Similar Posts
Belajar Membuat Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana…
Guru Tidak Menggunakan Media Pada Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Pentingnya Pengarahan Guru
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membaca cerita yang dilakukan secara bergilir oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran ini, pengarahan terhadap siswa harus dilakukan guru dengan sebaik mungkin agar pembelajaran berlangsung dengan lancar, siswa tidak ribut, tidak main-main, dan mampu memusatkan perhatian (konsentrasi)…
Membelajarkan Konsep Perkalian Pada Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan konsep perkalian dengan alat peraga berupa gambar buah-buahan dan bola-bola plastik. Dengan alat peraga bola-bola ini guru memperagakan jual beli yang merupakan kejadian sehari-hari sehingga anak-anak lebih mudah memahami konsep perkalian. – Pakar Dosen Video ini menayangkan upaya…
Memainkan Alat Musik Ritmis Maupun Melodi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi pemecahan masalah bagaimana guru mengajarkan siswa/i berlatih musik ensambel secara klasikal tanpa melatih satu persatu kelompok alat-alat musik terlebih dahulu. Pada awal pertemuan guru membagikan partitur lagu Burung Tantina dari daerah Maluku dan mempersiapkan alat peraga berupa partitur lagu serta penulisan pola…
Kesulitan Menulis Karangan Cerita/Narasi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : IRMA VINANDA
NIM : 856707278
UPBJJ : PALEMBANG
Program Studi : PGSD
menurut saya yang kurang dari pembelajaran ini adalah tidak ada salam pembuka dan berdoa untuk mengawali sebuah pembelajaran, dan juga guru tidak atau belum menyampaikan materi atau menjelaskan materi terlebih dahulu, Reaksi guru tersebut cukup sigap ketika mendapati anak yang mengganggu temannya ketika membaca, guru langsung mendekati siswa dan langsung menegurnya lalu memberi solusi agar tidak mengganggu temannya lagi, kemudian adanya apresiasi dari guru terhadap siswa nya yang berani tampil ke depan untuk menceritakan kembali apa isi cerita yang dibacanya.
Rencana perbaikan: alangkah baiknya guru menambah media pembelajaran yang lebih baik lagi.
Nama : Zackyudin ahmad putra
Nim : 858747403
Prodi : PGSD-BI
Setelah saya melihat dan mengamati video tersebut dimana guru tersebut tidak mengucapkan salam dan doa diawal pembelajaran ,tidak mengabsen siswa dan guru tersebut langsung menyuruh siswa untuk membaca dan belum ada penjelasan terkait materi pada hari itu, guru tersebut juga tidak menjelaskan pelajaran sebelumnya . adapun kelebihan dari video tersebut adalah guru tersebut mengapresiasi siswa ketika dia maju ke depan ,guru juga selalu aktif memantau siswa ketika siswa membuat kegaduhan dikelas sehingga kelas menjadi kondusif dan guru tersebut juga memberikan buku bacaan baru kepada siswa.
Nama Desty amnah putri
Nim 856735886
Pokjar gelumbang
Ringkasan Video : Membaca merupakan kegiatan yang mampu meningkatkan kosakata siswa yang berguna saat berkomunikasi dengan orang lain. Siswa yang tidak fokus akan mengganggu siswa lain dan membuat kelas gaduh.
Cara mengatasi hal tersebut adalah Guru mendatangi siswa tersebut dan menegurnya apakah sudah selesei membaca.
Siswa yang membaca dengan cepat daripada yang lain guru bisa memberikan bacaan lagi supaya anak tetap sibuk dan juga menambah wawasan siswa tersebut.
Hasil membaca guru harus mengapresiasi siswa supaya bisa maju kedepan untuk memberikan informasi terkait apa yang sudah dibaca , hal ini bisa menambah motivasi siswa.
