silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Suasana kelas TK yang jumlahnya (20-25), terdiri dari 3 kegiatan. Kegiatan pertama, anak-anak sedang mewarnai gambar sesuai tema, kedua, anak-anak sedang menggunting dan menempel,dan  ketiga sekelompok anak mengerjakan kegiatan menghubungkan gambar dengan lambing bilangan dan gambar bendanya diwarnai.

Kegiatan yang dilakukan tersebut  sudah sesuai dengan tema yang  ditentukan yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Guru dapat memberikan berbagai kegiatan yang mudah dilakukan dan mudah dipahami anak.

Pada saat guru  akan menanamkan kejujuran  pada anak usia dini, Guru tepat  jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada   anak  untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan  stiker

Demikian pada saat guru memberi tugas yang harus diselesaikan pada saat anak menggunting pola gambar kupu-kupu (ada sayap, dan badannya) ditempel di kertas HVS dan dihiasi dengan krayon mewarnai gambar kupu-kupu menggunakan krayon, dan menghitung gambar binatang bersayap dan menuliskan angkanya (dalam LKA) dan mewarnai dengan pensil warna.

Selanjutnya pada saat guru menugaskan kepada semua siswa untuk mencoret pola gambar kupu-kupu bunga merah dan kupu-kupu bunga kuning, mewarnai bunga matahari dengan krayon, dan membentuk bunga dan kupu-kupu menggunakan tepung terigu.

Dari tugas –tugas yang diberikan guru tersebut, bagi siswa yang sudah dapat menyelesaikan tugas anak dapat mengambil penjepit  dan menempelkan di bajunya.

 

Dengan berbagai tugas yang diberikan guru sesuai kemampuan dan perkembangannya adalah merupakan cara yang tepat untuk menanamkan kejujuran pada anak usia dini.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru memberikan
kagiatan kepada anak didik melalui kegiatan berupa mewarnai gambar dari
kegiatan tersebut guru memberikan pengarahan kepada anak didik agar
dapat mengerjakan dengan baik dan guru pun memotifasi anak didiknya agar
dapat menyelesaikan tugasnya. Setelah tugas anak selesai guru meminta
meletakkan tugasnya diatas meja dan memberi tanda pada baju berupa
penjepit apa bila anak didik sudah menyelesaikan tugasnya metode ini
dilakukan sesuai dengan tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan ini
sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Similar Posts

1,900 Comments

  1. nama : Eva Rosdia
    Nim : 856606453

    assalamualaikum
    Guru yang memberikan pembelajaran ini sangat menginspirasi cara menanamkan nilai kejujuran pada anak dengan cara menjepit tugas menggambarnya di baju. anak didik yang sudah selesai mengerjakan tugasnya di suruh menjepit gambarannya dibaju jadi anak-anak terpacu untuk segerah menyelesaikan tugas menggambarnya dan guru memberikan suatu pujian bagi anak yang cepat menyelesaikan tugas mendapatkan nilai yang bagus.

  2. NAMA: AVIN DINARIA
    NIM :858851939
    PRODI: PGPAUDBI
    vidio tadi sangat menginspirasi bagi guru PAUD, dalam vido tersebut guru sudah melakukan aturan main dan menanamkan kejujuran,karena sikap jujur wajib kita tanamkan sejak usia dini hingga kita nanti dewasa sikap jujur akan selalu kita tanamkan pada diri kita,seperti kita lihat di vidio tadi anak yang sudah selesai mengerjakan tugas dan tepat waktu degan hati-hati dan rapi maka akan mendapat jepitan baju dan bagi yang tidak menyelesaikannya maka anak tidak akan mendapat jepitan baju, seperti di lembaga tempat saya mengajar anak akan mendapat reward berupa stempel gambar bintang jika anak menyelesaikan sesui aturan main bu guru maka anak akan mendapat stempel bintang empat dan bila tidak dapat meyelesaiakan dengan tepat, bahkan tidak mau mengerjakan tugas maka anak akan mendapat bintang satu. Terimakasih untuk vidionya itu sangat menginspirasi insyaAllah akan saya praktekkan di lembaga tempat saya mengajar,,

  3. nama : riski siswanti
    nim : 859545404
    prodi: pgpaud

    Guru menyeting tempat duduk secara berkelompok. Dengan berkelompok anak dapat saling mendukung. Guru juga mendampingin anak-anak dalam kegiatan serta memberikan afimasi dan apresiasi bagi anak.
    Guru memberikan 3 kegiatan kepada murid. Guru sudah menekankan untuk bersikap jujur. Bagi yang sudah selesai dapat diserahkan kepada guru, bagi yang belum tidak boleh bilang sudah karena Namanya berbohong. Guru memberikan penjepit sebagai tanda anak selesai mengerjakan 1 kegiatan. Bagi yang sudah menyelesaikan 3 kegiatan maka anak akan mendapatkan 3 penjepit. Dari kegiatan tersebut, dapat kita latih apakah anak kita dapat bersikap jujur atau tidak.
    Dari kegiatan tersebut, selain pengembangan seni, guru juga dapat mengembangkan kompetensi atau aspek perkembangan sosem “bersikap jujur”. Anak yang terbiasa jujur akan jujur jika sudah atau belum menyelesaikan tugasnya.

