Similar Posts
Siswa Tidak Menyukai Pelajaran Matematika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini berisi gambaran upaya seorang guru yang berusaha membuat siswa-siswanya menyukai pelajaran matematika dan tidak lagi bermalas-malasan utuk belajar matematika. Dalam program ini guru menggunakan narasumber dari berbagai profesi untuk menjelaskan mafaat dan asyiknya belajar matematika. Mulyadi Pakar Dosen Cerita dalam video itu…
Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini membahas bagaimana seorang guru memberikan pembelajaran matematika dengan topik pecahan berpenyebut tidak sama dengan menggunakan media potongan-potongan karton untuk memudahkan pemahaman siswa dalam penjumlahan pecahan. Mery Novianti Pakar Dosen Video ini ditayangkan agar murid memahami konsep penjumlahan dua buah pecahan dengan penyebut tidak…
Mengenal Tanda Dinamika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Memahami Sifat Pada Operasi Hitung
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini menggambarkan bagaimana menjelaskan kepada siswa Sekolah Dasar mengenai mengenai sifat-sifat yang ada pada operasi hitung dan penggunannya untuk menyelesaikan soal hitungan. Pada penggalan pertama diberikan soal-soal hitungan dan siswa menghitung hasilnya. Siswa belum mengetahui sifat sifat pada operasi hitung. Pada penggalan kedua, siswa…
Perlawanan pangeran Diponegoro VS Makam Mbah Priok
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan kesulitan guru kelas V SD dalam mengajarkan peristiwa Perang Diponegoro secara bermakna kepada siswa. Ketika siswa diminta untuk mencatat hal-hal yang dijelaskan guru, siswa kebingungan untuk mencatatnya. Anak-anak diminta untuk mengingat sesuatu atau menghafal sesuatu yang terjadi pada masa lalu, tanpa mengaitkannya…
Belajar Matematika dengan Lingkungan Sebagai Media
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini berisi gambaran tentang suasana kelas saat belajar matematika dimana guru menggunakan papan tulis untuk mengajarkan bilangan pecahan. Banyak siswa yang tidak mengerti bahkan tidak memperhatikan. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah menggunakan benda-benda konkret seperti buah-buahan untuk pembelajaran matematika khususnya bilangan pecahan…
Nama : Ellys Prasti Wulandari
Nim : 858726771
Mahasiswa : S1-PGSD
Guru seharusnya mengajak siswa berdoa terlebih dahulu, lalu absensi, membangkitkan semangat siswa dan memotivasi siswa,kemudian menjelaskan terlebih dahulu cara membuat karangan supaya siswa mengerti dan tidak kesulitan,agar kelas menjadi lebih kondusif.
Analisis dari video tersebut adalah siswa kesulitan dalam menulis karangan cerita karena tidak ada penjelasan langkah-langkah serta cara menuangkan ide dalam sebuah karangan. Setelah melihat siswanya kebingungan guru menjelaskan langkah-langkah membuatnya dan merangkainya. Serta membantu siswa yang kurang jelas dalam penangkapan materi tersebut. Anak-anak juga merasa bosan dengan metode pembelajarannya. Dikarenakan guru yang menjelaskan masih terlalu monoton sehingga banyak siswa yang tidak memahami dan karena kurangnya media pembelajaran.
Nama : Siti Saharani
Nim : 856028811
Kelas : 6 C AKPMM
Pokjar : Asahan
UPJJ-UT : Medan
Setelah saya melihat video tersebut analisis video tersebut yaitu:
– Kelebihan:
Dari metode yang di berikan guru tersebut menurut saya sangat bagus dalam membuat anak menjadi paham tentang cara mengarang cerita/narasi. Guru tersebut juga sudah bagus dalam penyampaian materi pelajaran. Guru tersebut terkesan tegas dan lugas dalam penyampaian nya.
– Kelemahan
Kelemahan yang saya lihat dari proses pembelajaran yaitu kurang nya guru dalam membuka proses pembelajaran, tidak ada nya kegiatan pembuka, seperti menyanyakan keadaan siswa, agar siswa merasa lebih dekat dengan guru.
Nama : Siti Saharani
Nim : 856028811
Kelas : 6 C AKPMM
Pokjar : Asahan
UPJJ-UT : Medan
Setelah saya melihat video tersebut analisis video tersebut yaitu:
– Kelebihan:
Dari metode yang di berikan guru tersebut menurut saya sangat bagus dalam membuat anak menjadi paham tentang cara mengarang cerita/narasi. Guru tersebut juga sudah bagus dalam penyampaian materi pelajaran. Guru tersebut terkesan tegas dan lugas dalam penyampaian nya.
– Kelemahan
Kelemahan yang saya lihat dari proses pembelajaran yaitu kurang nya guru dalam membuka proses pembelajaran, tidak ada nya kegiatan pembuka, seperti menyanyakan keadaan siswa, agar siswa merasa lebih dekat dengan guru.
