silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

141 Comments

  1. Nama : Revina Dionita Ardianti
    NIM : 858571049
    Kelas : 6 A
    Pokjar : Al-huda Kediri

    Mohon ijin menanggapi menurut saya dari video di atas guru tampak tidak memberikan salam pembuka maupun penutup, guru tampak langsung memberikan tugas, tanpa menjelaskan materi yg akan di kerjakan , sehingga siswa tampak bingung untuk memulai dari mana dalam mengerjakan tugasnya.

    Dalam tugas ini siswa di minta untuk menceritakan pengalamannya saat bertamasya.

    Sebaiknya guru dalam memberi tugas mengarang dapat menjelaskan apa yg akan di kerjakan, guru juga bisa memberikan langkah langkah apa saja yang di perlukan dalam tugas mengarang ini.

    Kelebihan dari video di atas :
    1. Guru aktif memperhatikan siswanya
    2. Guru mampu memancing kreativitas mengarang pada siswa dengan memberikan umpan beberapa soal kemudian menggabungkan dengan kata hubung yang tepat sangat membantu siswa untuk menyusun karangan dengan mudah,terarah,dan berkembang ceritanya sesuai dengan pengalaman masing-masing siswa.
    3. Guru melakukan observasi untuk mengetahui kesulitan siswa.
    4. Guru memantik kreatifitas siswa dengan memberikan contoh pengalaman pribadi.

    Saran saya, guru tersebut harus membuka pembelajaran dengan baik agar para siswa lebih bersemangat lagi untuk memulai pembelajaran pada hari itu, jika diperlukan guru tersebut bisa memberikan ice breaking.

  2. Nama : Heni Wilyandini
    NIM : 858049921
    Judul Video : Menulis karangan cerita/narasi

    Ada beberapa identifikasi permasalahan yang terjadi pada kegiatan belajar tersebut. Hal yang paling dasar yaitu, guru tidak melakukan kegiatan pembukaan pada awal pembelajaran. Seperti mengucapkan salam, berdoa, dan mengecek kehadiran siswa. Padahal kegiatan pembukaan sangat penting untuk dilakukan karena hal tersebut akan membuat siswa menjadi semangat dan siap dalam menerima pembelajaran.

    Dalam tugas ini siswa di minta untuk menceritakan pengalamannya saat bertamasya.

    Disarankan guru dalam memberi tugas mengarang dapat menjelaskan apa yang akan dikerjakan, guru juga bisa memberikan langkah langkah apa saja yang perlukan dalam tugas mengarang ini.

    Kelebihan dari video di atas :
    1. Guru aktif memperhatikan siswanya
    2. Guru mampu memancing kreativitas mengarang pada siswa dengan memberikan umpan beberapa soal kemudian menggabungkan dengan kata hubung yang tepat sangat membantu siswa untuk menyusun karangan dengan mudah,terarah,dan mengembangkan cerita sesuai dengan pengalaman masing-masing siswa.
    3. Guru melakukan observasi untuk mengetahui kesulitan siswa.
    4. Guru memantik kreatifitas siswa dengan memberikan contoh pengalaman pribadi.

  3. Assalamualaikum…
    Menurut pendapat saya tentang video tersebut yaitu saya melihat reaksi siswa pada pembelajaran yang dilakukan oleh buk guru tidak terlalu di mengerti oleh mereka,banyak dari sebagian mereka yang kurang faham akan tugas yang diberikan oleh buk guru.adapun kelemahan yang saya perhatikan yang dilakukan guru dalam mengajar antara lain kurang mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran, jarang mengajak siswa ke dunia nyata, kurang menggunakan metode menyenangkan, dan kurang melakukan evaluasi pembelajaran.yang menyebabkan siswa menjadi kurang mengerti.
    Setelah terjadinya murid yang bingung akan tugas saya melihat buk guru dengan tenang dan sabar memberikan arahan tentang tugas tersebut yang membuat siswa menjadi mudah mengerti tentang apa yang harus di kerjakan mereka.
    Memang Cara mengatasi kesulitan belajar pada masing-masing siswa tidak dapat disamaratakan. Guru harus mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar siswa. Dengan demikian, Guru dapat mengidentifikasi masalah dalam belajar dan cara mengatasinya. Kemudian dapat mengambil langkah langkah mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa.

