silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak.

Vera Maya Santi, M.Si.

Video ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang konsep perkalian dengan alat peraga gambar ayam.

Guru dalam memberikan pemahaman tentang perkalian sudah benar, yaitu bahwa perkalian adalah merupakan penjumlahan berulang tetapi belum dihubungkan dengan alat peraga yang ada.

Guru dalam memberikan contoh perkalian bilangan 3 x  1 = 1 + 1 + 1 = 3 dan 3 x 2 = 2 + 2 + 2 = 6 tidak mengkaitkan dengan alat peraga. Alat peraga hanya dipajang di papan tulis dan tidak difungsikan bagaimana proses perkalian tersebut sehingga menjadi penjumlahan berulang.

Selanjutnya guru dalam menyuruh anak untuk menuliskan hasil peragaan guru tersebut pada bukunya.

Pada saat siswa disuruh meragakan perkalian bilangan 4 x 3 = …. dengan peraga yang ada juga tidak dilakukan oleh siswa.

Melalui cara-cara yang diperagakan guru dalam vedio ini siswa diharapkan akan lebih mudah memahami konsep perkalian, namun belum nampak.

Drs. Suparman, M.Pd.

Cara membuka, mengisi, dan menutup sudah jelas, sudah sesuai dengan tingkat perkembangan siswa, Materi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Sugeng Wibowo, S.Pd.Mat.

Similar Posts

168 Comments

  1. Nama : Tria Dzakiyyah
    NIM : 858048937
    Program studi : S1-PGSD
    UPBJJ: Pontianak

    Setelah saya menyaksikan video tersebut, saya ingin menyampaikan beberapa hal yang mengenai video pembelajaran dalam konsep dasar perkalian di kelas rendah dengan menggunakan alat peraga yang disediakannya. Menurut pendapat saya pada kegiatan awal pembelajaran tidak dilakukan pada guru tersebut, guru kurang detail dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan alat peraganya. Dan kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran tersebut. Kelebihannya pada video tersebut guru membuat alat peraga dengan gambar sebagai media pembelajaran yang dapat menarik peserta didik dalam memahami konsep perkalian dengan mudah.

  2. Nama : Regita Aprianita
    NIM : 857630924
    UPBJJ : UT Purwokerto
    Pokjar : Bumiayu
    Assalamualaikum Wr. Wb
    izin menanggapi vidio di atas.
    menurut pendapat saya, situasi dalam vidio di atas menunjukkan bahwa di awal pembelajaran guru tidak m3ngawali dengan berdoa, atau memberikan semangat belajar terhadap siswa sehingga siswa siswi kurang bersemangat dalam menerima pembelajaran serta tidak ada apersepsi diawal pembelajaran. Pada akhir pembelajaran guru juga tidak memberikan kesimpulan pembelajaran atau mereview materi yang sudah dilakukan. Namun untuk media pembelajarannya sudah cukup baik

    sekian dan terimakasih
    Wassalamualaikum Wr. Wb

  3. Nama : Intun Mei Devi Marpaung
    Nim : 856037803
    Upbjj: Medan
    Pokjar : labusel
    Dari vidio diatas saya berpendapat bahwa video yang saya tonton diatas terdapat kelemahan dan juga kelebihannya. Untuk kelemahannya antara lain:
    1. Kurangnya pendekatan diawal, yang menyebabkan siswa cenderung lebih diam dan siswa menjadi kurang semangat untuk mengikuti pembelajaran diawal.
    2. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran kepada siswa.
    3. Tidak adanya ice breaking, karena ini pembelajaran dikelas rendah pentingnya untuk melakukan ice breaking, tetapi guru tidak melakukan hal tersebut.
    Dan kelebihan dalam video diatas adalah:
    1. Guru kreatif dengan membuatkan media belajar untuk siswa berupa alat yang berupa gambar ayam dan telur.
    2. Guru melibatkan siswa dalam pembelajaran untuk tetap bisa aktif mengikuti pembelajaran dengan cara membentuk kelompok dan meminta siswa maju kedepan untuk mengerjakan sesuatu.

  4. Nama : Siti Aisyatu Rahmawati
    NIM : 857027701
    POKJAR : Natar
    UPBJJ : Bandar Lampung

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Izin menanggapi video tersebut, menurut saya dalam video tersebut terdapat kelebihan dan juga kelemahan . Untuk kelebihan dalam video tersebut yaitu:
    1. Guru menggunakan alat peraga sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.
    2. Guru melibatkan siswa dengan cara membentuk kelompok sehingga siswa dapat belajar berkolaborasi atau berkerja sama antar siswa.
    Sedangkan untuk kelemahan dalam video tersebut yaitu:
    1. Tidak adanya pembukaan dalam video tersebut
    2. Guru tidak menjelaskan tujuan pembelajaran dan langsung ke materi
    3. Tidak adanya apersepsi dan ice breaking sehingga siswa menjadi bosan.
    4. Tidak ada review diakhir pembelajaran.