Nama : Meirani Nur Priyono
NIM : 856075383
Program Studi : S1 PGSD
Pokjar : Batam
Menurut pendapat saya, dai video tersebut guru menjelaskan langsung secara inti. guru tersebut tidak meberikan pemahaman kepada siswa secara jelas tentang apa itu karangan dan bagaimana cara membuatnya sehingga siswa pun jadi kurang paham dengan pembelajaran tersebut.
Nama : RIFDA ZULFIA
NIM : 857239699
Prodi : S1 PGSD
UPBJJ : Serang
Setelah mengamati video tadi, saya berpendapat dalam pembelajaran menulis karangan atau narasi memang sangat dibutuhkan keterampilan guru dalam mengelola kelas.
Pada kegiatan awal pembelajaran, sebaiknya guru memberikan apersepsi terlebih dahulu materi yang akan disampaikan. Sebelum memberikan tugas mengarang, guru mengajak siswa untuk menceritakan pengalaman siswa tentang tamasya secara verbal.
Masuk pada kegiatan inti, anak-anak diberikan contoh sebuah teks narasi yang berisi tentang pengalaman tamasya. Guru memberikan semangat pada siswa dengan cara memberikan pujian dan penghargaan bagi siswa yang antusias.
Guru memberikan langkah-langkah dalam menulis karangan dan memastikan semua siswa memahami langkah-langkah dalam menulis.
Kelebihan dari proses pembelajaran ibu guru dalam video tadi adalah sebagai berikut :
1. Memberikan perhatian secara merata kepada siswanya dan memastikan semuanya mengerjakan tugas
2. Guru aktif dalam memberikan arahan dan materi
Kelemahan :
1. Guru tidak memberikan apersepsi terlebih dahulu sehingga membuat siswa kebingungan
2. Cara penyampaiannya kaku dan membuat siswa menjadi kurang tertarik pada materi yang disampaikan
Nama : Dwi Agustin
Nim : 856075717
Prodi : PGSD-S1
UPBJJ : 13/Batam
Assalamualaikum wr.wb
Izin Menanggapi :
Kelebihan :
1. Pembelajaran awal dimulai dengan asik dan memperhatikan keadaan peserta didik.
2. Tata bahasa yang mudah dimengerti.
3. Penjelasan materi terstruktur dengan rapi
4. Interaksi dengan murid ketika terkendala dengan soal.
Kekurangan :
1. Tujuan pembelajaran tidak ada,
2. Apresiasi terhadap peserta didik kurang.
Wassalamualaikum wr.wb
Nama : Ima Indah
NIM : 857919126
Prodi : S1 – PGSD
Dalam video pembelajaran Bahasa Indonesia materi tentang kesulitan menulis karangan cerita/narasi tersebut banyak hal yang saya temui baik kelebihan maupun kekurangannya.
A. Kelebihan
Menurut saya kelebihan dalam pembelajaran pada video tersebut sangat sedikit dibanding kekurangannya. Kelebihannya adalah :
1. Guru menanyakan kesulitan pada siswa dengan berjalan mendekati siswa. Hal ini menunjukkan hubungan psikis yang baik
2. Guru mampu membuat siswa tertawa meskipun hanya sekali.
3. Guru membuatkan kerangka karangan terlebih dahulu sebelum siswa membuat karangan
Adapun kekurangannya adalah :
1. Guru tidak mampu membuat suasana kelas kondusif di awal pembelajaran (tanpa menyapa, tanpa mengecek kehadiran siswa, tanpa berdoa).
2. Guru kurang bisa menciptakan suasana kelas yang nyaman, sangat terlihat suasana tegang terutama pada saat guru menegur siswa yang berbicara sendiri dengan cara yang kurang pas, sehingga siswa terlihat tegang.
Selain itu pembelajaran menjadi tidak menarik siswa. Beberapa siswa terlihat bicara sendiri karena jenuh.
3. Guru sangat kaku dalam berkomunikasi dengan siswanya.
4. Guru kurang mampu membuat pembelajaran yang menarik
5. Guru tidak menyampaikan penjelasan materi terlebih dahulu tentang bagaimana karangan yang baik dan lain sebagainya. Guru langsung memberikan tugas. Sehingga banyak siswa yang kesulitan membuat karangan.
Dari kekurangan yang ada tersebut guru dapat memperbaiki pembelajaran di kelas untuk mencari solusi terhadap kesulitan menulis karangan cerita/narasi.
Assamualaikum wr.wb
Nama : Fitri susanti
Nim : 855996534
Pokjar : Asahan
a. Kegiatan pembukaan pembelajaran
Dari vidio guru pintar online ( GPO ) yang saya amati pada saat membuka pelajaran, guru juga tidak melaksanakan keterampilan membuka pelajaran seperti : menumbuhkan perhatian siswa dan membangkitkan motivasi siswa. Itu terlihat dari guru tersebut tidak memberikan salam, tidak menyapa muridnya dengan hangat, tidak memeriksa kehadiran siswa, akan tetapi terlihat guru membantu siswa mempersiapkan fasilitas / sumber belajar yang diperlukan seperti membantu siswanya yang terlihat belum mengeluarkan alat tulis selain itu juga dalam melaksanakan keterampilan membuka pelajaran ada komponen yang memberi acuan dan membuat kaitan hal ini juga tidak terlihat sepenuhnya terlihat guru hanya menemukan meteri yang akan di ajarkan saja.
