Similar Posts
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan…
Siswa Tidak Konsentrasi Belajar Matematika Pada Siang Hari
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Dalam belajar matematika, seringkali siswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik. Apalagi kegiatan belajar tersebut dilakukan pada jam-jam terakhir pembelajaran di sekolah atau pada siang hari. Indikator yang menunjukkan hal itu misalnya, ribut dengan teman-temannya dan mengantuk. Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan guru, yaitu mengajak…
Memainkan Alat Musik Sederhana
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara: Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang; Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan; Meminta…
Meningkatkan Kerjasama Siswa dalam Kerja Kelompok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Ada beberapa kemampuan dasar yang harus dikuasai guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di antaranya keterampilan mengelola kelas. Guru harus mampu bagaimana mengelola kelas untuk pembelajaran klasikal dan cara yang harus dilakukan dalam mengelola pembelajaran secara kelompok. Dalam tayangan veideo ini akan disajikan masalah-masalah yang muncul…
Pembelajaran Seni Secara Terpadu
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : Wiwin Hariani
Nim : 857590085
Pokjar : Salut purbalingga
Upbjj : Purwokerto
Menurut saya pembelajaran pada video diatas sudah bagus serta media yang digunakan sudah efektif yaitu media gambar sangat membantu anak atau pemula pembaca.Adapun hal-hal yang dapat mempengaruhi kesulitan pembaca pemula yaitu pada kesulitan dalam mengenal huruf serta masih sering lupa dengan huruf dan bentuknya dari a-z.
Pembacaan mengeja sendiri sebenarnya kurang efektif menurut saya,lebih cepat dengan membaca dua suku kata.
Nama : SEDIANI ZEBUA
Nim : 855850082
Sebagai pendapat saya dalam video tersebut bahwa proses kegiatan awal pembelajaran terlaksana kurang efektif ,dimana Guru tersebut dalam mengawali proses pembelajaran dalam kegiatan awal seperti salam, doa belum dilaksanakan,absensi kehadiran anak juga belum ada.Guru tersebut dalam mengajar langsung masuk di ice breaking dan kegiatan inti. Untuk proses pembelajaran di kegiatan inti tersebut guru sudah melakukan dengan baik,kondusif,dan interaktif dengan siswa.Media dan metode yang digunakan juga sudah baik untuk siswa yang lagi belajar membaca permulaan.Dalam Kegiatan penutup Guru belum memberi kesimpulan dan mengakhiri pembelajaran belum juga dengan memberi doa.
Nama : Elsa Komalasari
NIM : 857456933
Pokjar : Pasundan Garut
Berdasarkan analisis vidio yang saya lakukan terhadap vidio kesulitan membaca di sekolah dasar yang diputar diatas yaitu : bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran, guru dapat menyeleksi terlebih dahulu kemampuan membaca permulaan siswa, memilah mana siswa yang sudah lancar dan belum lancar dalam membaca. sehingga dapat mempermudah dalam memberikan arahan serta bimbingan kepada siswa yang belum lancar membaca. kemudian dalam penggunaan media gambar sebagai media pembelajaran sudah cukup efektif, namun gambar yang diberikan berupa gambar hitam putih, sehingga kurang menarik perhatian siswa, bahkan nampak ada beberapa siswa yang terlihat mengantuk dalam mengikuti pembelajaran. juga dalam hal penggunaan metode yang dilakukan menurut saya kurang bervariasi, sehingga anak kurang bisa mengikuti apa yang sedang diajarkan oleh guru tersebut.
Terimakasih..
Nama : RINDA NUR PRATIWI
Nim : 856464676
Pokja : Sungai Lala
UPBJJ -UT : PEKANBARU
Setelah saya melihat video tersebut , membaca permulaan itu adalah tahap awal dalam belajar membaca. dalam membaca permulaan siswa akan belajar mengenali huruf , suku kata, kata , dan kalimat . dimulai dari abcd sampai kata atau kalimat sederhana . tujuannya agar siswa dapat membaca dengan lancar dan tepat.
dapat disimpulkan bahwa apa yang saya lihat di video tersebut adalah kegiatan awal pembelajaran guru dan siswa tidak berdoa , seharusnya kegiatan awal pembelajaran itu adalah berdoa sesuai kepercayaan masing- masing .sebaiknya jika akan menyanyikan sebuah lagu atau ice breaking yang menarik agar siswa tidak merasa bosan . untuk penggunaan media pembelajaran sudah bagus dan sebaiknya penggunaan media pembelajaran dapat ditambahkan lagi dan melibatkan siswanya , agar siswa itu merasa diperhatikan .selain itu peran orang tua sangat penting dalam pembelajaran ini , karena orang tua tau apa yang dibutuhkan oleh anaknya.