  4. Nama : MERLIN
    Nim :818112535
    MELALUI PENJEPIT JEMURAN
    menurut saya ,setelah menyimak video tersebut saya sangat setuju dengan cara guru menanamkan nilai kejujuran pada anak yaitu dengan catra menggunakan penjepit jemuran, guru juga bisa memberikan reward berupa bintang yang ditempelkan dibaju anak dengan menanamkan nilai kejujuran anak dapat menanamkan nilai-nilai agama dan moral.

  5. Nama : Ika Mar Atus Sholekhah
    NIM : 858741989
    UPBJJ Surabaya
    PG PAUD-BI
    Sebagaimana kita ketahui bahwa, menanamkan kejujuran sejak kecil butuh ketelatenan, konsisntet, dan kesabaran, ibarat melukis di atas batu, sulit namun akan terpatri hingga ia dewasa nanti. Padavidio ini, sangat inspiratif karena guru sebelum memulai kegiatan membuat kesepakatan kelas dan aturan main. Dimana, guru menekankan pada anak bahwa harus konsekuensi dengan apa yang telah disepakati. Guru menyediakan alat tes kejujuran dengan penjepit rambut. Yaitu anak yang menyelesaikan 1 tugas berhak mendapat reward berupa jepitan jemuran warna. Anak yang belum menyelesaikan kegiatan, belum boleh mendapat jepitan jemuran warna, dan anak tidak boleh berbohong kalaupun belum selesai mengerjakan. Bagi anak yang menyelesaikan bebrapa kegiatan dan tidak berbohong, maka ia boleh mendapat hadiah kejujujurannya dengan mendapat penjepit jemuran warna sejumlah ia menyelesaikannys.
    terimakasih vidio yang sangat menginspirasi

  6. Nama : Mafazil Uyun
    NIM : 859170861
    Prodi : PGPAUD

    Sering kita temukaan saat anak mengerjakan tugas yang diberikan guru ada beberapa anak yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan dan guru sulit untuk mengontrol mengingat banyaknya jumlah anak, untuk itu cara yang dapat dilakukan yaitu jika anak sudah menyelesaikan tugas maka anak diminta untuk mengumpulkan tugasnya dan anak yang belum menyelesaikan tugasnya diharap untuk tidak mengatakan sudah menyelesaikan juga. Dari video ini dapat dilihat bahwa jika anak yang sudah menyelesaikan tugasnya maka anak akan mendapatkan pencepit jemuran yang dijepitkan di baju anak. dari cara ini maka guru akan mengetahui jika anak yang tidak mendapatkan penjepit jemuran berarti anak tersebut belum menyelesaikan tugasnya.

  7. Nama:Sri Wahyuni
    Nim: 859170094
    Prodi: PGPAUD

    Kegiatan yang diberikan oleh guru dalam kegiatan tersebut sudah sesuai dengan tema yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. Disini guru memberikan berbagai kegiatan yg mudah untuk dilakukan dan di pahami oleh anak.
    Dengan serangkaian kegiatan yang dilakukan guna membuat mereka mencapai akhir yaitu mendapatkan jepit rambut sangat kreatif difikirkan oleh guru. Dimana disamping mereka lakukan untuk mendapatkan jepit rambut kegiatan² lain di dalamnya akan sangat membuat mereka have fun, bersenang-senang.. dengan pesan awal yg diberikan guru juga sangat memengaruhi prilaku jujur anak. Dengan menekankan di awal dan langsung memberikan praktik setelahnya memang sebuah langkah baik dalam mengajar kejujuran kepada anak.

  8. Pada saat guru akan menanamkan kejujuran pada anak usia dini, Guru tepat jika pada saat mulai mengajar mengatakan kepada anak untuk berberkata jujur apabila anak sudah dapat menyelesaikan tugasnya, dan sebaliknya anak terus terang jika tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan pengguaan stiker

  9. Nama: masniati
    Nim : 859169527
    Pada tayangan vidio tersebut: Dalam pembelajaran atau permainan,sebelum Guru memberikan tugas bisanya Guru dan anak anak membuatmu kesepakatan main,tapi tan jarang Guru menemukan karang anak menyeledaikan tugas sampai selesai dan adapula anak yang tidak mau mengerjakan tugasnya sampai selesai.Dengan kegiatan menanamkan keju juran pada anak menggunakan penjepit jemuran sangat bagus dalam menyembuhkan sikap keju juran.karna denganmu keju juran kiya dapat menanam kan nilainya ketertiban dan aturan,serta Guru harus tetap memberi motivasi agar anak semangat dalam proses pembelajaran.

  10. NAMA : HIDAYATIKA
    NIM : 859170141
    Program Study : S1-PGPAUD
    Judul Video : Menanamkan Kejujuran Anak Melalui Penggunaan Penjepit Jemuran

    Kegiatan yang diberikan oleh guru dalam kegiatan tersebut sudah sesuai dengan tema yaitu menanamkan kejujuran pada Anak Usia Dini. pada video ini beberapa hal yang dapat saya simpulkan sebagai berikut :
    1. Guru memberikan pertanyaan pemantik kepada anak yakni dengan bertanya “siapa yang suda jadi ?”
    hal ini untuk menguji siapa saja yang berkata jujur atau berbohong.
    2. Guru menjelaskan bahwa ketika tidak berkata jujur adalah tindakan berbohong.
    3. Guru menyediakan reward tes kejujuran dengan penjepit rambut bagi anak yang berkata jujur.

Leave a Reply