Similar Posts
Membaca Cerita Secara Bergilir
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Isi video tersebut memperlihatkan tentang situasi pembelajaran di sebuah kelas, tepatnya kelas 1 Sekolah Dasar. Adapun mata pelajaran yang diberikan adalah Bahasa Indonesia, dengan materi “Membaca Cerita Secara Bergilir” dengan judul cerita “Timun Mas”. Guru memberikan pembelajaran dengan memperkenalkan materi tersebut. Setelah itu guru menjelaskan materi…
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi…
Belajar Mudah Menentukan Arah Mata Angin
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan anak kelas III SD yang tidak bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat, dan tidak bisa membaca peta lokasi di sekitar lingkungannya. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah: Meminta siswa untuk mengamati posisi matahari terbit atau terbenam, Meminta siswa…
Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Memainkan Alat Musik Sederhana
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara: Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang; Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan; Meminta…
Membelajarkan Konsep Perkalian Pada Soal Cerita
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru mengajarkan konsep perkalian dengan alat peraga berupa gambar buah-buahan dan bola-bola plastik. Dengan alat peraga bola-bola ini guru memperagakan jual beli yang merupakan kejadian sehari-hari sehingga anak-anak lebih mudah memahami konsep perkalian. – Pakar Dosen Video ini menayangkan upaya…
NAMA: NURLIATI AZMI NASUTION
NIM: 856022193
PRODI: S1-PGSD
UPBJJ: MEDAN
Menurut pendapat saya, dalam video pembelajaran itu sudah bagus. Karena dalam video tersebut guru telah membuka pelajaran dengan semangat yaitu dengan bernyanyi bersama siswa sehingga siswa tersebut pun menjadi semangat. Kemudian lagu yag dinyanyikan guru dan siswa tersebut pun ada kaitannyan dengan judul pelajaran yang akan di pelajari. Guru juga menggunakan media gambar dengan mengenalkan foto keluarga dan mengenalkan bacaannya serta guru juga menggunakan metode abjad kepada siswa sehingga siswa mengetahui satu persatu huruf yang tertera dalam gambar itu tadi.
Nama: Novi Rianti
Nim: 856943322
Pokjar: Sidomulyo
Judul video: kesulitan membaca Huruf,Suku kata, Kata, dan Kalimat
Setalah saya amati video tersebut adapun reaksi siswa terhadap pembelajaran
– siswa sangat antusias dalam awal pembelajaran dengan guru dan siswa bernyanyi dengan iringan musik tepuk tangan siswa menjadi semangat.
Kelebihan video pembelajaran tersebut
– guru mengajak murid bernyanyi
– guru mengenalkan ayah ibu dengan petunjuk gambar ayah ibu dan mengeja huruf kemudian guru menyuruh siswa mengurutkan kosa kata yang diberikan kartu kosa kata
Kelemahan dari video pembelajaran tersebut
-guru lupa memberi salam kepada siswa dan mengabsen siswa satu persatu
Adapun upaya yang harus ditingkatkan
Guru memberi pertanyaan kepada siswa agar berfikir kritis dan mengajak siswa aktif maju satu persatu agar siswa terlatih mental di dalam kelas
– selain memberi media pembelajaran Cetak seperti yang ada video tersebut gambar dan kartu kosa kata lebih baik di berikan video pembelajaran tersebut agar siswa menjadi semangat dan fokus pada pembelajaran.
Nama: Novi Rianti
Nim: 856943322
Pokjar: Sidomulyo
Judul video: kesulitan membaca Huruf,Suku kata, Kata, dan Kalimat
Setalah saya amati video tersebut adapun reaksi siswa terhadap pembelajaran
– siswa sangat antusias dalam awal pembelajaran dengan guru dan siswa bernyanyi dengan iringan musik tepuk tangan siswa menjadi semangat.
