silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Similar Posts

1,696 Comments

  1. Nama : Novita Sari
    NIM : 856707769
    Program Studi : PGSD-S1

    Setelah saya menyaksikan video tentang Video Pembelajaran ini saya akan mencoba untuk menganalisa video tersebut. Video ini berjudul kesulitan membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat. Menurut saya vidio ini sudah bagus dimana guru dengan caranya memberikan pembelajaran ke siswa dalam hal ini pembelajaran menulis. Untuk opening / pembukaan pembelajaran sebaiknya guru memberikan salam pembuka atau sapaan pembuka ke siswa agar siswa merasa siap untuk mengikuti pembelajaran yang dibuka dengan salam pembuka. Selanjutnya guru tidak mengevaluasi atau mengingatkan kembali tentang materi pembelajaran kemarin agar siswa bisa mengingat kembali pembelajaran yang sudah dilewati kemudian barulah guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini dan apa yang akan dicapai dalam pembelajaran hari ini. Ide membuka kegiatan pembelajaran dengan lagu sangatlah bagus sekalian memberikan semangat kepada siswa dan lagu yang dipilih pun singkron dengan materi serta media yang akan dipakai dalam pembelajaran. Karena pemilihan lagu juga biasanya mempengaruhi pembelajaran kalau tidak sesuai dengan materi atau media. Setelah itu barulah masuk dalam pembelajaran. Untuk media yang dipakai sudah baik namun sebaiknya gambar yang dipakai berwarna agar terlihat lebih menarik . Untuk cara membawakan materi tentunya sudah sangat bagus karena adanya interaksi antar guru dan siswa. Masing-masing guru mempunyai cara tersendiri untuk membawakan materi pembelajaran. Untuk mengajar pada kelas ini dan materi ini memang membutuhkan ekstra tenaga dan membutuhkan pemikiran yang tinggi untuk menemukan cara-cara yang menarik, mudah dan cepat di tangkap oleh siswa.

  2. Nama : Totok Asrur Nazaruddin
    Nim : 858698665
    UPBJJ : Surabaya
    Prodi : PGSD AKPMM

    Berdasarkan Video yang telah saya amat pada Forum GPO. Yaitu Video mengenai Pembelajaran di kelas rendah yakni kelas 1 dalam hal Belajar Membaca. Pada Video tersebut Ibu Guru sudah memberikan Media dan Pengajaran yang menarik dan benarsesuai untuk anak kelas rendah. Ibu Guru juga dengan telaten membimbing murid satu persatu.Dalam pembelajaran yang dikelas rendah juga sangat dibutuhkan ketelatenan kepadaIbu Guru. Saya akan membagikan sedikit pengalaman agar anak dapat mengenal Huruf atau Membaca dengan lancar yakni
    1. Mengenalkan anak mengenal suku kata dengan metode Gambar ataupun Flascard
    2. Mengenalkan huruf dapat digunakan dengan metode bernyanyi
    3. Mengenalkan buku kepada anak sejak dini, dengan begitu anak terbiasa mengenal huruf yang di dapatkan sejak kecilKetka kegiatan menulis masih juga diperlukan banyak stmulasi atau belajar pendidik dapat dibimbing dengan langkah memegang pensil dengan baik, menulis atau mencoret bebas,membuat titik titik bergaris sesuai abjad ataupun jika anak sudah sedikit mengenal dapat menggunakan metode dikte dan tetap dalam bimbingan Ibu Guru Selain itu dalam pembelajaran yang kreatf, pendidik dapat mengajar dengan memberikan kesempatan kepada murid untuk memilih sendiri dalam metode belajar, supaya anak menjadi lebih mandiri dan kreatf

  3. Berdasarkan video diatas setelah saya amati, permasalahan yang dihadapi di atas terkait dengan “Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat”
    Penyelesaian permasalahan terkait dengan video tersebut sama dengan yang diterapkan di sekolah kami, dengan memberikan jam tambahan bagi siswa yang kemampuan membacanya masih belum baik dan memantau kegiatan belajar khususnya membaca di rumah dengan bantuan Kerjasama orangtua
    Di sekolah kami juga disediakan sarana prasarana yang dapat mendukung perkembangan kemampuan membaca anak, seperti: , huruf abjad, kartu huruf, buku berlatih membaca dan buku cerita. Selain menggunakan sarana prasarana kami juga memotivasi siswa agar semangat dan gemar membaca, sesekali siswa yang kemampuan membacanya semakin baik kita berikan apresisasi atau reward dengan tujuan kedepan lebih semangat untuk meningkatkan kemampuan membacanya agar lebih

