silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

148 Comments

  1. Nama : Siti Habibah
    NiIM : 857158346
    KELAS 1C PKP UPBJJ JAKARTA

    Setelah menyimak vidio di atas Ayo Membaca, menyimpulkan bahwa membaca itu sangat penti apalangi diterapka kepada siswa ddengan membaca siswa dapaat memperluas ilmu pengetahuan menambah kosakat dalam berbicara atau menulis dengn membaca, seperti pada jaman sekarang di setiap sekolah pasti sudah adanya di terapkan pembiasaan literasi seperti di sekolah tempat saya mengajar, di jadikan pembiasaan 15 menit sebelum dimulainyai pembelajaran dengan seperti itu akan menambahkan minat siswa tertarik ntuk membaca, di bebaskan untuk membaca buku enata itu buku pelajaran, buku cerita bergambar, buku novel, cerpen dan sebagainya yang bisa menambah wawasan siswa dengan membaca.

  2. Nama : Sri Mardiaty
    NIM 857475775
    Semester 6B Cicalengka

    Assalamu’alaikum saya akan menanggapi video pembelajaran ini yang berjudul Yuk, Kita Baca Lagi

    Ringkasan Video :
    Membaca merupakan kegiatan yang mampu meningkatkan kosakata siswa. Siswa yang tidak fokus akan mengganggu siswa lain dan membuat kelas gaduh.
    Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan cara Guru mendatangi siswa tersebut dan menegurnya apakah sudah selesai membaca?
    Siswa yang membaca dengan cepat daripada yang lain guru bisa memberikan bacaan lagi.
    Guru harus juga mengapresiasi hasil membaca siswa.

    Kelemahan :
    – Guru tidak membuka pelajaran dengan baik, dimana guru tidak mengucapkan salam, berdo’a, absensi dan tidak melakukan apersepsi

    Kelebihan :
    – Guru mengapresiasi hasil siswa membaca dengan meminta siswa maju ke depan kelas untuk bercerita
    – Guru menegur anak yang gaduh mengganggu temannya yang sedang membaca

    Hal Yang Unik :
    Guru memberikan buku bacaan lagi kepada siswa yang kemampuan membacanya cepat, sehingga anak dapat membaca lagi dan menambah kosakatanya.

    Rencana Perbaikan :
    -Guru dapat bertanya mengenai isi bacaan kepada siswa untuk mengetahui pemahaman siswa dalam membaca
    -Guru juga bisa menambah metode pembelajaran misalnya dengan diskusi yaitu mendiskusikan isi dari bacaan tersebut. Kemudian media pembelajaran yang digunakan juga harus bervariasi jangan hanya bacaan berupa tulisan tetapi bisa dengan media seperti komik yang berisi percakapan mengenai pembelajaran yang akan disampaikan

    Sekian tanggapan dari saya
    Wassalamu’alaikum

  3. NAMA : SITI ZULAIKA
    NIM : 856956977

    Ringkasan Video : Membaca merupakan kegiatan melihat tulisan bacaan dan proses memahami isi teks dengan bersuara atau dalam hati. Membaca adalah mengungkapkan suatu imajinasi terhadap suatu pembaca yang disukai khalayak ramai dan juga dimengerti oleh seseorang yang dicintai. Di dalam video terdapat Siswa yang tidak fokus membac akibatnya akan mengganggu siswa lain dan membuat kelas gaduh.
    Cara mengatasi hal tersebut adalah Guru mendatangi siswa tersebut dan menegurnya apakah sudah selesei membaca.
    Siswa yang membaca dengan cepat daripada yang lain guru bisa memberikan bacaan lagi supaya anak tetap sibuk dan juga menambah wawasan siswa tersebut.
    Hasil membaca guru harus mengapresiasi siswa supaya bisa maju kedepan untuk memberikan informasi terkait apa yang sudah dibaca , hal ini bisa menambah motivasi siswa.

    Kelemahan :
    – Guru tidak mengucapkan salam
    – Guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    – Guru tidak mengabsen siswa

    Kelebihan :
    – Guru mengapresiasi siswa ketika maju kedepan
    – Guru selalu memantau anak ketika anak gaduh
    – Guru Aktif dalam pembelajaran

    Hal Yang Unik :
    Guru memberikan tambahan buku bacaan kepada siswa yang mempunyai tingkat kecepatan membaca

    Rencana Perbaikan :
    Menambah media pembelajaran seperti media internet agar lebih menarik

  4. Nama : Qonita Lutfiatul Warda
    NIM : 857102405
    Prodi : 118/S1-PGSD UT Jakarta

    Setelah saya menonton video pembelajaran materi Yuk Baca,,,memiliki kekurangan diantaranya pada kegiatan awal pembelajaran guru tidak melakukan pembuka pembelajaran seperti mengucapkan salam,mengajak berdoa,mengabsensi siswa,tidak menyebutkan tujuan pembelajaran,serta guru juga tidak ikut berpartisipasi dalam kegiatan yuk baca bersama siswa, sebaiknyapada saat siswa sedang membaca guru berperan aktif yaitu bisa menanyakan buku apa yang sedang dibaca, apakahkamu suka atau tidak dengan bacaannya, atau guru menyakan kepada siswa, apakah ada kesulitan saat membaca.
    Tetapi pada vidio tersebut memiliki kelebihin seperti guru tersebut mengapresiasi siswa yang maju kedepan,guru juga memberikan media baca untuk setiap anak,serta guru juga mengambil tindakan tegas saat ada siswa yang menganggu temannya dengan menegur siswa tersebut.

