silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran berbicara di kelas III SD, yaitu cara menyampaikan pesan yang di peroleh dari penelpon. Pada waktu berlatih menerima telepon siswa mendapat pesan dari penelpon. Karena dia tidak mencatat pesan yang di terimanya, maka pesan tersebut tidak jelas penyampaiannya. Guru memberikan petunjuk-petunjuk agar siswa dapat bertelepon dan menerima telpon dengan benar. Pada hakikat nya bertelepon adalah berkomunikasi dengan orang lain yang berjarak jauh . Kecermatan menerima pesan sangat di perlukan.
Apakah anda pernah melakukan pembelajaran dengan tema “bertelepon” ? Bagaimana cara anda melakukan proses pembelajarannya? Ayo berbagi dengan guru-guru lain dengan cara menuliskan pengalaman atau komentar anda!
Dra. Zulfahnur Z.F., M.Pd.
–
–
–
–
NAMA : MARTA CRISTINA GULTOM
NIM : 877528816
SEMESTER 6
POKJAR : TOBASA
Setelah menonton tayangan video cara menyampaikan pesan yang diperoleh dari penelepon, saya menganalisis terdapat kelebihan dan kekurangan guru dalam video tersebut.
Kekurangan :
1. Guru tidak melaksanakan kegiatan pembelajaran.
2. Guru tidak melakukan persiapan mental dan memberikan motivasi kepada siswa
3. Guru membiarkan siswa menertawai siswa yang salah dan tidak menegurnya
Adapun kelebihan dari video tersebut ialah :
1. Guru melibatkan siswa dalam proses pembelajaran
2. Media yang dipergunakan cukup relevan
3. Guru memberikan kesempatan kepda setiap siswa untuk menunjukkan kemampuannya.
Nama : Shally Putri Jola
NIM : 877529112
UPBJJ : UT Medan
Pokjar : Humbang Hasundutan
Video : Bagaimana cara menyampaikan pesan yang diperoeh dari penelpon
Setelah saya menyimak video dari laman Guru Pintar Online (GPO), hasil analisis saya adalah sebagai berikut
1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
Dari keseluruhan proses pembelajaran yang dilakukan sudah berjalan baik, Guru mengajarkan bagaimana berkomunikasi dengan baik, terjalin komunikasi dua arah didalam kelas saat guru menanyakan bagaimana cara menerima pesan dari telepon, lalu murid menjawab dengan ditulis di catatan atau bertanya kepada penelpon untuk diulang kembali pesan nya.
2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
-. Guru tidak melakukan tahapan pendahuluan seperti”mempersiapkan murid, berdoa,dan mengisi absensi”tampak dalam video maya yang memberitahu kepada guru kalau anis tidak masuk sekolah.
-. Guru tidak memberikan kepada murid waktu untuk mengemukakan pendapat
-. Guru membiarkan murid menertawakan maya saat memberikan informasi yang salah terkait anis
3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
-Guru memberikan motivasi,contoh-contoh, serta pelatihan yang berkesinambungan kepada siswa dikelas yang dapat menjadikan mereka lebih komunikatif dalam menyampaikan sebuah pesan.
-.Guru memberikan saran kepada murid agar mencatat pesan apabila ada penelpon, agar pesan yang dikomunikasikan tersampaikan.Dengan menyampaikan pesan terciptlah tolong menolong.
4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
Menurut saya hal unik didalam video pembelajaran yang ditayangkan adalah saat murid bermain peran memperagakan bagaimana menyampaikan pesan yang diperoleh dari penelpon didepan kelas dengan menggunakan Handphone sebagai media nya.
5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
Menurut pendapat saya, upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah dengan memberi penguatan kepada murid, tidak menertawan murid yang salah memberikan informasi, justru harus memberi saran untuk dilakukan agar tidak salah menyampaikan pesan.
Demikian saya sampaikan
Terimakasih
Nama : Rita Adip Tiyana
NIM :855735994
Upbjj : Bandar Lampung
Pokjar : Kotaagung
Hasil analis saya dari video pembelajaran diatas yaitu siswa tidak mengerti,cara menyampaikan pesan yang diperoleh dari telpon dengan baik, siswa tampak malas mengikuti proses pembelajaran, disebabkan oleh pada awal kegiatan KBM dalam menyampaikan pembelajaran Guru terlihat sangat monoton tidak ada salam pembuka, ice breaking penyemangat, dan penjelasan tujuan pembelajaran terlebih dahulu yang akan dilakukan hari ini.
Guru memberikan penjelasan cara untuk menyampaikan pesan yang diperoleh dari telepon, kemudian mengarahkan siswa melakukan praktik komunikas sudah cukup baik dan menggunakan alat praktik yang relevan sehingga siswa memahami materi ini dengan baik.Upaya yang dilakukan oleh guru ketika siswa salah menyampaikan informasi sebaiknya mengingatkan siswa yang lain tidak menertawan temannya yang salah.
