Similar Posts
Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah Dikelas Rendah
silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak. Vera Maya Santi,…
Mengajar Berat Benda
silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kompetensi yang harus dikusai dalam menjalankan tugasnya sebagai guru di antaranya kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik meliputi pemahaman guru terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Dengan menguasai pemahaman terhadap peserta didik guru…
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Mengefektifkan Waktu Pada Saat Menggunakan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA SD
silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama
silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan. Mery Novianti Pakar Dosen Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak…
MARYANA PUSPITASARI 825966816
Pemantapan kemampuan profesional
Video tersebut memperlihatkan proses pembelajaran yang memberikan suatu wacana agar siswa bisa mencermati wacana tersebut sehingga bisa mendapatkan informasi .terdapat beberapa kelemahan dan kelebihan yang dapat saya amati
Kelemahan :
β pada awal atau pembuka pembelajaran guru tidak mengucapkan salam.
β tidak ada nya absensi kelas
β tidak melakukan apersepsi
β tidak ada nya pengulangan materi pembelajaran pada minggu yang lalu.
β tidak menjelaskan bakia itu dengan jelas.
β guru tidak memberikan kesimpulan dan umpan balik pada akhir pembelajaran
β guru tidak menutup pembelajaran dengan salam
β kurang nya media pembelajaran yang di pakai
Kelebihan
β Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
β guru menggunakan alat peraga sebagai media pembelajaran.
β siswa termasuk aktif
β guru menyapa murid dengan ramah
β guru mengajak murid terlibat dalam praktek pembelajaran nya
– Guru menyebutkan tujuan pembelajaran
-Guru mengajak para siswa untuk belajar di luar kelas agar proses pembelajaran menjadi menyenangkan
-Siswa bisa langsung mempraktekkan cara menggunakan bakiak
-Guru melakukan refleksi pembelajaran
Identifkasi Masalah
Masalah yang terdapat pada video tersebut :
Pada awal pembelajaran guru tidak membuka pembelajaran dengan baik menurut saya,karena guru tidak memberikan salam dan tidak juga mengabsensi murid nya.guru tidak menjelaskan apa bakia itu dengan jelas ,
Guru juga tidak memberikan apersepsi pada awal pembelajaran,kurang nya penggunaan media pembelajaran yang lain
Analisis Masalah
Menurut saya penyebab dari permasalahan itu karena guru kurang dalam memahami bagaimana pembuka awal pembelajaran dengan baik,dan tidak adanya penggunaan media lain seperti buku cerita,kertas pengumuman dan lain lain ,dari sana sebenarnya kita bisa mendapatkan informasi dalam membaca
Alternatif dan Prioritas Pemecahan Masalah
Menurut saya ,dalam proses pembelajaran itu sebaiknya di tambah metode ceramah di mana guru lebih menjelaskan apa materi yang di pelajari sehingga bisa membuat murid bisa lebih paham.
Dan metode tanya jawab karena hal ini bisa meningkatkan pengetahuan murid dan bisa membuat murid menjadi lebih aktif lagi.
Rumusan Masalah
Bagaimana cara agar dapat meningkatkan keaktifan dan meningkatkan pengetahuan siswa dalam mendapatkan informasi dari berbagai macam media pembelajaran dengan baik?
Bismillah,,,
menurut pendapat saya pembelajaran dalam video diatas sudah baik karena tidak hanya guru a=yang aktif dalam pembelajaran.
kelebihan dari pembelajaran tersebut adalahsiswa diajak langsung praktik bermain bakiak dan tidak hanya membaca wacana dalam menjelaskan sesuatu informasi yang dibacanya, hal ini dapat membuat siswa tetap mengingat materi yang didapatkannya dalam belajar (learning by doing)
kelemahan dalam pembelajaran ini hanya masalah waktu belajar yang singkat dan pengelolaan kelas saja karena siswa tidak semua bisa menurutapayang diinginkan guru dan bisa langsung menjelasakan dengan kata kata mereka sendiri tentang informasi setelah belajar tersebut dilakukan.
Assalamu’alaikum Wr Wb saya Maya Sari dengan NIM 859804996 dengan Pokjar Palembang izin menanggapi video pembelajaran pada link ini: https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/membaca-untuk-mendapatkan-informasi/
Menurut saya, video pembelajaran ini memiliki kelebihan dan kekurangannya.