Kelebihan video pembelajaran tersebut
– guru mengajak murid bernyanyi
– guru mengenalkan ayah ibu dengan petunjuk gambar ayah ibu dan mengeja huruf kemudian guru menyuruh siswa mengurutkan kosa kata yang diberikan kartu kosa kata
Kelemahan dari video pembelajaran tersebut
-guru lupa memberi salam kepada siswa dan mengabsen siswa satu persatu
Adapun upaya yang harus ditingkatkan
Guru memberi pertanyaan kepada siswa agar berfikir kritis dan mengajak siswa aktif maju satu persatu agar siswa terlatih mental di dalam kelas
– selain memberi media pembelajaran Cetak seperti yang ada video tersebut gambar dan kartu kosa kata lebih baik di berikan video pembelajaran tersebut agar siswa menjadi semangat dan fokus pada pembelajaran.
Nama : Muhammad Syamsuddin
NIM : 857758933
Prodi : S1-PGSD
UPBJJ UT : Semarang
Pokjar : Demak
Judul video : kesulitan membaca huruf suku kata, kata dan kalimat.
Dari video tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Ibu guru dalam menyampaikan pelajaran secara keseluruhan sudah bagus, akan tetapi masih terdapat kekurangan-kekurangan yang perlu diperbaiki.
Kelebihan video tersebut adalah:
– Menciptakan ruang kelas yang menyenangkan dengan cara mengajak siswa menyanyikan sebuah lagu yang berjudul pergi kesekolah.
– Terjalin interaksi antara Guru dan Siswa dengan tanya jawab kepada siswa.
– Penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan media gambar.
Dengan adanya media gambar siswa dapat dengan mudah memahami pembelajaran yang disampaikan guru tersebut.
– Metode Pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa bisa lebih tertarik dan dapat memahami tujuan pembelajaran dengan baik tidak hanya terfokus pada guru saja.
Kekurangan video tersebut adalah:
– Tidak adanya apresepsi ketika mengawali pembelajaran, seperti salam, menanyakan kabar, mengecek kehadiran siswa, berdoa.
– Guru juga tidak menjelaskan tujuan pembelajaran.
– Banyak murid yang tidak fokus dan bermain sendiri dalam pembelajaran.
– Penggunaan media gambar yang kurang bervariasi seharusnya menggunakan media gambar berwarna, agar lebih menarik lagi.
– Tidak adanya refleksi sebelum mengakhiri pembelajaran.
Solusi :
– Alangkah baiknya sebelum memulai pembelajaran dilakukan apersepsi yang baik seperti mengucapkan salam, menanyakan kabar, mengecek absensi siswa, dan berdoa.
– Setelah membuat suasana kelas yang menyenangkan dengan bernyanyi guru bisa menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari.
– Guru dapat menggunakan metode bermain kartu kata yang melibatkan seluruh siswa sehingga siswa tidak bermain sendiri dan bisa lebih focus.
– Mengunakan media gambar yang berwarna dan bervariasi untuk menarik perhatian siswa.
– Sebelum mengakhiri pembelajaran sebaiknya guru melakukan refleksi pengulangan yang telah diajarkan supaya anak mampu mengingat kembali apa saja yang telah dipelajari.
Nama : Nur Hikmah
NIM : 857694783
Prodi : PGSD/S1
Pokjar : Kebangsaan Bangsri
Assalamu’alikum Wr. Wb.
Yang dapat saya simpulkan setelah mengamati vidio “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat” adalah:
Proses pembelajaran dalam vidio tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan.
Kekurangannya adalah, diawal proses pembelajaran akan lebih baik jika diawali dengan mengucapkan salam, berdo’a bersama, serta tegur sapa bersama anak dengan menanyakan kabar serta kehadiran anak. Sedangkan kelebihan dari vidio tersebut adalah guru dapat menciptakan suasana kelas yang hidup dengan menumbuhkan semangat anak dengan mengajaknya bernyanyi, dimana lagu tersebut digunakan sebagai pemantik dalam proses pembelajaran. Metode dan media yang digunakan dalam proses pembelajaran juga sangat cocok dengan menggunakan media gambar dan kartu huruf maka anak akan lebih bersemangat dan akan lebih mudah dalam memahami setiap huruf, kata, dan kalimat yang akan diucapkan.