Nama : RIDHO KURNIAWAN
Nim : 855736688
Upbjj : UT Bandar Lampung
Pokjar : Kota Agung
Hasil analisis saya dari video diatas sebagai berikut:
Judul video : Bagaimana cara menyampaikan pesan yang diperoleh dari penelpon
Video yang saya analisis dari laman gurupintar.ut.ac.id
Identitas video terdapat guru,siswa,dan sekolah dalam ruangan kelas III
Ringkasan isi video Guru mengajarkan bagaimana berkomunikasi dengan baik, terjalin komunikasi dua arah didalam kelas, saat guru menanyakan bagaimana cara menerima pesan dari telepon, lalu murid menjawab dengan ditulis di catatan atau bertanya kepada penelpon untuk diulang kembali pesan nya.
Kelemahan pembelajaran dalam video :
1. Guru tidak melakukan tahapan pendahuluan seperti mempersiapkan murid, berdoa,dan mengisi absensi
2. Guru tidak melakukan persiapan mental dan memberikan ice breaking penyemangat kepada siswa
3. Guru tidak mencontohkan terlebihdahulu dan membiarkan murid menertawakan maya saat memberikan informasi yang salah terkait anis
Kelebihan pembelajaran dalam video :
1. Media yang dipergunakan cukup relevan
2. Guru melibatkan siswa dalam proses pembelajaran
3. Guru memberikan kesempatan kepda setiap siswa untuk menunjukkan kemampuannya.
Hal unik yang terdapat didalam video ketika siswa memperaktikan cara menerima pesan dari penelpon didepan kelas dengan menggunakan handphone sebagai medianya.
Nama : Wulandari Afiyanti
NIM : 857825346
Semester : 6 (enam)
Pokjar : Surakarta
1. Guru mengajarkan bagaimana berkomunikasi dengan baik terhadap siswa, terjalin komunikasi dua arah didalam kelas saat guru menanyakan bagaimana cara menerima pesan dari telepon. kemudian murid menjawab dengan ditulis di catatan.
2. Sebaiknya guru memberi pengertian terhadap seluruh siswa agar tidak menertawakan temannya saat membuat kesalahan.
3. Guru memberikan contoh yang baik dan mudah kepada siswa agar siswa tidak melakukan kesalahan lagi.
4. Saat siswa di minta memberi contoh didepan kelas menggunakan alat peraga, lebih baik menggunakan tangan saja.
5. Guru bisa menggunakan ice breaking terlebih dahulu sebelum melakukan pembelajaran, guru bisa membuka dan menutup kegiatan pembelajaran dan mengabsen kelas.
Nama : Andita Apriliani NIM. 858921078 Pokjar: Purwoharjo
1. Pembelajaran yang dilakukan sudah baik, Guru mengajarkan bagaimana berkomunikasi dengan baik
2. Guru tidak melakukan pendahuluan seperti”mengucapkan salam, berdoa,dan mengisi absensi, tiba – tiba sudah masuk ke bagian inti
3. Guru memberikan saran kepada murid agar mencatat pesan apabila ada penelpon, supaya pesan yang disampaikan tersampaikan
4. Menurut saya hal unik didalam video adalah penggunaan HP saat murid simulasi menyampaikan pesan yang diperoleh dari penelpon
5. Seharusnya guru memberikan saran apabila siswa belum mengetahui. Dan tidak menertawakan siswa apabila siswa belum mengetahuinya
Nama : MUBASSIR
NIM : 858708931
PRODI : S1-PGSD
POKJAR : BANGKALAN
UPBJJ : UPBJJ UT SURABAYA
• BAGAIMANA REAKSI ANAK/SISWA TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG DILAKUKAN OLEH GURU?
Secara keseluruhan proses pembelajaran berjalan dengan baik. Guru mengajarkan cara berkomunikasi secara efektif. Ada komunikasi dua arah di kelas. Ketika guru menanyakan cara menerima pesan dari telepon, siswa menjawab dengan menulis di catatan mereka atau penelepon meminta mereka mengulanginya. pesan.
• SECARA KESELURUHAN APA SAJA KELEMAHAN GURU DALAM MELAKUKAN PEMBELAJARAN?
a) Guru tidak melakukan tahapan pendahuluan seperti”mempersiapkan murid, berdoa,dan mengisi absensi”tampak dalam video maya yang memberitahu kepada guru kalau anis tidak masuk sekolah.
b) Guru tidak memberikan kepada murid waktu untuk mengemukakan pendapat
c) Guru membiarkan murid menertawakan maya saat memberikan informasi yang salah terkait anis
• SECARA KESELURUHAN APA SAJA KELEBIHAN GURU DALAM MELAKUKAN PEMBELAJARAN?
a. Media yang dipergunakan cukup relevan
b. Guru melibatkan siswa dalam proses pembelajaran
c. Guru memberikan kesempatan kepda setiap siswa untuk menunjukkan kemampuannya.
• HAL-HAL UNIK APA SAJA YANG DITEMUKAN DALAM VIDEO TERSEBUT DARI GURU SAAT MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN?
