silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip chart yang dapat membantu guru dalam menghemat waktu dan ruang untuk menulis atau menempelkan gambar-gambar di papan tulis.

Toto Fathoni

Dari tayangan video ini dapat saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Guru tidak menyampaikan tujuan apa yang akan dicapai dalam proses pembelajaran, namun hanya menyampaikan judul atau pokok bahasan saja.

2. Guru menyuruh siswa: “Sekarang keluarkan buku IPA” , dari perintah guru tersebut tidak dijelaskan halaman berapa, materinya apa. Bahkan samapai pembelajaran berakhir buku IPA tadi nampak tidak digunakan. Dan nampak janggal karena begitu siswa disuruh untuk membuka buku IPA, sedangkan siswa baru bergerak akan mengambil buku IPA nya, (siswa belum mengambil buku IPA dan belum membukanya), guru langsung meminta kepada siswa lagi :”Sebentar, sekarang dengarkan penjelasan bu guru. Guru langsung ceramah menjelaskan tentang, alam milik kita, kalau tidak dipelihara akan bagaimana dan sebagainya, kalau tidak dipelihara bagaimana. Sampai dengan brain storming tentang apa akibatnya kalau hutan yang sangat luas ini tidak dipelihara. Sampai dengan berakhirnya brain storming tentang akibat kerusakan hutan guru belum  atau tidak menggunakan Flip Chart.

3. “Bagaimana solusinya?’ Dijelaskan bahwa dapat menggunakan flip chart. Di sini juga nampak bahwa, bukan guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media sederhana berupa flip chart, tetapi malah dijelaskan bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran. Bahkan dimulai dari apa pengertian flip chart, bagaimana penggunaan flip chart, macam macam flip chart, pada saat bagaimana penggunaan flip chart sambil dimunculkan guru membuka flip chart sebagai penjelas dari bagaimana penggunaan flip chat.

4. Jadi video tersebut intinya bukan pada bagaimana seorang guru memanfaatkan flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia tetapi malah membicarakan apa, bagaimana menggunakan flip chart dalam proses pembelajaran.

5. Nampak dalam video ketika guru membuka berbagai flip chart (sebagai penjelas tentang bagaimana menggunakan flip chart), nampak tergesa gesa, tidak ada penjelasan, flip chartnya tidak begitu jelas.

6. Kalau diamati justru kelasnya lebih hidup pada saat guru menggunakan brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara, dari pada ketika guru membuka flip chart tentang akibat kerusakan hutan yang tidak dipelihara.

Drs. Sumarno, M.Pd.

Pada saat guru membuka pembelajaran belum terlihat jelas kebingungan siswa tentang materi tanpa bantuan flip chart, pada saat mengisi pembelajaran guru hanya sekilas saja menjelaskan materi dengan flip chart tersebut, dan saat menutup pembelajaran sebaiknya diberikan tugas / pr guna mengulas pembelajaran di rumah agar siswa tidak lupa.

Penggunaan strategi sudah baik, pendekatan metode sudah baik, media / evaluasi sudah cukup memadai.

Kesesuaian sudah cukup baik, kesesuaian dengan kurikulum sudah sesuai.

Saran dan rekomendasi sebaiknya video dibuat lebih masalah yang dihadapi saat siswa tidak menggunakan flip chart dan setelah siswa menggunakan flip chart.

Herawati, M.Pd.

Similar Posts

267 Comments

  1. Nama : Fauzul Adhim
    Nim : 856986948
    UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Sebelumnya dari video yang saya amati
    yaitu anak terlihat antusias mendengarkan penjelasan dari guru yaitu tentang peristiwa yang terjadi di alam, akan tetapi mereka masih membayangkan bagaimana peristiwa alam itu terjadi, sebab akibat dari peristiwa alam itu terjadi, tetapi dengan guru menggunakan alat peraga flip chart siswa dengan mudah melihat dan memahami seperti apa peristiwa alam itu terjadi walau hanya dengan gambar, terlihat anak lebih termotivasi untuk mengetahui lebih lanjut tentang peristiwa alam.
    Kelebihan pengguanaan media flip chart
    Yang pertama dalam penyampaian pesan menggunakan flip chart lebih singkat dan efisien.
    Kedua bisa digunakan di luar atau di dalam ruangan, bisa dibawa kemana saja
    Kekurangan penggunaan flip chart
    Pertama hanya sebatas gambar, informasi yang didapat siswa juga terbatas.
    Kedua tidak sesuai jika dalam satu kelas terdapat lebih dari 20 siswa
    Yang harus dilakukan guru
    1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
    2.Guru menyapaikan apa pencegahan agar tidak terjadinya tanah longsor
    Cukup sekian dari saya
    Mohon maaf jika masih kurang.
    Wassalamualaikum Wr.wb

