Similar Posts
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi…
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pemahaman dan Penanaman Makna Konsep Pembagian
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah dalam strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Pada Penggalan Pertama, bercerita tentang pembelajaran matematika SD dengan topik “Pembagian”.Pada topik ini guru sering mengalami kesulitan dalam memberikan pemahaman yang tepat dan benar tentang konsep pembagian kepada siswa. Pada penggalan kedua,…
Bagaimana Menyimak yang Efektif?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membaca untuk Mendapatkan Informasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Yuk, Kita Baca Lagi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Izin menanggapi
Menurut pendapat saya, setelah melihat tayangan vidio di atas. Kekurangan guru tersebut ialah pada awal pembelajaran guru tersebut tidak membuka pembelajaran dengan baik seperti mengucapkan salam mengecek kehadiran siswa dan tidak melakukan apa resepsi namun ibu guru tersebut langsung menyampaikan materi pembelajaran pada hari itu.
Dan kelebihan guru tersebut ialah pada saat penyampaian materi sudah cukup bagus dari mulai langkah-langkah yang harus dikerjakan oleh siswa seperti apa yang akan dibutuhkan ketika bertamasya, apa yang akan dilakukan saat di perjalanan apa yang dilakukan di tempat tamasya, apa yang dilakukan saat perjalanan pulang dan apa yang dirasakan setelah tamasya.
Dengan demikian setelah diberikan langkah-langkah tersebut para siswa dapat menentukan topik yang akan dibuat dalam sebuah karangan mereka.
Saran saya, guru tersebut harus membuka pembelajaran dengan baik agar para siswa lebih bersemangat lagi untuk memulai pembelajaran pada hari itu.
Nam : Handayani
Nim : 856816691
Izin menanggapi
Setelah melihat vidio pembelajaran diatas, saya melihat kekurangan yang ada pada pembelajaran tersebut terletak pada awal pembelajaran, guru tersebut tidak membuka pembelajaran dengan baik seperti mengucapkan salam, mengecek kehadiran siswa, dan tidak melakukan apa resepsi. Namun ibu guru tersebut langsung menyampaikan materi pembelajaran pada hari itu.
Dan kelebihan guru tersebut ialah pada saat penyampaian materi sudah cukup bagus dari mulai langkah-langkah yang harus dikerjakan oleh siswa seperti apa yang akan dibutuhkan ketika bertamasya, apa yang akan dilakukan saat di perjalanan apa yang dilakukan di tempat tamasya, apa yang dilakukan saat perjalanan pulang dan apa yang dirasakan setelah tamasya.
Dengan demikian setelah diberikan langkah-langkah tersebut para siswa dapat menentukan topik yang akan dibuat dalam sebuah karangan mereka.
Saran saya, guru tersebut harus membuka pembelajaran dengan baik agar para siswa lebih bersemangat lagi untuk memulai pembelajaran pada hari itu. Sekian terimakasih.
NAMA : IKA WARDHYANINGSIH
NIM : 857997674
PRODI : PGSD
Menurut saya kelemahannya adalah dalam kurangnya apersepsi awal oleh guru, kurang memberikan pertanyaan pemantik untuk siswa, kurang media yang menarik.
kelebihannya adalah guru memberikan kisi2 dalam membuat cerita yang runtut sehingga siswa bisa paham apa yang harus ditulis.
Assalamualaikum, Wr. Wb……
Nama : ELDA MUSTIKA
Nim : 856814706
Semester : 8
Jurusan : PGSD/ 1
Pokjar : Bengkulu Tengah
Izin menanggapi,
Menurut pendapat saya. setelah melihat vidio diatas. kekurangan yang guru miliki didalam vidio tersebut adalah awal pembelajaran guru yang tidak memberi pembukaan pembelajaran tersebut dengan baik. seperti mengucapkan salam dan absen kehadiran terlebih dahulu.
Dan kelebihan guru dlam vidio tersebut adalah pada saat penyampaian materi sudah cukup lumayan bagus dari langkah-langkah yang harus dikerjakan oleh siswa seperti apa yang akan dibutuhkan ketika bertamasya.
Dengan Demikian setelah diberikan langakah-langkah diatas siswa dapat menentukan topik yang dibuat karangan mereka. supaya siswa-siswi lebih semangat dalam belajar. cukup sekian terimakasih.
NAMA : NOVA FEBRIANTI
NIM : 856814713
POKJAR : BENGKULU TENGAH
Izin menanggapi,
ANALISA VIDEO
Menurut analisa saya guru mendorong murid untuk mempersiapkan alat tulisnya dan menekankan pentingnya keseriusan dalam belajar. video ini berfokus pada membantu murid mengatasi kesulitan menulis, terutama ketika diberi tugas menulis. secara keseluruhan, guru memberikan saran dan dorongan bagi anak-anak yang kesulitan menulis, membagi prosesnya menjadi langkah-langkah yang dapat dikelola, menekankan pentingnya inspirasi dan motivasi.
Kelemahan dalam video tersebut menurut saya, guru tidak mengucapkan salam, guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, serta guru tidak mengabsen siswa. Sedangkan kelebihan dalam video adalah guru mengapresiasi siswa ketika maju kedepan, guru selalu memantau anak ketika anak ribut dan guru aktif dalam pembelajaran.
Nama : Allaysia Rahmawati sedayu
Nim : 858066129
Prodi :S1 PGSD
Dari video di atas guru tampak tidak memberikan salam , guru tampak langsung memberikan tugas, tanpa menjelaskan materi yg akan di kerjakan , sehingga siswa tampak bingung untuk memulai dari mana dalam mengerjakan tugasnya .
