Memelihara Konsentrasi

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini tampak bahwa guru mengalami kesulitan untuk mempertahankan perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan. Solusi yang ditawarkan adalah dengan menggunakan alat peraga yang menarik. Siswa dialihkan dan arahkan perhatiannya pada alat peraga yang digunakan guru dalam mengajar. Selain itu siswa diajak mengeksplorasi dengan alat peraga yang disiapkan guru dengan cara meraba atau menggunakan langsung, terakhir siswa diminta mengekspresikann kegembiraan selama kegiatan tersebut berlangsung yang dilakukan secara verbal.

Rusdianto

Dalam tampilan video materi pembelajarannya adalah penjumlahan dan pengurangan suatu bilangan. Tujuan pembelajarannya adalah agar siswa dapat menjumlah dan mengurangkan suatu bilangan. Dalam mengawali pembelajaran guru kurang menggunakan prinsip apersepsi, padahal ini sangan penting dalam pembelajaran matematika. Seperti kita lihat waktu guru masuk kelas suasana masih gaduh karena mungkin ada waktu jeda pergantian mata pelajaran tertentu. Pentingnya apersepsi ini yang penting adalah untuk menyiapkan mental siswa untuk masuk ke mata pelajaran matematika, dan untuk menghubungkan materi pembelajaran yang lalu dengan mata pelajaran sekarang. Pada sesi kedua Pemanfaatan metode sudah tepat yaitu tanya jawab dan demonstrasi, hanya seharusnya siswa disuruh kedepan untuk mencoba menjumlahkan  atau mengurangkan dengan benda tersebut, sehingga siswa akan lebih memperhatikan pembelajaran karena kemungkinan ada anak  yang ingin mencoba. Disamping itu hasil pembelajaran anak akan lebih menjiwai materi yang kita berikan, dan kesan yang ada dalam benak siswa akan lebih tahan lama, sehingga akan mudah di reproduksi sewaktu-waktu diperlukan.

Kesan Umum dalam pembelajaran: Sesi 1  kami melihat penampilan guru kurang rapi, misalnya guru tersebut tidak memakai sepatu tetapi hanya menggunakan sepatu sandal yang terkesan kumuh. Didamping itu pakaiannya kurang rajin nampak ada sebagian bajunya yang lepas. Sedangkan pada sesi 2 pembelajaran nampak lebih hidup karena melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran akan lebih berhasil jika guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan berpakaian yang rajin, dan metode yang dipergunakan banyak melibatkan siswa untuk mencoba.

Drs. Badjuri, M.Pd.

Pemakaian media sudah cukup tepat tapi hanya sebagai media visual saja, dan itupun hanya satu untuk satu kelas dan guru hanya berdiri di depan kelas. Cara mengajarnya pun kurang interaktif. Hanya efektif untuk 2 baris terdepan. Materi sesuai dengan perserta didik cukup. Materi sudah sesuai dengan kurikulum.

Andika Dhanesywara

Similar Posts

1,016 Comments

  1. Nama : Renata Resti Pratiwi Mendrofa
    Nim : 856059902
    UPBJJ : Medan
    Pokjar : Mandrehe

    Reaksi anak/siswa terhadap kegiatan pembelajaran : Pada awal pembelajaran terlihat siswa kurang kosentrasi sehingga mempengaruhi siswa kurang berminat dalam belajar.

    kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran di dalam video ialah : mengetahui dan memberikan leluasa kepada siswa untuk berbicara dan bebas memberikan pendapat.

    kelemahan guru dalam melakukan pembelajaran di dalam video ialah : kurang menarik perhatian siswa yang dimana siswa membutuhkan sifat interaktif misalnya mengajak siswa untuk bernyanyi dan bermain bersama.

    Hal-hal unik apa yang ditemukan dalam video tersebut dari guru saat melaksanakan pembelajaran : memberikan kesempatan kepada siswa untuk ikut serta dalam memperagakan media yang digunakan

    kelemahan dan kelebihan dari guru yang ada amati dari tayangan video, upaya yang dapat meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran berikutnya ialah : Dengan memberikan ruang kepada siswa untuk berbicara dan berpendapat, serta menambahkan elemen interaktif seperti bernyanyi dan bermain, guru dapat membuat suasana belajar menjadi lebih dinamis dan menarik. Memahami kebutuhan siswa untuk aktivitas yang lebih interaktif akan sangat membantu dalam menjaga perhatian mereka dan meningkatkan efektivitas pembelajaran.

  2. Syalom
    Nama : Vestal Ariyanti Zai
    Nim : 856061077
    Pokjar Idanogawo

    Pada video memelihara kosentrasi, guru perlu memakai alat peraga yang sesuai dengan pelajaran yang disampaikan pada hari itu, media pelaja, ran dapat bermacam-macam seperti gambar,poster, dengan memakai media pembelajaran maka dapat membantu guru menyampaikan materi pelajaran sehingga siswa dapat berkosentrasi dan pelajaran lebih mudah di pahami oleh siswa, selain itu juga guru juga memastikan siswa siap belajar dengan menghimbau semua siswa perlu menyiapkan peralatan yang di perlukan seperti buku, pulpen dan lain sebagainya, sehingga ketika dimulai pembelajaran siswa fokus dan berkosentrasi mendengarkan penjelasan guru.