  2. Nama:Dwi Madya Suraningsih
    NIM :856823128
    UBJJ:UT Bengkulu
    Pokjar Ketahun
    Menurut pendapat saya sesuai dengan pengamatan yang saya lihat bahwasanya anak terlihat antusias mendengarkan penjelasan dari guru tersebut yakni tentang peristiwa yang terjadi yang ada di sekitar alam .mereka membayangkan bagaimana sih peristiwa alam itu terjadi ,nah dengan memberikan simulasi alat peraga flip chart ,menjadikan lebih efesien bisa digunakan dalam ruangan bisa dibawa kemana pun ,namun hanya sebatas di ruangan itu saja tidak bisa dibawak kemana mana ,sehingga juga menimbulkan informasi yang dimiliki siswa tersebut terbatas .namun dalam segi penyampaian guru sudah bagus sudah cukup menarik dan penyampaian juga sudah pas ,antusias anak dalam belajar dengan keaktifan yang dipancing oleh guru tersebut sudah bagus .

  3. NAMA : WIDYA FITRIYANI
    NIM : 856066599
    UPBJJ : MEDAN

    Menurut saya di dalam video tersebut terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan seperti berikut :

    Kelebihan video :
    1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab dan pengeksplorasikan pengetahuan dengan kegiatan tanya jawab
    2. Guru memilih gambar yang tepat untuk menggambarakan peristiwa alam seperti banjir, kebakaran, tanah longsor
    3. Guru terlihat bersemangat dalam menjelaskan materi

    Kekurangan video :
    1. Guru tidak mengecek kehadiran siswa di awal pembelajaran
    2. Guru tidak memberikan motivasi
    3. Kegiatan pembelajaran tidak dilakukan dengan membagi siswa kedalam kelompok
    4. Guru tidak melakukan evaluasi dan tindak lanjut setelah pembelajaran

  4. NAMA : WIDYA FITRIYANI
    NIM : 856066599
    UPBJJ UT : MEDAN

    Menurut saya, di dalam video tersebut adapun kelebihan dan kekuarangan nya adalah sebagai berikut :
    Kelebihan video :
    1. Guru memberikan kepada siswa untuk menjawab dan mengeksplorasikan pengetahuan dengan kegiatan tanya jawab.
    2. Guru memilih gambar yang tepat untuk menggambarkan peristiwa alam seperti banjir, kebakaran dan tanah longsor.
    3. Guru terlihat bersemangat dalam menjelaskan materi.

    Kekurangan video :
    1. Guru tidak mengecek kehadiran siswa.
    2. Guru tidak memberikan motivasi
    3. Kegiatan pembelajaran tidak dilakukan dengan membagi siswa kedalam kelompok
    4. Guru tidak melakukan evaluasi dan tindak lanjut di akhir pembelajaran.

  5. NAMA : MIFTAKHUL MUALIMAH
    NIM : 858901528
    SEMESTER : 8 / 2024.1
    POKJAR : WULUHAN
    UPBJJ-JEMBER-JAWA TIMUR

    Berkut adalah komentar saya erkait vide Pembelajaran GPO diatas :
    KELEBIHAN VIDEO :
    1. Guru mengucapkan salam pada siswa
    2. Murid bisa kondusif saat pembelajaran berlangsung
    3. Guru mampu menyampaikan materi-materi dengan jelas terkait tentang kerusakan alam, seperti terjadinya longsor, banjir, kebakaran hutan, dan lain-lain…
    4. Guru mampu menghidupkan kelas menggunakan teknik brain storming tentang akibat hutan yang tidak dipelihara.
    5. Ketika sedang menjelaskan materi hari ini, guru juga tidak lupa mengajak siswa untuk mengingat-ingat pembelajaran yang sudah dipelajari bersama kemarin.
    Karena dengan adanya hal itu, maka akan membuat siswa berfikir kembali untuk mengingat materi yang sudah dipelajari, dengan tujuan agar siswa tidak
    melupakan materi yang sudah dipelajari.
    6. Guru tidak hanya menggunakan meode ceramah, tetapi guru juga menggunakan metode tanya jawab pada siswa.
    7. Ketika pembelajaran berlangsung pun, guru tidak monoton hanya ceramah saja, tetapi juga menggunakan media sederhana yaitu FlipChart, untuk
    memperjelas pemahaman siswa.

