silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara:

  1. Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang;
  2. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan;
  3. Meminta siswa menemukan benda lainnya dan menceritakan secara singkat tentang benda yang ditemukanya itu.

Rusdianto

  1. Dalam Pembukaan guru sebaiknya menjelaskan dulu tentang konsep “bertambah” dan “berkurang”. Terkadang murid sulit untuk mengerti bila ada soal cerita yang menggunakan persamaan kata dari bertambah (diberi, membeli lagi, dsb), atau berkurang (rusak, pecah, hilang, dimakan, dsb).
  2. Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja.
  3. Materi sesuai dengan peserta didik cukup.
  4. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

410 Comments

  1. NAMA: Maya Nofrita
    NIM : 857030684
    Pokjar: Sidomulyo
    MATKUL : PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR

    JUDUL :Menganalisis vidio pembelajaran memainkan alat musik sederhana

    -Reaksi siswa terhadap pembelajaran yang di lakukan oleh guru, siswa saat memulai pembelajaran terlihat sangat bersemangat dan kompak pada saat memainkan lagu yang telah dikuasai bersama.
    Tetapi pada saat belajar mengenai lagu yang baru dan mempelajari tangga nanda masih sedikit kesulitan dan terlihat tidak kompak antara satu dan lain.
    Pada saat mempelajari teknik jari saat bermain alat musik terlihat sudah cukup baik dalam menerima pembelajaran tersebut.

    _ kelemahan guru dalam proses pembelajaran yaitu, tidak di mulai dengan pembukaan kelas yang baik seperti salam, doa, menanya kabar dan absensi dan langsung kepada proses pembelajaran.
    _ kelebihan yaitu, guru bisa menarik perhatian siswa dalam melaksanakan pembukaan kelas dengan ice breaking sehingga siswa langsung tertuju dan fokus untuk memulai kegiatan pembelajaran.
    Kemudian dalam melaksanakan pembelajaran guru tersebut menggunakan contoh yang nyata seperti buah jeruk untuk pelajaran berhitung, sehingga siswa dapat dengan mudah menerima pembelajaran dan tidak monoton yang mengakibatkan siswa hilang fokus dan bosan.
    Kemudian guru mengapresiasi kepada siswa secara langsung disaat siswa tersebut dapat menjawab pertanyaan yang telah di berikan.

    -Hal yang dapat direkomendasikan Sebagai seorang guru di upayakan menggunakan pakaian dengan rapih.

    Membuka pembelajaran dengan menarik siswa agar semangat dan fokus dalam memulai pembelajaran.

    -Memulai pembelajaran dengan berdoa, mengecek kehadiran, kerapihan siswa.
    Mengajak siswa bermain sambil belajar agar siswa tidak bosan.

  2. Nama : Sahrul
    Nim: *55714532
    Saya sudah melihat Vidio terkait Seni Budaya dan Keterampilan di kelas IV,Menurut saya yang di lakukan guru tersebut sudah cukup baik di karenakan melalui pembelajaran tersebut siswa dapat berperan aktif dengan metode dan pendekatan yang dilakukan oleh guru,selain itu siswa juga dapat mengeksplorasi bakat yang di miliki melalui alat musik sederhana, siswa juga lebih cepat memahami ketukan melalui partitur yang di berikan,kemudian dengan metode Expriential Learning dimana siswa dapat belajar secara langsung menggunakan alat musik,meski metode tersebut sudah cukup baik namun masih ada beberapa kekurangan diantaranya,beberapa siswa yang masih terlihat bingung dengan partitur yang di berikan,kemudian terdengar di vidio beberapa nada yang dibunyikan oleh sebagian siswa masih salah menenkan nada pada alat musik tersebut,sehingga bunyi pada alat musik yang di mainkan secara berkelompok masih belum selaras,dan tentunya akan berpengaruh pada ketukan irama yang dimainkan,dan hal ini tentunya memengaruhi ketukan irama yang dihasilkan.terimaksih

  3. Nama : Sahrul
    Nim: *55714532
    Saya sudah melihat Vidio terkait Seni Budaya dan Keterampilan di kelas IV,Menurut saya yang di lakukan guru tersebut sudah cukup baik di karenakan melalui pembelajaran tersebut siswa dapat berperan aktif dengan metode dan pendekatan yang dilakukan oleh guru,selain itu siswa juga dapat mengeksplorasi bakat yang di miliki melalui alat musik sederhana, siswa juga lebih cepat memahami ketukan melalui partitur yang di berikan,kemudian dengan metode Expriential Learning dimana siswa dapat belajar secara langsung menggunakan alat musik,meski metode tersebut sudah cukup baik namun masih ada beberapa kekurangan diantaranya,beberapa siswa yang masih terlihat bingung dengan partitur yang di berikan,kemudian terdengar di vidio beberapa nada yang dibunyikan oleh sebagian siswa masih salah menenkan nada pada alat musik tersebut,sehingga bunyi pada alat musik yang di mainkan secara berkelompok masih belum selaras,dan tentunya akan berpengaruh pada ketukan irama yang dimainkan,dan hal ini tentunya memengaruhi ketukan irama yang dihasilkan terimaksih.

