Similar Posts
Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika. Mulyadi Pakar Dosen Cerita dalam video itu…
Mengkontruksi Rumah dari Kertas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membelajarkan Konsep Perkalian Pada Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan konsep perkalian dengan alat peraga berupa gambar buah-buahan dan bola-bola plastik. Dengan alat peraga bola-bola ini guru memperagakan jual beli yang merupakan kejadian sehari-hari sehingga anak-anak lebih mudah memahami konsep perkalian. – Pakar Dosen Video ini menayangkan upaya…
Siswa Kesulitan Mengahafal Rumus Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi gambaran tentang upaya seorang guru mengatasi masalah siswa yang sulit menghafal rumus matematika terutama untuk rumus luas bangun datar. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah melalui strategi bernyanyi dengan menggunakan lagu yang digemari siswa dan mengubah sedikit syairnya. Misalnya lagu burung…
Mengerjakan Soal Cerita, Belajar Memahami Cara Menyelesaikan Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih terkendala. Guru sering mengalami kesulitan bagaimana membelajarkan pada siswa cara menyelesaikan soal cerita. Pada video ini menggambarkan bagaimana strategi seorang guru dalam membantu siswa untuk memahami dan menyelesaikan soal cerita. Alternatif pembelajaran dalam tayangan video ini memperlihatkan bagaimana…
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Menurut saya video simulasi pembelajaran di atas, guru sudah cukup baik dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Sebelum guru melaksanakan kegiatan belajar mengajar, guru melakukan kegiatan apersepsi di dalam kelas yaitu dengan bernyanyi. Tujuannya untuk menarik perhatian peserta didik agar lebih fokus pada materi yang akan disampaikan guru. Guru menggunakan metode pembelajaran yang cukup baik dan menarik dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran. Sehingga siswa mampu mengikuti pelajaran dengan fokus yang baik dan siswa lebih bersemangat dalam melakukan pembelajaran.
Tetapi guru tidak melakukan awal kegiatan dengan mengecek kesiapan siswa, media dan perlengkapan belajar kelas. Guru yang mengajari kelas tersebut tidak memulai pembelajaran dengan doa, menurut saya sebaiknya guru melakukan doa bersama siswa.
Terimakasih
Nama : May Ambarwati
Nim : 856022108
Program studi : PGSD
Semester : 6
Menurut saya video simulasi pembelajaran di atas, guru sudah cukup baik dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Sebelum guru melaksanakan kegiatan belajar mengajar, guru melakukan kegiatan apersepsi di dalam kelas yaitu dengan bernyanyi. Tujuannya untuk menarik perhatian peserta didik agar lebih fokus pada materi yang akan disampaikan guru. Guru menggunakan metode pembelajaran yang cukup baik dan menarik dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran. Sehingga siswa mampu mengikuti pelajaran dengan fokus yang baik dan siswa lebih bersemangat dalam melakukan pembelajaran.
Tetapi guru tidak melakukan awal kegiatan dengan mengecek kesiapan siswa, media dan perlengkapan belajar kelas. Guru yang mengajari kelas tersebut tidak memulai pembelajaran dengan doa, menurut saya sebaiknya guru melakukan doa bersama siswa.
Terimakasih
nama : shubhan fadhiil
Nim : 856993674
prodi. : PGSD S1
pada video tersebut guru menggunakan metode bervariasi. guru membuka pembelajaran dengan bernyanyi sehingga memicu semangat anak untuk belajar serta ditambahkan media pembelajaran dengan gambar sehingga anak-anak terfokus pada pembelajaran yang menarik.
pada video tersebut pula guru sangat membimbing murid untuk menyusun kata dengan gambar yang diperintahkan oleh guru sehingga anak-anak merasa diperhatikan.
adapun kekurangan dalam video tersebut tidak adanya tindak lanjut yang dilakukan guru untuk mengetes kemampuan siswa seperti memberikan refleksi apakah siswa tersebut memahami materi atau tidak
Nama : Juliana Damanik
NIM : 859876427
Program Studi : PGSD
Semester : 2
Mengenal huruf adalah kunci awal untuk mengetahui berbagai ilmu pengetahuan. mulai dari membaca, maka siswa akan mengethui banyak hal. menurut saya vidio diatas sudah cukup bagus. Guru mengajak siswa bernyanyi sesuai dengan tema pelajaran yaitu Keluraga, Guru juga membuat alat peraga berupa gambar ayah dan ibu, serta menggunakan metode abjad dan metode eja.