    KEKURANGAN VIDEO :
    1. Guru tidak mengajak siswa berdo’a sebelum belajar
    2. Guru tidak memberikan kesempatan ber-Refleksi kepada siswa, seperti menanyakan kabar siswa.
    3. Guru tidak mengabsen siswa
    4. Guru tidak memberitahukan kepada siswa tentang tujuan pembelajaran hari ini
    5. Ketika guru meminta semua murid untuk membuka buku, tetapi guru tidak memberitahukan halaman berapa yang akan dibuka.
    6. Guru tidak memberikan tugas individu maupun kelompok pada siswa, guna untuk melihat proses serta hasil belajar siswa.
    7. Guru juga tidak memberikan PR kepada siswa
    8. Pada bagian menunjukkan FlipChart, guru hanya menjelaskan sekilas tidak terperinci.
    9. Dan pada bagian akhir pembelajaran, guru tidak memberikan Re-calling pada siswa.
    10. Guru tidak mengajak siswa berdo’a
    11. Guru tidak menutup pembelajaran
    12. Guru tidak memberikan salam pada siswa

    Diatas adalah komentar saya terkait video Pembelajaran GPO.
    Terimakasih…

  6. Nama : Zelinda
    Nim : 856813102
    Pokjar : Bengkulu
    Berdasarkan video dengan judul pemanfaatan media sederhana berbentuk flip chart untuk menjelaskan proses dan peristiwa -peristiwa alam yang terjadi di Indonesia pada pembelajaran IPA di SD”
    Guru tidak melakukan berdoa bersama, dan tidak mengabsensi kehadiran siswa. Serta tidak menga persepsi serta memotivasi siswa sebelum mulai pembelajaran dengan kata lain guru tersebut melewat awalan pembelajaran yang penting untuk masuk proses pembelajaran selanjutya. Guru juga tidak menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai guru hanya menyuruh siswa untuk mengeluarkan buku IPA dan tidak menyebutkan halamannya dan langsung pada metode ceramah yang dimana hal ini akan membuat anak-anak sangat kebingungan. lalu pada bagian inti pembelajaran bisa ditambahkan mengenai penjelasan proses apa yang terjadi ketika kebakaran hutan yang diterangkan oleh alat peraga flip chart, di video hanya terlihat sekilas saja penjelasan mengenai bencana alam sementara guru terlalu cepat membuka lembar flip chart.Guru kurang terampil dalam menyampaikan materi melalui media flip chart, sebaiknya guru menyampaikan materi yang diajarkan sesuai dengan media /metode yang digunakan.

  7. Assalamualaikum, izin saya mengkomentari video tersebut.

    Nama : Nelmala Gusti Siregar
    NIM : 856038084
    UPBJJ : UT Medan

    Menurut video tersebut, tampak anak murid bersemangat dan antusias dalam melaksanakan pembelajaran, guru mereka juga semangat menjelaskan materi tersebut. Akan tetapi, kekurangan dari memulai pelajaran tersebut guru tidak melakukan membaca doa bersama , mengecek kehadiran siswa, menjelaskan tujuan pembelajaran, dan kegiatan apersepsi lainnya. Dan setelah itu, anak murid tersebut aktif untuk menjawab pertanyaan dari gurunya. Lalu pada bagian inti pembelajaran bisa ditambahkan mengenai penjelasan proses apa yang terjadi ketika kebakaran hutan yang dijelaskan oleh alat peraga flip chart, di video hanya melihat sekilas saja penjelasan mengenai bencana alam sementara guru terlalu cepat membuka lembar flip chart. Guru kurang terampil dalam menyampaikan materi melalui media flip chart, sebaiknya guru sebelum memulai pembelajaran harus menguasai materinya sehingga materi yang akan diajarkan bisa dipahami oleh anak muridnya.

    Terimakasih…

  8. Assalamualaikum… saya izin menanggapi video tersebut!
    Nama : Juni Ayu Sartika
    Nim : 855855271
    UPBJJ : UT Medan

    1. Reaksi anak/siswa sangat ceria, gembiran dan penuh semangat
    2. kelemahan guru dalammengajar :
    – guru tidak memeriksa kehadiran siswa.
    – guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran .
    – guru sedikit merasa bingung dalam mengajar.
    – guru tidak menjelaskan upaya agar tidak terjadinya peristiwa alam yang merugikan manusia.
    – guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
    3. Kelebihan guru dalam mengajar :
    – guru menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti gambar dan flip chart.
    – guru memberikan penjelasan yang baik tentang peristiwa alamyang terjadi di indonesia dan menunjukkan gambar yang tepat.
    – guru terlihat murah senyum, penuh semngat, seria dalam mengajarkan materi.
    – guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab.
    4. Dalam video mengajar tersebut ada keunikan yaitu gambar-gambar media yang snagat menarik menggunakan gambar yang cukup besar sehingga siswa yang duduk dibelakang kelihatan dan ditengah video terdapat solusi tentang banyak nya jenis media media pembelajaran.
    5. Upaya untukmeningkatkan kualitas kegiatan mengajar yaitu guru harus memberikan kesempatan untuk menggunakan media pembelajaran seperti flip chart dan sangat guru menjelaskan jangan terllau terburu-buru membuka flip chart.

