silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan  atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak  yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.

Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1  kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

1,072 Comments

  1. Nama : Adek Ramadayani
    Kelas : 6A
    Nim : 856455043
    UPBJJ : UT Pekanbaru
    Jurusan : S1 PGSD

    Video di atas menjelaskan tentang solusi guru yang mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam memfokuskan konsentrasi dalam belajar. Hilangnya konsentrasi siswa disebabkan oleh pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi dan masih berpusat pada guru. Sebagai seorang guru ada banyak cara untuk dapat membuat anak fokus dalam belajar, diantaranya:
    1. memastikan siswa siap untuk belajar
    2. guru menerapkan metode belajar yang tepat
    3. memberikan waktu yang cukup untuk beristirahat
    4. ketika konsentrasi anak sedang terganggu dan tidak fokus maka guru bisa memberikan permainan game untuk mengembalikan konsentrasi belajar anak/siswa.
    Faktor lingkungan keluarga juga mempengaruhi fokus anak dalam belajar. Nah sebagai orangtua di harapkan mampu menciptakan suasana nyaman saat ada belajar di rumah. Berikan anak ruang untuk dapat fokus belajar seperti di sekolah. Dan orangtua di harapkan mampu mengawasi aktivitas anak dalam bermain termasuk bermain handphone karna itu juga mempengaruhi.

  2. Nama: Tuti Hardiati
    NIM: 858160241
    UPBJJ: 48/Palangkaraya
    Video 2 Memelihara Konsentrasi

    1. Bagaimana reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru?
    Sebelum guru menyampaikan materi menggunakan alat peraga kondisi kelas tidak kondusif/ kurang konsentrasi terhadap materi yang guru sampaikan akan tetapi setelah guru menampilkan alat peraga dalam menyampaikan materi siswa sudah mulai memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Tidak adanya apersepsi yang dilakukan oleh guru sehingga anak/siswa belum siap untuk melaksanakan pembelajaran.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran?
    Guru mampu mengondisikan siswa dengan menampilkan alat peraga secara langsung untuk mengeksplorasi materi pembelajaran yang akan disampaikan dan dapat membangun komunikasi dengan siswa dengan melakukan tanya jawab sehingga siswa dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran.
    4. Hal-hal unik apa saja yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran?
    Merangsang siswa untuk aktif bertanya.
    Dapat merangsang konsentrasi siswa.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan dari guru yang anda amati dari tayangan video, upaya apa saja yang dapat diusulkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya?
    Menurut saya guru sebaiknya menggunakan alat/media pembelajaran yang lebih menarik agar siswa dapat memusatkan perhatiannya terhadap materi yang disampaikan.

  3. Nama : Luki sukma fatulloh
    Nim : 856993359
    Program Studi : S1 PGSD
    Kelas : B
    Semester : 6
    Pokjar : Sidomulyo

    ‘’ VIDEO SERI PENGEMBANGAN MATEMATIKA SD ‘’
    ‘’ MEMELIHARA KONSENTRASI ‘’