Menurut saya yang harus diperbaiki pada vidio pembelajaran tersebut adalah seharusnya diawali dengan bernyayi lagu wajib, berdoa dan mendata murid yang tidak hadir.
diawal dan dipertengahan pembelajaran dibuat Ice Breaking untuk menghilangan kebosanan, rasa mengantuk agar siswa lebih bersemangat.
Trimakasih
Nama : Lalu Suhadriawan
NIM : 859151245
UPBJJ UT : Mataram
Pada saat saya menonton video pembalajaran tersebut,hampir kasusnya kurang lebih dengan anak didik saya.Dimana tempat saya mengajar,bagaimana antusias setiap siswa dalam menjawab pertanyaan yang dilemparkan kepada mereka,dan ada juga beberapa siswa yang memang lambat dalam menangkap setiap penjelasan yang diberikan.Dari video itu juga ada kasus yang hampir sama dengan pengalaman yang saya temui disekolah saya,dimana anak-anak masih ada yang kurang fokus dalam belajar,ada yang cepat sekali menyerap dan mampu merangkai setaip kalimat dengan baik.
Dalam video tersebut guru mengalami permasalahan di kelas yaitu
1.) Peserta Didik yang kurang memahami huruf dan kesulitan dalam membaca padahal kegiatan akan berjalan lancar jika seluruh peserta dapat membaca materi yang akan diajarkan di kelas.
2.) Metode pemecahan masalah di kelas jika mengalami seperti halnya di video yaitu lebih bersifat menarik agar anak dapat cepat merespon dan menyerap ilmu yang diberikan oleh guru ketika sedang belajar
Apalagi untuk kelas rendah seperti kelas 1 yaitu kelas yang mengalami peralihan dari taman kanak-kanak sebelumnya lebih banyak menggambar,bermain saat mereka sekolah dasar ini ada tugas guru agar anak tidak bosan kita harus belajar mengenal huruf dan belajar membaca
Metode seperti ini di sekolah saya mengajar sudah diterapkan namun untuk waktu dan jam kurang memadai apalagi kapasitas guru juga tidak cukup dan perlu ekstra sabar dalam mengajari peserta didik seperti ini.
Kekurangan dalam video ini adalah :
1.) Dimulai pelajaran guru tidak memberikan salam dan mengecek kehadiran peserta didik
2.) Fokus peserta didik kurang dalam memperhatikan guru yang ada didalam kelas tersebut.
Sekian dari saya terimakasih
Maka dari setiap ulasan video tadi cara yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar anak yaitu:
1.Guru harus menyiapkan metode yang mudah dipahami oleh anak SD,
2.Guru harus bisa menarik perhatian siswa dengan sesekali memutar video tentang tema yang berhubungan dengan mata pelajaran hari itu,supaya anak-anak tidak mudah jenuh dan bosan.
3. Sebagai guru harus kreatif dan tangkap dalam melihat apa yang menjadi kebutuhan siswa.Misalnya membuat permainan(game) yang bisa membantu siswa lebih aktif,konsetrasi dan menyenangkan dalam belajar.
Nim:856976678
Nama: Ria laras satu
Prodi: PGSD s1
Mapel :pdgk4209
Semester :6
Pokjar : Kotaagung
UPBBJ: bandar lampung
Gpo1
VIDIO PEMBELAJARAN
SERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD
JUDUL VIDIO
, kesulitan membaca huruf suku kata kata dan kalimat
Alamat:
RINGKASAN VIDIO
nama tokoh:guru dan anak-anak
Nama sekolah:SD48
Nama penulis:GPO
Pengembang vidio: universitas terbuka 2010
Hal yang unik dalam video pembelajaran adalah guru terlihat menulis juga papan tulis yang bergaris-garis,
Kelemahan pembelajaran dalam video adalah guru kurang memperhatikan siswanya sehingga terdapat siswa yang kurang berkonsentrasi, media pembelajarannya kurang menarik.