Nama
Menurut pendapat saya tentang video diatas, guru tersebut sudah bagus menyampaikan materi yang diberikan kepada anak-anak, namun seharusnya guru tersebut mengenalkan huruf terlebih dahulu agar anak-anak bisa lebih mengenal dan memahami apa yang disampaikan guru tersebut. Guru tersebut dalam menyampaikan materi sudah menggunakan alat peraga agar anak bisa lebih mengikuti materi yang di sampaikan ibu gurunya. dan guru tersebut mengajarkan anak-anak yang masih perlu membimbing. Sebaiknya sebelum memulai belajar kita berdoa sama-sama jauhan.
Nama : Lisbet Macora Anidlah
Menurut pendapat saya tentang video diatas guru tersebut sudah bagus dalam menyampaikan materi kepada anak-anak namun, seharusnya guru tersebut mengenalkan huruf terlebih dahulu agar anak-anak bisa mengenal dan memahami apa yang disampaikan guru tersebut. Dalam menyampaikan materi guru tersebut sudah menggunakan alat peraga agar anak-anak bisa mengikuti materi yang disampaikan guru tersebut. Saat memulai belajar kita terlebih dahulu berdoa agar dapat berjalan dengan lancar .
Nama : Lisbet Macora Anidlah
Menurut pendapat saya tentang video diatas, guru tersebut sudah bagus menyampaikan materi yang diberikan kepada anak-anak, namun seharusnya guru tersebut mengenalkan huruf terlebih dahulu agar anak-anak bisa lebih mengenal dan memahami apa yang disampaikan guru tersebut. Guru tersebut dalam menyampaikan materi sudah menggunakan alat peraga agar anak bisa lebih mengikuti materi yang di sampaikan ibu gurunya. dan guru tersebut mengajarkan anak-anak yang masih perlu membimbing atau yang belum bisa. Sebaiknya sebelum memulai belajar kita berdoa sama-sama terlebih dahulu.
Nama: Helen Berlian Situmorang
Nim : 877523981
Menurut saya setelah menonton video di atas, Guru tidak melakukan kegiatan pembuka seperti manyapa, berdoa atau mencek kehadiran siswa dan kegiatan penutup seperti memberi kesimpulan dalam pembelajaran dan berdoa bersama. Dalam pembelajaran guru sudah cukup kreatif akan tetapi alangkah baiknya, sebelum pembelajaran dilakukan dengan games atau dengan bernyanyi agar siswa tidak mudah bosan. Pada pembelajaran inti sebaiknya guru memberikan bimbingan khusus pada siswa yang kurang paham dengan menggunakan media pembelajaran yang lebih banyak.
Nama : Ferra Agustini
NIM : 856820691
Pokjar : Kota Bengkulu
Assallamuallaikum,Wr.Wb
Setelah saya menyaksikan Vidio Pembelajara diatas secara detail,dapat saya simpulkan bahwa di dalam melakukan pembelajaran seorang guru tersebut terlebih dahulu tidak melakukan pembukaan diawali dengan berdoa, dan Ice Breaking yang disampaikan hendaknya dengan menyanyikan lagu huruf2 Abjad sesuai dengan materi yang akan disampaikan,tentang awalan suku kata, lalu di dalam menyampaikan materi tersebut guru sangat kratif didalam mengadakan media gambar,tetapi hendaknya media gambar yang ditampilkan lebih menarik dengan berwarna warni,sehingga peserta didik lebih aktif dan bersemangat didalam mengikuti pembelajaran tersebut.Hendaknya didalam pembelajaran sebaiknya dilakukan sistem berkelompok sehingga peserta didik secara bersama- sama dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dan kreativitas siswa dapat hidup didalam mengikuti pembelajaran.Terima Kasih
Nama : Evi D. Panjaitan
Nim : 878258023
Dari vidio tersebut saya dapat melihat bahwa guru dalam vidio mengajak siswanya untuk bernyanyi bersama dan menghubungkan isi lagu tersebut dengan kehidupan sehari harinya guna mempermudah anak untuk bisa mengetahui arti dari lagu tersebut.
Guru menggunakan media gambar untuk mengenalkan huruf kepada siswanya.
Memang benar dengan menggunakan media siswa akan lebih mudah menangkap pelajaran, akan tetapi dengan media vidio juga akan mempermudah lagi karena dengan belajar sambil menonton membuat siswa tidak merasa bosan.
Belajar membaca pemula untuk tahap kelas 1 SD memang sulit karena kadang kita jumpai ada siswa yang sama sekali belum mengenal huruf, ada yang sudah bisa membaca . Jadi guru harus bisa melihat situasi yang ada pada siswa. Karena untuk yang sudah bisa membaca belajar mengeja melalui gambar membuat dia akan merasa bosan.
Dengan vidio di atas tadi sudah menjelaskan solusi solusi untuk hal tersebut yakni ada dengan cara media, metode mengeja abjad untuk yang belum mengenal huruf metode suku kata bagi yang sudah mengenal huruf , ada juga metode kalimat dan juga metode sas.
Kira kira seperti itu yang bisa saya tangkap dari vidio tersebut. Terimakasih