    Mungkin banyak sekali guru yang mempunyai masalah seperti yang ada di video diatas. Membuat anak konsentrasi apalagi pada pelajaran matematika yang memang sulit sekali untuk dipahami. Apalagi untuk pelajaran matematika yang harus konkret. Pada video diatas merupakan salah satu solusi bagi guru untuk membuat anak konsentrasi yiatu dengan cara membuat alat peraga agar siswa bisa memahami hal yang konkret pada pelajaran matematika. Melalui alat peraga, konsep yang abstrak dapat disajikan dalam bentuk konkret sehingga siswa dapat memahami materi pelajaran dengan lebih mudah. Selain itu, penggunaan alat peraga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa Sekolah Dasar pada pelajaran Matematika
    Akan tetapi ada sedikit kelemahan dalam penggunaan media alat peraga yaitu mengajar dengan memakai alat peraga lebih banyak menuntuk guru., banyak waktu yang diperlukan untuk persiapan, dan perlu kesediaan berkorban secara materil.
    Walaupun begitu, pengguanaan media alat peraga memang sangat memudahkan guru untuk memberikan materi yang konkret. Selain itu, membuat siswa lebih bersemangat belajar, membuat siswa lebih fokus belajar, merangsang penalaran dan kemampuan berpikir, mempermudah siswa menguasai materi pelajaran, membuat suasana belajar semakin kondusif, meningkatkan interaksi antara guru dan siswa, mengurangi cara pembelajaran yang bersifat verbalisme, dan memperluas bahasan materi pelajaran
    Alat peraga juga memilki keunikannya tersendiri termasuk diasahnya kekreatifan seorang guru agar membuat alat peraga yang tidak membosankan.
    Saran untuk video diatas agar Guru lebih menciptakan suasana yang menyenangkan dikelas, alat peraga yang digunakan harus lebih bervariasi dan menarik, dan guru harus selalu mengawasi kegiatan belajar siswa baik siswa yang berada di depan kelas maupun siswa yang ada di belakang kelas.

  4. Nama : Moehamad Reza Mahardika Pratana
    Nim : 857078177
    prodi : S1-PGSD

    Dari video tersebut kita dapat menganalisis bahwa ketika awal pembelajaran siswa tidat dapat berkonsentrasi dengan apa yang sedang di ajarkan karena penyampaian dari guru hanya sebatas hayalan (tidak ada benda nyata) yang membuat anak merasa bosan dan tidak bisa berkonsentrasi, sedangkan pada video yang ke dua terlihat anak sudah dapat berkonsentrasi karena guru membawa alat peraga yang dapat mengalihkan fokus belajar mereka. maka dari itu kita sebagai seorang guru harus bisa memilih berbagai media pembelajaran dengan tepat agar anak dapat terfokus dengan apa yang sedang di ajarkan. ada berbagai macam cara untuk memelihara fokus pada anak, diantaranya :
    1. memastikan siswa siap untuk belajar
    2. guru menerapkan metode belajar yang tepat
    3. memberikan waktu yang cukup untuk beristirahat
    4. ketika konsentrasi anak sedang terganggu dan tidak fokus maka guru bisa memberikan permainan game untuk mengembalikan konsentrasi belajar anak/siswa.
    maka dari itu guru harus lebih kreatif dalam mengajar, dengan media yang real dan menggunkan gambar, serta melibatkan semua siswa aktif sangat di butuhkan perhatian yang khusus. Guru juga sebaiknya tidak hanya berdiri di depan, sehingga yang duduk di bagian belakang kurang diperhatikan.

  5. Nama : Tika juartika
    Nim : 857453042
    S1 PGSD/ POKJAR CIAMIS

    Reaksi anak saat tidak memakai alat peraga, mereka cenderung sulit berkonsentrasi, arah pandang masih ke kanan ke kiri, masih bermain dan mengobrol. Kelemahan guru Kurang interaktif dan kurang mengajak semua murid nya untuk terlibat. Untuk kelebihannya tetap sabar menyajikan, menampilkan dan memperbaiki cara belajar dengan cara memakai alat peraga. Dalam vidio tersebut, Untuk hal uniknya kurang atau bahkan tidak ada di tampilkan. Untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran guru harus menciptakan suasana belajar yang kondusif dan senyaman mungkin. Siapkan materi dan alat peraga yang akan dipelajari misalnya alat peraga yang asli, gambar atau poster. Berdiskusi atau membuat game yang menarik sehingga akan melibatkan semua anak untuk berinteraksi.

  6. Nama : RIAN SUNDAVA
    Nim : 857101317
    Prodi : S1 PGSD POKJAR PAKIS KAYA

    Pada video tersebut terlihat di awal pembelajaran siswa belum bisa berkonsentrasi pada pelajaran, sebaiknya sebelum memulai pelajaran ajaklah siswa untuk bernyanyi agar para siswa semangat untuk mengikuti pelajaran.