Kelebihan dalam pembelajaran video tersebut adalah guru membuka pembelajaran dengan bernyanyi, menggunakan media gambar untuk mengenal anggota keluarga, mengajar dengan sabar dan telaten dalam menjelaskan cara menulis dan membaca suku kata dan kalimat.
RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN
Guru lebih memperhatikannya siswanya kembali dengan cara tanya jawab sehingga siswa memperhatikan guru, cari media pembelajaran yang menarik seperti gambar huruf yang berwarna-warni, ajak siswa yang belum bisa menulis dengan cara memegang tangan siswa secara berlahan, berikan latihan terus menerus, dan diberi tugas untuk dikerjakan dirumah.
Nama : Devy oktania sari
Nim : 856989864
Kelas : 6/118
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Rumbia
Upbjj : Bandar Lampung
Judul video : Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan kalimat
Pendapat saya, dalam video tersebut guru mengalami permasalahan di kelas yaitu:
1.) Peserta Didik yang kurang memahami huruf dan kesulitan dalam membaca padahal kegiatan akan berjalan lancar jika seluruh peserta dapat membaca materi yang akan diajarkan di kelas .
2.) Metode pemecahan masalah dan tanya jawab di kelas jika mengalami seperti halnya di video yaitu lebih bersifat menarik agar anak dapat cepat merespon dan menyerap ilmu yang diberikan oleh guru ketika sedang belajar. Apalagi untuk kelas rendah seperti kelas 1 yaitu kelas yang mengalami peralihan dari taman kanak-kanak sebelumnya lebih banyak menggambar,bermain saat mereka sekolah dasar ini ada tugas guru agar anak tidak bosan kita harus belajar mengenal huruf dan belajar membaca
Metode seperti ini di sekolah saya mengajar sudah diterapkan namun untuk waktu dan jam kurang memadai apalagi kapasitas guru juga tidak cukup dan perlu ekstra sabar dalam mengajari peserta didik seperti ini, seperti di video siswa lebih aktif apabila guru memberikan media agar siswa lebih mudah memahami kata yang mereka rangkai.
Kekurangan dalam video ini adalah :
1. Dimulai pelajaran tidak berdoa, dan guru tidak memberikan salam dan mengecek kehadiran peserta didik.
2. Guru kurang inovatif sebelum kegiatan KBM dimulai dan fokus peserta didik kurang dalam memperhatikan guru yang ada didalam kelas tersebut.
Upaya tepat untuk mengatasi kesulitan belajar anak yaitu:
1.Guru harus menyiapkan metode yang mudah dipahami oleh anak SD, seperti tanya jawab dan melakukan apersepsi sebelum proses KBM dimulai.
2.Guru harus bisa menarik perhatian siswa dengan sesekali memutar video tentang tema yang berhubungan dengan mata pelajaran hari itu,supaya anak-anak tidak mudah jenuh dan bosan, dan media lainya yang dapat membantu siswa agar lebih tanggap dengan materi yang diajarkan oleh guru.
3. Sebagai guru harus kreatif dan inovatif tangkap dalam melihat apa yang menjadi kebutuhan siswa. Misalnya membuat permainan(game) yang bisa membantu siswa lebih aktif,konsetrasi dan menyenangkan dalam belajar, dalam proses KBM berlangsung, agar siswa lebih aktif berpartisipasi di dalam kelas.