Kelemahan :
– Guru tidak mengucapkan salam
– Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
– Guru tidak mengabsen siswa
Kelebihan :
– Guru mengapresiasi siswa ketika maju kedepan
– Guru selalu memantau anak ketika anak gaduh
– Guru Aktif dalam pembelajaran
Hal Yang Unik :
Guru memberikan tambahan buku bacaan kepada siswa yang mempunyai tingkat kecepatan membaca
Nama : Noviyani Tafanao
NIM : 856023575
Program Studi : PGSD S-1
UPBJJ Medan;Pokjar Mandrehe
Judul video : Yuk, Kita Baca Lagi
RINGKASAN VIDEO
Membaca merupakan sebuah kegiatan yang mampu meningkatkan kemampuan kosa kata siswa. Dengan membaca, siswa di harapkan mampu menambah kosakata mereka yang sangat berguna saat melakukan komunikasi dengan orang lain. Ketika siswa di berikan sebuah bahan bacaan, ada saja siswa yang tidak fokus terhadap bahan bacaannya sehingga mengganggu teman yang lain dan pada akhirnya kelas menjadi gaduh. Untuk mengatasi hal tersebut adalah practitioner harus mendatangi siswa yang bermasalah tersebut dan memberikan teguran apakah dia sudah selesai membaca dan tanyakan penyebabnya. Siswa dengan kecepatan membaca yang lebih tinggi dari temannya yang lain dapat di atasi dengan memberikan tambahan bacaan yang lain untuk di baca sehingga akan memberikan kesibukan tambahan dan sekaligus menambah pengetahuan siswa tersebut. practitioner harus mengapresiasi siswa dengan cara mendorong dan menyemangati siswa tersebut untuk maju ke depan kelas untuk menceritakan apa yang telah di baca. Hal ini dapat memotivasi teman- temannya yang lain juga untuk mendapatkan pengalaman tambahan berdasarkan apa yang di baca oleh siswa dari bacaannya.
KELEMAHAN VIDEO, yaitu :
1. Guru tidak mengucapkan salam dan menyapa siswa
2. Guru tidak memulai pembelajaran dengan Do’a
2. Guru tidak mengabsen siswa
3. Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
4. Guru tidak menjelaskan pelajaran sebelumnya/ Apersepsi
KELEBIHAN VIDEO, yaitu :
1. Guru mengapresiasi siswa ketika maju ke depan
2. Guru selalu memantau siswa ketika anak berbuat gaduh
3. Guru aktif dalam pembelajaran
4. practitioner memberikan buku bacaan baru kepada siswa
RENCANA PERBAIKAN, yaitu :
1. Menambah media pembelajaran
2. Melakukan tanya jawab kepada siswa
NAMA : VINA AYU KOMARIANA
NIM : 858901599
POKJAR : WULUHAN
UPBJJ : JEMBER
PRODI : PGSD
setelah melihat dan menganalisa video pembelajaran di atas, ternyata terdapat kelebihan maupun kekurangan yang menurut saya harus saya uraikan seperti berikut ini :
Kelebihan :
a.) dalam pembelajaran tersebut guru sudah memberikan materi dengan metode membaca, agar siswanya
dapat lebih pintar membaca dan bisa meningkatkan konsentrasi siswa dalam memehami bacaan.
b.) dalam video pembelajaran tersebut sudah bagus, karena memberikan pengarahan dan solusi agar para
guru bisa membuat kelas menjadi kondusif dan mampu mencapai tujuan yang diharapkan dalam
proses pembelajaran yang sedang dilaksanakan.
kekurangan :
a.) dalam video pembelajaran tersebut langsung masuk ke inti kegiatan pembeljaran tanpa ada
pembuka kegiatan antara lain seperti
* salam pembuka
* berdo’a
* menyapa siswa dan mengecek daftar hadir
* memberikan motivasi agar siswa lebih semangat belajar
b.) guru kurang aktif dalam pembeljaran, sehingga suasana kelas menjadi membosankan sampai ada
terjadinya kegaduhan di kelas tersebut.
c.) guru kurang kreatif dalam penyampaian pembelajaran, pada materi membaca murid hanya disuruh
membaca di tempat duduknya maupun di depan kelas tanpa adanya suatu hal menarik sehingga siswa
semakin semangat dan aktif dalam proses pembelajaran.