  5. Nama : Reni Husin
    NIM : 822690458
    Menurut analisis saya kekurangan guru tersebut adalah :
    1.Guru tidak melakukan apersepsi,langsung masuk ke materi inti.hqrisnya menanyakan kabar,mengambil absen dan melakukan apersepsi untuk mencairkan suasana agar anak – anak semangat dalam belajar
    2.Guru tidak punya kemampuan untuk menguasai jelas,buktinya ada anak – anak yang masih usil sama temannya
    3.Guru tidak melakukan pendampingan terhadap siswa dalam membaca,sehingga guru tidak tau masalah yang dihadapi siswa tersebut dalam membaca
    4.Guru harusnya melakukan penilaian dijelaskan,agar mengetahui seberapa berhasilnya pembelajaran yang dilakukan

  6. Nama : Reni Husin
    NIM : 822690458
    Menurut analisis saya kekurangan guru tersebut adalah :
    1.Guru tidak melakukan apersepsi,langsung masuk ke materi inti.hqrisnya menanyakan kabar,mengambil absen dan melakukan apersepsi untuk mencairkan suasana agar anak – anak semangat dalam belajar
    2.Guru tidak punya kemampuan untuk menguasai jelas,buktinya ada anak – anak yang masih usil sama temannya
    3.Guru tidak melakukan pendampingan terhadap siswa dalam membaca,sehingga guru tidak tau masalah yang dihadapi siswa tersebut dalam membaca

  7. Nama : Wahyu ubaidilah
    NIM : 857105038
    UPBJJ : Jakaarta-tarumajaya

    membaca merupakan budaya yang sudah mulai ditinggalkan. Pada vidio tersebut kegiatan membaca yang dilakukan sudah tepat. anak yang duluan selesai membaca diberikan tambahan bacaan. setelah kegiatan membaca maka anak diajak maju kedepan untuk menyampaikan ringkasan yang telah dibaca.
    kegiatan yang dilakukan guru dalam mengatasi keributan tersebut sudah bagus.
    semoga dengan kegiatan membaca para siswa akan lebih banyak mengetahui berbagai macam ilmu,dan pentingnya membanca pada generasi muda adalah hal yang sangat penting bisa dikatakan genrasi indonesia ini adalah generasi muda yang gagap literasi,semoga dengan adanya penggiat penggiat dan guru-guru yang mau sabar mengajarkan membaca pada siswanya mudah-mudahan kedepannya generasi muda bisa makin tanggap literasi.

  8. Nama :Juni Rosita
    Nim: 825847409
    PGSD
    UPBJJ-UT BANDA ACEH
    Membaca adalah hal yang sangat penting,
    Dalam video diatas telah dilakukannya proses belajar mengajar dengan membaca buku bacaan.
    -Kekurangan video pembelajaran
    1. Tidak adanya pembuka saat kelas dimulai. Seperti salam, menanyakan kabar siswa, atau mengabsen siswa.
    2. Guru tidak menyampaikan materi dan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan

    -kelebihan
    1. Guru memerhatikan anak-anak terbukti saat ada anak yg mengganggu teman disampingnya guru menegur dan menanyakan apakah siwa telah menyelesaikan tugas yang dibedikan
    2. Guru memberikan apresiasi pada siswa yang berani untuk maju kedepan kelas daan memberikan kesempatan bagi siswa lain yang ingin tampil menceritakan kembali hasil bacaan nya.

  9. Nama : Juli Yanti
    Nim : 856609459
    Semester 2 PGSD BI
    Upbjj : Lawang wetang -palembang

    Ringkasan Video
    masih banyak siswa yang tidak fokus tentang bacaannya sehingga mengganggu teman yang lain dan membuat kelas menjadi gaduh. cara mengatasi hal tersebut adalah guru mendatangu siswa tersebut dan menegurnya apakah sudah selesai membaca dan memberikan bacaan yang lain .
    hasil baca guru harus mengapresiaasikan siswa supaya bisa maju kedepan untuk memberikan informasi terkait apa yang sudah dibaca. hal ini bisa menambah motivasi siswa dan siswa juga akan tetap fokus dengan bacaan tersebut.

    kelemahan :
    – guru tidak mengucapkan salam
    – guru tidak mengabsen siswa
    – guru tidak menyampaikan tujuan pembelajaran
    – guru tidak mengulang pelajaran yang lalu

    kelebihan :
    -guru mengapresiasikan siswa ketika maju kedepan
    – guru selalu memantau anak ketika anak gaduh
    – guru aktif dalam pembelajaran

    hal unik : guru memberikan tambahan buku bacaan kepada siswa yang sudah selesai membaca

    rencana perbaikan: menambah media pembelajaran dan melakukan timbal balik dari siswa

  10. menurut saya yang kurang dari pembelajaran ini adalah tidak ada salam pembuka dan berdoa untuk mengawali sebuah pembelajaran, dan juga guru tidak atau belum menyampaikan materi atau menjelaskan materi terlebih dahulu, Reaksi guru tersebut cukup sigap ketika mendapati anak yang mengganggu temannya ketika membaca, guru langsung mendekati siswa dan langsung menegurnya lalu memberi solusi agar tidak mengganggu temannya lagi, kemudian adanya apresiasi dari guru terhadap siswa nya yang berani tampil ke depan untuk menceritakan kembali apa isi cerita yang dibacanya.
    Rencana perbaikan: alangkah baiknya guru menambah media pembelajaran yang lebih baik lagi.

Leave a Reply