Nama : Andre Agung Saputra
Nim : 8576989818
Pokjar : Rumbia
Judul video : kesulitan membaca huruf suku kata, kata dan kalimat
Yang telah saya amati dari video di atas adalah
Adapun reaksi siswa terhadap pembalajar
– siswa sangat antusias dalam awal pembelajaran kegiatan pembelajaran apa lagi seorang guru memberikan masukan seperti tepuk tangan dan memberikan refleksi terhadap awal kegiatan pembelajaran
Kelebihan
– guru memberikan petunjuk gambar ayah dan ibu terhadap anak agar mudah di pahami
– guru tersebut memberikan huruf pada gambar ayah dan ibu dan anak anak diminta untuk mengeja kata ayah dan ibu
Kekurangan
Adapun kekurang nya
– guru lupa akan mengecek kehadiran siswa
– guru lupa akan kegiatan awal pembelajaran seperti adanya doa
Dan ucapan salam
Adapun upaya yang harus di tingkat kan
1. Seharusnya guru memberikan antusias seperti mengajak siswa aktif maju satu persatu agar siswa terlatif mental di dalam kelas
Kemudian juga seperti adanya pengajuan pertanyaan agar siswa dapat mampu berfikir kritis dalam setiap pembelajaran.
Sekian terima kasih
Nama : ANNISA ANGGUM ALAMSYAH
NIM : 856989832
POKJAR : RUMBIA
upbjj UT : Bandar Lampung
Vidio pembelajaran
seri pembelajaran bahasa Indonesia di SD
Judul Vidio
Kesulitan membaca huruf ,suku kata kata dan kalimat
– siswa sangat antusias dan tampak bersemangat, karena sebelum memulai pembelajaran guru mengajak siswa untuk bernyanyi terlebih dahulu, itu salah satu cara agar siswa tertarik dan memicu mood baik siswa untuk menerima materi belajar,
– kelebihan dari Vidio tersebut adalah, guru memberikan gambar yang ada hurufnya , seperti gambar perempuan yang ada huruf I BU karena tulisan itu bergambar jadi anak anak sangat antusias dalam menerima pembelajaran memahami huruf , itu mempermudah siswa untuk memahami kata perhuruf
– kelemahan Vidio tersebut adalah
Sebelum memulai pelajaran seharusnya anak anak di pimpin untuk membaca doa , lalu guru menanyakan kabar ,absensi membaca surat surat pendek atau bernyanyi lagu wajib terlebih dahulu, dan pada Vidio tersebut guru tidak tampak memberikan penutup
– keunikan yang terdapat pada Vidio adalah
Guru mampu menarik perhatian siswa agar terfokus pada yang di ajarkan, dengan menanyakan “apakah anak anak ada ayah dan ibu dirumah” lalu menghubungkannya dengan gambar yang terlihat ada seorang bapak bapak dan ibu ibu yang ada huruf nya , itu membuat anak tertarik pada gambar dan faham akan huruf yang di berikan
– upaya untuk mengatasi kesulitan-kesulitan belajar serta untuk meningkatkan kualitas belajar
1) metode dalam mengenalkan huruf harus berfariasi, misal dengan mewarnai huruf, menonton Vidio yang bersangkutan dengan materi, atau guru membawa alat peraga seperti balok balok huruf atau kertas kertas yang ada huruf nya itu mempermudah siswa untuk mengerti dan memahami huruf
2) sebagai guru , kita harus inovatif agar belajar tidak monoton dan siswa tidak bosan
3) gunakan metode yang berbeda beda dan ice breaking setiap ingin memulai pembelajaran,
4) analisis keberhasilan siswa dalam mengenal huruf dengan melemparkan pertanyaan atau permainan yang memberikan pertanyaan, setelah itu berikan soal soal yang bergambar agar anak anak senang saat mengerjakan tugas tersebut
Nama : KARSUM ISHAK
NIM. : 856317965
Prodi : Ilmu Pendidikan SD ( PGSD )
Semester: 8
Setelah menyimak Vidio pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi ( Kesulitan membaca disekolah Dasar).Dalam Vidio tersebut masih ada kelebihan dan kekurangan yang sudah dilaksanakan oleh guru tersebut seperti
Kelebihan : Kelebihannya pada awal pembelajaran Guru melakukan apersepsi dengan mengajak siswa bernyayi pergi kesekolah..untuk mempermudah masuk pada materi.dan siswa juga sangat antusias menjawab.
Kelemahan:Guru tersebut pada kegiatan awal Guru tidak melakukan doa dan mengecek kehadiran.dan pada kegiatan inti kurabgnya alat peraga yang dimiliki oleh Guru.