  4. Setelah saya menyimak video pembelajaran bahasa Indonesia tersebut, penyebab permasalahan di atas muncul yaitu siswa kesulitan membedakan huruf yang bentuknya hampir sama, kesulitan membaca gabungan dari huruf konsonan, kesulitan membaca satu huruf konsonan dan satu huruf vokal, siswa saat membaca tidak lancar dan masih mengeja serta pelafalan kurang jelas. Berdasarkan analisis masalah di atas, alternatif pemecahan masalah atau tindakan perbaikan yang dilakukan adalah menggunakan metode yang bervariasi pada saat pembelajaran dilaksanakan. Perhatian dan bimbingan dari guru sangat penting untuk mengatasi kesulitan membaca huruf atau kata bagi siswa SD kelas rendah, guru juga dapat menggunakan media pembelajaran seperti gambar yang disertai dengan keterangan tulisan berupa kata-kata singkat, menyanyikan lagu, menggunakan buku tulis garis lima atau menggunakan buku gambar. Meningkatkan interaksi antara siswa dengan guru jugalah penting, seperti memberikan sentuhan, memberikan tatapan ataupun pelukan. Menurut saya, cara mengajar guru dan interaksinya dengan siswa sudah bagus. Akan lebih bagus lagi jika media pembelajaran hendaknya ditambah dengan menggunakan video pembelajaran untuk menarik perhatian siswa dan membantunya mengatasi kesulitannya dalam membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat.

  5. Nama :Nani Marlina
    Nim :856753694
    Pokjar: Gelumbang
    Prodi. : PGSD S1

    Setelah saya simak video pembelajaran diatas, pembelajaran yang dilakukan guru tersebut sudah bagus. akan tetapi sebagai seorang guru yang kita lakukan dalam proses pembelajaran adalah menggunakan metode yang bervariasi pada saat pembelajaran agar peserta didik tidak jenuh dengan cara mengajar yang kita ajarkan. Apalagi yang kita ajarkan anak kelas 1 sd. Metode mengajar yang kita lakukan harus lebih menarik sehingga anak cepat merespon pembelajaran.
    kelebihan pembelajaran tersebut adalah:
    1. Guru memodifikasi materi pembelajaran dengan mengaitkan lagu ‘Pergi Belajar’ dengan materi pembelajaran Keluarga
    2. Guru menggunakan media pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, seperti siswa yang masih mengeja, siswa yang bisa membaca kata dan siswa yang sudah bisa membaca kalimat diberikan media pembelajaran yang berbeda
    kekurangannya sebegai berikut :
    1. Di dalam video tersebut tidak nampak guru sedang menyampaikan salam pembuka dan penutup do’a sebelum mulai pelajaran, absensi siswa agar menggugah semangat siswanya
    2. Tidak memberikan kesempatan siswa untuk maju ke depan menyampaikan pendapatnya atau bertanya jawab
    3. Siswa cenderung pasif karena hanya duduk saja di kursi
    4. Ada beberapa siswa yang nampak kurang bersemangat dan ada juga yang bosan

  6. Nama : ISRAFIL
    Nim : 859165046
    Prodi : S1 PGSD

    Berdasarkan video tersebut yang menjadi masalahnya adalah siswa kesulitan dalam “Membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat”.
    akan tetapi guru aharaus menguasai penguasaan kelas atau memangun suasana belajar yang baik terhadap siswanaya suasana siap belajar, guru sudah sangat menguasai materi apa yang dia ajarkan.
    Guru juga menggunakan teknik ceramah, menyanyi dalam mengaitkan materi=materi yang di kuasai dan menggunakan media belajar (berupa gambar) untuk memudahkan anak-anak memahami yang dia disampaikan, dari saya guru perlu untuk mencoba menciptakan kegiatan belajar yang interaktif dengan siswa. Sehingga siswa juga aktif ketiaka dalam belajar mengajar dalam mengikuti pembelajaran dan tidak mudah untuk merasa bosan, serta tidak malas dalam pembelajaran yang dilaksanakan.
    Untuk media pelajaran ini yang di perlukan mungkin bisa menggunakan huruf huruf alphabet, huruf yang kita bikain pakai kardus dll. jadi siswa di arahkan untuk bisa mengenali huruf alphabet yang di ucapkan oleh guru atau guru juga bisa membentuk kata dan siswa di arahkan untuk menyusun kata2 tersebut melalui huruf huruf alphabet yang terpisah dan huruf yang di tulis pakai kardus tersebut.
    Dan setiap siswa baiknya diberi apresiasi ataupun motivasi untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa lebih baik lagi sehingga siswa merasa dihargai dan diperhatikan oleh guru.
    Atau mungkin bisa diterapkan jika dikelas yang saya pegang, anak-anak yang kemampuan mengenali huruf alphabet dan mengeja ataupun membaca masih kurang maka siswa tersebut diberi pelajaran tambahan, sehingga guru mampu memusatkan perhatian kepada siswa yang kurang kemampuannya dan siswa tersebut bisa menerima materi lebih mudah lagi sehingga siswa bisa menartiam kita guru yang biak.