Berikut kelebihannya:
1. Guru sudah mengucapkan salam pembukaan dengan menyampaikan pembukaan “selamat pagi”
2. Guru sudah menyampaikan tujuan pembelajaran
3. Guru menyampaikan materi dan menggunakan media secara nyata (bakiak) berdasarkan informasi yang sudah dibaca
4. Guru sudah mencoba memberikan perencaan kerja kelompok dengan baik.
5. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapat
6. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca
7. Guru menerapkan pembelajaran dengan suasana kelas yang berbeda, yaitu belajar di luar kelas (di taman)
8. Guru sudah memberikan timbal balik dengan menanggapi pertanyaan siswa
9. Guru mengawasi kegiatan siswa dan memberikan contoh yang baik sesuai dengan informasi yang telah dibaca
Berikut kelemahannya:
1. Pembelajaran tidak dimulai secara lebih runtut seperti mengabsen siswa yang hadir /tidak hadir
2. Guru tidak memberikan teguran/nasehat pada siswa yang belum memperhatikan pembelajaran
3. Pembagian kelompok sudah direncakan dengan baik, namun pelaksanaan pembagian kelompok tidak terlihat
4. Tidak memberikan evaluasi secara individu kepada siswa
5. Belum memiliki kesimpulan pembelajaran
6. Tidak menyampaikan kelanjutan materi yang akan dipelajari
7. Seharusnya guru memberikan pengarahan membaca secara estafet agar konsentrasi siswa semakin meningkat terhadap suatu informasi
Baik itu saja yang bisa saya tanggapi, terima kasih
Wassalamu’alaikum wr wb.
Maulana Efendi Harahap
856096807
PGSD BI UT Medan
Assalamualaikum Wr.Wb.
Izin Menanggapi..
Menurut pendapat saya proses pembelajaran pada video tersebut sudah sangat baik, karena didalam proses pembelajarannya guru sangat baik dalam penyampaian dan penjelasan materi kepada siswa. Kelebihan dari pembelajaran tersebut adalah selain menggunakan metode ceramah, guru juga mengajak siswa praktik secara langsung di luar kelas untuk bermain bakiak. Sedangkan kelemahan dalam pembelajaran ini tidak adanya apersepsi, menanyakan kabar siswa, membuka pelajaran dengan berdoa, dan belum ada kesimpulan dari pembelajaran materi bakiak.
Terima Kasih…
nama : wahyu fitri ramadhani
NIM: 877530883
PGSD UPBJJ MEDAN
izin menanggapi dalam video diatas , menurut saya dalam proses pembelajaran sudah baik dan jelas dalam menjelaskan permainan bakiak. guru juga membawa bahan ajarnya yaitu berupa bakiak..dan juga membawa murid keluar untuk memberitahu cara bermainnya langsung ke praktek.
mungkin kelemahannya guru tidak menanyakan kabar kepada murid, serta tidak mengabsen atau bertanya siapa saja siswa yang tidak hadir selama proses pembelajaran serta tidak memberikan kesimpulan akhir tentang pembelajran
Nama : Tika liana
NIM : 858056396
Pokjar : Melawi
UPBJJ : 47/Pontianak
Menurut pendapat saya mengenai pembelajaran dalam video di atas sudah baik karena di situ terlihat bukan hanya guru yang aktif dalam pembelajaran tetapi siswa juga aktif dan sangat antusias namun terdapat beberapa kelemahan/kekurangan pada video tersebut diantaranya:
Pada awal pembelajaran guru tidak memulai pembelajaran dengan doa dan absensi kelas, guru tidak melakukan apresiasi, boleh tidak memberikan kesimpulan dan umpan balik pada akhir pembelajaran, guru tidak menutup pembelajaran dengan salam, tetapi terdapat juga kelebihan pada video tersebut yaitu:
Guru sudah mengucapkan salam pembuka dengan menyampaikan “selamat pagi”, siswa diajak langsung praktik bermain bakiak dan tidak hanya membaca wacana dalam menjelaskan sesuatu informasi yang dibacanya, guru sudah menyampaikan materi dan menggunakan media secara nyata, guru sedang memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca, guru mengawasi kegiatan siswa dan memberikan contoh yang baik Sesuai dengan informasi yang telah dibaca.
Terimakasih
Nama : Tika liana
NIM : 858056396
Pokjar : Melawi
UPBJJ : 47/Pontianak
Menurut pendapat saya mengenai pembelajaran dalam video di atas sudah baik karena di situ sudah terlihat bukan hanya guru yang aktif dalam pembelajaran tetapi siswa juga aktif dan sangat antusias namun terdapat beberapa kelemahan/kekurangan pada video tersebut diantaranya:
Pada awal pembelajaran guru tidak memulai pembelajaran dengan doa dan tidak melakukan absensi kelas, guru tidak melakukan apresiasi, guru tidak memberikan kesimpulan dan umpan balik pada akhir pembelajaran, guru tidak menutup pembelajaran dengan salam, tetapi terdapat juga kelebihan pada video tersebut yaitu:
Guru sudah mengucapkan salam pembuka dengan menyampaikan “selamat pagi”, siswa diajak langsung praktik bermain bakiak dan tidak hanya membaca wacana dalam menjelaskan sesuatu informasi yang dibacanya, guru sudah menyampaikan materi dan menggunakan media secara nyata, guru sudah memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca, guru mengawasi kegiatan siswa dan memberikan contoh yang baik Sesuai dengan informasi yang telah dibaca.