    Banyak hal yang menjadi sebab siswa menghadapi hambatan dalam belajar sehingga menggangu kemajuan belajarnya atau bahkan dapat menyebabkan siswa terjadi suatu kegagalan.
    Menurut saya ada baiknya guru dapat menggunakan Media Pembelajaran Video.sebab
    Media pembelajaran video adalah media yang sangat menarik dan informatif untuk menyampaikan materi pelajaran. Video bisa menampilkan gambar, suara, musik, animasi, dan narasi yang bisa memudahkan peserta didik memahami konsep-konsep yang abstrak atau kompleks.

  4. Nama : Rizka Maulida Tanjung
    Nim. : 856054831
    Prodi. : PGSD AKPMM
    Upbjj. :UT Medan
    Assalamualaikum…
    Menurut pendapat saya tentang video tersebut yaitu saya melihat reaksi siswa pada pembelajaran yang dilakukan oleh buk guru tidak terlalu di mengerti oleh mereka,banyak dari sebagian mereka yang kurang faham akan tugas yang diberikan oleh buk guru.adapun kelemahan yang saya perhatikan yang dilakukan guru dalam mengajar antara lain kurang mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran, jarang mengajak siswa ke dunia nyata, kurang menggunakan metode menyenangkan, dan kurang melakukan evaluasi pembelajaran.yang menyebabkan siswa menjadi kurang mengerti.
    Setelah terjadinya murid yang bingung akan tugas saya melihat buk guru dengan tenang dan sabar memberikan arahan tentang tugas tersebut yang membuat siswa menjadi mudah mengerti tentang apa yang harus di kerjakan mereka.
    Memang Cara mengatasi kesulitan belajar pada masing-masing siswa tidak dapat disamaratakan. Guru harus mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar siswa. Dengan demikian, Guru dapat mengidentifikasi masalah dalam belajar dan cara mengatasinya. Kemudian dapat mengambil langkah langkah mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa.

    Banyak hal yang menjadi sebab siswa menghadapi hambatan dalam belajar sehingga menggangu kemajuan belajarnya atau bahkan dapat menyebabkan siswa terjadi suatu kegagalan.
    Menurut saya ada baiknya guru dapat menggunakan Media Pembelajaran Video.sebab
    Media pembelajaran video adalah media yang sangat menarik dan informatif untuk menyampaikan materi pelajaran. Video bisa menampilkan gambar, suara, musik, animasi, dan narasi yang bisa memudahkan peserta didik memahami konsep-konsep yang abstrak atau kompleks.

  5. Nama: Mellyndha Widya Putri
    NIM: 858571515

    Setelah saya menonton video diatas, saya berpendapat bahwa dalam pembelajaran pasti ada kelebihan maupun kekurangan. Pada video tersebut sangat bagus, guru juga memperhatikan siswanya, mengajak siswa aktif dalam pembelajaran namun pada kegiatan awal guru tidak menyapa siswa,tidak absen dan tidak berdoa. Pada saat pembelajaran siswa pun sangat antusias ketika pembelajaran meskipun diawal ada siswa yang gaduh dan tidak semangat dalam pembelajaran.
    Adapun beberapa kelebihan dari pembelajaran tersebut ialah:
    1. Pada saat pembelajaran dimulai guru mengamati dan memberi perhatian kepada siswa yang tidak konsentrasi dikelas
    2. Guru mengarahkan siswa membuat kalimat serta memberikan langkah-langkah pertanyaan bagaimana menulis karangan agar memudahkan siswa mengarang
    3. Guru memastikan semuanya mengerjakan tugas kemudian guru memeriksa tugas siswa dengan mengecek satu persatu
    4. Guru bertanya dan mendekati siswa ketika siswa mengalami kesulitan.
    Adapun kelemahan dalam pembelajaran ini adalah;
    1. Ketika memulai pembelajaran guru tidak mengawali pembelajaran dengan pembukaan seperti menyapa siswa, absensi ataupun berdoa
    2. Sebelum memulai materi guru harusnya menyapa siswa dengan menanyakan kabar, memberi motivasi siswa, atau mencairkan suasana kelas terlebih dulu agar siswa bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Siswa terlihat sangat gaduh pada awal pembelajaran
    3. Guru tidak menjelaskan apa itu karangan/narasi namun langsung memberikan langkah-langkah untuk menulis karangan cerita atau narasi
    4. Guru menyampaikan materi sangat kaku dan membuat siswa menjadi kurang tertarik pada materi yang disampaikan
    Adapun saran dan perbaikan:
    1. Pada kegiatan awal pembelajaran, sebaiknya guru menyapa siswa, mengajak siswa berdoa dan mengabsen siswa. Kemudian memberikan motivasi agar siswa lebih bersemangat dalam pembelajaran dan memberi apresiasi terlebih dahulu tentang materi yang akan disampaikan.
    2. Guru harus tegas untuk mengkondisikan kelas agar anak tidak gaduh saat pembelajaran telah dimulai
    3. Pada saat pembelajaran, siswa harusnya diberikan contoh teks tentang karangan yang berisi pengalaman tamasya
    4. Guru harusnya memberikan semangat pada siswa dengan cara memberikan pujian dan penghargaan bagi siswa yang antusias.
    Dalam video tersebut ada salah satu hal yang unik ketika pembelajaran yaitu guru mengajak siswa bercanda tawa meskipun hanya sekali