  9. NAMA :EFTA JUARDI
    NIM :858066104
    MAKUL :PKM
    POKJAR :SINTANG
    UPBJJ :47 / PONTIANAK

    1).Menurut yang saya analisa di dalam vidio pemanfaatan media flip chart di dalam pembelajaran memiliki Kekurangan yang agak sulit dipahami oleh siswa dalam pemanfaatan media sederhana berbentuk flip chart untuk menjelaskan proses peristiwa-peristiwa alam yang terjadi di Indonesia pada pembelajaran IPA di SD bisa termasuk:
    Kompleksitas Materi: Proses alam seringkali melibatkan konsep-konsep ilmiah yang kompleks dan sulit dipahami oleh siswa SD.
    Keterbatasan Visualisasi: Terkadang, flip chart tidak dapat menyajikan gambaran yang cukup jelas atau mendetail tentang proses alam yang kompleks.
    Pemahaman Konsep Abstrak: Konsep-konsep seperti siklus air atau gempa bumi mungkin sulit dipahami oleh siswa dalam konteks yang abstrak.
    Keterbatasan Interaktif: Flip chart mungkin tidak dapat memberikan kesempatan yang cukup bagi siswa untuk berinteraksi langsung dengan materi, misalnya melalui percobaan atau demonstrasi.
    Penting untuk mempertimbangkan pendekatan yang lebih interaktif dan sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif siswa SD untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang proses alam.
    2).Menurut saya kelebihan dari media flip chart sangat bagus untuk proses pembelajaran dengan Pemanfaatan media sederhana berbentuk flip chart memiliki beberapa kelebihan dalam menjelaskan proses peristiwa alam di Indonesia pada pembelajaran IPA di SD, antara lain:

    Visualisasi yang jelas: Flip chart memungkinkan guru untuk membuat gambaran visual yang jelas tentang proses peristiwa alam, membantu siswa memahami dengan lebih baik.
    Interaktif: Guru dapat menggunakan flip chart secara interaktif dengan menggambar dan menjelaskan secara langsung, sehingga siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran.
    Keterlibatan siswa: Siswa dapat merespons langsung terhadap materi yang disampaikan melalui flip chart, baik dengan bertanya maupun menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
    Kemudahan dalam penyimpanan dan penggunaan: Flip chart mudah disimpan dan dapat digunakan kembali untuk pembelajaran di masa mendatang.
    Menarik perhatian: Media sederhana ini dapat menarik perhatian siswa dengan lebih baik daripada metode penyampaian yang konvensional.
    Dengan memanfaatkan flip chart secara efektif, guru dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang proses peristiwa alam yang terjadi di Indonesia

  10. Nama : Dita Ghean Safira Mulya
    Nim : 855741063
    Semester/kelas : 6c
    Upbjj : Bandar Lampung
    Pokjar : Sidomulyo
    Disini saya akan mencoba untuk memberikan komentar mengenai video yang berjudul Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD. Disini ada beberapa hal yang akan saya bahas yaitu reaksi siswa, kelemahan, kelebihan, keunikan serta solusi untuk permasalahan di dalam video
    1. Reaksi siswa dalam video sangat antusias dalam mengikuti pelajaran, mereka memperhatikan apa yang di jelaskan oleh guru.
    2. Kelemahan, dalam video tersebut terlihat guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga terlihat anak sussh mengerti apa yang di jelaskan oleh guru.
    3. Kelebihan, walaupun guru tidak menggunakan media pembelajaran namun ada beberapa siswa yang bisa menjawab pertanyaan dari guru tersebut, hanya dengan mendengarkan dan membayangkan bagaimana gambaran proses peristiwa alam.
    4. Solusi, sebaiknya guru menggunakan media pembelajaran agar siswa dapat lebih memahami apa yang dijelaskan oleh guru, jadi siswa tidak hanya membayangkan pelajaran namun dia bisa melihat langsung apa yang sedang di jelaskan.
    Terima Kasih

Leave a Reply