NAMA : VINA AYU KOMARIANA
NIM : 858901599
POKJAR : WULUHAN
UPBJJ : JEMBER
PRODI : PGSD
Setelah melihat video pembelajaran yang saya pilih, menurut analisis saya guru tersebut sudah sudah cukup baik. Mengingat tentang pengertian pembelajaran itu sendiri yaitu kegiatan belajar mengajar di kelas, dalam melakukan sebuah pembeljaran setidaknya guru harus sudah merancang dan mempersiapkan pembeljaran yang akan dibahas dan yang akan dicapai. Nah, sebelum merancang suatu rencana setidaknya guru harus melihat dan mengobservasi terlebih dahulu hal-hal yang berkaitan dengan peserta didiknya, misalnya seperti tingkat kemampuan peserta didik, gaya belajar peserta didik, kebutuhan peserta didik dalam setiap proses pembelajaran, serta kesulitan peserta didik yang terjadi selama pembelajaran. Nah, Dalam beberapa hal tersebut guru harus memiliki solusi, menurut analisis saya guru tersebut mengalami beberapa kesulitan seperti peserta didik mudah bosan, sulit berkonsentrasi dan mudah mengantuk selama proses pembelajaran. Dalam video tersebut sudah terdapat media tetapi media yang digunakan guru tersebut kurang menarik, mungkin bisa menggunakan media seperti media video, ausio visual atau media warna warni yang bisa meningkatkan keaktifan dan semangat siswa selama pembelajaran.
setelah melihat dan menganalisa video pembelajaran di atas, ternyata terdapat kelebihan maupun kekurangan yang menurut saya harus saya uraikan seperti berikut ini :
Kelebihan :
a.) dalam pembelajaran tersebut guru sudah memberikan materi dengan metode membaca, agar siswanya
dapat lebih pintar membaca dan bisa meningkatkan konsentrasi siswa dalam memehami bacaan.
b.) dalam video pembelajaran tersebut sudah bagus, karena memberikan pengarahan dan solusi agar para
guru bisa membuat kelas menjadi kondusif dan mampu mencapai tujuan yang diharapkan dalam
proses pembelajaran yang sedang dilaksanakan.
kekurangan :
a.) dalam video pembelajaran tersebut langsung masuk ke inti kegiatan pembeljaran tanpa ada
pembuka kegiatan antara lain seperti
* salam pembuka
* berdo’a
* menyapa siswa dan mengecek daftar hadir
* memberikan motivasi agar siswa lebih semangat belajar
b.) guru kurang aktif dalam pembeljaran, sehingga suasana kelas menjadi membosankan sampai ada
terjadinya kegaduhan di kelas tersebut.
c.) guru kurang kreatif dalam penyampaian pembelajaran, pada materi membaca murid hanya disuruh
membaca di tempat duduknya maupun di depan kelas tanpa adanya suatu hal menarik sehingga siswa
semakin semangat dan aktif dalam proses pembelajaran.