  6. Pada video tersebut seorang guru melakukan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan memberikan tugas mengarang cerita dengan tema tamasya. Guru memberikan langkah-langkah dalam mengerjakan tugas mengarang. Respon siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan guru dalam vide tersebut kurang efektif, karena semua siswa hanya mengikuti perintah guru dan tidak adanya timbal balik antara guru dengan siswa oleh karena itu pembelajaran yang dilakukan terasa monoton.

    Kelemahan pada video tersebut adalah :
    a. Pada saat memulai pembelajaran, guru tidak membuka pembelajaran dengan salam dan mengecek kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran.
    b. Pada saat pembelajaran berlangsung, guru tidak menyampaikan materi yang akan dipelajari dan memancing siswa untuk berpikir apa yang akan dipelajari. Dalam video tersebut, guru langsung memberikan tugas kepada siswa untuk membuat karangan cerita bertema tamasya
    c. Dalam video tersebut guru tidak menggunakan media pembelajaran untuk menunjang kegiatan mengajar

    Kelebihan pada video tersebut :
    a. Guru membimbing siswa dalam tugas pembelajaran dengan memberikan langkah-langkah mengerjakan tugas karangan cerita
    b. Guru memberikan contoh pengalaman langsung kepada siswa untuk mempermudah siswa dalam mengerjakan tugas
    c. Guru mengecek satu-satu pekerjaan siswa apakah sudah benar atau belum

    Hal unik yang terdapat dalam video tersebut adalah guru memberikan bantuan langkah-langkah mengerjakan tugas dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan sederhana yang mudah dijawab oleh siswa serta guru juga memberikan bimbingan satu-persatu kepada siswa

  7. Nama : muhammad isa ansori
    Prodi : PGSD
    UPBJJ : Jember
    Pokjar : Wuluhan
    Menurut pendapat saya tentang video tersebut, saya melihat bahwa reaksi siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh bu guru tidak terlalu dipahami oleh mereka. Banyak dari mereka yang kurang memahami tugas yang diberikan oleh bu guru. Adapun kelemahan yang saya perhatikan dalam metode pengajaran guru antara lain kurangnya persiapan dalam merencanakan pelaksanaan pembelajaran, jarangnya kegiatan yang mengajak siswa ke dunia nyata, kurangnya penggunaan metode yang menyenangkan, serta kurangnya evaluasi pembelajaran. Hal-hal ini menyebabkan siswa menjadi kurang memahami.

    Setelah beberapa murid bingung akan tugas, saya melihat bu guru dengan tenang dan sabar memberikan arahan tentang tugas tersebut, yang membuat siswa menjadi lebih mudah memahami apa yang harus mereka kerjakan.

    Memang, cara mengatasi kesulitan belajar pada setiap siswa tidak dapat disamaratakan. Guru harus mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar siswa. Dengan demikian, guru dapat mengidentifikasi masalah dalam pembelajaran dan cara mengatasinya. Selanjutnya, guru dapat mengambil langkah-langkah untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa.

