Similar Posts
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan…
Pemanfaatan Media Sederhana Berbentuk Flip Chart Untuk Menjelaskan Proses Peristiwa-Peristiwa Alam yang Terjadi di Indonesia Pada Pembelajaran IPA di SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika menjelaskan proses gunung meletus, tsunami, banjir, longsor dan peristiwa alam lainnya, para siswa masih bingung karena guru tidak menggunakan media. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah menggunakan media sederhana yang dapat digunakan oleh guru yaitu media flip…
Memainkan Alat Musik Sederhana
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara: Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang; Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan; Meminta…
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata…
Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan…
Yuk, Kita Baca Lagi
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Nama : Ardya Magdalena
Nim : 857025983
Prodi : PGSD S1
Menurut saya lembelajaran diatas sudah cukup baik, namun ada beberapa yg perlu di tambahkan dan dipersiapkan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengajari siswa membaca:
Membaca bersama: Membaca buku bersama dapat memberikan banyak manfaat.
Membaca dengan suara lantang: Membaca dengan suara yang lantang dapat membantu siswa belajar membaca.
Memilih buku yang disukai: Pilihlah buku yang disukai siswa untuk membantu mereka tertarik membaca.
Membuat permainan: Permainan kata dapat membantu siswa belajar membaca.
Membaca dengan lagu: Menggunakan lagu dapat menarik perhatian siswa untuk berlatih membaca.
Membuat ruang baca yang nyaman: Buatlah ruang baca yang nyaman dan pojok baca yang nyaman.
Menggunakan teknologi: Teknologi dapat membantu siswa belajar membaca dan menulis dengan lebih mudah dan menyenangkan.
Mengajak siswa ke perpustakaan: Ajaklah siswa ke perpustakaan untuk memperluas wawasan dan mengembangkan kreativitas.
Membuat majalah dinding: Buatlah majalah dinding bersama-sama dengan cara bergiliran.
Memberikan umpan balik dan dukungan: Umpan balik yang konstruktif dan dukungan dari pendidik sangat penting untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan literasi mereka.
Belajar secara rutin: Buatlah jadwal dan ajarkan sang anak secara rutin agar anak terbiasa dengan belajar secara rutin
bagus sekali, sangat menarik
Nama : Ike widiyanti
NIM : 857008726
Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam video tersebut
Kekurangan:
1. guru tidak berdoa dahulu sebelum memulai pelajaran
2. Guru tidak mengucapkan salam, menanyakan kabar atau lainnya
3. Guru tidak menuntut siswa untuk mengucapkan huruf nya
Kelebihan :
1.sebelum memulai pelajaran Guru menyanyikan lagu ayah ibu sesuai dengan materi yang akan diajarkan.
2. Media yang digunakan bagus karena memudahkan siswa untuk mengenal huruf-huruf.
Saran:
1.Sebaiknya sebelum memulai pelajaran harus berdoa terlebih dahulu
2.menyanyikan lagu wajib
3.Mengucapkan salam, menanyakan kabar serta Mengabsensi kehadiran siswa
4.Mengenalkan/membimbing siswa huruf-huruf sebelum memulai pelajaran
5.memberikan ice breaking Memindahkan huruf-huruf melalui game Supaya anak lebih tertarik dan semangat untuk belajar.
Nama : Desi Apriani
Nim : 857013703
Dalam video tersebut saya melihat kelebihan dan kekurangan dalam mengajar yaitu:
Kekurangan :
-Guru tidak memulai pembelajaran dengan berdoa
-guru memulai pembelajaran tidak menggunakan ice breaking
– tidak Memperhatikan Perbedaan Individu Tidak semua anak belajar dengan kecepatan yang sama
Kelebihan:
-media gambar yang digunakan sudah cukup baik
-Guru mengawali pembelajaran dengan mengajak siswa untuk bermain dan
bernyanyi sehingga menjadikan suasana hati siswa bagus dan bersemangat untuk menerima pembelajaran
saran
1. sebaiknya sebelum melakukan pembelajaran, guru hendaknya mengajak anak untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
2 guru sebaiknya menerapkan icebreaking yang berhubungan dengan memahami huruf sebelum memulai pembelajaran dengan tujuan agar siswa semakin mengenal huruf dengan cara menyenangkan
NAMA: FEBRI YOGI HARGIARTO
NIM : 860009726
PROGDI : PGSD S1
1. Reaksi siswa saat kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru merasa senang karna guru menggunakan metode media pembelajaran yang menarik berupa game dan bernyanyi dan media yang sesuai dengan tujuan belajar.
2. Secara keseluruhan kelebihan dan kekurangan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, Kelebihannya adalah :
– Saat memulai kegiatan pembelajaran guru mengajak siswa untuk bermain dan
bernyanyi hal ini menjadikan siswa lebih bersemangat untuk menerima
pembelajaran.