Terima kasih,
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Nama : Nur Hikmah
NIM : 857694783
Prodi : PGSD/S1
Pokjar : Kebangsaan Bangsri
Assalamu’alikum Wr. Wb.
Yang dapat saya simpulkan setelah mengamati vidio “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat” adalah:
Proses pembelajaran dalam vidio tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan.
Kekurangannya adalah, diawal proses pembelajaran akan lebih baik jika diawali dengan mengucapkan salam, berdo’a bersama, serta tegur sapa bersama anak dengan menanyakan kabar serta kehadiran anak. Sedangkan kelebihan dari vidio tersebut adalah guru dapat menciptakan suasana kelas yang hidup dengan menumbuhkan semangat anak dengan mengajaknya bernyanyi, dimana lagu tersebut digunakan sebagai pemantik dalam proses pembelajaran. Metode dan media yang digunakan dalam proses pembelajaran juga sangat cocok dengan menggunakan media gambar dan kartu huruf maka anak akan lebih bersemangat dan akan lebih mudah dalam memahami setiap huruf, kata, dan kalimat yang akan diucapkan.
Terima kasih,
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
NAMA : WULANDARI
NIM : 858891086
PRODI/SMSTER : S1 PGSD / 8
UPBJJ : JEMBER
Pokjar : WULUHAN
Judul Vidio : Kesulitan Membaca Huruf, suku kata, kata dan kalimat
Setelah melihat tayangan vidio diatas,sedikit saya bisa menganalisis bahwasannya ada kelebihan dan kekurangan yang bisa saya dapatkan dari proses pembelajaran guru di kelas.
ada beberapa kelebihannya yaitu :
– Guru sudah bisa menyampaikan materi dengan baik dan bisa interaktif kepada siswanya,walaupun tidak semua siswanya bisa fokus dengan arahan / instruksi yang disampaikan oleh guru.
– Guru sudah menyiapkan media gambar dan abjad untuk menarik perhatian siswa dan memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan guru.
– Guru bisa melakukan variasi untuk menambah semangat siswa dengan cara bernyanyi bersama- sama.
Dan berikut sedikit kekurangan yang menurut saya perlu diperhatikan lagi yaitu :
– Guru tidak melaksanakan tahab pembukaan seperti: Literasi, tegus sapa,salam,berdo’a dan absensi sesuai yang tercantum pada RPP.
– Tidak ada evaluasi di akhir pembelajaran.
” Itu tadi pendapat dari saya, terima kasih.
Nama : SAFUROH AINI
NIM. : 856948339
Prodi. : S1 PGSD
Pokjar : Sidomulyo
Setelah menyimak Vidio pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi ( Kesulitan membaca disekolah Dasar).Dalam Vidio diatas memiliki kelebihan dan kekurangan yang sudah dilaksanakan oleh guru tersebut,
Menurut saya video diatas cukup baik karena guru membuka pelajaran dengan semangat dan gembira dengan cara mengajak anak-anak bernyanyi, media gambar yang digunakan juga cukup membantu anak dalam proses belajar .
Kelebihan:
– Dengan media yang diajarkan oleh guru tersebut anak lebih memahami huruf/kata yang sesui dengan gambar yang bersifat nyata terlihat.
– Mudah diingat anak dengan bantuan media gambar tersebut.
– Media tersebut mudah didapat.
Kelemahan :
– guru tidak melakukan kegiatan awal pembelajaran seperti salam, berdoa dan mengecek kehadiran. Gunakan metode yang kreatif sehingga anak-anak tidak cepat bosan dalam melakukan proses belajar mengajar
– Dalam proses pembelajaran Hanya menekankan pada persepsi indra mata yang terlihat dengan mata.
– Gambar yang kompleks kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran.