Menurut saya hal unik didalam video pembelajaran yang ditayangkan adalah saat murid bermain peran memperagakan bagaimana menyampaikan pesan yang diperoleh dari penelpon didepan kelas dengan menggunakan telepon seluler sebagai media nya.
• SETELAH MENGETAHUI KELEMAHAN DAN KELEBIHAN DARI GURU YANG ADA AMATI DARI TAYANGAN VIDEO, UPAYA APA SAJA YANG DAPAT DIUSULKAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KEGIATAN PEMBELAJARAN BERIKUTNYA?
Menurut saya, cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah dengan memberdayakan siswa, daripada menghukum siswa yang memberikan informasi yang salah, sebaiknya kita memberikan nasihat apa yang harus dilakukan agar tidak terjadi kesalahan dalam menyampaikan informasi.
Nama : MUBASSIR
NIM : 858708931
PRODI : S1-PGSD
POKJAR : BANGKALAN
UPBJJ : UPBJJ UT SURABAYA
• BAGAIMANA REAKSI ANAK/SISWA TERHADAP KEGIATAN PEMBELAJARAN YANG DILAKUKAN OLEH GURU?
Secara keseluruhan proses pembelajaran berjalan dengan baik. Guru mengajarkan cara berkomunikasi secara efektif. Ada komunikasi dua arah di kelas. Ketika guru menanyakan cara menerima pesan dari telepon, siswa menjawab dengan menulis di catatan mereka atau penelepon meminta mereka mengulanginya. pesan.
• SECARA KESELURUHAN APA SAJA KELEMAHAN GURU DALAM MELAKUKAN PEMBELAJARAN?
a) Guru tidak melakukan tahapan pendahuluan seperti”mempersiapkan murid, berdoa,dan mengisi absensi”tampak dalam video maya yang memberitahu kepada guru kalau anis tidak masuk sekolah.
b) Guru tidak memberikan kepada murid waktu untuk mengemukakan pendapat
c) Guru membiarkan murid menertawakan maya saat memberikan informasi yang salah terkait anis
• SECARA KESELURUHAN APA SAJA KELEBIHAN GURU DALAM MELAKUKAN PEMBELAJARAN?
a. Media yang dipergunakan cukup relevan
b. Guru melibatkan siswa dalam proses pembelajaran
c. Guru memberikan kesempatan kepda setiap siswa untuk menunjukkan kemampuannya.
• HAL-HAL UNIK APA SAJA YANG DITEMUKAN DALAM VIDEO TERSEBUT DARI GURU SAAT MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN?
Menurut saya hal unik didalam video pembelajaran yang ditayangkan adalah saat murid bermain peran memperagakan bagaimana menyampaikan pesan yang diperoleh dari penelpon didepan kelas dengan menggunakan telepon seluler sebagai media nya.
• SETELAH MENGETAHUI KELEMAHAN DAN KELEBIHAN DARI GURU YANG ADA AMATI DARI TAYANGAN VIDEO, UPAYA APA SAJA YANG DAPAT DIUSULKAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KEGIATAN PEMBELAJARAN BERIKUTNYA?
Menurut saya, cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah dengan memberdayakan siswa, daripada menghukum siswa yang memberikan informasi yang salah, sebaiknya kita memberikan nasihat apa yang harus dilakukan agar tidak terjadi kesalahan dalam menyampaikan informasi.
Nama : fina titik wijayanti
Nim : 858054156
Pokjar : gatot subroto
Hasil analisis video pembelajaran
Pembelajaran telah berjalan dengan baik, guru menyampaikan materi dengan baik terjalin komunikasi dua arah antara guru dan siswa.
Kelemahan video pembelajaran di antaranya:
-guru tidak memberikan contoh langsung cara menyampaikan dan menerima pesan.
-Guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan.
-guru tidak melakukan evaluasi di akhir pembelajaran.
-kalimat percakapan peserta didik monoton dan kaku sehingga tidak menarik.
Adapun kelebihan dari video pembelajaran tersebut ialah
– adanya media yang di gunakan dalam praktik pembelajaran.
-guru memberikan motivasi kepada siswa, memberikan pelatihan secara langsung yang melibatkan siswa sehingga siswa aktif mengikuti pembelajaran.
Saran perbaikan.
Guru sebaiknya memberikan ice breaking untuk mencairkan suasana kelas agar siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Guru memberikan kesempatan kepada siswa tanpa harus di tunjuk agar siswa memunjukkan kepercayaan dirinya. Guru sebaiknya memgajarkan merangkai kalimat percakapan yang lebih fleksibel agar tidak terkesan monoton dan tidak menarik.
Nama : alex satria
NIM : 856593364
menurut saya dari vidio diatas guru sudah sangat membantu siswa dalam melakukan pembelajaran.
dengan mengajak siswa untuk terlibat aktif secara langsung dalam pembelajaran.
hal ini sangat baik karena akan menjadi suatu pembelajaran yang bermakna bagi siswa.
guru juga memberikan pertanyaan peantik pada siswa sehingga memancing antusias dan perhatian siswa pada materi yang disampaikan oleh guru.