  7. Nama : Tulus Arum Puspaningsih
    NIM : 857805867
    Prodi : S1PGSD

    1. Reaksi siswa terhadap kegiatan pembelajaran
    Dalam video pembelajaran tersebut reaksi para siswa di awal ketika penjelasan guru terlihat begitu asik dengan dunianya sendiri, gaduh dan hanya bermain dengan teman sebangku mereka. Namun, ketika metode pembelajaran diganti para siswa terlihat begitu fokus, penuh perhatian dan sangat menikmati proses pembelajaran.

    2. Kelemahan pembelajaran dalam video
    Kelemahan dalam video pembelajaran tersebut ialah guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang tepat bagi siswanya, guru hanya diam berdiri di depan papan tulis tanpamelakukan kegiatan yang dapat mengalihkan fokus siswa, guru hanya menggunakan 1 sumber belajar dan itupun tidak relevan karena hanya dapat dilihat oleh siswa yang duduknya dibagian depan, guru tidak mencoba bertanya kepada siswa apakah metode pembelajaran tersebut nyaman atau tidak, kurangnya kegiatan yang interaktif dan komunikatif antara gru dengan siswa, serta media atau sumber belajar yang digunakan kurang menimbulkan interaksi bagi siswa.

    3. Kelebihan pembelajaran dalam video
    Kelebihan dari video pembelajaran tersebut ialah guru dapat mengalihkan perhatian dan fokus siswa pada alat peraga yang sudah dibawa oleh guru, guru dapat menciptakan beberapa dialog interaktif sebagai penunjang pembelajaran, dan guru mengajak para siswanya untuk mengeksplorasi alat peraga yang dibawa.

    4. Hal unik dalam pembelajaran video
    Hal unik yang dapat ditemukan ialah pada penggunaan media alat peraga yang sangat sederhana dan mudah ditemukan di lingkungan sekolah.

    5. Usulan dalam meningkatkan pembelajaran selanjutnya
    Guru perlu membuat suasana kelas menjadi nyaman dan menarik bagi siswa, dalam penggunaan media/sumber belajar dapat menggunakan media yang lebih bervariasi sehingga dapat menarik perhatian siswa serta dapat dirasakan atau dilihat oleh siswa bukan hanya yang berada dibagian depan saja namun juga dapat dirasakan atau dilihat oleh siswa pada bagian belakang kelas, serta guru perlu memberikan peran bagi siswa dalam menyelesaikan tugas/perintah yang diberikan.

  8. NAMA : Susiana
    Nim : 858397341
    Jurusan : PGSD-S1
    Judul vidio : memelihara konsentrasi
    Pada awal pembelajaran guru tersebut langsung menanyakan materi yang disampaikan tidak memperhatikan setiap siswa, ada yang tidak konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran.solosi yang dapat dilakukan pembelajaran menggunakan alat peraga yang menarik agar siswa dapat konsentrasi dan mengajak siswa berdialog saat menggunakan alat peraga yang digunakan dapat membuat siswa konsentrasi.

  9. Nama : Rismawati
    NIM : 855709791
    Prodi : PGSD

    Memfokuskan perhatian siswa merupakan masalah yang pasti dihadapi seorang guru, sehingga video ini menjadi salah satu solusi untuk kita belajar bagaimana memfokuskan perhatian siswa yang dilakukan dengan menggunakan alat peraga dalam melakukan proses pembelajaran.

  10. Nama : DWI WIDIA NINGSIH
    Nim : 856455462
    Prodi : S1 PGSD

    Solusi yang diberikan di video diatas sangat membantu dalam mengambil alih konsentrasi siswa. Hal ini dikarenakan siswa kelas rendah cenderung aktif dalam hal praktek dan kurang dalam hal memperhatikan penjelasan yang tidak menggunakan alat peraga.

Leave a Reply