  4. NAMA : HERVIONA TRI SEPTIKA
    NIM : 856825035

    Setelah menonton vidio diatas tentang (Memainkan alat musik sederhana) saya melihat bahwa peserta didik sudah memahami materi nya dengan baik
    Pada saat proses belajar mengajar siswa sudah aktif dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru Anak-anakpun terlihat sangat mahir dalam memainkan alat musik. Terlihat pula guru memperhatikan dan membimbing siswa serta siswa pun sangat berkonsentrasi dalam memainkan alat musik. Materi dan alat media sudah sesuai dengan baik

    Terimakasih.

  5. NAMA : HERVIONA TRI SEPTIKA
    NIM : 856825035

    Setelah menonton vidio diatas tentang (Memainkan alat musik sederhana) saya melihat bahwa peserta didik sudah memahami materi nya dengan baik Pada saat proses belajar mengajar siswa sudah aktif dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru Anak-anakpun terlihat sangat mahir dalam memainkan alat musik. Terlihat pula guru memperhatikan dan membimbing siswa serta siswa pun sangat berkonsentrasi dalam memainkan alat musik. Materi dan alat media sudah sesuai dengan baik Terimakasih.

  6. Nama : PUTRI NABILLAH
    Nim : 859882975
    Pokjar : SALUT ASAHAN
    Kelas : 6C
    Setelah menonton video pembelajaran diatas terdapat, Strategi pembelajaran aktif diterapkan dengan baik, seperti adanya guru yang memberikan contoh memainkan alat musik yang diberikan tanda nada, serta diberikan buku lagu yang akan dipelajari. Mengajak siswa terlibat untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses belajar memainkan alat music melodi sederhana.Pada saat proses belajar mengajar siswa sudah aktif dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru. Anak-anakpun terlihat sangat mahir dalam memainkan alat musik.Guru sudah mengajarkan teknik cara memainkan alat musik. Terlihat pula guru memperhatikan dan membimbing siswa serta siswa pun sangat berkonsentrasi dalam memainkan alat musik. Materi dan alat media sudah sesuai dengan baik (tersedia).
    Kekurangan:
    1. Tidak adanya doa
    2. Tidak ada kesimpulan

  7. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama : Elsa Marlita
    NIM. : 857032513

    Setelah menonton video pembelajaran diatas terdapat saya menilai terdapat kelebihan dan kekurangannya, yakni:
    Kelebihan Video
    Antusiasme Siswa Tinggi:Siswa menunjukkan minat dan keterlibatan yang baik dalam kegiatan pembelajaran, terutama dalam memainkan alat musik sederhana.

    Penggunaan Media yang Tepat:Alat musik yang digunakan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa kelas 4 SD, mendukung pembelajaran yang efektif.

    Pendekatan Praktis:Guru mengajak siswa untuk mengeksplorasi dan berpartisipasi aktif, seperti dengan menghitung dan menemukan benda lain yang dapat digunakan sebagai alat musik.

    Kekurangan Video
    Ketiadaan Pembukaan dan Tujuan Pembelajaran:Video tidak menunjukkan guru memberikan salam, apersepsi, atau menyampaikan tujuan pembelajaran secara jelas, yang penting untuk memotivasi siswa dan memberikan arah dalam pembelajaran.

    Penjelasan Materi Kurang Mendalam:Guru tidak menjelaskan secara rinci tentang teknik memainkan alat musik, seperti penjarian atau ketukan not, yang dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik.

    Kurangnya Umpan Balik Langsung:Tidak terlihat adanya umpan balik langsung dari guru setelah siswa berpartisipasi, yang penting untuk memperbaiki pemahaman dan keterampilan siswa.

  8. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama: Elsa Marlita
    Nim: 857032513
    semester: 6

    Setelah menonton video pembelajaran diatas terdapat saya menilai terdapat kelebihan dan kekurangannya, yakni:
    Kelebihan Video
    Antusiasme Siswa Tinggi:Siswa menunjukkan minat dan keterlibatan yang baik dalam kegiatan pembelajaran, terutama dalam memainkan alat musik sederhana.