b. Kegiatan inti
Berdasarkan dari vidio yang saya amati pada kegiatan kegiatan inti guru menggunakan metode inquiry learnig yang mana pada prinsipnya mengajak peserta didik untuk mengembangkan keterampilan berfikir secara kritis dan kreatif serta melatih keterampilan aktif bertanya terhadap masalah / kesulitan dalam mengkontruksi diri mereka mengenali menulis karangan.
c. Kegiatan akhir dan tidak lanjut pelajaran
Prosedur dalam pembelajaran yang terakhir adalah kegiatan akhir dan tidak lanjut kegiatan ini dilakukan untuk menetapkan pemahaman siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang telah berlngsung , mempelajari keberhasilan belajar siswa dan memberikan tindak lanjut untuk mengembangkan kemampuan siswa yang baru dikuasai siswa .
d. Saran perbaikan untuk vidio tersebut
1. Pada kegiatan pembuka pelajaran
Pada kegiatan pembuka pelajaran sebaiknya dikemas semenarik mungkin oleh seorang guru, agar pembelajaran dari awal hingga akhir harapannya berjalan kondisif menyenangkan dan bermakna .
2. Pada bagian kegiatan inti
Dalam kegiataan inti terdapat stategi yang digunakan guru adalah metode inquiry atau sederhananya menemukan seseuatu dalam dirinya sendiri dan juga guru terlihat melakukan stimulus untuk mempermudah siswa dalam menulis karangan pribadinya.
3. Pada bagian kegiatan akhir dan tidak lanjut
Pembelajaran akhir adalah kegiatan akhir dan tidak lanjut kegiatan ini dilakukan ntuk menetapkan pemahaman siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung mempelajari keberhasian belaar siswa dan memberikan tindak lanjut untuk mengembangkan kemampuan yang baru dikuasi siswa .
Nama: Tantianti Auria Caesarrah
NIM: 857340857
Program Study: S1 PGSD
UPBJJ-UT: Bogor Selatan
Hasil analisis
Setelah saya mengamati video tersebut. Menurut saya, guru sudah memberikan usaha yang cukup baik untuk membimbing peserta didik agar dapat memahami materi tentang bagaimana cara menulis sebuah karangan atau cerita. Guru cukup menguasai kondisi kelas dengan baik. Hal ini dapat disimpulkan dari kondisi peserta didik yang terlihat tenang. Namun, apabila dilihat dari proses pembelajarannya, ada beberapa hal yang tidak dilaksanakan oleh guru. Yaitu: kegiatan pembuka seperti, mengucap salam, berdo’a, menanyakan kabar, mengecek kehadiran peserta didik, dan ice breaking. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa kegiatan pembuka memiliki fungsi yang penting sebelum memulai kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembuka tersebut dapat membuat peserta didik lebih siap untuk menerima materi yang akan disampaikan oleh guru.
Pada saat guru hendak meminta peserta didik untuk berlatih membuat sebuah karangan atau cerita, sebaiknya guru memberikan contoh terlebih dahulu, guru dapat membuat sebuah karangan atau cerita yang dituliskan di papan tulis.
Guru tentunya berharap agar peserta didik dapat menerima materi pembelajaran dengan baik. Serta, materi yang sudah diberikan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-harinya. Saran yang dapat saya sampaikan adalah, sebagai seorang guru sebaiknya dapat memperbanyak kalimat positif untuk memberikan acuan serta sebagai pemantik semangat belajar untuk para peserta diidk. Semoga kita semua dapat menjadi guru yang lebih baik setiap harinya.
Nama : NURMADINA RAJAB
NIM: 859501615
PRODI : PGSD-S1 (semester 6)
Setelah saya melihat dan menyimak video yang terkait dengan kesulitan menulis karangan cerita narasi ini, saya beranggapan bahwa pemberian materi pada video tersebut kurang tepat karena tidak ada pendahuluan pembelajaran seperti berdoa, mengecek kehadiran siswa atau pendidik dalam video tersebut tidak melakukan interaksi prapembelajaran terlebih dahulu yaitu dimana seorang guru tidak melakukan interaksi terlebih dahulu untuk menarik perhatian mereka dalam pelajaran yang akan diajarkan saat itu bahkan tidak ada tanya jawab terkait pelajaran sebelumnya.
Dalam video ini juga saya ingin menambahkan, sebaiknya dalam memberikan tugas kepada peserta didik terlebih dulu diberikan sebuah contoh narasi dimana guru dan peserta didik membuat sebuah narasi secara bersama-sama setelah itu jika semua peserta didik sudah paham dengan langkah-langkah yang diberikan maka dapat diberikan tugas. Ini dilakukan agar semua peserta didik memahami materi yang diajarkan karena tidak semua anak dalam satu kelas tersebut cepat tanggap dalam menerima pelajaran.
Terima kasih