Nama : selvia
Nim 855747018
Upbjj : bandar lampung
Pokjar : kedaton bandar lampung
Dari vidio di atas dengan judul yuk, baca lagi
Guru cukup baik dalam prosese pembeljaran yang d baca bagi anak yang sudah mampu menyerap hasil bacaan yang d baca namun di dalam kelas tersebut pasti Ada siswa yang belum bisa membaca dengan baik mengguna kan Tanda baca yang Ada ,, jadi alangkah baik nya guru mengguna kan cars metode baca bersambubg sehingga guru dapat melihat KEMAMPUAN siswa dalam membaca
NAMA : SELVIA
NIM : 855747018
POKJAR : BANDAR LAMPUNG
UPBJJ : BANDAR LAMPUNG
MENGANALISA VIDIO
proses pemebelajaran di bagi menjadi 3 bagian kegiatan
kegiatan pembuka
kegitan inti
keigiatan penutup
1. kegiatan pembuka
guru tidak melakukan kegiat pembuka seperti membaca do’a dan menghangan kan kelas dengan suatu kegiatan , kegiatan ini sangat penting untuk menghangatkan suasana kelas agar memastikan perserta dididk sudah siap mengikuti peljaran
2. kegiatan inti
dengan pelajaran membac , membaca sangat la penting untuk psiswa agar menambah koskata baru semakin banyak ia membaca semakin banyak ilmu yang di dpat , namun dalam membaca harus mempunyaoi nada, atau cara membaca dengan mengguana tanda baca seperti titik, koma, tanda tanya, tidak semua peserta didk mampu meneyerap isi dari bacaan tersebut jika tidak paham dengan tanda baca ,
sebaik nya guru melakaukan kegiatan membaca dengan ” membaca secara bersambung ” bergantian antara siswa , lalu menyimpul kan isi bacaan secara bersama sama
3. kegiatan penutup
guru menuetup pelajaran tidak ada motivasi siswa agar lebih giat membaca. seharus nya guru memberi semangat kpda peserta didk agar lebih rajin membaca . sehingga [eserta didik menjadi lebih semangat dalam membaca.
Assalamualaikum Yth Bapak/Ibu Tutor.
Nama : SANTI YUNIARTI.
NIM : 857525554
PRODI : PGSD – SEMESTER 6
UPJJB : BANDUNG
Membaca merupakan kegiatan yang mampu meningkatkan kosakata siswa yang berguna saat berkomunikasi dengan orang lain. Hasil Analisis tersebut :
1). Ketika proses KBM ( Kegiatan Belajar Mengajar ) berlangsung jika salah satu siswa yang menganggu tidak fokus akan berpengaruh keganduhan, dan cara mengatasinya mendatangi atau memberikan teguran tugas yang lainnya.
2). Untuk mengatasi siswa yang membaca cepat, maka guru berhak memberi buku tugas tambahan buku yang dibacanya kembali.
3). Guru harus mengapresiasi siswa yang mampu menjelaskan hasil membacanya kedepan.
NAMA : HARNIANTI
NIM : 859425017
POKJAR : MAKASSAR
Ringkasan Video : Membaca merupakan sebuah kegiatan yang mampu meningkatkan kosakata siswa, dengan membaca siswa mampu dengan baik saat berkomunikasi dengan orang lain, baik dengan teman sebaya maupun orang yang lebih tua dari mereka. Siswa yang tidak fokus akan mengganggu siswa lain dan membuat kelas kondusif. Cara mengatasi hal tersebut adalah Guru mendatangi siswa tersebut dan memberikan teguran kepada siswa yang bersangkutan.
Siswa yang memiliki kecepatan membaca dari pada yang siswa yang lain guru bisa memberikan bacaan lagi agar siswa tersebut tetap sibuk agar tidak menganggu siswa yang belum selesai dan juga dapat menambah wawasan siswa tersebut Ketika membaca banyak informasi dan melatih kelancaran siswa tersebut. Hasil membaca guru harus mengapresiasi siswa supaya bisa maju kedepan untuk memberikan informasi terkait apa yang sudah dibaca , hal ini bisa menambah motivasi siswa.
Kelemahan Guru tidak mengucapkan salam, guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, guru tidak mengabsen siswa sedangkan kelebihan guru mengapresiasi siswa ketika maju kedepan, guru selalu memantau anak ketika anak gaduh dan guru aktif dalam pembelajaran. Sedangkan hal unuk dalam video tersebut yaitu guru memberikan tambahan buku bacaan kepada siswa yang mempunyai tingkat kecepatan membaca.