    Penggunaan Media yang Tepat:Alat musik yang digunakan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa kelas 4 SD, mendukung pembelajaran yang efektif.

    Pendekatan Praktis:Guru mengajak siswa untuk mengeksplorasi dan berpartisipasi aktif, seperti dengan menghitung dan menemukan benda lain yang dapat digunakan sebagai alat musik.

    Kekurangan Video
    Ketiadaan Pembukaan dan Tujuan Pembelajaran:Video tidak menunjukkan guru memberikan salam, apersepsi, atau menyampaikan tujuan pembelajaran secara jelas, yang penting untuk memotivasi siswa dan memberikan arah dalam pembelajaran.

    Penjelasan Materi Kurang Mendalam:Guru tidak menjelaskan secara rinci tentang teknik memainkan alat musik, seperti penjarian atau ketukan not, yang dapat membantu siswa memahami materi dengan lebih baik.

    Kurangnya Umpan Balik Langsung:Tidak terlihat adanya umpan balik langsung dari guru setelah siswa berpartisipasi, yang penting untuk memperbaiki pemahaman dan keterampilan siswa.

  9. Assalamu’alaikum wr, wb.

    Perkenalkan saya :
    Nama : Mella Kristina
    NIM : 857031758

    Hasil analisis refleksi pembelajaran yang saya dapat dari vidio yang bertema “MEMAINKAN ALAT MUSIK SEDERHANA”. Disini saya dapat melihat reaksi dari para siswa mereka cukup mahir dan sangat baik dalam memainkan alat musik sederhana dengan membawakan lagu kebangsaan Indonesia raya. Dengan cukup latihan para siswa tersebut dapat mengasah kemampuan mereka dalam bidang musik. Tidak hanya itu dengan memainkan alat musik siswa dapat menumbuhkan suatu karakter dalam diri mereka.

    Namun, ada sedikit kelemahan yang terjadi dalam vidio tersebut yaitu tidak adanya rangkaian proses pembelajaran seperti memotivasi siswa agar dapat menumbuhkan semangat belajar dalam diri siswa, tidak adanya salam atau doa diawal proses pembelajaran.

    Dari proses pembelajaran tersebut saya dapat melihat kelebihan di dalam vidio pembelajaran tersebut yaitu dapat meningkatkan kreatif dan keaktifan siswa dalam memainkan alat musik sehingga dapat menghasilkan perpaduan melodi yang pas.

    Dan hal unik yang terlihat dalam vidio tersebut siswa mampu memahami setiap melodi lagu yg digunakan dgn ritme yang sangat baik.

    Setelah melihat vidio proses pembelajaran yg dilakukan guru dan siswa tersebut saya sedikit mengevaluasi kegiatan belajar yg dilakukan agar dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas belajar yg lebih baik. Sebagai seorang pendidik kita harus selalu siap untuk menyusun strategi rencana pembelajaran, agar tidak terlihat terlalu monoton sehingga membuat para siswa merasakan jenuh dalam mengikuti proses belajar. Contohnya seperti kita dapat memberikan siswa kebebasan untuk memilih lagu yg akan dimainkan atau memberikan Challenge kepada siswa untuk menebak lagu yg dimainkan, dengan begitu dapat menumbuhkan daya nalar siswa ke dalam konteks yg lebih luas.

    Sekian Terimakasih🙏

  10. Nama :Septi Nur Karomah
    Nim:857031661
    Pokjar: Sidomulyo
    Kelas:D
    Dari vidio yang saya amati dapat saya simpulkan bahwa
    Reaksi siswa terlihat antusias, aktif, dan senang saat memainkan alat musik sederhana. Namun, sebagian tampak bingung karena kurangnya latihan dan arahan.

    Kelemahan Guru,tidak ada pembukaan pembelajaran (salam, doa, tujuan) dan penjelasan materi kurang lengkap sehingga siswa masih nampak bingung tentang konsep dasar memainkan alat musik ritmis dan melodi,serta tidak ada pembagian kelompok alat musik yang jelas.

    Kelebihan Guru adalah menggunakan alat musik sederhana yang menarik bagi siswa dan semua siswa diberi kesempatan praktik langsung hal ini meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan para siswa.

    Hal Unik,Setiap siswa memegang alat musik masing-masing untuk digunakan selama pembelajaran dan siswa diajak mengeksplorasi benda sekitar sebagai alat musik.

    Usulan Perbaikan Lakukan pembukaan yang lengkap,jelaskan konsep musik secara menyeluruh,lakukan latihan kelompok sebelum pertunjukan,dan sertakan evaluasi di akhir pembelajaran.

Leave a Reply