– Saat guru memulai kegiatan pembelajaran menggunakan media gambar sehingga membuat siswa tertarik dan semangat untuk mengikuti pembelajaran.
– Setelah guru melaksanakan kegiatan pembelajaran guru menguji kemampuan siswa untuk
mengetahui sampai mana pemahaman siswa dalam pembelajaran yang telah di
sampaikan.
Kelemahannya adalah :
– Guru tidak melakukan apresepsi Dalam mengawali pembelajaran, seperti berdoa, memberi salam, mengabsen kehadiran siswa, dan ice breacking.
– Banyak murid yang tidak fokus di karenakan guru tidak melakukan apresepsi
– Guru dalam kegiatan pembelajaran kurang dalam membimbing siswanya karna kurang dalam memperkenalkan huruf abjad serta suku kata kepada siswa
3. Keunikan pada Vidio ini adalah
Dalam kegiatan pembelajaran Guru mampu menarik fokus perhatian siswa dengan materi yang disampaikan melalui bernyanyi dan tanya jawab tentang lagu yang dinyanyikan Lalu menghubungkan cerita dengan gambar yg sesuai dengan materi, dengan
seperti itu anak anak akan lebih tertarik dengan materi yg di ajarkan.
4. Upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sebaiknya sebelum memulai kegiatan pembelajaran di awali dengan berdoa terlebih dahulu, mengucap salam dan mengabsensi siswa, memulai ice breaking, guru harus lebih kreatif dalam memperkenalkan huruf abjad dan suku kata kepada siswa.
NAMA : FEBRI YOGI HARGIARTO
NIM : 860009726
PROGDI : PGSD S1
1. Reaksi siswa saat kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru merasa senang karna guru menggunakan metode media pembelajaran yang menarik berupa game dan bernyanyi dan media yang sesuai dengan tujuan belajar.
2. Secara keseluruhan kelebihan dan kekurangan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, Kelebihannya adalah :
– Saat memulai kegiatan pembelajaran guru mengajak siswa untuk bermain dan
bernyanyi hal ini menjadikan siswa lebih bersemangat untuk menerima
pembelajaran.
– Saat guru memulai kegiatan pembelajaran menggunakan media gambar sehingga membuat siswa tertarik dan semangat untuk mengikuti pembelajaran.
– Setelah guru melaksanakan kegiatan pembelajaran guru menguji kemampuan siswa untuk
mengetahui sampai mana pemahaman siswa dalam pembelajaran yang telah di
sampaikan.
Kelemahannya adalah :
– Guru tidak melakukan apresepsi Dalam mengawali pembelajaran, seperti berdoa, memberi salam, mengabsen kehadiran siswa, dan ice breacking.
– Banyak murid yang tidak fokus di karenakan guru tidak melakukan apresepsi
– Guru dalam kegiatan pembelajaran kurang dalam membimbing siswanya karna kurang dalam memperkenalkan huruf abjad serta suku kata kepada siswa
3. Keunikan pada Vidio ini adalah
Dalam kegiatan pembelajaran Guru mampu menarik fokus perhatian siswa dengan materi yang disampaikan melalui bernyanyi dan tanya jawab tentang lagu yang dinyanyikan Lalu menghubungkan cerita dengan gambar yg sesuai dengan materi, dengan
seperti itu anak anak akan lebih tertarik dengan materi yg di ajarkan.
4. Upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sebaiknya sebelum memulai kegiatan pembelajaran di awali dengan berdoa terlebih dahulu, mengucap salam dan mengabsensi siswa, memulai ice breaking, guru harus lebih kreatif dalam memperkenalkan huruf abjad dan suku kata kepada siswa.
Assalamualaikum wr.wb
Nama : ANIVA UTARI
NIM : 856596488
Dalam video tersebut dapat di simpulkan bahwa guru yang mengajarkan huruf, membaca kata dengan baik kepada murid. Ibu guru sudah memberikan apersepsi dengan baik yaitu menyajikan lagu “pergi belajar” , secara bersama-sama dengan tujuan memberi semangat dan memastikan jika peserta didik sudah siap dalam pembelajaran. Penyampaian materi serta cara mengajar guru sudah bagus dan jelas. Penggunaan media gambar alangkah baiknya digunakan secara lebih variatif, agar anak lebih cepat mudah dan memahami isi dari gambar tersebut . Alangkah baiknya jika media yang digunakan ditambah dan bervariasi dan di bagikan kepada anak disetiap meja. Dan pada setiap anak membaca media yang dipegangnya bisa terlihat dimana kesulitan setiap anak saat membaca. Pada tahap pembelajaran untuk mengenal huruf memiliki proses dan kesabaran, sehingga kita sebagai guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi.