    Ada banyak hal yang menjadi penyebab siswa mengalami hambatan dalam belajar sehingga mengganggu kemajuan belajar mereka atau bahkan dapat menyebabkan kegagalan. Menurut saya, ada baiknya guru menggunakan Media Pembelajaran Video, karena media ini sangat menarik dan informatif dalam menyampaikan materi pelajaran. Video dapat menampilkan gambar, suara, musik, animasi, dan narasi yang dapat memudahkan peserta didik memahami konsep-konsep yang abstrak atau kompleks.

  8. Nama: Putriyati Matuzzahroh
    UPBJJ: Malang
    Prodi: PGSD
    Pokjar: Kediri
    Menurut pendapat saya kurangnya guru mempersiapkan pelajaran dalam masuk kedalam kelas jadi peserta didik bingung atas apa yang disuruh Dari gurunya.
    Kekurangan dalam pembelajaran:
    1. Guru tidak mengucapkan Salam Dan doa sebelum mata pelajaran dimulai Dan sebelum pulang
    2. Guru kurang mempersiapkan materi yang akan di ajarkan dikelas
    3. Guru kurang mengetahui kondisi murid apakah sudah paham atas apa yang diperintahkan.
    Kelebihan dalam pembelajaran
    1. Guru mempunyai trik untuk memhamkan peserta didiknya.
    2. Guru mempunyai kreatifitas agar anaknya semantat belajar lagi.
    3. Guru memancing murid agar murid bisa paham atas apa yang diperintahkan.

  9. Nama : Septina Zulkarnain
    Nim : 856814634
    UPBJJ / Pokjar : UT Bengkulu – Pokjar Bengkulu Tengah

    Menurut hasil analisis saya setelah menonton video kesulitan menulis karangan cerita narasi pada video di atas adalah ditemukan kekurangannya yaitu guru pada awal pembelajaran tidak melakukan pembukaan sebelum pelajaran dimulai, karena ketika pelajaran dimulai guru langsung memberikan tugas kepada siswa. Karena sebaiknya sebelum pelajaran dimulai alangkah baiknya kita bermukaddimah dulu atau melakukan yel-yel atau sejenis tepuk semangat agar siswa dapat konsentrasi dalam belajar. Karena dalam video tersebut masih ada siswa yang mengobrol, berbicara, bahkan tidak fokus pada yang disampaikan guru sehingga guru harus menegur siswa tersebut.
    Selain itu kekurangan yang lainnya adalah guru tidak memberikan penjelasan secara rinci di awal. Hanya langsung memberikan tugas kepada siswa. Seharusnya guru jelaskan terlebih dahulu apa saja yang harus dipersiapkan, memberi contoh dan penjelasan lainnya sebelum tugas diberikan.
    Tetapi selain kekurangan tersebut ada juga kelebihan yaitu guru menanyakan kepada siswa apa yang menjadi kesulitan dan menjelaskan kembali bagaimana solusinya kepada siswa tersebut. Contohnya dengan memberikan rincian apa saja yang harus ditulis siswa pada karangan yang diperintahkan oleh guru. dan kelebihan lainnya yaitu guru tersebut memberikan solusi kepada siswa bagaimana cara mengatasi kesulitan dalam menulis karangan cerita ketika bertamasya sehingga dihasilkan lah sebuah karangan siswa yang disusun dari rincian-rincian yang sudah di tulis sebelumnya

  10. Mohon izin menanggapi video pembelajaran berikut.
    Menurut pendapat saya, dalam video tersebut belum ada kegiatan pembuka.
    Kegiatan pembuka merupakan cara untuk menarik perhatian siswa dan mempersiapkan mereka secara mental untuk pembelajaran.
    Kegiatan pembuka juga digunakan untuk memperkenalkan topik baru dengan cara mengaitkannya dengan pengetahuan sebelumnya misalnya bu guru menceritakan pengalamnya bertamasya sehingga siswa memiliki suatu gambaran sebelum menuju topik yang akan di bahas. Tanpa kegiatan ini, siswa mungkin tidak memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang akan dipelajari dan bagaimana itu terhubung dengan pengetahuan mereka sebelumnya.
    Sebaiknya pada kegiatan penutup hendaknya di lakukan refleksi.
    Dengan melakukan kegiatan refleksi, guru dapat mengevaluasi pemahaman siswa tentang materi pelajaran. Siswa dapat mengekspresikan apa yang mereka pahami dengan baik dan area mana yang masih memerlukan perbaikan.

Leave a Reply