  3. Nama : Agustus soni gulo
    Nim : 856060122
    UPBJJ : Medan
    Pokjar : Mandrehe
    kelebihan dalam video ini pak guru sangat ramah dalam memberikan pemahaman kepada anak-anak didik dalam bentuk alat peraga supaya konsentrasi anak-anak bisa terarah dalam pembelajaran tersebut.
    kelemahan dalam video ini kurangnya pak guru mengajak anak-anak didik berdisplin dalam kelas selagi bapak ibu guru mengajar didalam kelas.

  4. Nama : Wahyu Sampurna
    Nim : 855765847
    Semester : 8
    Ptodi : S1 PGSD
    Kelas : 2A
    Pokjar : talang ubi, pali
    UPBJJ : 18 pelembang

    Dalam mengajar haruslah kita menguasai terlebih dahulu karakteristik siswa, tentunya siswa dikelas tidak mempunyai karakteristik yang sama,

    Dan pada saat mengajar haruslah mampu menjadi seorang pengajar yang efektif, dan mampu membuat siswa tidak mudah bosan .
    Terlihat bahwa dalam vidio diatas, guru tersebut mempraktekkan tekhnik mengajar yang efektif, sehingga siswa tidak bosan

  5. Nama : Paulina Tuto Tapon
    NIM: 859272022
    UPBJJ: Kupang
    Pokjar: Nagawutung

    Dari saya video pembelajaran diataas sangat efektif untuk diswa di sekolah dasar karna Strategi guru dalam menggunakan media gambar dalam meningkatkan minat belajar siswa, yakni : menyesuaikan materi dengan gambar yang akan di gunakan,merancang media gambar yang akan di gunakan mengingat keterbatasan media, Melalui strategi tersebut, penggunaan media gambar yang di gunakan oleh guru dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa yakni siswa sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran, terlibat dan aktif melakukan tanya jawab, siswa lebih mudah memahami dan menguasai materi pembelajaran, interaksi aktif antara guru ke siswa, siswa ke guru dan siswa ke siswa.

  6. Dari saya video pembelajaran diataas sangat efektif untuk diswa di sekolah dasar karna Strategi guru dalam menggunakan media gambar dalam meningkatkan minat belajar siswa, yakni : menyesuaikan materi dengan gambar yang akan di gunakan, merancang media gambar yang akan di gunakan mengingat keterbatasan media, menyusun langkah – langkah dalam menggunakan media gambar,
    Melalui strategi tersebut, penggunaan media gambar yang di gunakan oleh guru dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa yakni siswa sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran, terlibat dan aktif melakukan Tanya jawab, siswa lebih mudah memahami dan menguasai materi pembelajaran, interaksi aktif antara guru ke siswa, siswa ke guru dan siswa ke siswa

  7. Nama : Paulina Tuto Tapon
    NIM: 859272022
    UPBJJ : 79/Kupang
    Pokjar : Nagawutung
    Dari saya video pembelajaran diataas sangat efektif untuk diswa di sekolah dasar karna Strategi guru dalam menggunakan media gambar dalam meningkatkan minat belajar siswa, yakni : menyesuaikan materi dengan gambar yang akan di gunakan, merancang media gambar yang akan di gunakan mengingat keterbatasan media, menyusun langkah – langkah dalam menggunakan media gambar, Melalui strategi tersebut, penggunaan media gambar yang di gunakan oleh guru dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa yakni siswa sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran, terlibat dan aktif melakukan Tanya jawab, siswa lebih mudah memahami dan menguasai materi pembelajaran, interaksi aktif antara guru ke siswa, siswa ke guru dan siswa ke siswa.

  8. Nama:Alini Waruwu
    Nim:856059658
    Pokja:Idanogawo
    Masalah dalam konsentrasi masih sering kita temui dalam proses pembelajaran, sebagai guru kita harus memahami karakteristik peserta didik kita, membuat kesepakatan kelas pada saat pembelajaran berlangsung. Pada awal pembelajaran guru dapat memberikan motivasi yang dapat membuat anak siap untuk mengikuti proses pembelajaran dengan suasana yang kondusif. Setelah menonton video ini, peserta didik terlihat aktif dan merespon guru saat menggunakan media pembelajaran, dapat kita simpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran dalam proses mengajar sangat dipenting karena dapat menarik perhatian peserta didik, dan menimbulkan semangat belajar dan peserta didik bisa memahami materi secara langsung. Dengan disertai solusi yang ada pada video juga dapat membuat konsentrasi pada anak meningkat. Melibatkan peserta didik secara langsung dengan penggunaan media dapat menarik perhatian peserta didik untuk aktif dan fokus dalam pembelajaran.

  9. Dari video diatas saya dapat menyimpulkan bahwasanya ketika guru menyampaikan materi dengan teori maka anak anak kurang konsentrasi dengan apa yang disampaikan oleh guru tersebut atau bagi mereka kurang menarik materi yang disampaikan karna tidak menggunakan alat peraga dan membuat anak tersebut bosan bahkan ada yang ngantuk mendengar penjelasan guru tersebut. Namun ketika guru tersebut menggunakan alat peraga dan melibatkan anak dalam membantu guru untuk menempelkan alat peraga tersebut maka anak memiliki motivasi untuk maju kedepan dan juga dengan adanya alat peraga maka anak anak lebih konsentrasi untuk melihat gambar yang diperlihatkan oleh guru tersebut dan bagi mereka lebih menarik kemudian mereka fokus untuk belajar.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/