Terimakasih
Nama : Muhammad Rajin Kholiq
NIM :858901685
Semester 8
UPBJJ JEMBER
Menurut saya, video pembelajaran tersebut sudah bagus tapi ada beberapa kelemahan yang harus di benahi dalam pembelajaran tersebut, antara lain :
1. pada kegiatan awal seharusnya guru mengucapkan salam pembuka dan doa sebelum memulai kegiatan.
2. absensi siswa tidak ada, jadi guru tidak mengetahui berapa jumlah siswa yabg hadir dan tidak hadir.
3. tidak ada ulasan balik tentang pembelajaran sebelumnya.
4. guru tidak memotivasi siswa, sehingga di awal pembelajaran siswa tampak kurang semangat dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
5. tidak ada tugas rumah yang diberikan oleh guru, dan apa pemberitahuan pembelajaran yang akan dilaksanakan pada besok pagi.
5. guru tidak menutup kegiatan dengan salam penutup dan doa.
menurut saya itu kelemahan di kegiatan tersebut, kelebihan di kegiatan tersebut yaitu:
1. guru memberi gambaran kepada siswa tentang pelajaran yangg dilakukan, sehingga siswa mengerti apa yang akan di pelajari siswa.
2. guru membawakan contoh langsung materi yang akan dibawakan.
3. siswa sangat tertarik dan mendengarkan penjelasan guru, karena melakukan pembelajaran di luar kelas, sehingga siswa sangat antusias memgikuti pembelajaran tersebut.
5. guru memberikan refleksi dan evaluasi sebelum penbelajaran di tutup.
6. dan kesimpulan, sehingga siswa memahami apa yg dipelajari pada pmbelajaran tersebut.
menurut saya berikut adalah kekurangan dan kelebihan yang ada pada video pembelajaran tersebut, terima kasih ππ»ππ»
Nama : Tri Advent Satria Putra Hulu
Nim : 855855368
UPBJJ MEDAN
Pokjar Idanogawo
Dari video pembelajaran tersebut sudah bagus dimana guru memperkenalkan materi pelajaran, serta membawa alat ajar yaitu bakiak. Dari video pembelajaran tersebut bukan hanya saja guru yang aktif namun guru berhasil membuat semua peserta didik aktif untuk menjawab dan memberikan tanggapan tentang apa yang di sampaikan guru tersebut. Guru tersebut juga mengajak peserta didik untuk membaca dan guru tersebut juga menjelaskan materi yang di baca oleh peserta didik. Dari video guru membuat kelompok kecil, lalu guru tersebut mengajak peserta didik untuk mempraktekkan cara penggunaan Bakiak kepada peserta didik. Setalah mempraktekkan dan mengajak peserta didik untuk mempraktekkannya juga guru meminta pendapat siswa tentang penggunaan Bakiak. Nahh, ini merupakan pembelajaran yang efektif dan baik serta memenuhi unsur.
Ada beberapa kelemahan yang harus di perbaiki dari video pembelajaran tersebut :
1. Di awal masuk kelas guru sebenarnya menyampaikan salam pembukaan
2. Guru tidak mengabsen peserta didik
3.Tidak ada doa Pembuka
4. Tidak ada ice breaking
5. Tidak adanya motivasi kepada peserta didik
6. Tidak ada tugas yang diberikan di akhir pembelajaran
7. Tidak ada kesimpulan
Di video pembelajaran tersebut banyak kelebihan dan kekurangannya, Terimakasih ππ
Nama : MIFTA ULYA
Nim. : 856469596
UPBJJ PEKANBARU
Pokjar PELALAWAN
Semester 6
Dari video yang telah saya tonton menurut saya ada beberapa kelebihan dan kelemahan dalam cara mengajar guru tersebut.
Kelebihannya:
– guru mampu mengajak siswanya untuk aktif dalam berinteraksi
– guru mampu menciptakan suasana kondusif dalam kegiatan belajar mengajar
Kekurangannya:
– pada saat pembukaan pembelajaran disayangkan tidak ada doa, yang mana itu adalah salah satu ilmu religius yang seharusnya di terapkan di dalam kelas
– tidak melakukan absensi
– tidak ada kesimpulan dalam menutup pembelajaran.