Dalam tugas ini siswa di minta untuk menceritakan pengalaman nya saat bertamasya.
Sebaiknya guru dalam memberi tugas mengarang dapat menjelaskan apa yg akan di kerjakan , guru juga bisa memberikan langkah langkah apa saja yang di perlukan dalam tugas mengarang ini .
Kelebihan dri video di atas guru aktif memperhatikan siswa nya , guru juga mampu menumbuhkan inspirasi inspirasi pada anak.
NAMA : NOVA FEBRIANTI
NIM : 856814713
POKJAR : BENGKULU TENGAH
ANALISA VIDEO
Menurut analisa saya guru mendorong murid untuk mempersiapkan alat tulisnya dan menekankan pentingnya keseriusan dalam belajar. video ini berfokus pada membantu murid mengatasi kesulitan menulis, terutama ketika diberi tugas menulis. secara keseluruhan, guru memberikan saran dan dorongan bagi anak-anak yang kesulitan menulis, membagi prosesnya menjadi langkah-langkah yang dapat dikelola, menekankan pentingnya inspirasi dan motivasi.
kelemahan dalam video tersebut menurut saya, guru tidak mengucapkan salam, guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, serta guru tidak mengabsen siswa. Sedangkan kelebihan dalam video adalah guru mengapresiasi siswa ketika maju kedepan, guru selalu memantau anak ketika anak ribut dan guru aktif dalam pembelajaran.
Perkenalkan nama saya NADIA VEGA. NIM : 856973809.
dari analisis yang saya lakukan pada video tersebut menurut saya kekurangan dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru tersebut adalah bahwa guru belum melakukan apersepsi. seperti misalnya guru bisa bertanya kepada siswa “pernahkah anak -anak pergi bertamasya?” “kemana anak-anak biasanya pergi tamasya?” sehingga pada saat guru meminta siswa untuk membuat cerita dengan tema tamasya anak-anak tidak mengalami kesulitan..
Kemudian setelah guru memberikan sebuah rangsangan menurut saya kurang tepat, karena guru hanya memberikan pertanyaan, dimana siswa hanya akan membuat karangan berupa jawaban atas pertanyaan yang diberikan guru. sebagai solusi, guru bisa memberikan media gambar yang memperlihatkan urutan persiapan sampai perjalanan sebuah keluarga yang sedang melakukan tamasya. Dengan media gambar dapat menstimulus kemampuan siswa dalam menyusun kosakata sehingga menjadi sebuah karangan
Nama : Wulan Dartika Sari
NIM : 855748478
Prodi : PGSD
Kelas : 6 C
UPBJJ : Bandar Lampung
Pokjar : Sidomulyo
Izin menanggapi
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran pada video tersebut kurang antusias, bahkan ada siswa yang tetap mengobrol dengan teman sebangku nya.
2. Kelemahan guru dalam video tersebut yaitu kurang menarik minat siswa untuk mengikuti pembelajaran. Pada awal video guru langsung memberikan tugas tanpa menjelaskan terlebih dahulu bagaimana cara mengerjakan tugas tersebut sehingga banyak siswa yang kebingungan saat mengerjakan.
3. Kelebihan guru dalam video tersebut yaitu guru dapat memberikan rangsangan agar siswa lebih kreatif dan mudah mengerjakan tugas. Dengan cara memberikan solusi saat siswa bingung mengerjakan tugas.
4. Keunikan yang terdapat pada video tersebut adalah guru dapat mencairkan suasana kelas dengan sedikit candaan dengan siswa sehingga seluruh siswa tertawa. Hal ini dapat menghilang kan ketegangan dalam kelas.
5. Upaya yang dapat saya usulkan adalah sebaiknya guru membuka pembelajaran terlebih dahulu dan saat itu juga guru dapat menarik perhatian siswa. Kemudian guru dapat menjelaskan terlebih dahulu mengenai pembelajaran yang akan dipelajari dan tidak langsung memberikan tugas kepada siswa.
Nama : Wulan Dartika Sari
NIM : 855748478
Prodi : PGSD
Kelas : 6 C
UPBJJ : Bandar Lampung
Pokjar : Sidomulyo
Saya akan menganalisis video pembelajaran yang berjudul “kesulitan menulis karangan cerita/narasi” Mata pelajaran Bahasa Indonesia SD (non eksak)
Berikut hasil analisisnya :
1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran pada video tersebut kurang antusias, bahkan ada siswa yang tetap mengobrol dengan teman sebangku nya.
2. Kelemahan guru dalam video tersebut yaitu kurang menarik minat siswa untuk mengikuti pembelajaran. Pada awal video guru langsung memberikan tugas tanpa menjelaskan terlebih dahulu bagaimana cara mengerjakan tugas tersebut sehingga banyak siswa yang kebingungan saat mengerjakan.
3. Kelebihan guru dalam video tersebut yaitu guru dapat memberikan rangsangan agar siswa lebih kreatif dan mudah mengerjakan tugas. Dengan cara memberikan solusi saat siswa kesulitan mengerjakan tugas.
4. Keunikan yang terdapat pada video tersebut adalah guru dapat mencairkan suasana kelas dengan sedikit candaan dengan siswa sehingga seluruh siswa tertawa. Hal ini dapat menghilang kan ketegangan dalam kelas.
5. Upaya yang dapat saya usulkan adalah sebaiknya guru membuka pembelajaran terlebih dahulu dan saat itu juga guru dapat menarik perhatian siswa. Kemudian guru dapat menjelaskan terlebih dahulu mengenai pembelajaran yang akan dipelajari dan tidak langsung memberikan tugas kepada siswa.