silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar lagu tersebut melalui tape recorder.

Rusdianto

Buat couple singing (menyanyi berpasang) untuk mengenal dan mengetahui kelemahan dan kekuatan bernyanyi masing-masing.

Arfan Santoso, S.S.

Similar Posts

44 Comments

  1. Nama : Widya Annisa Arumsari
    NIM : 857320855
    Jurusan : PGSD semester 6

    Setelah saya menyimak video diatas menurut pandangan saya banyak kekurangan nya pada awal masuk kelas tidak ada pendahuluan seperti salam pembuka, doa , penejelasan materi dan tujuan pembelajaran.
    Agar pembelajaran bisa berjalan dengan lebih baik lagi.

  2. Nama : Wiwid dwi lestari
    Nim : 856077663
    UPBJJ : Batam
    Prodi : S1- PGSD

    Assalamu’alaikum wr. Wb
    Dalam video pembelajaran ini tidak ada salam ,berdoa atau pun ice breaking justru langsung masuk ke pembelajaran inti.
    Meskipun dalam video ini menggunakan media pembelajaran seperti menggunakan speaker, sehingga siswa tetap mengikuti pembelajaran dengan baik. Dan dalam video ini juga tidak ada penutup dan langsung pemberian tugas kepada siswa.

  3. Nama :Della Hartati
    Nim :856034349
    Prodi :SI-PGSD
    Pada cuplikan video diawal guru menyapa para siswa dengan salam dan mengajak para siswa menyanyikan sebuah lagu yang berjudul bintang kejora, dengan lantang para siswa ikut menyanyikan dengan panduan guru di depan kelas. Setelah menyelesaikan lagu guru meminta siswa mendengarkan lagu yang sama dengan menggunakan media Tape Recorder,setelah beberapa saat mendengarkan guru memanggil dua orang siswa untuk maju kedepan dan menyanyikannya bersama. Akan tetapi kelemahan pada video tersebut yaitu guru tidak menjelaskan terlebih dahulu apa fungsi tape recorder dan meminta siswa langsung bernyanyi sedangkan siswa belum tentu bisa menyanyikannya dengan sekali percobaan saja.

  4. Nama : Dewi Mayang Sari
    Nim. : 856075147
    Prodi. : PGSD semester 6
    UPBJJ. : Batam
    Assalamualaikum wr wb
    Menurut pengamatan saya dalam video pembelajaran SBK musik diatas
    Kekurangan
    1. Salam pembuka pembelajaran
    2. Mengajak siswa semangat guru memberikan refleksi Breaking supaya anak fokus dan semangat mengikuti pembelajaran
    3. Guru untuk memberikan umpan balik ke Siswa belum ada
    4. Guru terburu – buru dalam pembelajaran takutnya siswa yang belum paham sudah terbebani untuk menghafal
    5. Guru lebih semangat lagi dalam pembelajaran SBK pembelajaran SBK musik sangat menyenangkan

    Kelebihan
    1. Guru inovatif dalam memberikan pembelajaran
    2. Guru memberikan tambahan pelajaran dengan media audio
    3. Siswa lebih terarah dengan tambahan audio
    4. Siswa dapat menyanyikan dengan iringan musik jadi salah masuk nya tau

  5. Nama: Khairunnisa
    Nim:856046913
    Prodi:PGSD S1

    Menurut saya
    Sebelum melakukan video guru menyapa para siswa dan mengajak peserta didik untuk menyanyikan sebuah lagu yang berjudul bintang kejora dan para siswa juga mengikuti guru menyanyikan lagu tersebut dengan panduan guru di depan kelas setelah selesai guru meminta siswa mendengarkan lagu yang serupa dengan menggunakan media tape recorder dan setelah itu guru mengajak 2 siswa kedepan untuk menyanyikan lagu tersebut tapi guru tidak menjelaskan kepada siswa apa kegunaan tape recorder

  6. Nama : Serviam Gita Cahyani
    NIM : 858685558
    Prodi : FKIP PGSD

    Menurut pendapat saya dalam vidio tersebut sudah cukup baik, namun harusnya penggunaan media audio tersebut di imbangi dengan penggunaan microfon, selain agar suara anak terdengar jelas, artikulasi lagu, intonasi nada di suara anak jadi terdengar lebih jelas , dan anak-anak yang lain mendengarkan temannya menyanyi didepan tanpa ikut menyanyi. Hal itu guna melatih keberanian anak dan mencari bakat anak dalam bidang olah vocal. kegiatan tersebut bisa dilakukan secara bergantian .

  7. vidio ini hanya penambahan pengayaan guru namun bukan untuk vidio anak bila dasar untuk mempelajari awal,tehnik menyanyi masih dengan tehnikcara suara yang lebih bagus

  8. Nama : Ghoyati Sa’idah Fiddaroini
    NIM : 858685422
    UPBJJ : Surabaya
    Program Studi : FKIP PGSD AKPMM

    Menurut saya, dalam video pembelajaran tersebut tidak ada salam pembuka, guru tidak bertanya kabar peserta didik, dan tidak mengecek kehadiran peseta didik. Guru langsung masuk kepada materi inti.
    Terdapat kesulitan saat bernyanyi, disebabkan guru kurang menguasai lirik lagu yang diajarkan dalam pembelajaran. Dengan adanya masalah ini, guru menggunakan audio tape recorder sehingga pembelajaran tetap dapat berjalan. Dan peserta didik dapat bernyanyi dengan baik dan benar dengan mengikuti audio tape recorder. Akan lebih baik lagi apabila menggunakan microfon agar intonasi terdengar lebih jelas serta melatih keberanian dan menumbuhkan rasa percaya diri peserta didik.

  9. Nama : Ahmad Kusaeri

    NIM : 836398146

    Program Studi : S1-PGSD

    UPBJJ : Bogor

    Setelah saya menyimak video pembelajaran di atas tentang Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder cukup baik dan siswa pun terlihat sangat menyenangkan, dengan mengulangi memutar lagu dapat membantu siswa untuk menghafal lagu dan memahami dari setiap nada pada lagu tersebut.

    hanya saja ada beberapa kekurangan dalam pembelajaran tersebut, di antaranya yaitu :

    1. pada awal pembelajaran guru tidak membuka pelajaran dengan salam dan doa

    2. Karena ini berkaitan dengan seni, sebaiknya guru lebih bisa menghidupkan suasana pada awal pembelajaran dengan Easy Breaking Seperti Tepuk Semangat atau yang lainnya

    3. Guru kurang inovatif dalam mengelompokkan siswa untuk bernyanyi dalam berbagai baris dan nada

    4. Guru kurang mengetahui teknik bernyanyi yang baik dan benar

    Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya, Sebaiknya siswa juga menulis lagu yang akan dinyanyikan, kemudian Menggunakan media pembelajaran yang lebih interaktif dan inovatif serta relevan, Bisa menggunakan Laptop dan infokus agar siswa dapat melihat dan mendengar video dari lagu yang ada di tampilan layar infokus.

  10. NAMA : THERESA IRENE ENJANG NUGRAHA
    NIM : 858435251

    Menurut saya sebelum memulai pembelajaran seorang guru seharusnya memberikan salam, mengabsen kehadiran siswa, memberi penjelasan tentang materi apa yang akan dipelajari pada hari itu dan seorang guru seharusnya menguasai lagu sebelum memberikan contoh kepada siswa.

Leave a Reply