  5. NAMA : LILI ANISA
    NIM : 857581839
    UPBJJ : UT PURWOKERTO
    POKJAR : Mrebet

    Menurut saya dari video yang saya tonton diatas, guru sudah melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kaidah dalam mengajar. Guru mengajar memiliki kelebihan dan juga kekurangan.

    Kelebihan yang dimiliki oleh guru yang menjelaskan video di atas yaitu:
    1. Guru menggunakan alat peraga dalam menyampaikan materi, sehingga siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan.
    2. Guru mampu melibatkan siswa untuk aktif dan bertanya jawab
    3. Guru membentuk kelompok untuk membimbing siswa berdiskusi serta
    4. Guru memberikan motivasi kepada siswa agar bersemangat untuk belajar.

    Kekurangan yang dimiliki oleh guru yang menjelaskan video di atas yaitu:
    1. Tidak melakukan pembukaan seperti doa, absensi kehadiran siswa dan juga tidak dilakukan nya kegiatan ice breaking untuk membangun semangat siswa agar tidak mengantuk dan lebih semangat dalam belajar.
    2. Guru tidak menjelaskan tentang tujuan pembelajaran yang akan diajarkan.
    3. Di akhir pembelajaran guru tidak memberikan kesimpulan dan juga evaluasi untuk penguatan dalam pembelajaran

  6. NAMA : LILI ANISA
    NIM : 857581839
    UPBJJ : UT PURWOKERTO
    POKJAR : MREBET

    Menurut saya video pembelajaran diatas sudah cukup baik.
    hanya saja ada kelemahannya :
    – diawal pembelajaran tidak menyapa siswa
    – tidak adanya motivasi ke siswa agar siswa tetap semangat dalam pembelajaran
    – di awal tidak menjelaskan tujuan pembelajaran
    -di akhir tidak adanya refleksi dari kegiatan pembelajaran
    Tetapi di pembelajaran tersebut sudah menggunakan media yang menarik dan mudah dipahami siswa.

  7. Nama : Tantianti Auria Caesarrah
    NIM : 857340857
    Program studi : S1-PGSD
    UPBJJ: Bogor Selatan

    Setelah saya menyaksikan video di atas, terdapat beberapa hal yang ingin saya sampaikan terkait dengan kelebihan dan kekurangan dari cara guru tersebut mengajar.
    Pada video pembelajaran tersebut saya dapat melihat bahwa guru sudah menguasai materi dengan baik dan beliau sudah mempersiapkan alat peraga dengan cukup baik. Pada materi pembelajaran perkalian sederhana pada kelas bawah memang sangat dibutuhkan media benda konkret agar siswa dapat lebih memahami materi yang akan disampaikan. Siswa dan kondisi kelas pun terlihat kondusif. Dengan membagi siswa ke dalam beberapa kelompok kecil pun dapat membantu guru untuk lebih mudah dalam mengecek kepahaman siswa terhadap materi yang sedang disampaikan, guru dapat melibatkan siswa agar aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan yang disampaikan dan guru pun memberikan motivasi kepada siswa untuk terus bersemangat dalam belajar.

    Namun, pada awal pembelajaran guru tidak melakukan kegiatan pendahuluan seperti berdoa, mengechek kehadiran siswa, ataupun melakukan ice breaking agar dapat membuat siswa lebih berkonsentrasi atau terfokus pada materi yang akan disampaikan. Lalu guru pun tidak menyampaikan tentang tujuan pembelajaran dan tidak mengaitkan dengan materi pembelajaran yang sebelumnya sudah dipelajari.

  8. Nama : Seri Rahayu Hastuti Ningsih
    NIM : 858416172

    Menurut saya Beberapa siswa tampak mendengarkan dengan baik, namun saat pembelajaran dilakukan secara berkelompok, tampak hanya beberapa siswa yang aktif melakukan petunjuk guru, sedangkan yang lainnya hanya diam. Pada video tersebut, kelebihan yang dimiliki guru dalam video yaitu penggunaan media gambar yang memudahkan siswa dalam memahami konsep perkalian yaitu penjumlahan berulang. Sedangkan kelemahan guru pada video tersebut adalah Pembagian kelompok yang terlalu besar, sebab kelas rendah perlu mengeksplor dirinya masing-masing sehingga keaktifan siswa dalam kelompok tersebut hanya sedikit.

Leave a Reply