Solusi :
Media gambar yang digunakan mengunakan gambar yang berwarna untuk menarikmperhatian anak. Pembelajaran dapat dilaksanakan secara berurutan. Contohnya dimulai dengan bercerita, menyanyi, atau tanya jawab tentang anggota keluarga. Ketika pembelajaran sudah sampai pada kegiatan kemampuan membaca siswa, guru dapat menggunakan metode bermain kartu kata dan kegiatan penutup dengan refleksi pengulangan yang telah diajarkan pada hari ini, agar anak mampu mengingat kembali apa saja yang telah dipelajari hari ini
Nama : APRISANTO
Nim : 855740355
Prodi : S1-PGSD
Yang dapat saya simpulkan setelah mengamati video “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat” adalah:
Proses pembelajaran dalam video tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan.
Kekurangannya adalah, diawal proses pembelajaran akan lebih baik jika diawali dengan mengucapkan salam, berdo’a bersama, serta tegur sapa bersama anak dengan menanyakan kabar serta kehadiran anak dan jangan lupa menyampaikan tujuan pembelajaran. Sedangkan kelebihan dari video tersebut adalah guru dapat menciptakan suasana kelas yang hidup dengan menumbuhkan semangat anak dengan mengajaknya bernyanyi, dimana lagu tersebut digunakan sebagai pemantik dalam proses pembelajaran. Metode dan media yang digunakan dalam proses pembelajaran juga sangat cocok dengan menggunakan media gambar dan kartu huruf kartu huruf baiknya menggunakan kertas yang berwarna agar motorik siswa dapat berkembang maka anak akan lebih bersemangat dan akan lebih mudah dalam memahami setiap huruf, kata, dan kalimat yang akan diucapkan bisa juga lebih menarik lagi menyiapkan pasir di wadah yang datar dan siswa suruh menuliskan atau membentuk huruf menggunakan jarinya sesuai yang mereka inginkan dan menyebutkan huruf apa yang mereka bentuk.
Sebaiknya guru mengajak siswa untuk bermain bisa juga dengan menyuruh maju ke depan untuk menunjuk huruf dan kata yang mereka suka lalu siswa di tugaskan untuk menyebutkan hurufnya dan mengeja dan siswa diberi reward berupa bintang atau nilai 100
Nama : DEWIANI
NIM : 859872129
PokJar : SiMALUNGUN
Prodi : BI-SD
Semester/Kelas : 2/A
Dari vidio tersebut saya beranggapan bahwa pada pembelajaran awal yang dilakukan guru kepada murid sudah bagus karena memberikan rangsangan yang menarik dengan menyanyi untuk membangkitkan semangat para siswa.
Kenyataannya dalam pembelajaran menulis dan membaca dikelas awal ini sering kali siswa mengalami kesulitan,hal ini bisa disebabkan karena rasa bosan ,malas kurangnya motivasi dalam belajar,kurang tepatnya strategi yang diajarkan guru,kurangnya peran orang tua dalam membantu mendidik anak ,perhatian orang tua terhadap disiplin anak masih kurang,beberapa hal inilah sebagai pemicu kesulitan siswa dalam membaca dan menulis.
Dalam mengahadapi anak yang kesulitan membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat kita sebagai guru dituntut harus pandai dalam mengolah kelas dengan berbagai strategi dan metode dalam mengajar, karena setiap anak memiliki pola fikir dalam belajar yang berbeda-beda. Namun untuk menarik perhatian siswa mereka lebih cenderung ke gambar dengan warna yang menarik, seperti video di atas.atau dapat juga dengan membuat kelompok bermain dan melakukan permainan kenal huruf dan mencoba menuliskannya, dan dengan memberikan reward kepada siswa yang mampu,dengan begitu dapat memotivasi siswa yang lain untuk berusaha
guru harus lebih peka terhadap kondisi anak, jangan di paksa karena faktor umur juga dapat mempengaruhi dengan kemampuan otak.
disinilah letak pentingnya peran guru dan orang tua untuk bersama-sama mendidik anak menjadi generasi penerus bangsa.terimakasih