  7. NAMA :RONALDO DWI RAHARJO
    NIM : 858685454

    Kelebihan
    1. suasana kelas menyengkan, guru mengawali pertemuan dengan bernyanyi.
    2. Guru mengajar dengan menggunakan media gambar dan kartu huruf, sehingga siswa lebih antusias dalam menyusun huruf menjadi kata.
    3. Guru sabar mengajari siswa dan

    kekurangan
    guru tidak mengawali pembelajaran dengan berdoa dan media pembelajaran yang digunakan masih harus ditambah.

  8. Nama : Tiara Agustari
    NIM : 856027422
    UPBJJ : UT-Medan
    Link : https://gurupintar.ut.ac.id/index.php/2023/03/10/kesulitan-membaca-huruf-suku-kata-kata-dan-kalimat/

    Menurut saya berdasarkan video tersebut guru tidak membawakan pendahuluan seperti berdoa bersama dan absensi tapi langsung mengajak siswa untuk bernyanyi serta tidak mengaitkan materi yg akan dipelajari dengan materi sebelumnya.
    sebagai seorang guru sering saya temui kesulitan membaca permulaan pada anak kelas rendah dari kelas 1 sampai kelas 3. Dalam pelaksanaannya kita sebagai seorang guru harus mengenalkan terlebih dahulu apa itu yg dimaksud denga huruf vokal dan konsonan. Caranya juga harus bervariasi agar bisa diterima dan diingat oleh siswa. Dalam video tersebut guru menggunakan alat peraga berupa gambar dan kartu huruf yang menjadikan para siswa lebih bersemangat saat pelajaran membaca. Guru juga harus selalu memotivasi siswa agar kemampuan membacanya meningkat. Namun apabila menggunakan media gambar sebaiknya gambar dibuat berwarna agar terlihat lebih menarik dan siswa menjadi lebih lebih bersemangat saat belajar.

  9. Assalamualaikum wr.wb
    Nama : Lia Renda Natalia
    Nim :856753655
    Berdasarkan video tersebut yang menjadi masalahnya adalah siswa kesulitan dalam “Membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat”.
    akan tetapi guru aharaus menguasai penguasaan kelas atau memangun suasana belajar yang baik terhadap siswanaya suasana siap belajar, guru sudah sangat menguasai materi apa yang dia ajarkan.
    Guru juga menggunakan teknik ceramah, menyanyi dalam mengaitkan materi=materi yang di kuasai dan menggunakan media belajar (berupa gambar) untuk memudahkan anak-anak memahami yang dia disampaikan, dari saya guru perlu untuk mencoba menciptakan kegiatan belajar yang interaktif dengan siswa. Sehingga siswa juga aktif ketiaka dalam belajar mengajar dalam mengikuti pembelajaran dan tidak mudah untuk merasa bosan, serta tidak malas dalam pembelajaran yang dilaksanakan.
    Untuk media pelajaran ini yang di perlukan mungkin bisa menggunakan huruf huruf alphabet, huruf yang kita bikain pakai kardus dll. jadi siswa di arahkan untuk bisa mengenali huruf alphabet yang di ucapkan oleh guru atau guru juga bisa membentuk kata dan siswa di arahkan untuk menyusun kata2 tersebut melalui huruf huruf alphabet yang terpisah dan huruf yang di tulis pakai kardus tersebut.
    Dan setiap siswa baiknya diberi apresiasi ataupun motivasi untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa lebih baik lagi sehingga siswa merasa dihargai dan diperhatikan oleh guru.
    Atau mungkin bisa diterapkan jika dikelas yang saya pegang, anak-anak yang kemampuan mengenali huruf alphabet dan mengeja ataupun membaca masih kurang maka siswa tersebut diberi pelajaran tambahan, sehingga guru mampu memusatkan perhatian kepada siswa yang kurang kemampuannya dan siswa tersebut bisa menerima materi lebih mudah lagi sehingga siswa bisa menartiam kita guru yang biak.

  10. NAMA:IDA HARYANTI SILABAN
    NIM :856040414
    POKJAR:SERGAI
    UPBJJ :12-MEDAN

    Pelajaran SD menarik perhatian siswa. Di dalam cuplikan video pertama guru tersebut berpakaian rapi, dan melakukan ice breaking dalam kelas dan menarik perhatian para siswa dalam bernyanyi. Saat guru menunjukkan media gambar dan mengeja huruf tidak semua siswa aktif dalam pembelajaran, bahkan ada anak yang tidak tahu membaca, sebaiknya guru memberikan les tambahan dalam pembelajaran pada siswa. Akan lebih bagus menggunakan media video dalam pembelajaran untuk mengatasi siswa kesulitan dalam membaca huruf, suku kata, kata dan kalimat.

Leave a Reply