran yang digunakan dapat berupa barang yang mudah ditemui seperti korek api atau potongan lidi.

  9. Nama : Audiva Asfriandra
    NIM :857725286
    POKJAR :
    Pada kegiatan belajar mengajar terlihat kurang menarik. Guru masih menggunakan media papan tulis dan metode ceramah dalam menjelaskan perkalian sehingga sebagian siswa nampak tidak semangat dan kurang memperhatikan guru. Saran untuk pendidik sebaiknya menyiapkan media yang lebih menarik untuk diberikan kepada siswa. karena media yang menarik akan membuat siswa lebih antusias dalam menerima pelajaran. Khususnya pada pelajaran matematika yang butuh perhatian dan fokus lebih.Untuk menarik minat peserta didik dan supaya peserta didik mengerti guru harus menarik perhatian peserta didik dan memberi tahu mereka bahwa perkalian itu menyenangkan dan juga cara mengajarnya harus dengan suara yang lantang dan jelas. Media pembelajaran yang digunakan dapat berupa barang yang mudah ditemui seperti korek api atau potongan lidi.

  10. Nama : Audiva Asfriandra
    NIM : 857725286
    Pokjar : Boja

    Reaksi Siswa
    Dalam Vidio tersebut digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.

    Kekurangan
    dalam vidio tersebut terlihat kekurangan dari metode pengajaran yang masih menggunakan papan tulis, ini terlihat dari suasana siswa dalam kelas yang gaduh tidak kosentrasi dan tampak malas mengikuti, ini terjadi karena mereka tidak mengerti dan tidak mengerti akan pelajaran yang diberikan

    Kelebihan
    Dalam Vidio tersebut terlihat kelebihan dari pembelajaran yang diberikan oleh guru Metode pengajaran yang interaktif
    Guru dalam video tersebut menggunakan metode pengajaran yang interaktif, yaitu dengan mengajak siswa untuk menjawab pertanyaan dan memberikan contoh soal. Hal ini dapat membantu siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar dan lebih mudah memahami materi.Penjelasan yang jelas dan mudah dipahami
    Guru dalam video tersebut menjelaskan materi perkalian dengan cara yang jelas dan mudah dipahami. Hal ini dapat membantu siswa untuk lebih cepat memahami konsep perkalian.
    Solusi : penggunaan sanksi, ialah untuk meningkatkan disiplin dan meningkatkan motivasi.
    Kekurangan Video Pembelajaran Matematika Perkalian:

Leave a Reply