Assalamualaikum wr wb
Nama : Gian Fianita Nilasari
NIM : 857867558
Analisis Vidio : Seri Pembelajaran Bahasa Indonesia SD “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”
Adapun hasil dari pengamatan setelah melihat tayangan video dengan judul di atas mengenai pembelajaran pada siswa untuk mengeja, membaca dengan media pembelajaran. Tentunya ada beberapa kekurangan dari video tersebut. Adapun kekurangan dari pembelajaran tersebut adalah pada saat memulai pembelajaran, Guru tidak memberikan salam, memimpin doa, memberitahu Peserta Didik mengenai tujuan pembelajaran yang dilakukan serta memberikan motivasi kepada siswa. Karena kemampuan membuka pembelajaran memiliki pengaruh bagi sebagian peserta didik untuk mengikuti kegiatan inti. Apabila dari awal anak sudah merasa tidak nyaman, tidak dapat kontrasi, tidak memiliki motivasi dalam mengikuti pembelajaran maka tentunya hal tersebut juga berpengaruh pada proses pembelajaran. Sama halnya dengan yang dilakukan dalam video, walaupun memiliki keunggulan Guru mampu melaksanakan ice breaking dan pertanyaan pematik untuk peserta didik, mereka juga perlu tau apa yang mereka lakukan dan capaian apa yang dapat mereka capai pada proses pembelajaran. Selain itu Guru sudah menggunakan media pembelajaran yang sesuai. Melakukan variasi pada pembelajaran sehingga siswa tidak akan bosan dan berusaha untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. Mengenal kemampuan peserta didik juga perlu, maka dengan begitu perlu Guru menggunakan pembelajaran yang berdiferiensiasi guna meratanya semua kemampuan peserta didik. Seharusnya Guru dapat mengelompokkan peserta didik sesuai dengan kecepatan pembelajaran ataupun proses peserta didik yang lambat. Tapi dari keseluruhan pembelajaran tentunya Guru sudah melakukan semaksimal mungkin dan hanya perlu menambahkan hal-hal yang masih kurang.
Terima kasih
Wassalamualaikum wr wb
Nama : Gian Fianita Nilasari
NIM : 857867558
Analisis Vidio : Seri Pembelajaran Bahasa Indonesia SD “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”
Adapun hasil dari pengamatan setelah melihat tayangan video dengan judul di atas mengenai pembelajaran pada siswa untuk mengeja, membaca dengan media pembelajaran. Tentunya ada beberapa kekurangan dari video tersebut. Adapun kekurangan dari pembelajaran tersebut adalah pada saat memulai pembelajaran, Guru tidak memberikan salam, memimpin doa, memberitahu Peserta Didik mengenai tujuan pembelajaran yang dilakukan serta memberikan motivasi kepada siswa. Karena kemampuan membuka pembelajaran memiliki pengaruh bagi sebagian peserta didik untuk mengikuti kegiatan inti. Apabila dari awal anak sudah merasa tidak nyaman, tidak dapat kontrasi, tidak memiliki motivasi dalam mengikuti pembelajaran maka tentunya hal tersebut juga berpengaruh pada proses pembelajaran. Sama halnya dengan yang dilakukan dalam video, walaupun memiliki keunggulan Guru mampu melaksanakan ice breaking dan pertanyaan pematik untuk peserta didik, mereka juga perlu tau apa yang mereka lakukan dan capaian apa yang dapat mereka capai pada proses pembelajaran. Selain itu Guru sudah menggunakan media pembelajaran yang sesuai. Melakukan variasi pada pembelajaran sehingga siswa tidak akan bosan dan berusaha untuk mengikuti pembelajaran dengan baik. Mengenal kemampuan peserta didik juga perlu, maka dengan begitu perlu Guru menggunakan pembelajaran yang berdiferiensiasi guna meratanya semua kemampuan peserta didik. Seharusnya Guru dapat mengelompokkan peserta didik sesuai dengan kecepatan pembelajaran ataupun proses peserta didik yang lambat. Tapi dari keseluruhan pembelajaran tentunya Guru sudah melakukan semaksimal mungkin dan hanya perlu menambahkan hal-hal yang masih kurang.
NAMA: Hendi Sudardi
NIM: 857008876
POKJAR: Sidomulyo
Setelah saya melihat video tersebut, siswa terlihat antusias dalam belajar.
Kelebihannya.
pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang memudahkan siswa untuk mengetahui huruf dan dapat menjawap gambar yang ditanyakan.
Kekurangan.
Guru tidak melakukan apresepsi Dalam mengawali pembelajaran, seharusnya
menggunakan prinsip apersepsi menjadi lebih fokus dan bersemangat dalam
persiapan belajar, apresepsi yg dapat di lakukan seperti memberi salam, mengecek kehadiran siswa, berdoa, dan ice breacking.
Sarannya kedepannya memberi ap resepsi sebelum pembelajaran dimulai.